centella asiatica

Kandungan bahan alami dari tumbuhan kini mulai dikembangkan dalam industri skincare. Salah satunya adalah tanaman pegagan atau Centella asiatica. Daun ajaib yang sudah sejak dulu digunakan sebagai obat tradisional ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Daun pegagan mulai ramai digunakan sebagai bahan skincare sejak kemunculannya pada skincare asal Korea Selatan. Banyaknya manfaat terhadap kulit yang dirasakan setelah menggunakan produk juga membuat permintaan skincare berbahan daun pegagan meningkat.

Sebenarnya, Centella asiatica manfaatnya apa saja? Simak informasi selengkapnya, yuk!

BACA JUGA: 10 Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Kenali!

-->

Centella asiatica adalah

Centella asiatica
iStock

Centella asiatica juga dikenal sebagai daun pegagan atau cica merupakan tanaman tropis asli Asia Tenggara. Tanaman ini sudah digunakan sejak berabad-abad yang lalu sebagai ramuan obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit pada tubuh.

Daun pegagan dan ekstraknya juga dipercaya mampu mengatasi berbagai permasalahan pada kulit, seperti kusta dan eksim dan mempercepat penyembuhan lukanya. Hal ini karena adanya kandungan triterpenoid, asam madasiatic, asam asiatic, asiaticoside, dan madecassoside.   

Manfaat Centella asiatica untuk kulit

Centella asiatica
iStock

Dipilih sebagai bahan pembuatan skincare, tentunya ada banyak manfaat Centella asiatica untuk wajah. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun pegagan.

1. Melindungi kulit dari radikal bebas

Manfaat yang pertama adalah melindungi kulit dari zat radikal bebas ataupun polusi udara. Kandungan madecassoside dan flavonoid yang ada di dalam daun pegagan merupakan sumber antioksidan yang sangat penting untuk melindungi kulit.  

2. Melembabkan kulit

Tak hanya melindungi, cica juga dapat melembabkan kulit. Adanya kandungan beta karoten, asam amino, dan fitokimia lain dapat menutrisi kulit dan membuatnya tetap terhidrasi. Tak hanya itu, penggunaan skincare dengan kandungan daun pegagan juga ampuh mengatasi kulit kasar ataupun iritasi.

3. Menstimulasi kolagen 

Centella asiatica
iStock

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari daun pegagan adalah kemampuannya untuk menstimulasi pembentukan kolagen dalam tubuh. Kandungan kolagen itulah yang akan membuat kulit menjadi lebih kencang, kenyal, dan tampak muda. Selain itu, cica juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah.  

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Berbagai Macam Penyakit

4. Mengurangi peradangan

Dalam hal peradangan, cica juga bermanfaat untuk menghambat sel-sel penyebab peradangan sehingga mampu meredakan iritasi. Dalam hal ini, produk yang mengandung ekstrak daun pegagan juga bisa digunakan dalam mengatasi masalah eksim atopik, dermatitis, psoriasis, dan scleroderma.

5. Melembutkan kulit

Manfaat lain dari Centella asiatica juga bisa dirasakan oleh pemilik kulit sensitif. Bagi mereka yang seringkali mengalami iritasi, gatal, ataupun kemerahan pada wajah, produk yang mengandung cica dapat menjadi pilihan yang tepat karena akan membantu wajah menjadi lebih lembut dengan meredakan area yang kasar.

6. Menyamarkan bekas luka

Centella asiatica
iStock

Selain melembutkan, daun pegagan juga dapat menyamarkan bekas luka yang ada pada kulit. Manfaat Centella asiatica untuk jerawat adalah menyamarkan luka bekas jerawat. Tak hanya itu, noda hitam yang membandel juga dapat memudar seiring dengan pemakaian produk yang memiliki kandungan cica.  

7. Mengurangi efek sinar matahari

Manfaat lain dari Centella asiatica adalah membantu mengurangi efek buruk yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet B (UV B) matahari. Sinar UV B merupakan sinar yang dapat merusak DNA pada jaringan kulit terluar sehingga mempercepat pengeriputan kulit.

Dalam jurnal Advances in Dermatology and Allergology (2013), disebutkan bahwa kombinasi pemakaian antara ekstrak daun pegagan dengan vitamin C pada kulit wajah selama 6 bulan dapat membuat kulit menjadi lebih lembab, elastis, dan kencang. 

BACA JUGA: 14 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan & Kecantikan

8. Mempercepat penyembuhan luka

Tidak hanya menyamarkan bekasnya, daun pegagan juga mampu mempercepat penyembuhan luka, seperti luka bakar, robek, atau pasca operasi. Hal ini dapat terjadi karena keberadaan stimulasi kolagen dari cica akan membentuk sel kulit dan pembuluh darah baru. 

9. Mengurangi selulit dan mencegah stretch marks

Cica dipercaya dapat mengurangi masalah selulit yang biasanya diderita oleh orang-orang yang mengalami kenaikan berat badan dalam waktu singkat. Misalnya pada wanita hamil dan remaja yang sedang dalam masa pubertas, mengoleskan ekstrak daun pegagan di area selulit dipercaya bisa membuat selulit berkurang. 

Tak hanya itu, cica juga bisa digunakan untuk mencegah kemunculan stretch marks selama kehamilan atau pubertas. Namun, penggunaannya pada stretch marks yang sudah terbentuk dinilai kurang efektif.

Nah, jika Sedulur tertarik menggunakannya, Sedulur bisa memilih produk-produk yang memiliki kadar ekstrak Centella asiatica 2,5% hingga 5%. Akan tetapi, bagai ibu hamil dan menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan ekstrak tanaman ini. 

Manfaat Centella asiatica bagi tubuh

Centella asiatica
iStock

Selain manfaat khusus pada kulit, daun pegagan juga memiliki manfaat bagi tubuh secara keseluruhan. Beberapa keuntungan yang bisa dirasakan dari konsumsi Centella asiatica pada tubuh adalah sebagai berikut. 

  1. Meredakan rasa nyeri.
  2. Mengurangi rasa cemas dan stres.
  3. Berfungsi sebagai antidepresan.
  4. Sebagai obat perawatan penyakit alzheimer.
  5. Mengatasi insomnia atau gangguan tidur.
  6. Mempercepat penyembuhan luka.
  7. Memperbaiki fungsi kognitif, terutama bagi penderita stroke.
  8. Memperlancar sirkulasi darah dan mencegah pembengkakan.

BACA JUGA: Khasiat & Manfaat Daun Sambung Nyawa Serta Cara Konsumsi

Aturan pakai produk berbahan Centella asiatica

Dalam penggunaan produk yang mengandung daun pegagan, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan. Apalagi jika skincare tersebut digunakan pada tipe kulit sensitif. Apa saja hal yang harus diperhatikan tersebut? Berikut adalah penjelasannya.

1. Bagi pemilik tipe kulit berminyak

Centella asiatica
iStock

Mengetahui jenis kulit yang dimiliki menjadi hal penting yang harus dilakukan sebelum memilih jenis produk yang sekiranya cocok. Meskipun secara umum produk dari daun pegagan aman digunakan untuk semua jenis kulit, namun ada yang perlu diperhatikan bagi pemilik tipe kulit berminyak.

Penggunaan skincare Centella asiatica untuk kulit berminyak dapat menjadi pilihan yang tepat asalkan produk yang dipilih tidak berupa krim yang berat untuk kulit. Pilihlah produk lain, seperti toner atau sabun pencuci muka. 

2. Bagi pemilik tipe kulit sensitif

Centella asiatica
iStock

Sementara bagi pemilik tipe kulit sensitif, produk yang mengandung Centella asiatica dan sebaiknya digunakan adalah produk-produk pelembab ataupun serum. Hal ini karena kulit dapat menyerap lebih baik dua jenis produk tersebut dibandingkan dengan produk lainnya, seperti masker yang harus dibersihkan lagi. 

Pemilik kulit sensitif dengan keluhan breakout atau wajah kemerahan dapat menggunakan produk yang mengandung daun pegagan ini secara rutin agar proses pemulihan dapat terjadi lebih cepat. 

3. Tingkat kekentalan produk

Lebih lanjut, untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, Sedulur dapat menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung Centella asiatica secara berurutan sesuai dengan tekstur dan tingkat kekentalan produk.

Gunakan terlebih dahulu produk dengan tekstur cair. Selanjutnya baru gunakan produk yang memiliki tekstur lebih kental, baik di akhir atau sebelum menggunakan tabir surya. 

Efek samping pada kulit

Centella asiatica
iStock

Hingga saat ini, belum ditemukan efek samping berbahaya yang pernah dilaporkan dari pemakaian produk-produk dengan kandungan daun pegagan. Secara umum, efek samping muncul dari konsumsi suplemen pegagan dalam jumlah di atas jumlah yang disarankan.

Namun, skincare berbahan daun pegagan juga sama seperti bahan alami lain yang bisa menimbulkan reaksi alergi pada kulit beberapa orang. Nah, untuk mengetahuinya, Sedulur dapat mengoleskannya pada tangan dan diamkan selama 24 jam untuk melihat ada tidaknya reaksi yang muncul. 

Jika tidak ada reaksi apapun, seperti gatal atau bentolan, maka produk tersebut aman digunakan. Namun jika setelah pemakaian ada reaksi iritasi, alergi, atau reaksi negatif lainnya, hentikan pemakaian produk dan segera periksakan diri ke dokter spesialis kulit.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah dan Kecantikan Kulit

Contoh produk skincare dengan Centella asiatica

Centella asiatica
Lia Harahap

Berikut adalah dua contoh skincare yang mengandung bahan daun pegagan dalam produknya.

  1. Avoskin Hydrating Treatment Essence

Produk dari Avoskin ini memiliki kandungan unggulan berupa 5% Niacinamide dan Centella asiatica. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan adalah kulit menjadi terhidrasi dengan baik, pori-pori semakin mengecil, noda jerawat hilang, dan mampu mencegah peradangan.  

  1. Kiehl’s Since 1851 Centella Sensitive Facial Cleanser

Produk pembersih wajah dari Kiehl’s ini juga mengandung Centella asiatica. Produk pembersih wajah non iritasi ini memiliki tekstur creamy yang mampu menenangkan kulit dan cocok digunakan dalam double cleanser. 

Nah, itulah manfaat yang dimiliki Centella asiatica sehingga banyak digunakan pada industri skincare. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur dalam memahami apa saja kelebihan produk dari daun pegagan tersebut. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.