Netizen Indonesia banyak yang bertanya kira-kira 1 won berapa rupiah? Pertanyaan tersebut wajar belaka muncul, karena seperti yang kita ketahui bersama, saat ini Korea Selatan tengah mencuri perhatian dunia. Industri hiburan Korea Selatan saat ini tengah menjadi primadona, baik itu musik, film, serial drama hingga reality show banyak digandrungi oleh masyarakat dunia, termasuk juga Indonesia.

Namun, sebelum menjawab tentang 1 won berapa rupiah, ada baiknya kita pelajari dulu segala hal tentang mata uang Korea Selatan ini. Yuk, kita mulai dengan membahas sejarahnya terlebih dahulu.

BACA JUGA: 12 Panggilan Sayang dalam Bahasa Korea Untuk Pasangan Kamu

Apa itu Won?

1 won berapa rupiah
bukalapak

Won merupakan mata uang Korea Selatan dan dijadikan sebagai alat pembayaran utama. Oleh karena itu, dalam setiap media hiburan yang ditayangkan Korea Selatan, mata uang won selalu muncul. Dari situ muncul pertanyaan 1 won berapa rupiah, baik untuk menjawab rasa penasaran atau sebagai persiapan untuk berkunjung ke Korea.

-->

1 Won dibagi menjadi 100 jeon, subunit moneter. Joen secara resmi tidak beredar dan tidak digunakan sebagai transaksi sehari-hari. Hanya muncul dalam kurs valuta asing. Won sendiri ditulis dengan simbol ‘W”, dengan kode ISO 4217 untuk Won dengan kode ‘KRW’.

Kata Won merupakan kognitif dari yuan Cina dan mata uang Jepang yen. Won sendiri artinya bentuk bulat, mangacu pada uang logam atau tembaga lama yang berbentuk bulat. Namun mata uang Korea Selatan ini berbeda dengan di Korea Utara. Sulit mencari informasi seperti apa gambar mata uang Korea Utara yang masih berlaku, dan mencari informasi Mata Uang korea utara tidak laku.

Sejarah Won Sebagai Mata Uang Korea Selatan

tagar.id

Dalam perjalanan sejarah, awalnya mata uang Korea Utara dan Korea Selatan sama. Sebelum pecah Perang Korea yang menyebabkan mereka berbeda dan pecah, pada tahun 1949 uang Won diluncurkan dengan nilai tukar yang setara dengan 1 USD sama dengan 15 Won.

Pada tahun 1950, Perang Korea pun pecah dan nilai Won sangat merosot. Hampir mencapai 6000 Won untuk 1 USD. Sekaligus juga memcahkan mata uang Korea Utara dan Selatan. Ditambah pada masa itu juga merupakan masa sulit dan akhirnya Pemerintahan saat itu mengeluarkan mata uang Hwan yang bertahan hingga 1962.

Kemudian Won kembali diluncurkan kembali pada tahun 1997 oleh Bank of Korea secara resmi ke pasar Vulata Asing. Setelah itu, mata uang Korea Selatan pun menguat kembali. Won sendiri berasal dari kata Round dalam bahasa Inggris berarti bulat. Dari kata itu, kemudian digunakan sebagai nama mata uang Korea Selatan.

BACA JUGA: 15 Drama Korea dengan Adegan Ciuman Paling Romantis

Perbedaan Mata uang Won Korea Selatan dan Korea Utara

1 won berapa rupiah
npdfriends

Meskipun memiliki nama mata uang yang sama, namun keduanya berbeda.  Sementara otoritas penerbitannya dan nilai tukarnya sangat jauh berbeda. Won Korea Selatan diterbitkan oleh Bank of Korea, sementara Won Korea Utara diterbitkan oleh The Central Bank of the Democratic People’s Republic of Korea.

Hal ini juga berpengaruh pada nilai tukar atau konversi dari Won itu sendiri. 1 USD setara dengan 900 Won Korea Utara, sementara itu 1 USD setara dengan 1,1551 Won Korea Selatan. Won yang dibahas menjadi topik utama dalam artikel ini adalah Won Korea Selatan. Lantas berapa konversi 1 Won Korea Selatan kepada rupiah? Di bawah ini penjelasannya.

Konversi 1 Won ke Rupiah

cnbcindonesia

Ini adalah bagian yang paling banyak dipertanyakan, yaitu 1 won berapa rupiah. Konversi antara won dan rupiah tentu akan bergerak setiap harinya, tidak permanen. Namun, untuk saat ini untuk menjawab 1 won berapa rupiah, berapa pada angka Rp 12,6. Hal tersebut bisa dihitung kelipatannya. Berikut ini adalah daftarnya, bisa menjawab secara sekaligus untuk pertanyaan mata uang korea 1000 won ke rupiah:

  • ₩1= Rp12,6
  • ₩100= Rp1.261
  • ₩1000= Rp12.612
  • ₩10.000= Rp126.128
  • ₩1.000.000= Rp12.612.852

Maka dari itu, untuk saat ini mata uang Korea ke rupiah ada pada nilai dengan angka Rp 12,6 untuk setiap 1 Won nya.

BACA JUGA7 Hal yang Terungkap Lewat Squid Game Tentang Korea Selatan

Sebutan Uang dalam Bahasa Korea

1 won berapa rupiah
tribunnews

Setelah mengetahui jumlah 1 won berapa rupiah, Sedulur juga harus mengetahui apa saja sebutan uang dalam bahasa Korea.  Baik untuk koin dan kertas, terdapat istilah dan sebutan yang berbeda untuk setiap jenis uangnya. Hal ini juga terjadi di Indonesia, terdapat beberapa sebutan yang berbeda.

Di Korea Selatan, koin disebut dengan dongjun, sementara kertas disebut dengan jipye. Keduanya memiliki sebutan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah sebutan yang umum digunakan di Korea Selatan:

  • 10 Won = Sip-Won
  • 100 Won = Baek-Won
  • 1000 Won = Con-Non
  • 10000 Won = Oman-Won, dan seterusnya

Pecahan Won yang Beredar

liputan6

Mata uang Korea Selatan yang beredar terdiri dari dua jenis, yaitu koin dan kertas, sebagaimana yang telah disebutkan di atas. Sama halnya dengan di Indonesia, pecahan uang koin memiliki nilai yang lebih kecil dibandingkan dengan uang kertas. Uang koin atau logam Korea terdiri atas beberapa pecahan, yaitu 1, 5, 10, 50, 100, dan 500.

Sedangkan dalam bentuk kertas, yaitu 1.000, 5.000, 10.000, dan 50.000. Dimana semua nominal tersebut memiliki sebuah gambar dengan masing-masing mana tertentu. Untuk Won koin, tiap-tiap nominal memiliki ukuran dan gambar yang berbeda. Sementara bahan pembuatnya, berasal dari tembaga, seng, aluminium, dan nikel.

BACA JUGA: Potret Rumah Lisa BLACKPINK di Korea dan Thailand, Luas & Sederhana

Uang Won Koin

1 won berapa rupiah
hipwee

Selain wajib mengatahui 1 won berapa rupiah, Sedulur juga wajib tahu apa saja pecahan uang koin won Korea Selatan. Berikut ini adalah pecahan uang koin yang beredar di Korea Selatan:

  • ₩1: Bergambar bunga Hibiscus Syriacus
  • ​​₩5: Bergambar Kapal Kura-kura
  • ₩10: Bergambar Pagoda Dabo
  • ₩50: Bergambar ikatan padi
  • ₩100: Bergambar pahlawan Yi Sun-Sin
  • ₩500: Bergambar burung jenjang

Uang Won Kertas

inews

Selain pecahan uang koin, berikut ini adalah pecahan uang kertas yang beredar di Korea Selatan, hal tersebut bertujuan agar Sedulur mengetahui 1 won berapa rupiah dengan takaran nilai lainnya:

  • ₩1.000: Bergambar Yi Hwang dan lukisan Gyesangjeonggeodo
  • ₩5.000: Bergambar Yi I, lukisan serangga dan tanaman
  • ₩10.000: Bergambar Sejong yang Mulia, Honcheonsigye dan Cheonsang Yeolcha Bunyajido
  • ₩50.000: Bergambar Shin Saimdang, Bambu dan Prunus mume

Dengan mengetahui uang koin dan uang kertas yang beredar di Korea Selatan, maka Sedulur bisa memahami dengan lengkap 1 won berapa rupiah. Jadi ketika berkunjung ke Korea Selatan, Sedulur tidak perlu khawatir untuk bertransaksi di sana.

BACA JUGA: 15 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tinggi!

Beberapa Fakta Terkait Won

1 won berapa rupiah
dailynewsindonesia

Berikut ini beberapa fakta terkait lambang mata uang Korea dan fakta lainnya, apa saja fakta tersebut?

1. Woin koin akan dihapuskan

Sering dengan perkembangan teknologi digital, saat ini uang cash sudah mulai dikurangi penggunaannya. Sedang terjadi proses peralihan dari uang cash menjadi cashless, dengan menggunakan uang elektronik. Oleh karena itu, Bank of Korea sedang menyusun rencana dan memberikan wacana bahwa peredaran uang koin akan secara perlahan ditarik.

2. Uang Won pertama tidak dicetak oleh Bank Central

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa uang hanya berhak diterbitkan oleh Bank Central yang ada di negara tersebut. Di Indonesia, Rupiah dicetak oleh Bank Indonesia. Namun, untuk uang Won pertama di Korea Selatan, tidak dicetak oleh Bank Central, melainkan oleh Bank of Joseon.

Bank of Joseon mencetak 10 Won dan 100 Won kertas pada tahun 1946. Lalu tahun 1949 mereka mencetak 5 Won dan 1.000 Won kertas. Barulah pada tahun 1950, Bank of Korea ditunjuk sebagai bank sentral dan mulai menjalankan tugasnya untuk mencetak uang kertas. Adanya perubahan Bank Central yang terjadi di Korea, sebagaimana yang dijelaskan di atas.

3. Won koin pertama terbuat dari kuningan

Berbeda dengan uang koin yang umumnya terbuat dari tembaga atau alunumium, Won koin pertama tersebut dari kuningan. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah ketersediaan tembaga atau alumunium yang jarang, menggharuskan mereka membuatnya dari kuningan. Namun saat ini, Won koin di Korea telah terbuat dari tembaga dan alumunium.

Itulah penjelasan terkait 1 won berapa rupiah bersama beberapa penjelasan lainnya. Semoga penjelasan ini bisa menambah wawasan seputar per-Korea-an bagi Sedulur, dan tetap up to date mengikuti setiap hiburan yang disuguhkan oleh Korea Selatan, salah satu kiblat dunia hiburan saat ini.