Bintik merah pada kulit jangan pernah dianggap sepele lho Sedulur. Bisa jadi, hal tersebut menjadi awal mula munculnya beragam penyakit yang mungkin sukar untuk disembuhkan. Sebelum menjadi penyakit yang sulit disembuhkan, akan lebih baik melakukan pencegahan sejak dini. Nah, berikut penyebab munculnya bintik merah di kulit yang wajib Sedulur ketahui. Yuk Simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA : Waspada! Ini Bahaya Dari Suntik Putih yang Menyesatkan

10 Penyebab Munculnya Bintik Merah di Kulit

1. Biang keringat

Bintik Merah pada Kulit? Jangan Panik, Ini Penyebabnya
kompas

Munculnya biang keringat, biasanya menjadi awal mula terjadinya bintik merah pada kulit. Kondisi seperti ini terjadi karena kelenjar keringat mengalami penyumbatan, sehingga menjebak keringat pada lapisan dalam kulit. Peristiwa ini paling sering terjadi pada bayi dan anak kecil dengan kelenjar keringat yang belum matang.

Gejala biang keringat meliputi kelompok benjolan merah kecil yang disebut papula, benjolan keras berwarna daging, sensasi gatal atau berduri, keringat ringan, nyeri, pusing dan mual. Untuk mencegah datangnya biang keringat, cara penanganannya pun sangat mudah. Usahakan agar kulit tetap dalam keadaan dingin dan hindari pemakaian baju atau celana yang ketat.

-->

Jika anak Sedulur mengalami kondisi ini, tenang. Lotion ruam atau bedak pereda gatal dapat menjadi obat bintik merah pada kulit bayi. Semuanya bisa Sedulur cari di apotek terdekat atau toko umum.

BACA JUGA : 15 Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami & Aman

2. Biduran

Bintik Merah pada Kulit? Jangan Panik, Ini Penyebabnya
halodoc

Pernah mendengar kata biduran? Biduran adalah munculnya bercak merah pada sekujur kulit tubuh. Ciri-ciri penyakit ini adalah, berwarna merah, merah muda atau berwarna daging atau kadang-kadang terasa perih dan sakit. Dalam beberapa kasus, gatal-gatal bisa disebabkan karena reaksi atau alergi terhadap obat atau makanan. Namun, persoalan ini biasanya tidak akan berlangsung lama. Sebab, sebagian besar ruam akan segera hilang dengan sendirinya.

BACA JUGA : Apa Arti Ghosting? Begini Alasan & Cara Menyikapinya

3. Dermatitis kontak

Bintik Merah pada Kulit? Jangan Panik, Ini Penyebabnya
klikdokter

Penyakit Dermatitis kontak bisa terjadi ketika seseorang bersentuhan dengan zat yang mengiritasi kulitnya atau memicu reaksi alergi. Gejala dermatitis kontak biasanya meliputi ruam yang muncul dalam pola atau bentuk geometris, lalu kulit kering yang mengelupas dan pecah-pecah, ruam kulit cerah dan memerah, gatal-gatal, lepuh berisi cairan, kulit gelap dan menebal, dan kepekaan terhadap sinar matahari.

Cara penanganannya pun sangat mudah, tergantung dari seberapa parah gejala yang terjadi. Apabila Sedulur mengalami gejala yang ringan, biasanya bintik merah bisa sembuh secara sendirinya. Sementara itu, untuk gejala yang sudah parah, langsung melakukan konsulstasi dengan dokter untuk mendapatkan resep antihistamin topikan atau oral yang kuat.

BACA JUGA : 12+ Maker Wajah yang Bagus dan Fungsinya Untuk Kulit

4. Cacar

Bintik Merah pada Kulit? Jangan Panik, Ini Penyebabnya
halodoc

Bintik merah pada kulit disertai gatal bisa menjadi awal munculnya cacar air dan cacar api. Kedua penyakit ini disebabkan oleh beberapa virus dan akan sangat mengganggu aktivitas harian kita apabila terus menerus muncul. Cacar air dan cacar api yang disebabkan oleh virus varicella-zoster dapat menimbulkan gejala berupa bintik merah. Infeksi ini menghasilkan lepuh merah, gatal, berisi cairan yang dapat muncul di mana saja di tubuh.

BACA JUGA : 12+ Maker Wajah yang Bagus dan Fungsinya Untuk Kulit

5. Rubella

Bintik Merah pada Kulit? Jangan Panik, Ini Penyebabnya
IDN times

Selanjutnya, ada penyakit rubella. Penyakit ini juga ditandai dengan ciri-ciri bintik merah pada kulit tidak gatal di tubuh penderitanya. Apabila seseorang terkena, infeksi ini bisa menimbulkan beragam penyakit. Infeksi rubella juga menyebabkan demam, sakit kepala, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Rubella biasanya dapat dicegah dengan baik, dengan vaksin untuk bayi dan anak berusia antara 9 bulan dan 6 tahun.

BACA JUGA : Mengenal Suntik Putih, Manfaat & Efek Sampingnya, Amankah?

6. Meningitis

Bintik Merah pada Kulit? Jangan Panik, Ini Penyebabnya
okezone

Penyakit ini terbilang cukup berbahaya dan bisa menimbulkan kematian bagi para penderitanya, apabila tidak tertangani dengan baik. Sudah banyak kasus orang meninggal akibat penyakit meningitis.Gejala umum yang ditimbulkan dari penyakit meningitis biasanya terjadi demam, leher kaku, mual, sakit kepala, sensitivitas cahaya, kebingungan dan terakhir muntah. Pada beberapa kasus, seseorang mungkin melihat bintik-bintik kecil berwarna merah muda, merah, cokelat atau ungu pada sekujur kulit.

BACA JUGA : 10+ Aplikasi Penghasil Uang, Terbukti Bisa Cuan Di Rumah

7. Herpes zoster

Bintik Merah pada Kulit? Jangan Panik, Ini Penyebabnya
alodokter

Selanjutnya ada bintik merah pada kulit bisa disebabkan oleh penyakit herpes zoster. Mungkin masing di telinga kita terkait penyakit ini. Herpes zoster adalah kondisi ruam yang menyakitkan dengan lepuh yang berkembang di satu sisi wajah atau tubuh. Ini disebabkan oleh virus varicella zoster (VZV), yang merupakan virus penyebab cacar air.

Apabila Sedulur pernah mengalami masalah cacar air, maka virus tersebut bisa saja kembali menyerang  dan menyebabkan herpes zoster. Ketika terserang penyakit ini, maka Sedulur akan merasa gatal kesemutan di area yang terkena herpes. Wabah dari herpes zoster sebenarnya dapat diobati dengan obat antivirus untuk mempersingkat waktu munculnya ruam di tubuh. Selain itu, obat pereda nyeri dan krim anti gatal akan sangat membantu meredakan beberapa gejala lainnya.

BACA JUGA : 15 Lulur Pemutih Terbaik yang Cepat Mencerahkan Kulit

8. Kurap

klikdokter

Kurap adalah kondisi ruam yang disebabkan oleh jamur dan bisa muncul pada bagian tubuh manapun. Gejala ruam ini, mungkin tidak akan bisa hilang apabila jamur tidak dibunuh. Selain itu, virus ini juga sangat berbahaya, karena bisa menular. Jadi, jangan sampai Sedulur tertular oleh penyakit yang disebabkan oleh jamur ini. Umumnya dokter akan memberikan resep obat antijamur untuk mengatasi kurap ini.

9. Psoriasis

alodokter

Selanjutnya bintih merah pada kulit bisa disebakan oleh, psoriosis. psoriasis adalah sebuah penyakit autoimun yang bisa menyebabkan timbulnya bercak merah, bersisik, dan gatal pada kulit bagian siku, lutut, kulit kepala. Orang-orang yang menderita penyakit ini, akan mengalami pertumbuhan sel kulit yang cepat dari pada biasanya sehingga bisa menimbulkan penebalan. Tentu saja orang yang menderita sakit ini, akan merasakan kulit menjadi terasa sangat gatal dan perih. Penyebab munculnya penyakit ini adalah, lingkungan tempat tinggal dan genetik jadi faktor penyebab utama seseorang mengalami psoriasis.

10. Dermatitis atopik

bisnis

Adalah salah satu jenis eksim yang biasa menyerang bayi dan akan hilang secara sendirinya ketika seiring bertambahnya usia sang anak atau ketika sudah beranjak dewasa. Belum ada peneltian lebih lanjut, mengenai penyakit ini apa yang menyebabkan kondisi kulit tersebut.Apakah faktor genetik ataupun reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang jadi kemungkinan terbesar seseorang mengalami dermatitis atopik.

Gejala yang muncul setelah seseorang mengidap penyakit ini adalah, kulit menjadi lebih kering, merah dan pecah-pecah. Dan apabila digaruk,  terlalu sering bisa menyebabkan luka lecet dan mengeluarkan sebuah cairan yang warnanya kuning.Dalam perawatan untuk penyakit dermatitis atopik,  melibatkan pengelolaan flare untuk menjaga kelembapan kulit. Dokter kerap memberikan resep obat krim dalam upaya mengurangi gejala dermatitis atopik.

Demikian ulasan 10 penyebab munculnya bintik merah pada kulit. Kenali dan amati, bila Sedulur mengalami beberapa gejala tersebut. Konsultasikan kepada dokter tentang cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal maupun tidak. Pasalnya, beberapa penyebab bintik ini bisa jadi berbahaya dan perlu penanganan segera.