Madu klanceng

Madu klanceng belakangan ini kian populer di kalangan masyarakat. Sedulur yang kurang akrab dengan khasanah permaduan mungkin mengira bahwa madu hanyalah satu jenis saja. Akan tetapi sebenarnya ada banyak varian madu sesuai dengan varian lebah penghasilnya. Termasuk salah satunya adalah madu klanceng.

Madu satu ini demikian disukai karena rasanya yang berbeda sekaligus khasiatnya yang dikenal mujarab. Tapi tahukah Sedulur apa sebenarnya madu varian satu ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu madu klanceng?

Madu klanceng
Photo by mostafa eissa from Pexels

Madu varian satu ini terbuat dari lebah tak bersengat atau lebah klanceng trigona (Trigona sapiens dan Trigona clypearis). Lebah jenis ini tak seperti lebah pada umumnya yang menyengat, mereka membela diri dengan cara menggigit. Sedangkan lebah penghasil madu yang banyak dijumpai di pasaran adalah lebah spesies Apis seperti Apis Cerana, A. meliafera, dan A. dorsata.

Karakteristik madu klanceng dapat dilihat dari teksturnya yang encer karena kadar air madu ini cukup tinggi, berkisar di angka 30-35%. Sedangkan dari segi warnanya madu ini memiliki warna coklat kekuningan yang gelap.

-->

Selain itu, rasa dari madu klanceng cenderung lebih asam dan pahit dibandingkan madu biasa. Kandungan nutrisi dan nilai gizinya pun diketahui lebih baik dibandingkan madu pada umumnya. Madu dari lebah trigona ini mengandung antioksidan lebih tinggi yang mampu mempercepat proses regenerasi sel dan penyembuhan dalam tubuh.

BACA JUGA: 8 Kandungan Madu Untuk Menjaga Kesehatan & Imunitas Tubuh

Manfaat madu klanceng untuk kesehatan

1. Antioksidan tinggi

Photo by Arwin Neil Baichoo on Unsplash

Madu klanceng dikenal lebih sehat dibandingkan madu biasa karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Salah satu kandungan dalam madu klanceng yang banyak memiliki nilai manfaat adalah Protacatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic acid, dan serumen. Kandungan antioksidan kuat ini dapat mempercepat proses regenerasi sel tubuh yang memberi manfaat banyak bagi kesehatan secara umum.

Kandungan antioksidan tinggi ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang kemudian berdampak pada kesehatan tubuh. Termasuk juga untuk menghindari penuaan dini.

2. Mengontrol kadar gula darah

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Meski madu klanceng manis seperti madu pada umumnya, namun kadar glikemiks pada madu ini cukup rendah sehingga aman dimakan oleh penderita diabetes. Kadar glikemiks rendah ini menghindarkan penderita diabetes dari kenaikan gula darah secara drastis. Selain itu, madu ini mengandung senyawa bioaktif polifenol dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.Tak heran jika madu varian ini sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional bagi penderita diabetes.

BACA JUGA: Ternyata Ini Manfaat Minum Air Lemon dan Madu

3. Mengatasi radang

Madu klanceng
Photo by Ron Lach from Pexels

Antioksidan dalam madu ini memberikan khasiat antiinflamasi bagi tubuh. Sifat antiinflamasi ini membuat tubuh mudah menyembuhkan diri saat mengalami radang. Terutama saat mengalami radang di saluran pencernaan, Sedulur bisa mengonsumsi madu klanceng untuk meredakan peradangan dan meminimalisir gejalanya.

Kandungan antioksidan polifenol dan senyawa fenolic lainnya seperti asam galat, asam caffeic, katekin, dan apigenin adalah senyawa yang memberikan manfaat antiinflamasi tersebut.

4. Melancarkan menstruasi

Madu klanceng
Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Menstruasi pada perempuan mengambil bagian besar dalam hidup. Bagaimana tidak jika setiap bulan sistem reproduksi ini memiliki pengaruh bagi kondisi tubuh sekaligus emosional. Tak hanya pada masa menstruasi saja, namun juga sebelum dan setelahnya. Karena itu, gangguan menstruasi menjadi sesuatu yang perlu untuk diatasi secara cepat dan baik.

Secara tradisional, gangguan menstruasi kerap diobati dengan ramuan madu klanceng dan air kunyit. Ramuan keduanya ini dipercaya dapat melancarkan menstruasi dan menyembuhkan gangguan lainnya pada sistem reproduksi perempuan.

BACA JUGA: 6 Manfaat Madu Untuk Wajah Lebih Cerah Alami & Glowing

5. Mengatasi permasalahan kesuburan

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Sebuah studi akan madu klanceng membuktikan bahwa madu ini dapat menurunkan toksisitas reproduksi akibat asap rokok. Madu ini juga terbukti mengurangi dampak negative terhadap sel-sel testis tikus jantan yang terpapar stress kebisingan. Hasilnya, aktivitas dan pertumbuhan sel pun meningkat sehingga tikus ini dinyatakan sehat.

Dengan kata lain, khasiat madu klanceng adalah untuk meningkatkan kualitas sperma sekaligus melindungi sperma dari risiko kemandulan. Konsumsi madu ini akan baik bagi Sedulur yang sedang dalam program kehamilan, baik bagi pria maupun perempuan.

6. Mengurangi mual di pagi hari atau morning sickness

Madu klanceng
Photo by lucas mendes from Pexels

Rasa mual dan ingin muntah menjadi momok bagi banyak ibu yang sedang hamil. Bagaimana tidak, mual yang dirasakan ibu hamil ini membuat makan jadi begitu sulit sedangkan bayi dalam kandungannya membutuhkan asupan nutrisi ekstra. Ditambah lagi jika rasa mual muncul dipicu oleh hal-hal yang biasa saja seperti bau makanan, atau bau keringat diri sendiri. Ibu hamil pun jadi semakin sering muntah dan kesulitan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dirinya dan bayinya.

Konsumsi madu klanceng yang manis tapi juga asam bisa membantu meredakan rasa mual pada ibu hamil. Kandungan nutrisi dan antioksidan seperti vitamin C dalam madu ini pun dapat membantu menjaga daya tahan tubuh ibu hamil.

BACA JUGA: Fakta Nanas Muda Bisa Sebabkan Keguguran Kehamilan, Mitos?

7. Mengatasi keputihan

Madu klanceng
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Keputihan kerap mengganggu bagi perempuan yang sudah memasuki masa usia subur. Keputihan atau vaginal discharge sebenarnya merupakan hal yang wajar saja dialami perempuan, terutama di fase sebelum dan sesudah menstruasi serta di masa subur. Tetapi, jika keputihan memiliki warna, bau, maupun tekstur yang tidak wajar, hal ini perlu dikhawatirkan.

Salah satu cara alami mengatasi keputihan adalah dengan konsumsi madu dari lebah klanceng. Madu yang memiliki khasiat antimikroba ini mampu membantu organ reproduksi sembuh dari infeksi bakteri.

8. Menyembuhkan luka

Madu klanceng
Photo by Diana Polekhina on Unsplash

Salah satu khasiat madu yang kerap dipuja adalah kemampuannya dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Meski begitu, madu klanceng ternyata punya kekuatan penyembuhan luka yang lebih baik dibandingkan madu biasa. Hal ini berasal dari kemampuannya untuk mempercepat regenerasi sel pada tubuh sehingga bagian yang terluka akan mampu merevitalisasi sel hingga akhirnya sembuh.

Sedulur bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara meminum madunya secara langsung maupun mengoleskannya pada bagian yang luka secara tipis-tipis. Hati-hati ya, karena saat dioleskan pada luka akan terasa perih. Tak hanya luka luar, Sedulur juga dapat memanfaatkan khasiat madu klanceng ini untuk luka di saluran pencernaan. Misalnya tukak lambung, sariawan, atau panas dalam.

BACA JUGA: 17 Pelembab Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

9. Anti kanker

Madu klanceng
Photo by Angiola Harry on Unsplash

Kemampuan madu satu ini dalam meregenerasi sel tubuh dan meredakan peradangan membuatnya jadi alternatif perawatan tambahan yang baik bagi penderita kanker. Antioksidan dalam madu varietas ini dapat membantu tubuh memerangi sel kanker dan menghambat pertumbuhannya sekaligus meredakan peradangan di sekitar sel kanker. Konsumsi madu ini memang tak bisa jadi obat bagi kanker yang diderita, namun madu ini mampu membantu tubuh untuk bertahan dari keganasan sel kanker.

Selain itu, rasa asam dan sedikit pahit pada madu ini membantu penderita kanker yang merasa mual pasca perawatan kemoterapi. Sedulur dapat menyiapkan madu ini untuk diminum oleh penderita kanker setelah menjalani kemoterapi. Di samping mengatasi mual, konsumsi madu ini juga menjadi tambahan gizi serta kalori bagi penderita kanker.

10. Melembapkan kulit

Photo by Min An from Pexels

Sedulur pasti sudah sering mendengar tentang manfaat madu untuk melembapkan kulit. Baik sebagai masker maupun dikonsumsi secara langsung, keduanya mampu membantu menyehatkan kulit dan memberi hidrasi dari luar serta dalam tubuh.

Untuk mendapat khasiat lembap yang maksimal, Sedulur dapat mencampur madu dengan oat yang sudah diblender halus dan menjadikannya sebagai masker secara rutin. Kulit Sedulur pun akan terasa demikian lembap serta halus saat disentuh. Agar lebih ampuh lagi, lengkapi dengan ragam skincare yang cocok dengan jenis kulit Sedulur.

BACA JUGA: Resep Pisang Goreng Madu Super Lezat & Mudah Dibuat

Madu klanceng berbahaya?

Madu klanceng
Photo by Anete Lusina from Pexels

Konsumsi madu klanceng sebenarnya aman untuk dilakukan selama dalam batasan dan dosis yang wajar. Akan tetapi madu ini bisa menjadi berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Pertama, meski memiliki indeks glikemik yang rendah, namun tetap saja madu memiliki kadar gula yang perlu diwaspadai. Konsumsi madu secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara tak sehat pula.

Selain itu, madu ini baiknya dikonsumsi oleh anak yang sudah berusia 6 tahun ke atas saja. Anak yang masih terlalu kecil akan berisiko mengalami botulism jika mengonsumsi madu. Botulism adalah kondisi saat bakteri Clostridium botulinum berkembang banyak di usus dan menjadi beracun.

Melihat manfaat dan keistimewaan dari madu ini di atas, tak heran jika harga madu klanceng lebih mahal dibandingkan madu biasa. Meski begitu, konsumsi madu ini sangat dianjurkan terutama bagi Sedulur yang sedang dalam program kehamilan maupun sedang hamil.

Selain madu ini, lengkapi juga kebutuhan nutrisi Sedulur dengan bahan makanan lezat berkualitas dari Aplikasi Super. Harganya miring, belanjanya pun mudah. Yuk install Aplikasi Super sekarang juga dan rasakan kenyamanan belanja dari rumah sendiri!