kurma sukari

Kurma adalah salah satu buah yang rasanya manis dan memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Ada berbagai jenis kurma yang bisa Sedulur pilih sesuai dengan keinginan, di antaranya adalah kurma sukari. Sama seperti jenis lainnya, kurma ini memiliki sejuta khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Salah satu kurma favorit di Indonesia ini manfaatnya adalah untuk memperkuat tulang, menangkal radikal bebas, bahkan menyehatkan ibu yang sedang mengandung. Simak rangkuman lengkap dari buah kurma yang satu ini dalam artikel berikut, ya.

BACA JUGA: 8 Jenis Kurma yang Paling Populer dan Terfavorit Di Indonesia

Apa itu kurma sukari?

kurma sukari
klikdokter

Satu dari sekian jenis kurma yang populer dan favorit di kalangan masyarakat Indonesia adalah kurma sukari. Kurma ini terkenal karena rasa manisnya sama seperti permen. Dalam Bahasa Arab, arti dari sukari adalah gula. Dengan rasa yang manis serta dagingnya yang lembut dan lumer di mulut, kurma ini adalah salah satu yang premium dan populer di negara Arab. Kurma ini dibudidayakan di Arab Saudi dan Irak dan memiliki warna lebih cerah dan kuning dibandingkan jenis kurma yang lainnya. 

-->

Kurma yang banyak dicari oleh masyarakat ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Nutrisinya di antaranya adalah mengandung serat dan karbohidrat yang diperlukan untuk tubuh. Kandungan kolesterol dan lemaknya yang sedikit membuat kurma ini aman dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani masa diet. Daftar nutrisi yang terkandung dalam kurma ini adalah sebagai berikut:

  • Kalsium
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Kalium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Natrium
  • Tembaga

Nutrisi yang terkandung dalam kurma ini memiliki khasiat untuk kesehatan Sedulur yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa khasiat dari buah manis dari Arab tersebut:

1. Mengontrol tekanan darah

kurma sukari
klikdokter

Reisiko timbulnya penyakit jantung bisa disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Penyakit jantung bukan penyakit yang sepele karena merupakan salah satu penyebab kematian yang utama di seluruh dunia. Untuk mengurangi tekanan darah yang tinggi, hal yang harus dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang tinggi kalium serta mengimbangi dengan berolahraga. 

Salah satu contoh makanan dengan tinggi kalium adalah pisang dan kurma. Manfaat kurma sukari bisa Sedulur dapatkan untuk mengontrol tekanan darah dengan diimbangi oleh makanan yang sehat lainnya.

BACA JUGA: Fakta Kalori Kurma, Bisa Turunkan Berat Badan?

2. Menangkal radikal bebas

kurma sukari
unsplash

Selain mengontrol tekanan darah, kurma sukari juga bisa menjadi salah satu makanan untuk menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan kurma sukari premium ini mengandung nutrisi yang tinggi serta antioksidan seperti flavonoid dan fenolik. Sehingga, perannya adalah untuk menangkal radikal bebas dan berbagai penyakit kronis lain seperti penyakit jantung dan juga kanker yang mematikan.

3. Memperkuat tulang

sukari kurma
unsplash

Adanya kandungan magnesium, kalsium, serta kalium dalam buah ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk memperkuat tulang. Selain itu, kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi dapat juga digunakan untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan tulang keropos. Kandungan mineral dalam kurma ini terbukti lebih tinggi dari buah lainnya seperti pisang dan mangga. Sehingga, khasiatnya pun akan lebih cepat terasa.

BACA JUGA: 15 Manfaat Sari buah Kurma Untuk Kesehatan dan Daya Tahan

4. Menyehatkan ibu hamil

kurma sukari
unsplash

Di samping menguatkan tulang, buah kurma sukari juga berkhasiat untuk menyehatkan ibu yang sedang mengandung, lho. Karena kaya akan kalsium serta potassium, kurma ini mencukupi kebutuhan ibu hamil dan kadar cairan pada tubuh akan seimbang.

Ketika mengandung, akan ada peningkatan volume darah dalam tubuh hingga 50%. Maka dari itu, Sedulur akan membutuhkan cairan elektrolit lebih banyak agar terjaganya keseimbangan cairan pada tubuh. Hal ini untuk menghindari adanya kram kaki dan otot yang sering terjadi pada ibu hamil. 

5. Menurunkan berat badan

manfaat kurma
unsplash

Jika buah kurma sukari dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, khasiatnya bisa untuk menurunkan atau menjaga berat badan. Meskipun manis, serat dan glukosa yang terkandung di dalam kurma ini bisa membuat Sedulur kenyang lebih lama. Sehingga, akan terhindar dari konsumsi makanan yang berlebihan.

Selama kurma tidak dicampur dengan makanan yang tinggi gula dan lemak lainnya, maka kandungan dalam kurma ini akan tetap seimbang. Nutrisinya akan mencegah untuk rasa ingin makan yang berlebihan karena perut sudah kenyang. Rekomendasi kurma untuk dimakan orang yang sedang diet adalah sebanyak 4-6 buah saja agar penyerapan usus meningkat dan pencernaan akan menjadi semakin lancar.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kurma Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

6. Mengatasi anemia

kurma sukari premium
unsplash

Jika Sedulur mengalami anemia atau kekurangan darah yang diproduksi dalam tubuh, cobalah untuk mengonsumsi buah kurma ini. Adanya kandungan zat besi yang bisa memperbaiki aliran darah dan menjaganya dapat mencegah timbulnya anemia.

Selain aliran darah yang lancar dan anemia bisa teratasi, buah ini juga dapat mencegah penyakit serius seperti paru-paru, jantung, sampai komplikasi serius dan hipertensi. Harga kurma sukari 3 kg yang bisa untuk stok selama berbulan-bulan adalah sekitar 170 ribuan saja.

7. Kaya akan antioksidan

wolipop

Manfaat lain yang bisa Sedulur dapatkan dari konsumsi kurma kunari adalah buah ini kaya akan antioksidan. Dengan adanya antioksidan dalam tubuh, maka paparan radikal bebas akan dilawan dengan baik.

Jika kita membiarkan tubuh terkena paparan radikal bebas, maka ada beberapa permasalahan dalam tubuh yang harus dihadapi. Di antaranya adalah kerusakan sel, penuaan dini, timbulnya penyakit kanker dan jantung. Keadaan tersebut dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi kurma di samping menjaga pola makan dan olahraga secara teratur.

Demikianlah beberapa manfaat serta kandungan dari kurma yang bisa Sedulur jadikan pelengkap untuk sumber nutrisi yang baik. Harga kurma sukari juga tidak mahal karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Cara untuk mengkonsumsi kurma sukari ini juga cukup mudah. Selain dimakan secara langsung, Sedulur juga bisa memberikan variasinya berupa dijadikan jus atau dicampur ke dalam bubur oatmeal. Mudah, bukan?