Salah satu kendala terbesar yang banyak dialami orang pada saat berbelanja sepatu online adaah kebingungan dalam mencari cara mengukur kaki untuk sepatu. Tidak seperti di toko offline dimana kita bisa menjajal dengan langsung sepatu impian, di toko online Sedulur harus memperkirakan sendiri akankah sepatu yang dipilih pas dengan ukuran kaki.

Jika belum terbiasa berbelanja sepatu online, mungkin Sedulur akan sedikit kebingungan bagaimana cara menentukannya. Beberapa sepatu bisa saja menuliskan ukuran yang sama dengan kaki Sedulur, akan tetapi ternyata ia agak sedikit panjang 1 cm atau 2 cm. 

Terlebih lagi fakta bahwa tidak semua toko sepatu online menggunakan standar ukuran yang sama, bisa jadi standar ukuran tersebut adalah UK (Inggris), JAP atau JPN (Jepang), USA atau US (Amerika Serikat), AUS (Australia), dan EU (Eropa).

Tidak perlu risau dahulu, Sedulur! Asal cermat dan tidak tergesa-gesa, Sedulur pasti bisa mengukur kaki untuk ukuran sepatu pada saat berbelanja online, kok! Cermati artikel berikut ini untuk mengetahui cara mengukur kaki untuk sepatu agar lebih paham.

-->

BACA JUGA: 6 Jenis-Jenis Sepatu yang Banyak Digunakan Pria dan Wanita

Cara mengukur kaki untuk sepatu, bermanfaat buat yang sering belanja online!

cara mengukur kaki untuk sepatu
Depositphotos

Sudah beli sepatu impian dari toko online tapi ternyata ukurannya salah? Antisipasi kekecewaan Sedulur dengan cara-cara berikut ini!

1. Mengukur kaki di waktu sore

cara mengukur kaki untuk sepatu
Depositphotos

Cara sekaligus fakta pertama dalam mengukur kaki untuk sepatu ini mungkin belum banyak diketahui secara luas. Ukuran kaki manusia ternyata dapat melebar di sore hari. Cukup mengejutkan, ya?

Fakta ini diungkapkan oleh salah satu artikel terbitan Harvard Health Publishing dari Harvard Medical School. Singkatnya, kaki kita secara alami dapat ‘mengembang’ di sore hari karena telah seharian beraktivitas. Pertambahan ukurannya juga akan semakin terlihat ketika Sedulur sering beraktivitas di cuaca yang panas.

Dari situ, ada baiknya bagi Sedulur untuk terlebih dahulu mengukur kaki di sore hari ketika ukuran kaki sedang besar-besarnya. Dengan menggunakan ukuran terbesar kaki tersebut, Sedulur tidak perlu khawatir membeli sepatu dengan ukuran yang terlalu kecil.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Brand Sepatu Lokal Terbaik dan Berkualitas

2. Cara mengukur kaki untuk sepatu menggunakan penggaris atau meteran

Cara mengukur kaki untuk sepatu ketika berbelanja online yang selanjutnya adalah dengan menggunakan penggaris atau meteran. Kedua alat tersebut terbukti sangat efektif untuk mengetahui seberapa panjang dan lebar kaki kita. Akan tetapi, pastikan memberi setidaknya 1 cm lagi untuk berjaga-jaga agar sepatu yang dibeli tidak kekecilan, ya!

3. Menggunakan fitur zoom-in

cara mengukur kaki untuk sepatu
Depositphotos

Langkah lain yang bisa Sedulur lakukan untuk mengukur kaki adalah dengan menggunakan fitur zoom-in pada aplikasi marketplace yang digunakan. Umumnya, toko online memiliki fitur tersebut pada setiap detail produknya. Selain itu, toko sepatu juga biasanya memiliki foto produk dari berbagai angle

Melalui fitur-fitur tersebut, Sedulur bisa meneliti tekstur, bahan, dan warna sepatu dengan lebih detail. Manfaatkan fitur ini untuk memperkirakan desain yang diinginkan dan apakah sepatu yang akan Sedulur beli cocok dengan ukuran kaki dan selera gaya Sedulur atau tidak.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik, Termurah & Berkualitas

4. Cara mengukur kaki untuk sepatu menggunakan standar shoe size

Di Indonesia, mayoritas toko sepatu baik itu online maupun offline sudah lama menggunakan standar ukuran EU (Eropa). Tiap-tiap angka ukuran yang tertera biasanya sudah dikonversikan ke dalam tabel panjangnya dalam centimeter. Trik ini menjadi salah satu solusi alternatif bagi Sedulur yang masih kebingungan cara mengukur kaki untuk sepatu ketika berbelanja online.

Simak beberapa konversi ukuran sepatu EU ke panjang dalam centimeter berikut ini, yuk!

  • Ukuran 43 = 26,5 – 27 cm
  • Ukuran 42 = 26 – 26,5 cm
  • Ukuran 41 = 25,5 – 26 cm
  • Ukuran 40 = 24,5 – 25 cm
  • Ukuran 39 = 24 – 24,5 cm
  • Ukuran 38 = 23,5 – 24 cm
  • Ukuran 37 = 23 – 23,5 cm
  • Ukuran 36 = 22,5 – 23 cm
  • Ukuran 35 = 22 –  22,5 cm

5. Melihat tabel ukuran kaki standar internasional sebagai acuan

Selain menggunakan standar EU (Eropa), ada juga toko-toko sepatu yang masih menggunakan standar ukuran internasional yang lainnya. Hal ini perlu Sedulur perhatikan dengan seksama, terutama ketika sepatu idaman Sedulur adalah model buatan luar negeri yang jarang ditemukan di Indonesia.

Pada paragraf di atas sempat disebutkan bahwa terdapat beberapa ukuran kaki standar internasional yang telah digunakan secara luas. Beberapa di antaranya adalah ukuran UK (Inggris), JAP atau JPN (Jepang), USA atau US (Amerika Serikat), AUS (Australia).

Untuk membantu mempermudah Sedulur, coba simak tabel tabel ukuran kaki standar internasional sebagai acuan di bawah ini.

Pinterest
Pinterest

BACA JUGA: Konversi Ukuran Sepatu US ke Indonesia & Cara Mengukurnya

6. Perhatikan juga review dari pembeli lain

Jika sedang berbelanja sepatu online, pastikan juga Sedulur sedikit menelisik review dari pembeli-pembeli sebelumnya. Biasanya, jika ada keluhan mengenai kesalahan ukuran, seperti ukuran yang terlalu besar atau kecil padahal ia berada di nomor yang tepat, akan pembeli ungkapkan di bagian review tersebut. Langkah ini merupakan antisipasi yang tepat dalam cara mengukur kaki untuk sepatu agar tidak salah.

7. Cara mengukur kaki untuk sepatu dengan bertanya kepada customer service

Depositphotos

Terakhir, Sedulur bisa memastikan langsung kepada customer service tempat Sedulur membeli sepatu impian tersebut. Dengan memastikan secara langsung, Sedulur ibarat mendapatkan ‘jaminan’ dari toko bahwa ukuran sepatu yang Sedulur pilih sudah tepat. Keterangan-keterangan tambahan lainnya pun bisa Sedulur dapatkan dengan bertanya kepada customer service.

Langkah-langkah cara mengukur kaki untuk sepatu dengan penggaris dan kertas

Depositphotos

Dari beberapa cara di atas, mungkin salah satu cara yang paling sering dicoba oleh orang-orang adalah cara mengukur kaki untuk sepatu dengan menggunakan penggaris atau meteran.

Caranya adalah cukup dengan menarik lurus meteran atau penggaris mulai dari sisi atas dan kaki bawah serta bagian tumit. Ukurlah panjang dan lebar kaki Sedulur kemudian kurangi sekitar 3/16 inchi pada setiap hasil pengukuran. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan jarang antara kaki dengan sepatu yang akan dibeli.

Cara tersebut memang terbukti yang paling mudah dan paling sederhana di antara lainnya. Akan tetapi, Sedulur tidak bisa dengan serta-merta menempelkan penggaris pada kaki. Ada peralatan lain dan juga cara-caranya tersendiri agar bisa mendapatkan ukuran kaki yang tepat. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini! 

1. Alat dan bahan

Sebelum Sedulur mulai mengukur, ada baiknya untuk mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.

  • Kertas.
  • Penggaris.
  • Pensil atau ballpoint

2. Langkah pengukuran

  • Letakkan kaki Sedulur di atas kertas,
  • Gambar tegak lurus luaran kaki Sedulur menggunakan pensil atau ballpoint.
  • Tarik garis dari ujung jempol kaki hingga bagian tengah tumit.
  • Ukur garis tersebut dalam ukuran centimeter menggunakan penggaris.
  • Samakan ukuran centimeter dengan ukuran yang ada di size chart setiap produk sepatu di marketplace.
  • Samakan dengan sepatu yang Sedulur biasa pakai. Bila sama, maka ukuran tersebut adalah ukuran sepatu yang tepat.

Sedang mencari rekomendasi sepatu sneakers dengan banyak model? Simak rekomendasinya berikut!

Ketika sudah mengetahui cara mengukur kaki untuk sepatu, mungkin sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai mencari merek sepatu yang sedang nge-trend. Kabar gembira nih, bagi Sedulur yang sedang kebingungan memilih model sepatu sneakers! Ada tiga rekomendasi merek yang sudah dipilih dalam artikel ini, pastinya mempunyai pilihan sepatu yang berkualitas dengan harga yang beragam. Yuk, simak apa saja rekomendasi sepatu sneakers tersebut!

1. Compass

Ajaib

Selain memilih model sepatu sneakers, biasanya aspek lain yang menjadi pertimbangan dalam menentukan sepatu idaman adalah harganya. Banyak sekali sepatu sneakers dengan model trendy namun sayangnya tidak terjangkau oleh dompet.

Kalau itu masalah yang Sedulur alami, mungkin Sedulur bisa mencoba untuk melihat koleksi sepatu sneakers merek Compass. Ia merupakan salah satu produsen sepatu lokal terpercaya dengan banyak pilihan model. Biasanya sepatu Compass dapat Sedulur dapatkan di berbagai marketplace. Cek media sosialnya untuk informasi yang lebih lanjut.

2. Converse

Pojok Satu

Rekomendasi merek sepatu sneakers selanjutnya berasal dari Converse. Kualitas bahan setiap sepatu sneakers yang dijajakannya sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Selain itu, Converse juga memberikan kemudahan para pelanggan setianya dengan memproduksi berbagai sepatu untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Jadi, Sedulur tidak perlu susah-susah menentukan model sepatu idaman. Yuk, langsung sambangi marketplace online yang menjual sepatu Converse dan cari sepatu sneakers impian Sedulur!

3. Vans

Ayo Yogya

Jika Sedulur merasa koleksi sepatu sneakers dari dua merek belum memuaskan, mungkin Vans bisa menjadi jawabannya. Terlebih lagi jika Sedulur seorang pecinta skate, koleksi sepatu sneakers Vans mungkin bisa Sedulur pilih. Dengan berbagai model dan ukuran, Sedulur bisa mendapatkan sepatu sneakers idaman dari brand ini. Yuk, langsung kepoin media sosial Vans untuk mendapatkan sepatu idaman!

Nah Sedulur, demikian informasi dari cara mengukur kaki untuk ukuran sepatu pada saat berbelanja online. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.