cara mengusir tokek

Sebenarnya habitat asli dari cicak berukuran besar atau yang disebut sebagai tokek itu adalah di hutan. Meskipun begitu, ternyata hewan tersebut juga kerap ditemukan di rumah-rumah. Dan hal tersebut membuat banyak orang yang merasa ngeri akan penampakan hewan yang satu ini. Selain itu, suaranya yang nyaring juga sering mengagetkan dan mengganggu. Lalu bagaimana cara mengusir tokek?

Tokek sendiri sering dikatakan sebagai salah satu binatang melata yang berbahaya. Konon katanya jika ada orang yang digigit tokek, maka gigitan tersebut hanya akan bisa lepas ketika petir datang. Ya, itu memang hanya sebuah mitos belaka. Namun meskipun begitu, banyak orang yang merasa tidak nyaman akan kehadiran hewan ini.

Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir tokek. Dijamin hewan tersebut akan langsung pergi dari rumah dan tidak akan pernah kembali serta menganggu lagi. Untuk itu langsung saja, berikut ini beberapa cara mengusir tokek dari rumah.

BACA JUGA: 12 Manfaat Minyak Kutus Kutus Untuk Kesehatan & Cara Pakai

-->

1. Memasang lampu terang

cara mengusir tokek
pexels

Umumnya, tokek itu senang menempel di sekitaran langit-langit rumah yang minim cahaya atau redup. Hal ini bisa terjadi karena tokek sendiri mempunyai tingkat sensitivitas terhadap cahaya yang tinggi. Maka dari itu, pasanglah lampu tambahan di area yang sering didiami oleh tokek.

Selain itu, Sedulur juga bisa menggunakan pancaran sinar senter untuk mengusir tokek yang tiba-tiba muncul di kamar mandi atau kamar tidur. Ini adalah cara mengusir tokek yang paling ampuh jika Sedulur sangat takut dengan tokek.

2. Cairan pengusir nyamuk

cara mengusir tokek
pexels

Jika Sedulur memiliki cairan atau semprotan pengusir nyamuk, maka bisa dimanfaatkan untuk mengusir tokek yang sering menganggu. Sedulur bisa mengoleskan atau menyemprotkan cairan tersebut di tempat biasanya tokek kerap lewat atau menempel.

Apabila Sedulur sudah lokasi persembunyian dari tokek tersebut, disarankan untuk menyemprot cairan tersebut di lokasi tersebut. Ya, hewan ini memang tidak menyukai wangi-wangian yang baunya menyengat. Jadi ketika mencium bau cairan pengusir nyamuk, tentu mereka akan langsung kabur.

3. Memuat suara berisik

cara mengusir tokek
pexels

Suara yang berisik dan juga nyaring ternyata dapat Sedulur jadikan sebagai senjata untuk mengusir tokek dari dalam rumah. Ketika melihat hewan yang satu ini muncul dan tidak mau pergi-pergi juga, maka cobalah pukul-pukul benda yang nyaring misalnya seperti lembaran seng, batang kayu, panci, maupun ember.

Selain cahaya, tokek juga cukup sensitif dengan bunyi-bunyi yang nyaring. Mereka akan merasa tidak betah jika mendengar bunyi yang terlalu berisik atau nyaring. Namun ada juga beberapa tokek yang tidak manjur dengan cara satu ini. Jadi, lebih baik terus simak cara yang berikutnya.

4. Menurunkan suhu ruangan

cara mengusir tokek
pexels

Sama halnya seperti saudara jauhnya yakni cicak, tokek termasuk sebagai jenis hewan reptil yang tidak bisa beradaptasi dengan suhu rendah di tempat mereka berada. Oleh sebab itu, Sedulur bisa membuat suhu di dalam rumah atau ruangan tempat tokek berada menjadi lebih sejuk atau dingin.

Terdapat beberapa cara yang dapat Sedulur lakukan untuk membuat suhu ruangan jadi lebih dingin, seperti dengan menyalakan kipas angin maupun AC. Jika ingin lebih hemat, Sedulur juga bisa rutin membuka jendela dan pintu di rumah. Selain itu, pastikan juga sirkulasi udara di rumah itu baik.

5. Rutin membersihkan rumah

cara mengusir tokek
pexels

Salah satu faktor yang menyebabkan tokek betah tinggal di rumah, adalah kebersihan dari tempat tersebut yang tidak dijaga. Kondisi rumah yang kotor, tentu saja akan membuat adanya banyak serangga yang bersarang di dalamnya. Berkaitan dengan hal itu, serangga sendiri adalah makanan utama tokek.

Jadi semakin banyak serangga yang bersarang, tentu akan ada banyak juga tokek yang menempatinya. Untuk itu, jangan lupa membersihkan rumah secara rutin. Jika kebersihan terjaga, secara perlahan tokek akan hilang karena sumber makanannya sudah menghilang dikit demi sedikit.

6. Menggunakan kapur barus

cara mengusir nyamuk
sehatq

Apakah Sedulur percaya, jika ternyata kapur barus tidak hanya ampuh untuk mengusir serangga di rumah? Nah, jadi kapur barus ini juga dapat Sedulur manfaatkan untuk mengusir tokek. Usut punya usut, baik cicak atau tokek sendiri tidak suka dengan aroma yang dimiliki oleh kapur barus.

Tentu saja ini adalah cara mengusir tokek di rumah yang sangat mudah dilakukan. Sedulur hanya perlu menyiapkan beberapa kapur barus saja, kemudian langsung diaplikasikan di bagian dinding ruangan. Jangan lupa meletakkannya juga di atas plafon dan lemari tempat tokek biasanya bersembunyi.

BACA JUGA: Daur Hidup Nyamuk, Lengkap Dengan Gambar & Pencegahan

7. Menggunakan cangkang telur

pexels

Cangkang telur adalah bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir tokek. Adanya cangkang telur di tempat menempelnya tokek dapat memberikan pengaruh psikologis kepadanya. Mereka akan mengira jika cangkang telur ini adalah organisme lain yang telah menempati tempat bertenggernya.

Jadi hewan reptil yang satu ini pun akan memilih untuk meninggalkan rumah Sedulur. Bila ingin tokek cepat hilang, maka Sedulur bisa menaruh cangkang telur tersebut di beberapa spot sekaligus. Setelah itu, jangan lupa selalu untuk menggantinya sekitar dua minggu sekali agar tidak ada bau tidak enak yang muncul.

8. Menggunakan tembakau

kompasiana

Banyak orang yang mengatakan jika tembakau itu sangat efektif digunakan untuk mengusir tokek. Cara untuk melakukannnya pun juga sangat mudah, yakni dengan meletakkan tembakau di titik yang bisa menjadi tempat bertengger si tokek.

Untuk stop di dekat lampu, Sedulur bisa masukkan tembakau tersebut ke dalam plastik dan diberi lubang. Kemudian gantungkan plastik tersebut di dekat lampu. Nah, aroma yang tajam dari tembakau ini akan cepat tersebar dan membuat tokek merasa tidak nyaman.

9. Menggunakan air merica

pexels

Cara membuat hewan berkulit bintik ini kabur dari rumah Sedulur yang berikutnya, adalah dengan campuran merica bubuk dengan air. Cara juga tidak susah, kok. Sedulur hanya perlu memasukkan campuran air merica tersebut ke dalam botol semprotan.  Jika sudah, semprotkan air merica tersebut secara rutin ke tempat tokek biasanya bersarang atau bersembunyi.  

Dengan begitu, maka mereka pun akan tidak kuat dengan aroma dan rasa yang dihasilkan dari air merica. Dan pada akhirnya, mereka akan pergi dari sana. Rasa dan aroma merica yang pedas, akan membuat tokek kepanasan. Untuk hasil lebih maksimal, Sedulur juga bisa menambahkan cabai bubuk.

10. Menggunakan air garam

pexels

Air yang dicampur dengan garam juga dapat membuat tokek pergi jauh dari rumah. Cipratan dari air garam ini bisa menimbulkan reaksi yang cepat pada kulit tokek, sehingga mereka akan merasa tidak nyaman. Setelah tidak nyaman untuk berulang kali, mereka akan pergi.

Nah, Sedulur dapat membuat larutan air garam dan menaruhnya di dalam botol semprotan. Jadi Sedulur bisa menyemprotkan berkali-kali saat hewan ini keluar dari tempat persembunyian. Silahkan semprot secara langsung ke arah si tokek agar reaksi di kulit mereka bisa langsung terasa.

11. Menggunakan bawang merah

pexels

Sama halnya seperti merica, bawang merah juga mengandung senyawa yang bisa membuat badan tokek terasa perih. Selain itu, aroma yang dikeluarkan oleh bawang merah juga cukup menyengat dan akan mengganggu mereka. Untuk menggunakan bahan ini, Sedulur bisa mengiris beberapa siung bawang merah.

Setelah itu, letakkan di sebuah cawan lalu tempatkan pada titik yang disinyalir menjadi tempat bersembunyi tokek di rumah. Namun jika Sedulur menggunakan cara ini, silahkan ganti bawang merah secara rutin seminggu sekali. Jika tidak bawang akan busuk dan mengundang serangga yang menjadi bahan makanan tokek.

12. Menggunakan kulit jeruk

pexels

Cara mengusir tokek agar tidak kembali lagi yang berikutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk segar. Seperti yang telah diketahui, jika buah jeruk mempunyai aroma masam yang segar dan khas.  Pada umumnya, aroma jeruk ini dimanfaatkan sebagai wewangian alami dan juga minyak aroma terapi.

Selain itu, aroma jeruk pun juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tokek yang ada di rumah. Nah, jadi Sedulur hanya perlu menaruh remasan kulit jeruk di lokasi yang sering menjadi tempat tokek hinggap. Aroma khas dari jeruk inilah yang sangat tidak disukai tokek, sehingga hewan tersebut akan menjauh jika menciumnya.

13. Menggunakan ampas kopi

tokohinspiratif

Terakhir ada kopi bekas seduhan yang bisa digunakan untuk mengusir tokek. Untuk hasil yang lebih maksimal, Sedulur bisa mencampurnya dengan tembakau. Masukkan ampas kopi serta bubuk tembakau ke dalam sebuah wadah, aduk dan buatlah seperti bola-bola kecil. Kemudian Sedulur tinggal meletakkannya di tempat dimana biasa tokek bertengger.

BACA JUGA: 10 Aplikasi Ini Jadi Cara Mengusir Nyamuk Dengan Hp, Canggih!

Ya, mungkin hanya itu beberapa cara mengusir tokek dalam rumah yang bisa Sedulur coba di rumah. Beberapa cara di atas memang sangat ampuh untuk mengusir tokek dan membuatnya tidak mau kembali ke rumah Sedulur.

Namun ada beberapa cara yang mengharuskan Sedulur untuk mengganti bahan yang digunakan secara rutin. Jika tidak diganti, maka akan busuk dan mendatangkan serangga-serangga kecil. Adanya banyak serangga, tentu saja mengundang tokek datang dan membuatnya betah. Hal ini karena makanan utama dari tokek adalah serangga-serangga kecil.

Selain itu, beberapa bahan-bahan di atas, bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super lho. Yuk download aplikasinya sekarang di sini!