Alpukat mentega merupakan salah satu jenis buah alpukat yang berasal dari benua Amerika. Buah ini memiliki tekstur daging yang tebal dan lembut dibandingkan dengan alpukat jenis biasanya. Perbedaan inilah yang menjadi ciri khas alpukat dari jenis mentega. Penasaran ingin mengenal alpukat mentega lebih jauh lagi? Yuk simak penjelasan berikut!

Asal alpukat mentega

Photo by Glen Carrie on Unsplash

Memiliki tekstur kulit yang berbeda dengan alpukat  jenis lainnya, membuat alpukat mentega menjadi salah satu buah yang sangat spesial. Alpukat jenis ini dikenal juga dengan nama alpukat guatemala lho Sedulur. Ya,  pohon dari alpukat guatemala akan menghasilkan buah alpukat yang lebih besar dibandingkan dengan buah alpukat  pada umumnya.

Dan yang harus perlu kamu ketahui Sedulur, alpukat guatemala memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan manis. Inilah mengapa masyarakat mengenal jenis ini dengan istilah alpukat mentega. Karena hal tersebut juga, lantas membuat masyarakat akan lebih menyukai alpukat jenis ini  dibandingkan dengan alpukat seperti biasanya.

Lalu, bagaimana untuk kandungan nutrisi dan gizinya dalam alpukat jeni mentega ini? Ya, alpukan yang biasa dikenal dengan nama Alpukat guatemala atau alpukat mentega merupakan buah yang memiliki beragam kandungan nutrisi dan gizi. Terkenal dengan kandungan lemak baik yang dapat melindungi tubuh dari berbagai gangguan kesehatan. 

-->

Dapat kamu ketahui Sedulur  di dalam 100 gram alpukat jenis ini , terdapat kurang lebih 1,8 gram karbohidrat dan juga 6 gram serat. Selain itu, alpukat jenis mentega ini diketahui sangat memiliki banyak kandungan vitamin, seperti vitamin A, K, E, dan juga B. Tentunya dengan sangat beragamnya  kandungan vitamin pada buah alpukat jenis ini, setidaknya dapat membantu Sedulur untuk menjaga kesehatan tubuh lebih optimal.

Keunikan yang dimiliki alpukat jenis mentega ini, membuat harga jual di pasaran menjadi sangat mahal. Di toko online misalnya, untuk harga alpukat jenis guatemala ini, dengan  berat kurang lebih 1 kg dijual dengan harga Rp 40.000 bahkan sementara itu jika di pasar, atau supermarket harga 1 kg alpukat saat ini dihargai Rp 5000.00 perbuahnya.

BACA JUGA : Syarat Hewan Kurban yang Wajib di Ketahui dan Cara Memilihnya

Perbedaan alpukat mentega dengan alpukat biasa

1. Lebih mudah dipanen

Alpukat Mentega Lebih Baik dari Alpukat Biasa, Beneran?
pexels

 Alpukat  jenis mentega merupakan jenis buah alpukat yang biasanya dapat berbuah sepanjang tahun. Nah, buah ini bahkan dapat  dipanen sampai dua kali lho dalam setahun. Tentu kondisi ini membuat banyak orang melirik untuk menaman jenis alpukat ini. Dengan tekstur daging yang unik dan berbeda dari alpukat pada umumnya,  maka sangat mungkin harga jual di pasaran pun bisa berbeda.

BACA JUGA : 9 Fakta Unik Sugar Glider, Peliharaan Unik di Rumah

2. Praktis ditanam

Alpukat Mentega Lebih Baik dari Alpukat Biasa, Beneran?
pexels

Selanjutnya,  jenis alpukat asal benua Amerika ini termasuk alpukat yang bisa dikatakan mudah untuk ditanam. Alpukat jenis ini dapat ditanam di mana saja dibandingkan dengan alpukat pada umumnya. Tidak hanya itu, jenis alpukat ini, mudah tumbuh di berbagai macam tanah.

BACA JUGA : 6 Manfaat Ikan Betok Untuk Kesehatan, Baik untuk Tulang

3. Daging lebih tebal

Alpukat Mentega Lebih Baik dari Alpukat Biasa, Beneran?
pexels

Keunikan  lainnya yang bisa didapat dari menanam alpukat jenis mentega adalah, memiliki tekstur daging yang tebal. Perlu diketahui, daging yang tebal dan lembut, memang membuat  siapapun merasa suka cukup menjadi favorit.

BACA JUGA : Ciri Ayam Pakhoy Petarung Handal Berkualitas Tinggi

4. Tidak rentan hama

Alpukat Mentega Lebih Baik dari Alpukat Biasa, Beneran?
pexels

Keunggulan bilamana Sedulur memiliki pohon alpukat mentega adalah, pohonya  tidak akan mudah terkena hama. Biasanya yang kita ketahui,  beberapa pohon alpukat biasa dapat dengan mudahnya  terserang penyakit. Nah, mengapa pohon alpukat jenis ini sangat bagus dan bisa terbebas dari hama, karena dalam pohon buah ini mengandung enzim antiprotease yang membuat ulat tidak terlalu menyukainya. Tentu dengan keunggulan yang dimiliki pohon alpukat ini, tingkat keberhasilan dalam memanen alpukat mentega bisa lebih tinggi dibandingkan  dengan yang alpukat biasa.

BACA JUGA : 8 Manfaat Kurma Sukari untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

5. Jarang busuk

Alpukat Mentega Lebih Baik dari Alpukat Biasa, Beneran?
pexels

Bagi Sedulur yang menanam alpukat jenis ini, maka akan mendapatkan banyak kelebihan. Selain mendapatkan daging tebal. Alpukat jenis mentega tidak mudah busuk karena tekstur dagingnya solid sehingga tidak akan berair.

BACA JUGA : Mengenal Anggrek Hitam, Bunga Langka yang Eksotis

6. Lebih manis dan gurih

Alpukat Mentega Lebih Baik dari Alpukat Biasa, Beneran?
pexels

Keunggulan dari alpukat jenis mentega selanjutnya adalah terkenan memiliki daging yang lebih manis dari alpukat jenis lainnya. Nah, untuk bisa menikmati rasa manis ini, biasanya alpukat ini dijadikan sebuah jus atau bisa dikonsumsi secara langsung.

BACA JUGA : 10 Penyebab Munculnya Bintik Merah Pada Kulit & Cara Atasinya

7. Berbuah lebih cepat

pexels

Nah, jika Sedulur memiliki buat alpukat jenis ini, maka beruntunglah. Mengapa bisa demikian,  sebab, untuk alpukat jenis mentega ini tenyata sangat cepat dalam berbuah lho. Pohon alpukat ini diketahui sangat mampu berbuah sangat cepat dalam kurun waktu kira-kira tiga sampai dengan empat tahun setelah proses tanam. Sebab, tanaman alpukat ini memang tidak disukai hama seperti ulat dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 10 Manfaat Minyak Tawon Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

8. Kulit luar halus

pexels

Selain memiliki tekstur  daging yang tebal, alpukat jenis ini ternyata memiliki kulit pelindung yang lembut dan halus. Jadi sangat berbeda dengan alpukat pada yang biasa kita jumpai selama ini.

BACA JUGA : 10 Manfaat Madu Klanceng Dari Lebah Spesial, Anti Diabetes

9. Warna hijau kecokelatan

Pexels

Sedulur sudah bisa merasakan alpukat jenis mentega  ini apabila kondisi buah jika warna luarnya berubah warna menjadi hijau kecokelatan. Inilah keunikan yang dimiliki oleh alpukat yang berasal dari benua Amerika tersebut. Jika alpukat pada umumnya jika matang tidak ditandai dengan perubahan warna  untuk memastikannya, sementara itu untuk alpukat jenis ini bisa dilihat dari perubahan bentuk warnanya.

10. Harga bisa lebih mahal

pexels

Memiliki keunikan dalam hal daging yang tebal, manis dan memiliki  warna yang cantik ketika sudah matang, membuat alpukat jenis ini  memiliki harga yang mahal.  Tidak hanya itu, alpukat ini juga memiliki ukuran  lebih besar dibandingkan dengaan alpukat  pada umumnya. Sehingga dengan ukuran yang cukup  besar membuat buah ini akan  lebih berat.

Meski harga alpukat jenis mentega mahal, bukan berarti tidak laku di pasaran. Sebab, masih banyak orang yang membidik buah ini untuk dijadikan sebagai jus sehingga target pasarnya tetap terus ada setiap hari dan setiap saat.

Alpukat mentega akan cocok untuk dikonsumsi dengan berbagai makanan sehat lainnya. Seperti roti gandum, biji-bijian, atau makanan kemasan sehat lainnya. Dapatkan ragam makanan sehat berkualitas lainnya melalui Aplikasi Super. Yuk install aplikasinya sekarang juga dan rasakan kemudahan berbelanja!