drakor terbaik sepanjang masa

Semakin ke sini, penggemar drama Korea semakin banyak. Tak hanya para pemain yang rupawan, segi cerita drama Korea selalu unik dan beragam. Buat kamu yang sedang mencari daftar tontonan drama Korea, kali ini akan ada daftar drakor terbaik sepanjang masa. Tak heran jika sejumlah drakor ini masuk dalam daftar tersebut, sebab hampir semuanya memiliki ide cerita original dan tak membuat bosan siapapun yang menonton.

Jika berbicara tentang drama Korea, tak akan ada habisnya. Penonton akan dibuat kagum dengan sinematografi yang apik, serta jalan cerita yang sangat bervariasi. Mulai dari romantis, komedi, thriller, hingga fantasi. Kira-kira apa saja sih rekomendasi drakor terbaik sepanjang masa? Yuk simak daftarnya!

1. Goblin

drakor terbaik sepanjang masa
The Jakarta Post

Rekomendasi drama Korea yang pertama adalah Goblin atau yang memiliki judul lain Guardian : The Lonely and Great God. Drama ini memiliki deretan pemain papan atas yang aktingnya tak perlu diragukan lagi. Sebut saja Gong Yoo, Kim Go Eun, Lee Dong Wok, dan Yoo In Na. Ditambah pula pemain pendukung seperti Yook Sung Jae dan cameo Jung Hae In.

Bercerita tentang seorang mantan panglima perang di masa lampau bernama Kim Shin yang dikutuk menjadi Goblin yang diperankan oleh Gong Yoo. Ia mendapatkan kutukan hidup abadi karena kesalahan masa lalu. Pedang yang menancap di tubuhnya akan terlepas jika ia menemukan wanita yang menjadi pengantin Goblin.

Tanpa sengaja, ia bertemu dengan gadis SMA bernama Ji Eun Tak (Kim Go Eun) yang ternyata mau menjadi pengantin Goblin. Kisah cinta mereka yang unik pun dimulai di sini. Sementara Lee Dong Wook berperan sebagai malaikat pencabut nyawa yang tak ingat sama sekali dengan kehidupan masa lalunya. Ia hanya tahu bahwa dirinya menjadi malaikat pencabut nyawa karena kesalahan besar di masa lalu.

Sementara Yoo In Na berperan sebagai Sunny, seorang wanita mandiri pemilik sebuah kedai makan ayam goreng. Meski hidupnya tampaknya baik-baik saja, namun ternyata masa lalunya berhubungan dengan Kim Shin dan sang malaikat pencabut nyawa.

2. Descendant of The Sun

Netflix

Drama Descendant of The Sun menjadi salah satu drakor terbaik sepanjang masa dengan rating tinggi. Tak heran, jajaran pemainnya pun tak main-main. Mulai dari Song Joong Ki, Song Hye Kyo, Kim Ji Won, dan Jin Goo.

Bercerita tentang Kapten Yoo Shi Jin (diperankan oleh Song Joong Ki) dan rekannya Seo Dae Young (Jin Goo) yang dikirim ke sebuah wilayah yang penuh konflik serta wabah. Dalam waktu yang sama, Dokter Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) juga dikirim ke tempat yang sama. Sering menghabiskan waktu bersama, muncullah benih-benih cinta di antara keduanya. Sementara itu, Kim Ji Won yang memerankan dokter militer bernama Yoon Myeong Joo yang memiliki kisah cinta dengan Seo Dae Young.

Namun, selain kisah cinta, drama ini juga menyuguhkan cerita  tentang perjuangan dokter dan tentara di sebuah wilayah yang penuh konflik dan peperangan. Dan belum lagi ketika masa pengabdian mereka akan berakhir, wilayah ini justru dihantam bencana alam yang membuat mereka harus tinggal lebih lama.

Drama ini juga membuat Song Joong Ki dan Song Hye Kyo terlibat cinta lokasi sampai menikah. Sayangnya pernikahan mereka tak bertahan lama dan memilih bercerai.

3. Sky Castle

IDN Times

Minim kisah percintaan yang biasanya ada dalam setiap jalan cerita drama Korea, Sky Castle menawarkan ide cerita yang cukup berbeda. Drama ini seakan memberikan kritik kepada sistem pendidikan yang ada di Korea Selatan. Dimana para orang tua berambisi untuk memasukkan anak-anak mereka di universitas terbaik demi gengsi.

Oleh karena itu, sejak SMA para anak dipaksa belajar mati-matian sampai mengorbankan waktu istirahat mereka. Namun, pada akhirnya sesuatu yang terlalu dipaksakan malah tak berakhir dengan baik. Tak hanya dari segi cerita yang apik, Sky Castle juga menghadirkan sederet aktor papan atas seperti Yum Jung Ah, Lee Tae Ran, Yoon Se Ah, Oh Nara, serta Kim Seo Hyung. Tak hanya itu, ada pula sederet pemain muda berbakat seperti Kim Hye Yoon, Park Yoo Na, Kim Dong Hee, Joe Byeong Gyu, Kim Bo Ra, serta Kang Chan Hee.

4. Moon Lovers

Koreaboo

Drama Moon Lovers disebut-sebut sebagai salah satu drama berlatar kerajaan terbaik yang pernah ada. Bahkan tak hanya jalan ceritanya, ost drakor terbaik sepanjang masa juga diberikan pada drama ini.

Diperankan oleh solois IU sebagai Hae Soo. Ia seorang wanita muda yang tiba-tiba terseret ke perjalanan masa lampau dan tersesat di era Goryeo. Di masa ini, ia bertemu dengan sejumlah pangeran yang memperebutkan tahta sebagai raja.

Deretan yang bermain dalam drama ini selain IU antara lain Lee Joon Gi, Kang Ha Neul, Nam Joo Hyuk, Baekhyun EXO, Jisoo, Seohyun SNSD, serta Kang Ha Na.

5. My Love From The Star

IMDB

Salah satu drama terbaik yang pernah diperankan oleh aktris Jun Ji Hyun. Ia berperan sebagai seorang aktris kondang bernama Cheon Song Yi. Ia kemudian bertemu dengan seorang alien yang tersesat di bumi bernama Do Min Joon yang diperankan oleh Kim Soo Hyun. Meski awalnya hubungan mereka tak baik, mereka akhirnya menjalin kisah cinta yang unik.

Drama ini juga didukung oleh penampilan Park Hae Jin dan Yoo In Na.

6. While You Were Sleeping

Hallyuvibe

Drakor terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah drama yang dibintangi Suzy, Lee Jong Suk, Jung Hae In, dan Lee Sang Yeob. Drama ini mengambil jalan cerita yang cukup unik. Nam Hong Joo (Suzy) memiliki kemampuan langka, ia bisa melihat kematian orang lain di masa depan lewat mimpinya. Sayangnya, ia tak tahu kapan hal itu akan benar-benar terjadi. Sampai akhirnya ia bertekad untuk mencegah kematian seseorang yang ia lihat dalam mimpi, termasuk ibunya sendiri.

Dalam hal ini, Nam Hong Joo banyak dibantu oleh Jung Chae Chan (Lee Jong Suk) seorang jaksa dan Han Woo Tak (Jung Hae In) yang berprofesi menjadi seorang polisi. Berbagai kejadian yang mengancam nyawa mereka pun harus dihadapi demi mencegah mimpi-mimpi Nam Hong Joo menjadi kenyataan.

7. W: Two World

The Cinemaholic

Selanjutnya ada drama Lee Jong Suk lainnya yang juga masuk dalam jajaran drakor terbaik sepanjang masa. Dalam drama ini, Lee Jong Suk berperan bersama Han Hyo Joo. Drama ini masuk ke dalam genre fantasi. Bercerita tentang Kang Chul (Lee Jong Suk), seseorang yang sangat kaya namun hanya eksis di dunia komik atau webtoon.

Kang Chul terlibat kisah cinta dengan Oh Yeon Jo (Han Hyo Jo) yang merupakan seorang dokter di dunia nyata. Cinta beda dunia ini pun menarik untuk diikuti.

8. Hotel Del Luna

Netflix

Tak hanya sukses sebagai solois, IU tampaknya juga sudah diakui sebagai seorang aktor. Setelah drama Moon Lovers yang dibintanginya sangat sukses, ia kembali membintangi drama Korea yang tak kalah hits berjudul Hotel Del Luna.

IU berperan sebagai seorang CEO Hotel bernama Jang Ma Weol. Karena kesalahan masa lalunya, ia terjebak di hotel ini dalam waktu yang sangat lama, hingga lintas generasi. Bisa dibilang ia adalah manusia yang hidup abadi. Hotel Del Luna juga bukanlah hotel biasa. Ini adalah hotel tempat para arwah beristirahat untuk sementara sebelum pergi ke akhirat. Mereka yang bekerja di hotel ini juga bukanlah manusia, melainkan para sosok arwah.

Sementara Yeo Jin Goo berperan sebagai Go Chan Sung, manajer hotel yang memiliki karier sangat baik. Namun karena suatu hal, ia dipaksa bekerja di Hotel Del Luna. Sekaligus menjadi satu-satunya manusia yang bekerja di sana.

9. Itaewon Class

Kompasiana

Tayang di tahun 2020 silam, drama ini menjadi salah satu drama terbaik Park Seo Joon. Diadaptasi dari webtoon berjudul sama, berkisah tentang Park Sae Royi (Park Seo Joon) seorang anak SMA yang berselisih dengan anak bos ayahnya. Bos ayahnya adalah Jang Dae Hee yang diperankan oleh aktor kawakan Yoo Jae Myung. Jang Dae Hee memaksa Park Sae Royi untuk meminta maaf, namun ia menolak.

Hal ini berakibat pada Park Sae Royi yang dikeluarkan dari sekolah dan ayahnya Park Sung Yeol (Son Hyun Jo) dipecat dari pekerjaannya. Masalah tak selesai sampai di sini, anak Jang Dae Hee yang sempat berkelahi dengan Park Sae Royi, Jang Geun Won (Ahn Bo Hyun) menyebabkan kecelakaan yang membuat ayah Sae Royi meninggal. Dengan amarah, ia mendatangi Jang Geun Won dan memukulinya hingga babak belur, dan membuatnya berakhir di penjara.

Bertahun-tahun setelah bebas, Park Sae Royi mendirikan sebuah restoran. Hal ini sesuai dengan mimpi sang ayah yang ingin membangun restoran sendiri. Namun Jang Dae Hee yang memiliki jaringan bisnis restoran raksasa Jagga, tak membiarkan restoran milik Park Sae Royi beroperasi dengan tenang. Park Sae Royi tak menyerah, ia melakukan segala cara untuk mempertahankan restorannya dibantu dengan tim kecilnya. Antara lain Jang Geun Soo (Kim Dong Hee), Jo Yi Seo (Kim Da Mi), Choi Seung Kwon (Ryoo Kyung Soo), dan Ma Hyun Yi (Lee Joo Young).

10. Hospital Playlist

drakor terbaik sepanjang masa
Cosmopolitan

Selanjutnya ada drama slice of life tentang kehidupan dokter di sebuah rumah sakit yang tak boleh dilewatkan. Bercerita tentang 5 orang dokter yang bersahabat sejak kuliah di tahun 1999, hingga akhirnya takdir mempertemukan mereka bekerja sama di Yulje Hospital.

Mereka adalah Lee Ik Joon (Jo Jung Sook), Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok), Kim Jun Wan (Jung Kyuong Ho), Yang Seok Hyeong (Kim Dae Myung), dan Chae Song Hwa (Jeon Mi Do). Selama memiliki aktivitas yang padat sebagai dokter spesialis di rumah sakit, mereka selalu menyempatkan diri untuk bermain band sekaligus menjadi quality time mereka.

11. Reply 1988

drakor terbaik sepanjang masa
VOI

Drakor komedi romantis terbaik sepanjang masa jatuh pada Reply 1988. Sama dengan Hospital Playlist, drama ini juga mengangkat genre slice of life. Tak heran produser dan penulis drama ini sama dengan Hospital Playlist.

Bercerita tentang kehidupan remaja di tahun 90-an. Drama ini membuat kita yang masuk dalam generasi 90an akan diajak bernostalgia. Drama ini diperankan oleh Hyeri sebagai Sung Duk Sun, Park Bo Gum sebagai Choi Taek, Ryoo Joon Yeol sebagai Kim Jun Wan, Go Gyung Pyo sebagai Sun Woo, Lee Dong Hwi sebagai Dong Ryong, serta Ryoo Hye Young sebagai Sung Bo Ra.

Dalam drama ini kita akan diajak menebak-nebak siapa suami Sung Duk Sun di masa depan. Kisah cinta drama ini berpusat pada kisah cinta segitiga antara Duk Sun, Taek, dan Jun Wan.

12. The Heirs

Review dan Sinopsis The Heirs (2013) 왕관을 쓰려는 자, 그 무게를 견뎌라 – 상속자들 Ketika  Ahli Waris Perusahaan Jatuh Cinta Pada Pembantu [Yet Another Variation of  Meteor Garden—or Tale as Old as

Sementara drakor romantis terbaik sepanjang masa pantas disematkan pada drama The Heirs. Jajaran pemainnya pun tak main-main. Ada Lee Min Hoo, Park Shin Hye, Kim Woo Bin, Park Hyung Sik, Kang Min Hyuk, Krystal, Kim Ji Won, hingga Kang Ha Neul.

Bercerita tentang Kim Tan (Lee Min Hoo) yang merupakan anak pengusaha kaya, namun keberadaannya disembunyikan karena anak dari istri kedua. Ia selama ini tinggal di Amerika Serikat. Di sana secara tak sengaja ia bertemu dengan Cha Eun Sang (Park Shin Hye). Mereka pun bertemu lagi di Korea Selatan dan ternyata satu sekolah di sebuah SMA elit. Drama ini bercerita tentang persahabatan, kisah cinta, dan dilema para anak pengusaha kaya.

13. Vincenzo

Drakor terbaik sepanjang masa

Rekomendasi drakor komedi sekaligus salah satu drakor terbaik Netflix adalah Vincenzo. Drama ini dibintangi oleh Song Joong Ki, Jeo Yeo Bin, dan Ok Taecyeon. Bercerita tentang Vincenzo Cassano (Song Joong Ki), seorang pengacara mafia asal Italia. Ia pulang ke Korea untuk mencari emas yang tertanam di sebuah gedung.

Dalam upayanya mengeluarkan emas, ia harus menghadapi berbagai masalah. Dan pada akhirnya dibantu oleh Hong Cha Young (Jeo Yeo Bin) yang juga merupakan seorang pengacara. Mereka harus menghadapi musuh besar sebuah perusahaan farmasi yang merugikan banyak orang.

14. Mouse

drakor terbaik sepanjang masa
Viva

Drama yang dibintangi Lee Seung Gi ini menuai sangat banyak pujian. Hal ini dikarenakan akting Lee Seung Gi yang dianggap brilian. Bercerita tentang Jung Ba Reum (Lee Seung Gi) seorang polisi lugu yang menjadi korban sasaran pembunuhan seorang psikopat.

Sementar Go Mu Chi (Lee Hee Jun), seorang detektif senior yang memiliki dendam masa lalu karena orang tuanya dibunuh seorang psikopat. Namun, meski psikopat yang sudah membunuh orang tuanya dipenjara, kasus pembunuhan tak berhenti. Bersama Jung Ba Reum, Go Mu Chi pun mencoba mencari tahu siapa psikopat yang masih berkeliaran.

Drama ini dianggap brilian karena menyajikan jalan cerita yang sulit ditebak. Setiap episode pun mengandung plot twist hingga akhir cerita.

15. Beyond Evil

9 Potret Cuplikan KDrama Beyond Evil yang Bikin Penasaran

Drakor terbaik sepanjang masa terakhir dalam daftar ini adalah Beyond Evil. Diperankan oleh Yeo Jin Goo sebagai Han Joo Won. Ia dipindah untuk bekerja di kantor polisi di sebuah kota kecil. Di sana, ia langsung menjadi atasan dari detektif yang lebih senior yakni Lee Dong Sik (diperankan oleh Shin Ha Kyun).

Saat bekerja bersama, mereka harus menyelesaikan teka-teki tentang seri kasus pembunuhan yang berhubungan dengan kasus 20 tahun silam.

Itu dia sejumlah drakor terbaik sepanjang masa yang bisa jadi rekomendasi tontonan kamu. Sebagai teman menonton, kamu bisa lho membeli cemilan di Aplikasi Super. Unduh aplikasinya, dan dapatkan cemilan dengan harga murah dan mudah!