Jenis Ikan aquascape sebenarnya sangat banyak macamnya dari mulai ukuran yang paling kecil hingga besar pun tersedia. Berbicara ikan penghuni aquarium yang diisi tanaman-tanaman atau biasa disebut aquascape, tim Aplikasi Super akan memberikan rekomendasi tepat buat Sedulur terkait ikan apa saja yang layak dijadikan penghuni aquarium aquascape.

Yuk simak penjelasan di bawah ini!

BACA JUGA : 12 Makanan Awetan Hewani atau Nabati yang Paling Dicari

20 + Ikan Aquascape yang Layak Dijadikan Peliharaan

1. Angelfish (Ikan layang-layang)

Jenis Ikan Aquascape dengan Warna yang Cantik
pexels

Buat Sedulur yang hobi menghias aqariumnya dengan tanaman hijau atau biasa disebut aquascape, pasti tidak asing dengan ikan aquascape yang satu ini. Ya, angelfish atau biasa dikenal dengan nama ika layang-layang. Ikan ini sangat layak menempati aquarium aquascapemu lho Sedulur.

-->

Bukan tanpa alasan mengapa angelfish layak masuk dalam daftar ikan untuk aquarium aquascape. Sebab, ikan ini termasuk jenis ikan yang tenang dan bisa dicampur dengan jenis ikan lain. Selain itu, cara perawatan ikan layang-layang juga sangat mudah dan pakannya pun tidak khusus. Ada banyak sekali corak warna yang ditampilkan dari jenis ikan angelfish ini. Ada yang hitam gelap, belang-belang hingga kuning keperak-perakan.

Cara mendapatkan ikan ini tidak sulit. Sebab, sudah banyak toko-toko aquarium yang menjual ikan jenis ini, dan harga yang ditawarkan masih tergolong murah yaitu Rp 5 ribu untuk ukuran dewasa dan yang masih kecil berkisar Rp 3 ribu.

BACA JUGA : Pulau Komodo, Taman Nasional Eksotis yang Jadi Keajaiban Dunia

2. Guppy

Jenis Ikan Aquascape dengan Warna yang Cantik
Ruparupa

Jenis ikan aquascape selanjutnya adalah, ikan guppy. Ikan ini sudah menjadi favoritnya para penghobi aquascape karena, gerakan dan corak warnanya yang cukup menawan. Keungglan lain yang dimiliki ikan guppy adalah, ekornya yang berjumbai mirip seperti ikan cupang. Bahkan, selain berjumbai, ekornya memilik beragam corak menyerupai warna loreng harimau.

Di pasaran toko aqaurium, ikan guppy dijual dari rentang harga Rp 3 ribu hingga paling mahal ada pula yang Rp 10 ribu. Ikan ini termasuk ikan yang sangat indah, dan bisa dicampur dengan ikan jenis lain  di aquascape Sedulur.

BACA JUGA : 9 Aplikasi & Cara Sadap WA Pasanganmu Tanpa Diketahui, Viral!

3. Neon tetra

Jenis Ikan Aquascape dengan Warna yang Cantik
alamikan

Ikan hias aquascape selanjutnya adalah neon tetra. Ikan ini sangat digemari para pecinta aquascape,  karena warna tubuhnya yang menyala dengan perpaduan antara warna merah dan biru. Biasanya, para penghobi aquascape mengisi sekitar puluhan ekor ikan jenis neon tetra ini sebagai penghias aquascape. Karakter ikan neon tetra adalah,  ikan ini hidup berkelompok dan bisa schooling atau berombongan saat berada di aquascapemu.

Terkait harga untuk ikan jenis neon tetra ini sangat murah. Untuk satu ekornya dijual dengan harga Rp 2 ribu. Jadi sangat layak untuk menempati aquascapemu Sedulur. Hewan kecil ini juga tidak bermasalah bila akan digabungkan dengan ikan lain di aquascapemu.

BACA JUGA : 40+ Ucapan Natal yang Indah dan Penuh Makna Untuk Keluarga

4. Cardinal tetra

Jenis Ikan Aquascape dengan Warna yang Cantik
majalahikan

Jenis ikan aquascape selanjutnya adalah cardinal tetra. Ikan ini masih satu keluarga dengan neon tetra lho sobat Sedulur. Mereka juga bukan hewan yang soliter seperti cupang dan lain sebagainya. Ikan ini juga menjadi salah satu favoritnya para pecinta aquascape. Karakter lain dari ikan jenis cardinal tetra ini adalah motif warna biru dan merah di badan ikan, lebih terang dari ikan jenis neon tetra atau red nose tetra. Dan alasan lain mengapa Sedulur wajib memelihara ikan yang satu ini, karena usia hidup mereka bisa mencapai lima tahun dan tidak terlalu masalah jika dicampurkan dengan ikan jenis lain di aquascapemu.

BACA JUGA : 4 Standar Kompetensi Guru Di Era Digital yang Harus Dimiliki

5. Ikan platy

Jenis Ikan Aquascape dengan Warna yang Cantik
petsoid

Selanjutnya ada ikan aquascape jenis platy. Ikan ini sangat bagus untuk menempati aquascapemu. Ciri khas dari ikan ini adalah, warna badan orange dengan sirip hitam besertaa ekornya yang hitam. Sebenarnya, jenis platy tidak hanya warna orange tapi ada juga yang warna hitam legam. Namun, kekurangan dari ikan ini adalah, sering sekali membuang kotoran di aquascape, sehingga buat Sedulur wajib ekstra membersihkan aquascapenya.

BACA JUGA : 15 Puisi Hari Ibu untuk Ibu Tersayang yang Mengharukan

6. Chili rasbora

Jenis Ikan Aquascape dengan Warna yang Cantik
majalahikan

Selanjutnya  ada chili rasbora. Ikan ini termasuk yang paling indah untuk mendiami aqauscapemu lho Sedulur. Namun, jenisnya sangat endemik, maka tidak tidak banyak toko aquarium yang menjual ikan ini.

BACA JUGA : 10+ Pilihan Hampers Natal dan Tahun Baru untuk Orang Spesial

7. Boesemani rainbowfish

Jenis Ikan Aquascape dengan Warna yang Cantik
Mongabays

Ikan yang cocok untuk aquascape selanjutnya adalah boesemani rainbofish atau biasa dinamakan ikan pelangi. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki corak tubuh yang indah menyerupai pelangi dan biasanya banyak ditemukan di Danau Ayamaru tepatnya di provinsi Papua Barat.

Termasuk ikan yang indah, namun sangat disayangkan,  tidak banyak toko aquarium yang menjual ikan pelangi ini, mengingat ikan ini juga masih sangat endemik. Jikalau  ada yang menjual, maka harganya pun mungkin relatif  mahal.

BACA JUGA : 20 Inspirasi Kado Unik dan Berkesan Untuk Hari Ibu

8. Corydoras panda

Jenis Ikan Aquascape dengan Warna yang Cantik
Correcto

 Selanjutnya adalan ikan corydoras panda. Hewan ini sangat layak dimasukan ke dalam aquascapemu. Sebab, ikan jenis ini sangat unik, mampu membersihkan semacam algae yang membandel dan tumbuh di dalam aquascapemu Sedulur. Meski demikian, ikan jenis ini sangat pemalu, maka tidak jarang mereka kerap bersembunyi di  balik tumbuhan  aquascape.

BACA JUGA : Sejarah Hari Ibu 22 Desember, Perjuangan Pahlawan Wanita Indonesia

9. Discus

Jenis Ikan Aquascape dengan Warna yang Cantik
pixabay

Ikan hias aquascape selanjutnya adalah discus. Ikan ini termasuk jenis ikan yang sangat layak di masukkan ke dalam ekosistem  buatanmu  Sedulur. Makanan dari ikan ini, biasanya diberi pakan cacing sutra atau cacing beku. Namun, meski terkenal indah, tidak banyak orang yang memelihara ikan ini, karena harga yang ditawarkan relatif mahal.

Perlu kamu ketahui Sedulur, untuk satu ekor ikan hias discus di tingkat toko aquarium, dibanderol dengan harga Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu. Harga ini mungkin sangat sesuai dengan corak tubuhnya yang bergaris-garis. Biasanya ikan ini banyak ditemukan di Sungai Amazon di Benua Amerika.

BACA JUGA : Ini 8 Jenis Bunga Keladi Mahal di Indonesia & Cara Merawatnya

10. Harlequin rasbora

Jenis Ikan Aquascape dengan Warna yang Cantik
aquapedia

Ikan yang layak masuk dalam ekosistem buatanmu selanjutnya mungkin bisa diisi dengaan jenis harlequin rasbora ini. Ikan harlequin rasbora memiliki corak tubuh kuning dengan campuran warna hitam di tubuhnya. Apabila kamu mencampurnya dengan jenis ikan lain,  ikan ini tidak terlalu bermasalah.

11. Dwarf gourami

ikanesia

Ikan selanjutnya adalah, dwarf gourami atau ikan hias jenis gurami yang kerdil. Ikan ini memiliki corak tubuh yang berwarna-warni dengan kombinasi warna sisik merah, iru, dan hijau dan sangat layak untuk dijadikan ikan hias aquascape.

12. Tiger barb

Nakamaaquatic

Ikan hias aquascape selanjutnya adalah jenis tiger barb. Ikan ini sebenarnya kurang begitu diminati buat para pecinta aquascape. Sebab,  ikan ini memiliki hobi memakan sirip ikan lain. Jadi, pastikan apabila Sedulur berminat menjadikan ikan ini sebagai penghuni aquascape, pisahkan dengan  jenis ikan lainnya.

Corak tubuh yang ditonjolkan dari ikan tiger barb adalah, warna belang hitam plus kuning-kuning dan di bagian mata ada warna merahnya.  Meski demikian, ikan ini termasuk dalam ikan yang layak masuk ke dalam aquascape.

13. White cloud

petpintar

Buat Sedulur pecinta ikan aquascape, maka tidak ada salahnya untuk memelihara ikan yang satu ini,  yaitu, white cloud. Ikan ini sangat layak masuk ke dalam ekosistem buatanmu karena memiliki corak yang indah dibagian tubuhnya.

14. Ikan badut (clownfish)

detik

Selanjutnya ada jenis ikan aquascape bernama ikan clownfish atau mungkin banyak orang mengira dengan nama ikan nemo. Berbeda dengan  jenis ikan lainnya yang hidup di air tawar, ikan clownfish adalah ikan laut. Jadi, apabila Sedulur berminat untuk memeliharanya, pastikan settingan aquascapemu menyerupai habitatnya di lautan.

15. Ikan tetra amber

satriahewan

Ikan aquascape ini masih satu keluarga dengan ikan neon tetra dan cardinal tetra. Corak warna yang diberikan oleh ikan jenis ini berwarna orange. Jadi, buat Sedulur, wajib membeli banyak ikan jenis ini, karena sifat mereka yang hidup berkelompok.

16. Zebra danio

paktanidigital

Ikan hias aquascape ini sangat layak dimasukan sebagai hewan peliharaan di ekosistem buatanmu. Seperti namanya, ikan zebra ini, memiliki corak warna tubuh belang hitam dan putih. Meski demikian, tidak hanya warna tersebut,  ada pula corak warna merah dan putih menghiasi tubuhnya. Jadi, tidak heran,  jika ikan ini sangat diminati oleh pecinta aquascape.

17. Sun cat fish

BigGoIndonesia

Ikan jenis aquascape selanjutnya adalah sun cat fish. Ikan ini memiliki semacam kumis seperti halnya kucing. Dan habitat dari ikan jenis ini berasal dari kerala di India. Dan ikan ini termasuk hewan jeniss nokturnal yaitu sangat aktif di malam hari. Harga untuk satu ekornya adalah Rp 15 ribu.

18. Spotted headstander

99co

Ikan hias aquascape selanjutny adalah spotted headstander. Ikan ini sebenarnya kurang populer di komunitas pecinta aquascape. Meski demikian, ikan ini wajib masuk ke dalam habitat aquascapemu ya Sedulur. Harga untuk satu ekornya dijua dengan Rp 5 ribu.

19. Ikan cupang

pexels

Ikan hias aquascape yang sangat populer selanjutnya datang dari ikan cupang. Memang predikat sangat populer sangat tepat disematkan oleh ikan ini. Ikan cupang bisa kamu temukan di setiap toko ikan hias. Harganya pun sangat bervariatif tergantung jenis dan ukurannya.  Namun, biasanya ikan cupang yang sangat bagus dimasukan ke ekosistem buatanmu adalah, jenis Halfmoon dimana cupang ini mempunyai ekor yang berjumbai.

20. Red nose tetra

ternakikanhias

Red nose tetra merupakan ikan yang terakhir dan wajib kamu miliki ya Sedulur. Ikan ini masih satu keluarga dengan neon tetra dan cardinal tetra. Untuk mengetahui ikan red nose tetra, Sedulur bisa melihatnya di bagian hidung ikan yang berwarna merah menyala. Harga yang ditawarkan pun sangat  murah yaitu, Rp 2 ribu. Mereka juga termasuk ikan yang hidup bergerombol dengan kawanannya.

Ya, demikian ulasan ikan hias aquascape yang wajib kamu punya dan bisa menempati ekosistem buatanmu Sedulur. Semoga rekomendasi ini membantu Sedulur untuk mencari tahu ikan apa yang layak untuk dimasukan ke dalam aquascapemu.

Kalau Sedulur ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari, Sedulur bisa langsung download Aplikasi Super ya. Kebutuhan pokok di Aplikasi Super dijamin super lengkap dan harganya terjangkau!