bridal shower

Meskipun merupakan budaya dari luar, bridal shower merupakan hal yang cukup populer dan sudah lumrah terjadi pada kehidupan di masa kini. Apalagi jika sang mempelai dan sahabatnya sangat antusias dan senang dengan adanya pesta, kegiatan yang satu ini pasti seru untuk dilakukan. Belum lagi, jika para sahabat mempelai wanita yang datang mengadakan beberapa macam permainan seru serta berfoto bersama, pasti akan sangat menyenangkan.

Dengan adanya baju yang senada ditambah dengan dekorasi yang estetik, membuat arti bridal shower menjadi lebih mengesankan dan memberikan memori indah sebelum sang mempelai wanita menuju jenjang pernikahan. Seperti apa sih fakta dan tips dari kegiatan yang satu ini? Simak jawabannya berikut ini, ya.

BACA JUGA: 30+ Ucapan Selamat Menikah Islami yang Bagus dan Penuh Doa

Apa itu bridal shower?

bridal shower
pexels

Bridal shower artinya sebuah acara yang dilaksanakan sebelum menikah atau biasa disebut dengan prewedding. Perbedaanya, perayaan pesta sebelum menikah ini biasanya diadakan kecil-kecilan dan kebanyakan wanita yang menggelarnya. Tujuan dari diadakannya acara ini adalah tak lain merayakan perubahan status dari seorang wanita dari lajang menjadi menikah.

Selain itu, acara yang diadakan oleh para sahabat dekat mempelai wanita ini juga memiliki tujuan untuk bersenang-senang dan seru-seruan saja. Awal mula adanya acara ini adalah hal yang biasa dilakukan di Amerika dan Kanada. Biasanya, acara ini digelar pada dua sampai tiga minggu sebelum tibanya hari pernikahan. Beberapa kebiasaan dalam acara yang satu ini umumnya masih tidak berubah dari dulu meskipun pada masa sekarang lebih bervariasi. 

Umumnya, perayaan ini dilaksanakan ketika weekend tiba dan biasanya para sahabat akan memberikan berbagai macam hadiah untuk digunakan pengantin pada saat pernikahan tiba. Tidak ada aturan yang ketat untuk melaksanakan perayaan ini. Pertimbangan para sahabat yang turut hadir menjadi salah satu dasar dari penentuan tema pada acara ini. Jadi, ini merupakan sebuah acara yang santai, ya. Adapun beberapa tips untuk mempersiapkannya dengan matang sehingga akan menjadi pesta yang berkesan bisa Sedulur simak berikut ini.

1. Tentukan planning terlebih dahulu

bridal shower adalah
Pexels

Langkah awal dalam mempersiapkan bridal shower adalah menyusun rencana atau planningnya terlebih dahulu. Tunjuk seorang sahabat yang akan menjadi ketua pelaksana yang bisa mengatur segala rangkaian acara yang diadakan. Jika dalam suatu lingkup pertemanan ada 5 orang, tentukan satu saja seseorang yang bisa dipercaya menjadi ketua. Mulai dari menyusun kegiatan acara, melakukan perencanaan dalam hal keuangan, serta bagaimana konsep serta dekorasinya adalah menjadi tanggung jawab sang ketua. Perlu diingat, anggota lain juga harus membantu mempersiapkan segala hal tersebut di samping sang ketua. 

Biasanya, bridesmaid juga sering diminta oleh mempelai wanita agar dekorasi acara dan rencana bisa berjalan dengan baik. Mulai dari dekorasi, konsumsi, serta permainan apa yang seru dilakukan akan diikutkan oleh bridesmaid. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan untuk selalu berkomunikasi dengan satu sama lain secara terbuka terhadap semua rencana yang akan dicapai.

2. Siapa saja yang boleh diundang?

bridal shower artinya
Pixabay

Pertanyaan yang selalu muncul di kepala banyak orang adalah siapa saja yang diundang dalam sebuah acara bridal shower. Sebenarnya, tidak ada aturan yang pasti atau aturan wajib mengenai apakah boleh mengundang tamu wanita dan pria atau jumlah tamu yang ideal pada acara ini berapa.

Ini merupakan suatu pesta yang bebas dan tidak formal, jadi itu semua tergantung dengan yang melaksanakan. Namun, sebaiknya tamu yang diundang dalam acara ini merupakan sahabat dekat calon mempelai, ya!

BACA JUGA: Doa Pernikahan Untuk Pengantin Baru Dalam Islam + Artinya

3. Tanggal berlangsungnya acara harus ditentukan

apa itu bridal shower
Pexels

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah menentukan tanggal berlangsungnya suatu acara. Ada yang berpendapat bahwa bridal shower harus diadakan tepat tiga minggu sebelum sang mempelai melaksanakan pernikahan. Ada pula yang berpendapat bahwa acara ini digelar sejak dua sampai enam bulan sebelum menggelar pernikahan. Mereka mengatakan seperti itu karena menganggap bahwa jika terlalu jauh dari hari h, maka pernikahan terancam gagal. 

Namun, hal itu jangan dipercaya, ya. Bukannya mendoakan, hal tersebut justru akan menjadi sugesti atau doa buruk yang tidak langsung terucapkan. Acara ini merupakan acara yang fleksibel. Jadi, Sedulur bisa memilih tanggal yang sesuai dengan waktu senggang mempelai dan para sahabatnya. Tentunya, sang pengantin pasti sedang sibuk untuk mempersiapkan pernikahan, kan. Jadi, upayakan untuk mencari waktu senggang yang tepat sebelum hari pesta pernikahan.

4. Harus ada pembagian tugas

arti bridal shower
Pexels

Pastikan untuk mengajak semua pihak yang terlibat pada acara ini untuk mendiskusikan perencanaan secara bersama-sama agar acara yang digelar menjadi lancar. Salah satu perencanaan yang bisa dilakukan oleh para sahabat adalah adanya pembagian tugas. Hal ini bertujuan agar tidak ricuh serta bisa menyelaraskan acara apa saja yang ada dalam bridal shower.

Ketua yang sudah ditunjuk bisa menetapkan tugas serta peran pada setiap pihak yang terlibat. Jaga komunikasi kepada semua pihak secara terbuka, agar tidak ada miss komunikasi yang bisa saja terjadi di kemudian hari. Jangan lupa juga untuk menetapkan anggaran agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

BACA JUGA: Malam Pertama Seorang Muslimah, Ini yang Perlu Dilakukan

5. Siapa yang harus membayar dekorasi dan hadiah pada bridal shower?

bridal shower itu apa
Pexels

Tentu saja, yang harus membayar semua dekorasi serta hadiah pada acara ini adalah patungan bersama. Hal ini tentu saja tidak merugikan, justru merupakan wujud kasih sayang dan cinta kita terhadap sahabat yang akan melangsungkan pernikahan. Pastinya, seorang sahabat pasti akan memberikan yang terbaik pada orang lain yang menjadi sahabatnya, kan.

Siapapun pihak yang terlibat dalam pengadaan acara ini akan membayar untuk perayaan tersebut secara patungan. Jika keberatan dengan jumlah anggaran yang ditawarkan, Sedulur bisa lho mengadakan acara ini secara sederhana saja.

Tidak perlu mewah, yang penting adalah calon pengantin yang menjadi tokoh utama dalam acara ini bisa terkesan kepada semua yang diberikan oleh sahabat. Pegang konsep bahwa tujuan awal dari pengadaan acara ini adalah berkumpul bersama sahabat.

6. Penentuan lokasi acara

lokasi acara
Koinworks

Setelah membagi tugas, tentunya lokasi acara harus ditentukan dengan matang. Ada beberapa opsi untuk penentuan dari lokasi acara bridal shower ini, yaitu di luar ruangan dan di dalam ruangan. Saat pandemi seperti sekarang ini, mungkin opsi untuk mengadakan acara secara outdoor bisa agak riskan, ya. Untuk menekan penyebarannya, usahakan untuk selalu mengenakan masker, membawa hand sanitizer, serta mengadakan acara yang jumlah undangannya tidak banyak. 

BACA JUGA: 17 Ide Kado Pernikahan Untuk Sahabat, yang Unik & Bermanfaat

7. Tentukan tema acaranya

tema acara
idewedding

Setelah mengetahui makna dan apa arti bridal shower sebelumnya, tentunya Sedulur harus bisa menentukan seperti apa tema yang akan diusung dalam acara ini. Tentukan tema yang spesifik, sehingga para sahabat bisa menyesuaikan baju yang akan mereka pakai. Berikut adalah beberapa rekomendasi tema acaranya:

Garden party

Konsep yang satu ini biasanya diadakan di luar ruangan dengan memenuhi tempat dengan berbagai bunga warna warni serta tanaman yang hijau dan estetik. Kombinasikan dengan dekorasi berwarna putih agar menambah kesan cerah.

Tema honeymoon (bulan madu)

Jika sang calon mempelai memiliki rencana untuk bulan madu di tempat tertentu, cobalah untuk membuat tema dari acara ini sesuai dengan kota atau negara yang akan menjadi tempat bulan madu mempelai.

Warna kesukaan

Jika calon mempelai menyukai warna tertentu seperti ungu atau pink, maka itu bisa menjadi salah satu inspirasi tema untuk acara dengan mengusung warna kesukaan sang pengantin. Mulai dari dekorasi, aksesori, serta hadiah bisa Sedulur atur warnanya sesuai kesukaan pengantin.

8. Mempersiapkan busana

dress code
tribunnews

Setelah menentukan tema acara, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan busana apa yang dipakai agar selaras satu sama lain. Busana tersebut bisa formal atau non formal, tergantung dengan kesepakatan bersama.

Pastikan untuk menulis dress code di dalam undangan, jika yang diundang cukup banyak. Baju kasual santai atau memakai gaun, semuanya tidak masalah untuk dipakai. Yang penting, semua orang yang hadir dalam perayaan bridal shower mengenakan pakaian yang senada dengan kesesuaian tema. 

BACA JUGA: Ini Dia 7 Tugas Bridesmaid di Acara Pernikahan

9. Membuat games saat acara

games
tirto

Permainan dalam bridal shower itu apa saja sih yang seru? Jawabannya adalah tergantung dengan pihak yang menyelenggarakan acara tersebut. Jika sahabat adalah tipe orang yang bermain aman, maka permainan bazaar adalah salah satu ide yang bisa dipakai.

Permainan ini adalah kontes sosial media dengan cara mengunggah foto bersama sang mempelai wanita di platform media sosial. Bagi yang mendapatkan likes banyak, akan mendapatkan hadiah. Sebaliknya, jika mendapatkan likes sedikit, akan diberikan hukuman.

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu bridal shower serta beberapa tips untuk memulai acara tersebut dengan baik. Acara ini diharapkan menjadi momen yang menyenangkan bagi calon mempelai dan sahabat terdekatnya. Jadi, pastikan semuanya dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan, ya! Have fun, ladies!