ayam pakhoy

Akhir-akhir ini, ayam pakhoy telah menjadi perbincangan di kalangan para pecinta ayam laga. Unggas ini digadang-gadang akan menjadi penerus dalam gelanggang laga. Kehadiran jenis ayam yang satu ini dinilai mampu mengungguli keganasan dari ayam birma yang telah dinobatkan sebagai ayam terkuat.

Sebagai penggemar dan juga kolektor ayam laga, tentu sangat penasaran dengan kekuatan dari ayam pakhoy ini ketika ditandingkan. Akan tetapi, ternyata cukup susah untuk memperoleh pakhoy yang kualitas dan kuantitasnya bagus. Oleh sebab itu, Sedulur perlu menyimak informasi mengenai ayam petarung yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 6 Fakta Manfaat Ikan Koi, Bisa Bawa Keberuntungan!

Mengenal ayam pakhoy

ayam pakhoy
kumparan

Ayam pakhoy atau pakhoe adalah ayam peraduan modern yang dihasilkan dari 4 jenis peraduan yang berbeda. Ayam yang satu ini pertama kali dihasilkan oleh para peternak di Kota Bangkok Thailand dan kemudian menyebar luas ke berbagai negara, termasuk juga dengan Indonesia.

-->

Di Thailand sendiri, ayam ini dikenal dengan julukan “ayam pemukul setan”. Jenis ayam ini memang sengaja dicetak untuk menghadapi kehebatan dari ayam burma, jenis ayam yang belakangan ini sangat sulit untuk dikalahkan oleh berbagai jenis ayam peraduan yang lain.

Dengan bentuk tubuh yang sangat bervariasi dari ukuran yang kecil hingga paling besar, tentu saja ayam pakhoe ini sangat cocok untuk menghadapi berbagai jenis ayam peraduan lain. Jenis ayam ini menjadi salah satu yang sangat digemari oleh para penggemar adu ayam modern saat ini.

Hal ini karena ayam bangkok pakhoe menjadi salah satu ayam yang memiliki keistimewaan dan keunikan dalam bertarung, yakni dengan menonjolkan gerakan yang cepat. Sehingga teknik bertarung yang ditampilkan benar-benar terlihat sempurna.

Secara umum, ayam pakhoe yang bagus adalah hasil kawin silang dari beberapa jenis ayam peraduan. Untuk jenis pakhoy yang asli merupakan hasil kawin silang 4 jenis ayam peraduan. Maka dari itu, ayam pakhoe impor dinilai memiliki kualitas yang lebih bagus karena dihasilkan dari 4 darah ayam aduan asli.

Berbeda dengan ayam pakhoe lokal yang tubuhnya sedikit lebih tebal. Tubuh tersebut yang justru membuat gerakannya lebih lambat dan tekniknya terlihat kurang sempurna. Meskipun begitu, perawatan dan juga pemeliharaan yang baik sangat berpengaruh pada kualiatas ayam ini nantinya.

Ciri ciri ayam pakhoy

ayam pakhoy
hamparan

Berdasar pada buku Ayam Pakhoe Si Petarung Paling Unggul oleh Didit Gondang dkk (2016), indukan menjadi salah satu faktor yang akan menentukan kualitas dari anak ayam yang dihasilkan. Berikut ini ada ciri ayam pakhoy jantan dan betina yang bisa Sedulur jadikan dasar untuk memilih indukan yang baik.

Ciri indukan jantan

  • Memiliki badan berbentuk bulat layaknya jantung pohon pisang
  • Memiliki kepala berbentuk menyerupai buah pinang jika dilihat dari samping
  • Bulunya terlihat mengkilap karena ada lebih banyak minyak
  • Bagian kaki dan sisik terlihat kering
  • Kepak sayapnya rapat ke bagian dalam badan ayam
  • Tulang ekornya rapat dan memiliki tekstur yang keras
  • Tulang lehernya rapat dan teksturnya sangat kuat atau keras

Ciri indukan betina

  • Memiliki bulu mengkilap karena ada lebih banyak minyak
  • Bagian kaki kering dan jari-jari terlihat lebih panjang
  • Matanya lebih menjorok ke bagian dalam
  • Memiliki model kepala seperti ular jika dilihat dari depan
  • Pada bagian paruhnya tidak terlalu tebal dan kokoh.
  • Tidak pernah mengalami sakit sejak anakan atau dilahirkan
  • Ukuran lebar dari tulang ekor, kira-kira hanya 3-4 jari saja

BACA JUGA: 7 Jenis Ikan Cupang Termahal untuk Dipelihara, Tembus 25 Juta!

Ciri ciri teknik pukulan ayam pakhoy

detik

Setelah paham akan ciri fisik dari ayam pakhoe atau pakhoy di atas, kualitas dari jenis ayam petarung ini juga bisa dilihat dari teknik pukulan yang dimilikinya. Secara umum, berikut ini ciri-ciri teknik pulukan yang dimiliki oleh ayam pakhoy berkualitas tinggi.

  • Pukulan dari ayam pakhoy super cepat. Sebelum melepaskan pukulannya, ayam ini akan sering merapatkan pukulannya ke area badan lawan
  • Pukulan dari ayam ini sangat keras dan cenderung ke arah badan, namun dia akan mematuk ke area leher terlebih dahulu
  • Sebagian besar pakhoy akan menengok secara cepat terlebih dahulu, baru setelah itu pukulan ke arah leher akan langsung dilepaskan.
  • Jenis ayam ini sering melepaskan pukulannya berulang kali secara mati-matian atau habis-habisan, jadi terkesan tidak memberikan sedikit pun kesempatan bagi lawan untuk menguasai pertandingan
  • Memiliki gerakan yang sangat cepat, sampai mampu bahkan melebihi teknik yang digunakan oleh lawan
  • Sering melayangkan pukulan badan dan menaklukkan lawan dengan cepat, terutama untuk ayam peraduan dengan tulang tipis seperti ayam birma
  • Memiliki pukulan yang amat keras dan langsung menjadikan lawan sebagai target utama
  • Sering masuk ke dalam sela-sela dan membuat lawan sulit untuk memukul
  • Apabila terdesak, maka ayam ini akan langsung mematuk di semua bagian tubuh musuh baik itu bulu, bahu, hingga leher. Setelah itu, barulah ia akan melepaskan puluannya yang keras

Kelemahan ayam apkhoy

majalahayam

Selain memiliki banyak kelebihan, ayam pakhoe ini tentu saja mempunyai kelemahan seperti halnya pada ayam peraduan yang lain. Berdasarkan pada penilaian yang diberikan oleh para ahli ayam peraduan, jika ayam yang satu ini kebanyakan mempunyai mental yang lebih rendah dari ayam bangkok.

Hal ini tentu saja bisa dijadikan sebagai pertimbangan dan juga petunjuk bagi para pecinta ayam peraduan. Nantinya, Sedulur bisa menyempurnakannya dengan cara memberikan perawatan yang baik dan juga makanan khusus untuk memperkuat tulang ayam.

Kemudian kelemahan dari ayam pakhoe yang selanjutnya yakni ayam ini terlalu sering mematuk lawan dari segala arah secara acak. Pastinya hal ini juga akan membuka kesempatan bagi lawan untuk memegang dan akhirnya memukul dia kembali.

Bisa dibilang, memilih varietas dari ayam bangkok seperti halnya ayam pakhoy untuk dijadikan sebagai ayam petarung adalah tindakan yang lebih tepat. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengejar ketertinggalan akan perkembangan dalam dunia ayam peraduan.

BACA JUGA: Ragam Jenis Ikan Arwana, Ikan Hias Dengan Nilai Jual Termahal

Itulah beberapa hal mengenai ayam pakhoy yang perlu untuk Sedulur ketahui. Bagi Sedulur yang merupakan seorang pecinta ayam peraduan, pemilihan jenis ayam yang tepat itu sangatlah penting. Itu akan menjadi salah satu aspek yang menentukan hasil akhir pertandingan.

Selain itu, kualitas dari ayam yang digunakan juga tidak bisa sembarangan. Dan jika Sedulur ingin menghasilkan seekor petarung pakhoe berkualitas, maka gunakan indukan ayam pakhoy betina dan jantan yang berkualitas pula.