sabun muka untuk remaja

Menggunakan skin care bisa dimulai sejak usia remaja. Sebagai pemula, Sedulur bisa menggunakan sabun muka terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit wajah. Tak hanya karena viral, Sedulur juga perlu memilih sabun muka untuk remaja yang benar-benar aman dan berkualitas.

Ada banyak produk sabun cuci muka untuk remaja yang bisa Sedulur pilih. Dengan berbagai klaim yang mereka tawarkan, Sedulur bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. Daripada bingung menentukan mana produk yang paling sesuai, lebih baik Sedulur membaca ulasan di bawah ini terlebih dahulu untuk mendapatkan referensi. 

BACA JUGA: 11 Skincare yang Mengandung AHA BHA Bikin Kulit Mulus

Tips memilih sabun muka untuk remaja

Sebelum memutuskan untuk membeli sabun muka atau facial wash remaja, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui. Mulai dari mengetahui tipe dan permasalahan kulit remaja, macam-macam jenis sabun muka di pasaran, dan kandungan yang sebaiknya ada pada sabun muka remaja. Hal ini penting diperhatikan karena setiap tipe dan masalah kulit akan memiliki penanganan yang berbeda.

-->

1. Tipe kulit normal

Sabun muka biasanya digunakan untuk menjaga kebersihan kulit. Hal ini karena kulit normal sudah memiliki kelembapan dan kekenyalan yang cukup, serta tidak terlalu berminyak maupun tidak terlalu kering. Pori-pori tipe kulit normal yang cenderung halus juga membuatnya terlihat bersih dan segar.  

2. Tipe kulit kering

Pada tipe kulit ini, sabun cuci muka yang dipilih haruslah memiliki kelembapan yang tinggi. Hal ini karena kulit kering disebabkan oleh produksi minyak alami yang kurang, sehingga membutuhkan hidrasi ekstra. Biasanya, kulit kering akan ditandai dengan wajah yang kusam, kasar, pecah-pecah, dan muncul semacam sisik. 

Sedulur bisa memilih sabun muka dengan kandungan vitamin E, glycerin, vitamin, dan minyak jojoba untuk membantu mencegah kulit kehilangan air dan membuatnya tetap lembap. Adanya bahan pelembap akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih. Lebih lanjut, Sedulur juga harus menghindari sabun muka dengan kandungan detergen jika memiliki kulit kering. Sebab, kandungan tersebut dapat menghilangkan minyak alami yang diproduksi wajah.

3. Tipe kulit berminyak

Biasanya akan membutuhkan sabun muka untuk mengontrol produksi minyak. Tipe kulit yang berkebalikan dengan kulit kering ini memiliki produksi minyak berlebih, yang ditandai dengan pori-pori besar, rawan mengalami masalah jerawat, dan terlihat mengkilap.  

Penggunaan sabun cuci muka yang tepat pada kulit berminyak akan membantu mengontrol produksi sebum. Sedulur bisa memilih sabun muka yang mengandung niacinamide dan menghindari produk yang mengandung minyak mineral, petrolatum, dan petroleum. Sebab niacinamide akan menyerap minyak berlebih, sedangkan tiga lainnya akan menyumbat pori-pori dan meningkatkan risiko munculnya jerawat.

4. Tipe kulit berjerawat

Tipe ini akan membutuhkan produk sabun cuci muka yang memiliki tekstur ringan dan tentunya tidak mengandung bahan iritan. Kedua poin tersebut harus diperhatikan karena dapat memengaruhi kondisi kulit wajah remaja secara berkelanjutan. 

5. Tipe kulit berminyak dan berjerawat

Sedulur bisa menggunakan sabun muka jenis foam cleanser dan menghindari kandungan scrub maupun surfaktan yang dapat menyebabkan iritasi. Sedangkan untuk tipe kulit kering dan berjerawat, Sedulur bisa menggunakan sabun muka dengan tekstur gel yang dilengkapi dengan kandungan antibakteri.

6. Tipe kulit sensitif

Terlepas dari semua jenis kulit di atas, ada juga tipe kulit sensitif yang tidak cocok dengan kandungan bahan kimia penyebab alergi. Kulit sensitif ini mudah mengalami iritasi karena zat-zat tertentu pada kosmetik atau produk perawatan wajah. Untuk tipe kulit ini, Sedulur bisa memilih sabun muka yang tidak mengandung alergen, bahan fragrance, dan bahan iritan seperti alkohol, sulfat, dan benzoil peroksida.

Selain tipe dan masalah kulit, jenis sabun muka untuk remaja juga perlu diperhatikan dengan seksama. Ada gentle cleanser atau creamy wash yang tidak mengandung bahan-bahan penyebab iritasi dan sudah teruji secara dermatologi untuk kulit sensitif. Ada juga foam cleanser yang biasanya digunakan tipe kulit normal atau berminyak dan gel cleanser yang biasanya dipilih untuk tipe kulit sensitif berjerawat. 

Adapun beberapa kandungan yang dibutuhkan oleh kulit remaja pada sebuah produk sabun muka, antara lain benzoil peroksida antara 5-10% untuk kulit berjerawat, asam salisilat antara 1-5% untuk membuka pori-pori, pengawet seperti phthalate dan paraben, triklosan, detergen, dan pewangi sintetis. Jangan lupa untuk memilih sabun muka dengan label hypoallergenic ataupun non-comedogenic agar lebih aman dari bahan kimia dan tidak menyumbat pori-pori. Inilah rekomendasi sabun muka yang aman digunakan untuk remaja.

1. Emina Bright Stuff Whip Face Wash

sabun muka untuk remaja
Review SOCO

Emina memang sudah terkenal sebagai brand skin care yang ramah dengan remaja. Tak terkecuali pada produk sabun muka, Emina mengeluarkan Emina Bright Stuff Whip Face Wash yang akan membantu membersihkan wajah secara menyeluruh, bahkan hingga ke bagian pori-pori.

Dengan harga mulai dari Rp22.000 saja, Sedulur sudah bisa mendapatkan kulit wajah yang tampak lebih cerah dan segar karena kandungan summer plum dan niacinamide di dalamnya. Sabun muka ini juga tidak meninggalkan sensasi kering di kulit dan mampu menghasilkan busa melimpah saat digunakan. Sedulur pastinya akan merasa senang saat mencuci muka dengan produk dari Emina Cosmetics ini.

2. Acnes Creamy Wash

Viva Apotek

Bila Sedulur memiliki kulit yang cenderung berjerawat, sabun muka untuk remaja yang paling tepat adalah Acnes Creamy Wash. Formula antibakteri yang dipadukan dengan vitamin dan antiradang dalam produk ini akan membantu mengurangi dan mencegah efek kemerahan pada kulit akibat jerawat.

Lebih dari itu, produk ini juga dapat mengangkat minyak berlebih maupun kotoran di wajah yang seringkali menyumbat pori-pori tanpa membuatnya kering. Hal ini membuat Acnes Creamy Wash juga mampu membantu mengurangi timbulnya jerawat di kulit wajah. Hanya dengan harga mulai dari Rp15.900 saja, Sedulur sudah bisa menikmati skin care untuk remaja ini. 

BACA JUGA: 12 Urutan Skincare Harian yang Benar, Jangan Asal Pakai!

3. Himalaya Purifying Neem Face Wash

sabun muka untuk remaja
Bonnet Supermarket

Selain terkenal dengan produk maskernya, Himalaya juga mengeluarkan sabun muka berupa Himalaya Purifying Neem Face Wash. Sabun cuci muka ini diklaim mampu membantu mengecilkan tampilan pori-pori kulit wajah serta mengempeskan jerawat maupun beruntusan yang muncul.

Kandungan astringent pada Himalaya Purifying Neem Face Wash akan membantu mengencangkan pori-pori dan membuat kulit tampak lebih segar. Perpaduan dari daun pohon neem dan kunyit juga akan berperan sebagai antibakteri yang mencegah munculnya jerawat. Jika tertarik, Sedulur bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp21.200.

4. Pond’s Bright Beauty Facial Foam

PONDS

Meskipun banyak orang mengetahui Pond’s sebagai spesialis skin care dewasa, namun ada juga beberapa produknya yang bisa digunakan oleh para remaja. Salah satunya adalah Pond’s Bright Beauty Facial Foam yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp33.800.

Produk sabun muka ini akan membuat kulit bersih dan cerah karena adanya kandungan 50% krim pencerah. Kandungan hyaluronic acid complex juga dapat menjaga kelembutan dan kelembapan kulit, sehingga dengan pemakaian teratur akan mampu memudarkan bintik hitam. Lebih dari itu, sabun ini juga diperkaya scrub super halus yang mampu mengangkat sel kulit mati. 

BACA JUGA: 10 Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari Ini Wajib Dilakukan!

5. Teens Facial Foam – Daily Mild Cleansing

sabun muka untuk remaja
Pigeon Teens

Salah satu produk skin care remaja yang banyak digunakan adalah Teens Facial Foam – Daily Mild Cleansing. Produk yang masuk dalam rangkaian Pigeon Teens ini memang diformulasikan untuk kulit remaja, sehingga sangat aman untuk digunakan. Selain itu, harganya yang hanya sekitar Rp15.000 juga sangat cocok untuk kantong remaja.

Sabun muka untuk remaja dari Pigeon ini memiliki aroma lembut yang menenangkan. Selain itu, sabun muka ini juga memiliki pH seimbang sehingga bisa digunakan untuk tipe kulit normal maupun kering. Formula yang lembut juga diklaim tidak akan menimbulkan komedo dan jerawat di wajah, serta tidak akan meninggalkan rasa lengket di kulit setelah dibilas.  

6. Clean & Clear Foaming Face Wash

Clean & Clear

Untuk kulit berminyak, Sedulur bisa menggunakan bantuan sabun muka Clean & Clear Foaming Face Wash. Sabun muka dari Johnson & Johnson ini diklaim mampu mengontrol produksi minyak di wajah hingga 8 jam lamanya. Bahkan, formulanya juga mampu melawan bakteri penyebab jerawat hingga 99,8%. 

Hanya dengan harga mulai dari Rp20.100, Sedulur sudah bisa merasa tenang dari masalah kulit berminyak. Dengan begitu, Sedulur bisa bebas beraktivitas seharian dan tidak perlu khawatir wajah menjadi kilang minyak. Menarik sekali, bukan?

BACA JUGA: Penting! Ini Manfaat Centella Asiatica yang ada Pada Skincare!

7. Biore Skin Caring Facial Foam Bright and Oil Clear

sabun muka untuk remaja
Beauty Journal

Siapa yang tak kenal dengan Biore? Merk sabun cair yang sangat populer di kalangan wanita ini ternyata juga memiliki produk sabun muka untuk remaja. Terutama untuk pemilik kulit berminyak, Biore Skin Caring Facial Foam Bright and Oil Clear ini wajib Sedulur coba.

Dengan harga mulai dari Rp26.300, produk yang diformulasikan menggunakan teknologi Jepang ini akan membantu mengangkat minyak, sel kulit mati, hingga berbagai kotoran yang menumpuk di kulit wajah. Dengan begitu, wajah akan terlihat lebih bersih dan tentunya bebas kusam. Kulit wajah juga akan terasa segar setiap kali mencuci muka dengan sabun ini. 

8. Garnier Pure Active Matcha Foam Facial Cleanser

Stevie Wong

Selain Biore, Garnier juga menjadi merk populer di Indonesia. Salah satu produk yang menjadi favorit para remaja adalah Garnier Pure Active Matcha Foam Facial Cleanser. Sesuai dengan namanya, sabun cuci muka ini telah diperkaya dengan kandungan matcha yang akan bertindak sebagai antioksidan.

Kandungan tersebut membuat kulit bisa terlindung dari efek buruk lingkungan, sehingga sangat cocok untuk Sedulur yang aktif beraktivitas di luar ruangan. Sabun muka ini juga mampu membantu menyembuhkan jerawat dan busa yang dihasilkan dapat menyerap 96% sebum berlebih pada kulit sehingga semua kotoran dan minyak terangkat maksimal. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp31.500. 

BACA JUGA: 10 Skincare untuk Menghilangkan Milia Beserta Harganya

9. The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash

sabun muka untuk remaja
Shajgoj

Berikutnya adalah The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash. Sabun muka untuk remaja ini diperkaya dengan wheat germ oil, yakni salah satu vitamin E terkaya yang berasal dari alam. Adanya kandungan tersebut akan membuat kulit wajah lebih lembap, segar, terpelihara dengan baik, dan terlindungi dari berbagai kotoran dan debu. 

Produk ini juga diformulasikan dengan cukup ringan, dan tentunya bebas dari paraben, alkohol, maupun sulfat. Untuk mendapatkan sabun muka dari The Body Shop ini, Sedulur bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp199.000.

10. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Indonesia

Bagi pemilik kulit sensitif, Cetaphil Gentle Skin Cleanser bisa menjadi penolong untuk masalah tersebut. Sabun muka untuk remaja ini memiliki formula yang super lembut dan telah teruji sebagai produk hypoallergenic, sehingga aman digunakan untuk remaja, terutama yang memiliki kulit sensitif.

Sabun muka ini juga bebas dari minyak maupun pewangi yang biasanya membebani kulit. Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga tidak hanya membersihkan kulit, namun juga sekaligus menghidrasi kulit. Untuk memilikinya, Sedulur bisa menyiapkan uang mulai dari Rp102.000.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Skincare Pria Terbaik Paling Mudah Ditemukan

11. Fair & Lovely Multivitamin Fairness Facial Foam

sabun muka untuk remaja
Lumbung Kosmetik

Fair & Lovely Multivitamin Fairness Facial Foam merupakan salah satu produk unggulan yang cocok untuk kulit remaja. Sabun muka yang berbentuk krim ini bisa digunakan untuk semua tipe kulit, baik kulit normal, berminyak, berjerawat, kering, maupun kulit sensitif.

Sebagai cuci muka, sabun ini akan mengangkat kotoran dengan sempurna sehingga membuat wajah tampak cerah. Selain itu, Fair & Lovely Multivitamin Fairness Facial Foam juga memiliki kandungan antioksidan sehingga dapat melindungi wajah dari paparan radikal bebas.

12. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash

Khyra store

Hada Labo merupakan produk dari PT Rohto Laboratories Indonesia. Produk sabun cuci muka mereka, Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash, rupanya telah dilengkapi dengan kandungan arbutin dan whitening extract, sehingga mampu membantu mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit wajah.

Adanya kandungan hyaluronic acid dalam sabun muka untuk remaja ini juga akan memberikan hidrasi ekstra pada kulit. Hasilnya, kulit akan tampak lebih segar dan tentunya terjaga kelembapannya. Jika Sedilur ingin membuat kulit lebih halus dan cerah secara merata, siapkan uang mulai dari Rp25.000 untuk membeli produk ini.  

BACA JUGA: Rekomendasi Merk Skincare Paling Aman Untuk Ibu Hamil

13. Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser

sabun muka untuk remaja
SOMETHINC

Selain memiliki produk serum yang terkenal, Somethinc juga memiliki produk sabun muka yang cukup populer, yakni Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser. Sabun muka yang tidak mengandung SLS ini juga termasuk bagus untuk digunakan para remaja. 

Keunggulan Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser adalah mampu membantu melembapkan dan menenangkan kulit, serta menyeimbangkan pH kulit. Lebih dari itu, produk pembersih wajah ini juga tidak akan merusak skin barrier dan membuat kulit kering ketika digunakan. Sedulur bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp99.000.

14. Senka Perfect Whip Acne Care

Khyra store

Rekomendasi yang terakhir adalah Senka Perfect Whip Acne Care. Produk ini akan membantu merawat kulit wajah dari jerawat dan membersihkan pori-pori. Sabun muka ini juga akan mengontrol sebum berlebih yang ada pada wajah.

Kandungan Kyoto Chamomile Extract pada produk ini telah teruji khusus sebagai antibakteri dan antioksidan yang mampu menjaga kulit wajah agar terlihat lebih sehat. Hal ini membuat Senka Perfect Whip Acne Care sangat cocok untuk remaja yang rentan terkena jerawat. Dapatkan produk sabun muka ini dengan harga mulai dari Rp51.000.

Itu dia 14 rekomendasi sabun muka untuk remaja yang bisa menjadi referensi sebelum membeli. Sedulur bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing agar efek yang terasa lebih optimal.

Selain sabun cuci muka, Sedulur juga perlu menggunakan skincare lain untuk merawat diri, seperti lulur, shampo, maupun sabun badan. Agar lebih mudah dan murah, Sedulur bisa membelinya melalui Aplikasi Super dengan promo dan harga grosir yang menguntungkan. Segera download aplikasinya di PlayStore dan nikmati belanja paling praktis sekarang juga!