ikan komet

Ikan komet yang memiliki nama latin carassius auratus adalah salah satu ikan hias yang hidup di air tawar dan menjadi cukup populer di kalangan pecinta ikan hias. Berawal dari sebuah hobi, tak jarang banyak orang kemudian tertarik untuk berbisnis ikan hias yang satu ini. Dengan warnanya yang bermacam-macam serta keindahan yang dimilikinya membuat orang-orang tertarik untuk memeliharanya.

Tak hanya itu, ikan komet juga memiliki karakteristik jinak sehingga bisa dengan mudah berbaur atau hidup dengan ikan jenis lainnya. Ikan ini juga mudah untuk dipelihara karena memiliki sifat yang bisa menyesuaikan diri di lingkungan dengan baik.

Hal tersebutlah yang membuat harga jual dari ikan menjadi lumayan tinggi. Banyak masyarakat yang ingin keuntungan yang tinggi juga. Untuk itu, ulasan kali imembahas tentang seperti apa ikan hias ini dan berbagai macam jenisnya. Simak, ya!

BACA JUGA: 20+ Ikan Aqua Space Terbaik, Cocok Dipelihara Untuk Pemula

-->

1. Ikan mas komet harimau

ikan komet harimau
Popbela

Pastinya, Sedulur masih ingat dengan warna dasar dari binatang harimau, kan? Warna tersebutlah yang menjadi dasar dinamakannya jenis ikan ini, karena mirip dengan warna harimau. Warna hitam dan oranye adalah warna dari ikan mas komet harimau dan sangat menyerupai dengan binatang buas tersebut. Ikan dengan warna harimau ini termasuk langka, karena belum banyak yang memilikinya. Jadi, Sedulur bisa mulai mengoleksinya sekarang, ya.

2. Ikan mas komet pancawarna

ikan komet pancawarna
Popbela

Dengan perpaduan lebih dari dua warna, ikan ini biasa disebut dengan ikan mas komet pancawarna. Biasanya, warna yang menjadi ciri khasnya adalah perpaduan antara merah, hitam, dan oranye. Merah, hitam, dan putih juga menjadi perpaduan warna yang khas dari ikan yang satu ini.

Sebab timbulnya pancawarna ini adalah adanya perkawinan silang antara dua jenis ikan. Meskipun warna yang ditawarkan cukup unik, namun harganya cenderung murah. Harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp5.000-30.000-an.

BACA JUGA: 8 Varisasi Racikan Umpan Ikan Mas Paling Jitu, Mudah & Murah

3. Ikan mas komet tancho

ikan komet tancho
satriahewan

Jenis komet tancho yang satu ini merupakan jenis albino. Hal ini dikarenakan ikan mas komet ini tidak memiliki warna yang tegas seperti pada umumnya. Namun, justru itulah yang membuatnya menjadi daya tarik tersendiri karena warnanya terlihat cantik. Tidak melulu putih, biasanya ada corak berwarna merah atau oranye yang terletak di bagian kepalanya.

4. Komet hitam putih

ikan komet hitam putih
ikanesia

Warna gelap serta memiliki ekor bercabang membuat jenis ikan komet yang satu ini cukup unik dan nyentrik. Jika kebanyakan dominasi warna yang ditawarkan adalah warna-warna yang cerah, namun jenis yang satu ini malah sebaliknya.

Jika dilihat dari atas, akan tampak keindahan dari ikan dengan jenis hitam putih ini. Jenis ini cocok untuk dijadikan peliharaan yang letaknya di kolam. Harga yang ditawarkan pada ikan jenis ini yaitu sekitar Rp10.000- 40.000 per ekornya.

BACA JUGA: Kenali Ikan Cupang Koi, Harga, Ciri Ciri & Cara Merawatnya

5. Komet hitam

ikan komet hitam
aquapedia.id

Jika ada jenis dengan corak albino, maka yang satu ini merupakan jenis yang memiliki warna dasar hitam. Dengan dominasi warna hitam dari atas sampai ekor tubuh ikan komet ini, menjadikannya tampak gagah. Harga ikan komet yang ditawarkan pada jenis dominasi warna hitam ini berkisar Rp10.000-40.000.

6. Komet kuning

komet kuning
rumah.com

Berbeda dengan jenis yang warnanya hitam, jenis yang satu ini memiliki warna kontras yang sangat menarik. Tak hanya menarik, warna tubuhnya juga cenderung eksotis karena adanya perpaduan antara warna putih menyala dengan warna kuning.

Ikan komet kuning yang cantik ini harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp3.000-20.000 saja per ekornya. Jenis yang satu ini sangat terlihat bercahaya karena adanya warna kuning yang transparan dan bagian sirip ekornya panjang dan berkilau.

BACA JUGA: Fillet Ikan Dori Berasal dari Ikan Patin? Jangan Salah

7. Ikan komet common

common
aquapedia.id

Dengan ciri khas ekor yang berjenis tunggal atau single tail, membuat jenis yang satu ini disebut juga dengan ikan komet common. Pada seluruh tubuhnya, warnanya adalah putih kekuningan. Ketika terkena paparan sinar matahari atau lampu di akuarium, warna dari jenis ini akan bersinar dan cantik.

8. Ikan komet slayer

ikan komet slayer
akuariumhias

Jenis selanjutnya memiliki warna putih di bagian punggung serta bawahnya, dan memiliki warna merah pada bagian punggungnya. Sementara itu, pada bagian sirip dari ikan mas komet slayer ini bercorak putih kemerahan. Jika Sedulur memutuskan untuk memeliharanya, pastinya akan membuat warna dari akuarium menjadi semakin cantik.

Ciri utamanya adalah bagian ekor serta siripnya berwarna merah dan menjadikannya sangat menawan. Jenis yang satu ini adalah yang paling populer serta banyak dipelihara oleh penggemar ikan hias, karena harganya yang murah. Biasanya, jenis yang satu ini dijual dengan harga sekitar 5.000-30.000 per ekornya. 

BACA JUGA: 12 Jenis Ikan Oscar, Ikan Predator Cantik yang Paling Dicari

9. Komet sara

sara
hewanairinfo.blogspot.com

Karena kombinasi warnanya cukup unik, ikan komet jenis sara ini banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias. Badan dari jenis ini memiliki warna putih dan punya bercak di bagian bawah. Tak hanya itu, area kepalanya memiliki warna merah dan ekornya bercabang.

Ekor serta siripnya yang cukup panjang dan berwarna merah kontras membuat jenis yang satu ini terlihat cantik dan menawan ketika sedang berenang. Jenis ini dijual dengan harga sekitar 5 ribu sampai 15 ribuan saja per ekornya.

10. Ikan mas koki komet

mas koki
rumah.com

Berbeda dengan jenis yang lain, ikan mas koki komet memiliki tubuh yang cenderung ramping. Tak hanya itu, jenis yang satu ini juga memiliki satu ekor saja dan ekornya panjang. Ukuran dari jenis yang satu ini bekisar 5-10 cm saja dengan harga Rp5.000-an.

BACA JUGA: 6 Manfaat Ikan Betok Untuk Kesehatan, Baik untuk Tulang

Cara merawat

Selain mengetahui berbagai jenisnya, Sedulur harus mengetahui bagaimana cara merawat dari ikan ini. Cara untuk merawatnya tidaklah sulit, karena termasuk pada spesies yang tangkas, tangguh, serta handal. Ia juga merupakan jenis yang tidak terlalu berpengaruh pada lingkungannya, sehingga memiliki daya adaptasi yang cukup tinggi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Sedulur ingin merawat jenis ini, yaitu selalu menjaga agar air tetap berkualitas. Sedulur harus memastikan tidak ada bakteri, jamur, logam berat, serta klorin yang hidup di lingkungan tinggal ikan. Hal ini dikarenakan ikan ini termasuk spesies yang rentan terhadap berbagai penyakit yang diakibatkan oleh virus, jamur, serta bakteri.

Pastikan dan selalu jaga kadar kualitas air di dalam akuarium. Usahakan untuk menambahkan filter dan secara teratur airnya dikuras. Untuk satu ekornya, butuh sekitar 75 liter air supaya tidak stress dan mati.

Pakan ikan

Biasanya, ikan komet akan memakan makanan alaminya seperti lalat, jentik nyamuk, serangga kecil, semut, cacing, hingga udang kecil. Hal ini karena ia termasuk jenis pemakan segala atau karnivora. Namun, ketika Sedulur ingin memeliharanya di kolam, maka pelet khusus ikan bisa menjadi pilihan untuk pakannya. Selada, algam, serta brokoli adalah tanaman yang menjadi favoritnya.

Untuk rentang pemberian makannya, biasanya dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali saja dalam satu hari. Sedulur bisa menemukan pelet atau pakan ikan yang cocok di berbagai toko peliharaan terdekat. Jangan memberikannya terlalu banyak makanan, karena ikan komet besar maupun kecil tidak akan menghabiskannya. Justru, air akuarium akan menjadi gampang keruh karena sisa makanan yang tidak habis dimakan tersebut.

Agar membuat akuarium semakin cantik dan indah untuk dipandang, jangan lupa untuk rutin mengganti air akuarium sekali dalam satu minggu. Untuk menjaga kebersihan dan kejernihannya, jangan lupa untuk membersihkan juga filter air. Sehingga, ikan akan selalu sehat dan tidak mudah stress.

Demikian ulasan singkat mengenai berbagai jenis ikan mas koki komet yang tidak kalah cantik dengan jenis lainnya. Jika Sedulur memutuskan untuk memelihara ikan tersebut, usahakan tidak terburu-buru untuk meletakan ikan di dalam akuarium. Endapkan dahulu selama semalam dengan mengisi akuariumnya dengan setengah air.

Setelah selesai, isi kembali air hingga penuh pada keesokan harinya hingga penuh. Gampang, ‘kan? Lalu, jenis apa yang menarik perhatian Sedulur untuk dipelihara?