tanaman hias daun

Ada jenis dan nama banyak tanaman hias daun dan gambarnya yang bisa dijadikan pilihan utama untuk kebutuhan dekorasi rumah atau ruangan secara umum. Selain bisa mendukung estetika, tanaman mampu menyejukkan ruangan saat mereka melepaskan oksigen di siang hari sebagai hasil dari proses fotosintesis.

Sayangnya, tak seperti dekorasi ruangan lainnya. Diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk melakukan perawatan agar tanaman hias tak busuk atau layu. Tenang, ada kok jenis tanaman hias daun yang mudah dirawat. Sedulur tak perlu ragu menambatkan hati pada mereka. Apa saja? 

BACA JUGA: 15+ Jenis Bonsai, Tanaman Hias yang Bikin Rumah Makin Indah

1. Paddle plant (Kalanchoe luciae) 

tanaman hias daun
instagram.com/worldofsucculents

Di Indonesia, tanaman ini dikenal pula dengan sebutan cocor bebek berbunga. Ia masuk dalam jenis kaktus dengan daun yang lebar dan kaku. Warna daunnya agak kemerahan, sehingga tampak mencolok. Dengan begitu, ia butuh cahaya yang cukup dan idealnya diletakkan di dekat jendela yang kering.

Mudah dirawat, paddle plant tidak perlu disiram setiap hari. Cukup siram saat tanahnya mulai kering, tetapi jangan sampai menggenang. Berikut ini adalah jenis tanaman hias daun, kecuali yang memiliki bunga.

2. Lady palm (Rhapis excelsa) 

instagram.com/inuzou_kansochiku

Tanaman hias indoor ini ditandai dengan daunnya yang memanjang seperti jemari yang lentik dan saling bersilangan. Tanaman ini disebut palem regu di tanah air. Ia bisa diletakkan di dalam ruangan, tetapi tetap butuh cahaya yang cukup tiap harinya. Tak kalah keren dari monstera, kesan tropis pun dapat ia wujudkan saat bertengger di ruangan Sedulur. Berikut ini adalah jenis tanaman hias daun kecuali yang memang didominasi dengan kelopak bunga.

3. Chinese money plant (Pilea peperomioides)

tanaman hias daun
instagram.com/mypeacefulmoment

Dinamai seperti itu karena bentuk daunnya yang bulat seperti kepingan uang koin. Ukurannya kecil, jadi cocok untuk ruang sempit. Tanaman hias ini berasal dari provinsi Yunan, Tiongkok, tetapi tersebar di Eropa lewat misionaris asal Norwegia yang menyetek daunnya dan menanamnya di negara asalnya. Tanaman yang satu ini bisa tumbuh di lokasi yang tidak terlalu terang. Pas buat Sedulur yang kebetulan tak memiliki banyak spot dengan paparan sinar matahari yang memadai. 

4. Sirih gading

 

instagram.com/chicagogardener

 Sirih gading dikenal pula dengan nama devil’s ivy merupakan tanaman hias yang bisa diletakkan dalam ruangan atau tempat teduh. Ia tidak haus cahaya dan sangat mudah tumbuh. Dalam waktu singkat, daunnya akan tumbuh rimbun dan merambat. Untuk itu, ia butuh dipangkas beberapa bulan sekali. Daunnya cantik dan beberapa berjenis variegata sehingga warnanya sembur cantik. 

BACA JUGA: 15+ Tanaman Hias Daun yang Hits & Cocok Untuk Pemula

5. Aglaonema 

tanaman hias daun
instagram.com/teman_tamanku

Aglaonema adalah tanaman daun paling populer di Indonesia. Ini karena perawatannya yang mudah dan warna daunnya yang menawan. Ia berasal dari keluarga talas dan sangat mudah tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Jenisnya juga beragam, ada belasan jenis yang bisa kamu pilih berdasarkan bentuk daun dan kombinasi warnanya. Harganya pun masuk akal. 

6. Yucca (Yucca gloriosa L)

instagram.com/monroviaplants

Nama tanaman ini cukup menarik. Ia berasal dari kawasan Amerika Utara, tepatnya di kawasan Meksiko dan beberapa negara bagian di Selatan Amerika Serikat. Di Indonesia, namanya disimplifikasi jadi Yuka. Bentuknya mirip palem dengan batang yang memiliki pelepah. Daunnya akan tumbuh ke atas sehingga tidak akan terlihat berantakan saat mulai rimbun. Ia perlu cahaya yang cukup, jadi bisa tanaman hias daun outdoor. 

7. Spider plant (Chlorophytum comosum)

tanaman hias daun
instagram.com/rootbythefoot

Spider plant atau lili paris merupakan salah satu tanaman hias yang populer dan umum di Indonesia. Bentuknya sederhana, tetapi cantik kalau mulai rimbun. Selain itu cara merawatnya pun gampang. Ia harus ditaruh di tempat yang teduh, tetapi masih terkena cahaya matahari tak langsung. Penyiramannya pun tak harus setiap hari, kalau Sedulur lupa pun mereka akan masih hidup. 

8. Calathea ornata 

tanaman hias daun
instagram.com/cultivesim

Tanaman hias daun calathea adalah salah satu yang paling eksotis di dunia. Daunnya berwarna hijau gelap dengan garis-garis kuning dan merah muda yang menghiasinya. Tumbuhan daun asal Amerika Selatan ini suka dengan tempat yang lembab dan teduh, bahkan media tanamnya pun harus diusahakan tetap lembab. Jadi, ia butuh disiram tiap hari. 

BACA JUGA: 12+ Jenis Bunga Aglonema Paling Populer & Cara Merawatnya

9. Karet kebo (Ficus elastica) 

instagram.com/bethanyoplant

Tanaman ini juga naik daun beberapa tahun belakangan. Dengan daunnya yang tebal dan berwarna gelap, tanaman ini pun cocok jadi titik fokus di ruangan. Ia juga tipe dedaunan yang suka dengan media tanam yang lembab dan basah. Disarankan diletakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, tetapi terang. Ia bisa tumbuh besar ke atas, sehingga bisa ditanam di pot besar. 

10. Snake plant  (Dracaena trifasciata)

tanaman hias daun
instagram.com/plantswoman

Pernah bernama sansevieria sebelum berganti nama jadi dracaena, dedaunan kaku ini dikenal dengan nama yang cukup nyeleneh di Indonesia, yaitu lidah mertua. Mungkin karena bentuknya panjang seperti lidah dan ujungnya tajam, setajam omongan mertua. Tanaman hias daun yang murah ini mudah sekali tumbuh subur dan hanya butuh disiram beberapa hari sekali tergantung tingkat kelembaban media tanamnya. Tanaman ini cukup bandel, bisa tahan di panas terik, tetapi juga tak masalah diletakkan di tempat yang teduh dan jarang cahaya. 

11. Zamioculcas zamiifolia 

instagram.com/plantsallatonce

Berdaun kaku dan lebih suka berada di luar ruangan, tanaman berjuluk ZZ ini berasal dari Afrika yang jarang diguyur hujan. Struktur tanamannya menawan dan estetik, tak heran ia jadi idola para pecinta tanaman yang aktif di media sosial. Perawatannya sangat sederhana, Sedulur. Asalkan ada di tanah yang subur dan lembab, ia bisa bertahan hidup dengan baik. Bahkan tahan diletakkan di lokasi yang cahayanya minim.

12. Philodendron 

tanaman hias daun
instagram.com/thrivengrenyf

Sering disamakan dengan sirih gading dan monstera karena bentuk daunnya, philodendron merupakan spesies yang sama sekali lain. Tanaman ini sangat pesat pertumbuhannya, ia bisa merambat dan rimbun meski diletakkan di dalam ruangan asalkan terang. Philodendron juga hanya butuh disiram sekali seminggu, lho. Sangat low maintenance. 

BACA JUGA: 8 Deretan Harga Pohon Janda Bolong Termahal di Dunia

13. Bromelia

tanaman hias daun
instagram.com/sunny_gardenpv

Meski terlihat seperti memiliki bunga, sebenarnya bromelia adalah salah satu jenis tanaman hias daun yang bisa menghasilkan bunga berwarna ungu, merah, jingga, hingga kuning. Ia cukup gampang dalam hal perawatan, bisa diletakkan di luar maupun dalam rumah.

Tahan panas, tidak mudah kering dan busuk, tetapi idealnya dibesarkan di iklim lembap. Kalau ini pas banget dengan kondisi iklim Indonesia. Bromelia bisa ditanam di pot, tetapi sering pula ditemukan menempel pada batang pohon. 

14. Nolina atau ponytail palm

instagram.com/indooroasisph

Bentuk tanaman ini seperti pohon bonsai dengan daun yang menyebar seperti kabel kusut. Meski begitu, ia termasuk tanaman hias yang digemari, Sedulur. Tanaman ini perlu cahaya matahari cukup, tetapi bisa sesekali diletakkan di dalam ruangan yang teduh. Berasal dari Meksiko, ia masih tahan ditanam di iklim Indonesia, tetapi usahakan tempatnya sejuk dan tidak terlalu panas.  Untuk penyiramannya, mirip dengan tanaman kaktus yang merupakan keluarganya. Ia tidak suka di tanah yang terlalu basah dan lembab. 

15. Monstera 

tanaman hias daun
instagram.com/beezybees

Monstera atau janda bolong adalah tanaman hias yang daunnya berongga dan punya banyak varian. Bisa menciptakan kesan tropis dan daunnya pun bisa tumbuh besar tergantung pada kapasitas pot yang disediakan. Monstera juga mudah tumbuh dan tak perlu disiram setiap hari. Cukup saat tanahnya mulai kehilangan kelembaban saja. 

16. English ivy 

berikut ini adalah jenis tanaman hias daun kecuali
instagram.com/planstcapelive

Tanaman daun rambat ini akan tampak indah saat dipasang dengan cara digantung. Apalagi saat daunnya mulai rimbun. Sedulur juga bisa menempatkannya pada pagar agar merambat sempurna. Untuk penyiraman, cukup beberapa hari sekali dan kurangi intensitasnya saat musim hujan. 

17. Peperomia

instagram.com/daunbungahias

Tanaman hias daun 2 warna ini berukuran mini, jadi pas untuk ruangan kecil atau dipajang di atas side table. Ada beberapa varian yang beredar. Salah satunya bak karet kebo mini dengan daun tebal dan berwarna gelap. Beberapa lainnya berbentuk lebih manis seperti daun semanggi. 

18. Schefflera 

berikut ini adalah jenis tanaman hias daun, kecuali
instagram.com/slide.sign

Tanaman hias yang satu ini jangan sampai terlewat. Struktur daunnya membentuk bunga yang seperti kipas, indah dan rapi. Ia suka dengan media tanam yang lembab dan gembur. Namun, penyiramannya tidak perlu rutin tiap hari. Seminggu sekali pun cukup kok. Schefflera adalah tanaman tropis yang pasti cocok dengan iklim Indonesia. 

Berikut sudah dijabarkan jenis tanaman hias daun, semuanya mudah dirawat dan harganya masuk akal. Sedulur tinggal pilih mana yang paling menarik hati. Comot semua pun boleh, asal ada dana yang memadai.