panggilan sayang dalam bahasa korea

Setiap negara pasti memiliki cara dan ungkapan tersendiri dalam mengungkapkan rasa sayang. Jika di Indonesia kita menyebut pasangan terkasih dengan sebutan “Sayang”, maka hal tersebut tentunya berbeda dengan Korea Selatan. Apabila Sedulur merupakan penggemar berat drama Korea, pastinya tidak asing dengan berbagai panggilan sayang dalam Bahasa Korea. 

Jika belum tahu mengenai apa saja ungkapannya, ini adalah waktu yang tepat untuk mengetahuinya. Berikut ini adalah beberapa panggilan untuk kekasih tercinta dari Negeri Ginseng. Simak, ya!

BACA JUGA: 12 Fakta Minuman Soju, Minuman Mendunia Asal Korea Selatan

1. Yeobo (여보)

panggilan sayang untuk sahabat dalam bahasa korea
idntimes

Jika kamu hobi menonton drama Korea bergenre romantis, pastinya tidak asing lagi dengan panggilan Yeobo. Ini adalah salat satu dari berbagai macam panggilan sayang dalam Bahasa Korea ini biasanya digunakan pada pasangan yang sudah menjadi suami istri. 

Panggilan yang satu ini merupakan kata ganti dalam Bahasa Korea untuk memanggil pasangan suami istri. Istri bisa memanggil suami dengan sebutan yeobo. Begitu pula sebaliknya. Umumnya, panggilan ini digunakan untuk pasangan yang sudah menikah saja. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa pasangan yang belum menikah memanggil kekasihnya dengan sebutan ini.

Hanya saja, mungkin orang akan sedikit terheran-heran jika mendengar Sedulur memanggil pacar atau tunangan dengan sebutan ini. Hal ini sama ketika ada orang Indonesia yang masih belum menikah, memanggil kekasihnya dengan sebutan “Ayah” dan “Bunda”.

2. Ae-in (애인)

panggilan sayang dalam bahasa korea untuk pacar
pixabay

Ae-In merupakan panggilan sayang dalam Bahasa Korea untuk pacar yang memiliki arti sweetheart atau sayang. Jika Sedulur sedang mencari panggilan yang pas untuk digunakan bersama pasangan, mungkin ini bisa menjadi salah satu opsinya. Bagi orang Indonesia, ae-in merupakan salah satu kata yang mudah pengucapannya selain mempunyai arti yang cukup romantis. 

BACA JUGA: 15 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tinggi!

3. Jagi (자기)

macam panggilan sayang dalam bahasa korea
ilmupedia

Jika ungkapan Yeobo merupakan kata yang digunakan oleh pasangan suami istri, maka Jagi merupakan panggilan sayang dalam Bahasa Korea yang bisa digunakan untuk pasangan yang belum menikah. Namun, bisa juga kata ini digunakan untuk pasangan suami istri, jadi penggunaannya lebih universal.

Selain jagi, ada juga bentuk kalimat sayang jagi-ya (자기야) yang merupakan bentuk panggilan dari jagi (자기). Keduanya memiliki makna yang sama, namun jagiya memiliki arti, “hai, sayang”.

4. Oppa (오빠)

panggilan sayang untuk pacar dalam bahasa korea
tribunsumsel

Sebenarnya, Oppa memiliki makna secara harfiah yaitu panggilan untuk laki-laki yang lebih tua oleh wanita yang lebih muda. Kata yang satu ini bisa digunakan sebagai panggilan romantis untuk memanggil pasangan walaupun tidak memiliki arti dasar “pacar” atau “sayang”. Oppa bisa berarti Bahasa Korea pacar laki-laki saya secara tersirat.

Tak hanya bisa digunakan untuk kekasih, kata ini juga cocok untuk memanggil suami. Apalagi, jika suami usianya lebih tua dari kamu. Di Korea, panggilan ini tidak bisa digunakan kepada lelaki sembarangan, ya. Apalagi jika Sedulur tidak mengenal lelaki tersebut. Terdapat beberapa tata krama yang berlaku dalam penggunaan oppa.

BACA JUGA: Profil Kim Yong-Ji dan Drama Korea yang Dibintanginnya

5. Dangshin (당신)

nama panggilan korea yang lucu
popmama

Seperti sebelumnya, kata yang satu ini memiliki makna yang tersirat sebagai salah satu panggilan sayang dalam Bahasa Korea. Hal ini dikarenakan arti dangshin secara harfiah adalah kamu. Karena orang korea jarang bahkan tidak pernah menggunakan dangshin untuk memanggil seseorang, maka kata yang satu ini bisa bermakna spesial untuk orang tercinta. Biasanya, dangshin digunakan oleh orang Korea untuk memanggil orang terdekat saja.

6. Anae (아내)

bahasa korea pacar laki-laki saya
pixabay

Anae biasanya digunakan oleh para suami untuk memanggil istrinya dengan sebutan sayang. Terutama bagi pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, anae memiliki arti sebagai “sayangku” atau “istriku”. Namun, jika pasangan sudah lama menikah atau sudah mempunyai anak, panggilan sayang dalam Bahasa Korea yang biasa digunakan adalah yeobo.

BACA JUGA: 8 Makanan Korea Halal yang Bisa Kamu Buat di Rumah, Gampang!

7. Buin (부인)

Buin
popmama

Buin memiliki makna yang sama seperti anae. Keduanya merupakan panggilan sayang dalam Bahasa Korea yang digunakan suami untuk istri tercintanya. Keduanya pun sama-sama bisa digunakan bagi pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan.

8. Baolggul (바울골)

Baolggul
idntimes

Pilihan lainnya untuk mengungkapkan cinta pada pasangan adalah baolggul yang berarti “sayang” dalam Bahasa Indonesia. Salah satu panggilan sayang untuk pacar dalam Bahasa Korea ini tidak begitu populer jika dibandingkan dengan kata lain seperti jagiya atau yeobo. Selain pacar, kata yang satu ini juga cocok untuk digunakan pasangan suami istri. 

BACA JUGA: 22 Model Two Block Haircut Pria, Keren Seperti Artis Korea!

9. Naekkeo (내꺼)

Naekkeo
popbela

Arti atau makna literal dari kata yang satu ini adalah “milikku”. Meskipun demikian, ungkapan tersebut bisa berarti sebuah panggilan sayang dalam Bahasa Korea untuk pasangan kekasih, suami istri, maupun tunangan tercinta. Dengan memberikan ungkapan ini untuk orang terkasih, maka ikatan secara emosional dapat terjalin dengan baik. 

10. Aegiya (애기야)

Aegiya
detikhot

Mungkin, memanggil seseorang yang kita cintai dan kasihi dengan sebutan “kekasih” akan terdengar ketinggalan zaman. Namun, hal tersebut bisa diakali dengan menggunakan kata aegi atau aegiya di samping panggilan “kekasih”. Panggilan sayang untuk sahabat dalam Bahasa Korea ini menunjukkan bahwa seseorang sudah sangat dekat dengan lawan bicaranya sehingga logat yang digunakan tidak terlalu formal.

BACA JUGA: Kampung Korea Kediri: Harga Tiket, Lokasi & Keseruannya

11. Bu-bu (부부)

Bu-bu
idntimes

Tak hanya jagiya atau yeobo yang sering Sedulur temukan saat menonton drama Korea bergenre romantis. Kata bu-bu juga pastinya sering terdengar dan akrab di telinga. Kata yang satu ini merupakan panggilan sayang dalam Bahasa Korea yang biasa digunakan oleh pasangan suami istri. Kesan romantis akan seketika tercipta jika Sedulur menambahkan panggilan ini terhadap pasangan.

12. U-ri kang-a-ji (우리 강아지)

Uri kangaji
idntimes

Terakhir, kata yang bisa digunakan untuk pasangan tercinta adalah uri kangaji. Secara bahasa, kata ini memiliki arti anjing yang kecil dan menggemaskan. Di Korea Selatan, anjing merupakan salah satu hewan yang imut dan juga lucu. Maka dari itu, uri kangaji merupakan nama panggilan korea yang lucu serta menggemaskan yang bisa dicoba.

Demikian bocoran tentang panggilan sayang dalam BahasaKkorea yang begitu populer yang bisa diketahui. Terutama, jika Sedulur merupakan penggemar berat drama dari negeri beribu kota Seoul ini. Pastinya belum lengkap jika belum mengetahui arti dari kata-kata tersebut. Dari ungkapan di atas, mana yang akan dipakai untuk memanggil pasangan tercinta?