urutan skincare

Skincare merupakan sebuah aktivitas yang mengandalkan reaksi kimia dan biologi antara produk dengan kulit manusia. Untuk itu, Sedulur perlu tahu betul urutannya, tak bisa hanya asal pakai. Konsekuensi saat memakai urutan skincare yang asal-asalan adalah hasil yang tidak optimal. Percuma sudah beli produk berharga selangit kalau akhirnya ia terbuang sia-sia. 

Lebih parah lagi kalau sampai terjadi iritasi karena ternyata bahan aktifnya tidak cocok satu sama lain. Sebelum kerugian material terjadi, mari simak urutan skincare yang benar berikut ini. 

BACA JUGA: 15 Micellar Water yang Aman Untuk Wajah dan Terjangkau

1. Basuh wajah dengan air bersih dulu 

urutan skincare malam
unsplash.com

Sebelum mengaplikasikan produk apapun ke wajah, Sedulur disarankan untuk mengguyur wajah dengan air bersih terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghilangkan debu dari bantal dan sisa kotoran di pelupuk mata yang terbentuk selama tidur. Setelah itu, keringkan dengan handuk kering yang khusus dipakai hanya untuk wajah. 

-->

2. Bersihkan dengan pembersih wajah oil based 

instagram.com/alaplayskincare

Jika Sedulur hendak mengikuti rezim perawatan kulit Korea, double cleansing adalah hal yang normal dilakukan. Kamu disarankan menggunakan pembersih wajah berbasis minyak dulu. Biasanya teksturnya krim atau gel. Pembersih wajah tipe ini termasuk lembut di kulit karena tidak langsung mengikis kandungan minyak secara drastis.

Tahap ini juga mencegah terjadinya iritasi, terutama untuk kulit yang sensitif dan kering. Oil based cleanser bagus untuk menghapus sisa makeup yang masih menempel, apalagi jika makeup bersifat waterproof. Proses ini paling sering dimasukkan dalam urutan skincare malam. Namun, bisa pula disertakan di ritual pagi. 

3. Water-based cleanser

urutan skincare pagi
instagram.com/herbal_essentials_southafrica

 Setelah itu, barulah pembersih wajah berbasis air dibalurkan ke wajah. Biasanya ia mengandung glycerin yang bisa membantu membersihkan sisa minyak dari cleanser yang sebelumnya. Ini membuat wajah terasa lebih kesat dan ringan.

Pembersih ini memiliki kadar pH yang cenderung tinggi alias bersifat basa karena kandungan sabunnya. Bila Sedulur memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilih pembersih wajah water-based yang dilengkapi pelembab dan hindari yang mengandung sulfate

BACA JUGA: Urutan Skincare Pagi & Malam Hari yang Benar, Agar Wajah Glowing

4. Toner

instagram.com/a_good_skin

Sifat basa pada pembersih wajah bisa mengakibatkan ketidakseimbangan pH wajah. Maka dari itu, toner tidak boleh dilewatkan. Toner ini biasanya terbuat dari asam seperti AHA, BHA, PHA, dan lain sebagainya. Sedulur wajib teliti saat memilih toner di pasaran.

Ada beberapa yang berupa astringent atau toner dengan kandungan alkohol. Keduanya tidak disarankan untuk pemilik kulit kering dan sensitif. Namun, aman jika kamu pemilik kulit berminyak dan rawan jerawat.

Jika susah mencari toner yang benar-benar bebas alkohol, setidaknya cari yang disertai dengan bahan humektan atau pelembab dan bahan-bahan aktif yang bisa mencegah iritasi. Toner ini wajib disertakan dalam urutan skincare pagi maupun malam. 

5. Essence

urutan pemakaian skincare
instagram.com/keina.beauty

Urutan pemakaian skincare yang benar menurut rezim perawatan kulit Korea menyertakan pula penggunaan essence. Essence berfungsi membasahi wajah. Analoginya sama dengan saat kita akan melukis dengan kuas, agar cat bisa terserap dan menempel dengan kuas, kita disarankan membasahinya dulu. Essence memiliki fungsi yang sama. Ia jadi alas sebelum kita mengaplikasikan produk kecantikan lain ke wajah agar bisa terserap maksimal. 

6. Mengaplikasikan serum dan ampoules 

instagram.com/glowingwith.gina

Serum dan ampoules memiliki konsentrasi yang lebih pekat dibanding essence. Ia berfungsi menyasar masalah di bagian-bagian tertentu pada kulit seperti noda hitam, kerutan, hingga warna dan tekstur kulit yang tidak rata. Bedanya dengan ampoules ada di viskositas dan kekentalannya, konsentrasi ampoule lebih tinggi dibanding serum. Makanya, ampoules biasanya dikemas dalam wadah yang lebih kecil dengan dropper yang juga kecil. 

7. Krim mata 

urutan skincare yang benar
instagram.com/wairuaproducts

Sedulur bisa melanjutkan urutan skincare malam yang benar dengan memoles krim mata. Tekstur dan bahannya tak jauh beda dengan pelembab. Namun, ia diformulasikan khusus untuk menjaga kelembaban kulit di sekitar mata yang lebih tipis dari bagian kulit wajah lainnya. Krim mata ini bisa dioles sebelum atau sesudah pelembab, kok. Jadi, tak perlu galau saat ada yang menyarankan pakai pelembab dulu baru krim mata. 

BACA JUGA:12 Pelembab Wajah Pria yang Nyaman & Mudah Dicari

8. Pelembap

urutan skincare malam yang benar
instagram.com/firstaidbeauty

Pelembap adalah bagian penting dalam urutan pemakaian skincare. Pelembap umumnya berbentuk krim atau lotion yang kental dan padat, tetapi akan meleleh dan meresap ke kulit saat dioleskan. Moisturizer ini berfungsi menjaga barier kulit dari kerusakan akibat penggunaan pembersih wajah yang mengandung sulfate dan mengakibatkan kekeringan, iklim yang kering dan lain sebagainya. Meski berada di wilayah yang lembap seperti Indonesia, pelembap tetap disarankan untuk dipakai. 

9. Minyak wajah  

instagram.com/bentoncosmetics

Pelembap bisa disubstitusi dengan minyak wajah karena fungsinya sama-sama melembapkan. Namun, memakai keduanya pun tak masalah. Pelembap biasanya bersifat water based sehingga lebih mudah menyerap di kulit, sementara minyak wajah bisa dipakai untuk mengunci kelembaban yang sudah terwujud tersebut. Ia juga bersifat emollients yaitu bisa memberikan kesan lembut pada wajah. 

10. Tabir surya 

sunscreen
instagram.com/banilaco_id

Tahap terakhir adalah mengaplikasikan tabir surya atau skincare yang mengandung SPF. Setidaknya ada tiga jenis tabir surya yang beredar di pasaran, yaitu tabir surya berbahan mineral, kimia, dan kombinasi keduanya. Tabir surya mineral mengandung bahan aktif titanium dioksida dan zinc dioksida. Sementara, tabir surya kimia berbahan octinoxate dan oxybenzone. 

Semuanya sama-sama berfungsi memblokade paparan sinar matahari dan melepaskannya dari tubuh. Hanya saja, tabir surya mineral hanya bekerja dari permukaan kulit, sedangkan yang bersifat kimia menyerap ke dalam kulit. Tabir surya bisa dipilih sesuai kebutuhanmu.

Jika akan menggunakannya untuk aktivitas berat yang berhubungan dengan air dan olahraga, maka tabir surya kimia lebih disarankan. Tahap ini cukup dilakukan pada pagi hari saja. Di malam hari kamu bisa mengabaikan penggunaan tabir surya.

BACA JUGA: 11 Skincare yang Mengandung AHA BHA Bikin Kulit Mulus

11. Eksfoliator 

instagram.com/watsongcc

Urutan skincare sebenarnya selesai pada tahap tabir surya. Walau begitu, Sedulur bisa menambahkan prosedur perawatan kulit seperti eksfoliasi. Proses ini cukup dilakukan maksimal 2 kali dalam seminggu. Fungsinya mirip dengan membalurkan lulur ke badan. Bedanya ini khusus untuk wajah dan prosesnya tidak terlihat secara fisik. Eksfoliasi berguna untuk memicu pergantian sel kulit mati dengan yang baru, sehingga bisa membersihkan pori sekaligus menyingkirkan kesan kusam pada wajah. 

Selain dengan masker, kamu bisa memakai chemical exfoliator yang sudah banyak hadir dalam bentuk toner dan serum. Konsentrasi AHA BHA-nya lebih banyak dan bisa memberikan hasil yang lebih efektif. Komedo, sel kulit mati, dan debu yang menyumbat pori-pori kulit wajah bisa terangkat dengan mudah. 

12. Masker wajah 

urutan pemakaian skincare yang benar
instagram.com/iqra.shahzadi.official

Prosedur tambahan lainnya adalah masker wajah. Penggunaannya juga cukup 1-2 minggu sekali. Kamu bisa menggunakan sheet mask yang siap pakai atau pakai yang berbentuk seperti krim dan dibiarkan kering di wajah. Harga yang ditawarkan sangat variatif tergantung keluaran produknya.

Saat ini, ada banyak brand lokal berkualitas bagus yang memberi hasil nyata tanpa iming-iming yang tidak masuk akal. Harganya pun terjangkau dan diklaim pas untuk orang yang tinggal di Indonesia dengan iklim lembap. Kamu juga perlu menyesuaikan produk yang ditawarkan dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit saat ini. Bagi pemilik kulit kering dan sensitif tentu kebutuhannya akan berbeda dengan yang memiliki kulit kering dan mudah berjerawat. Ada beberapa kandungan yang bagus untuk salah satu jenis kulit dan sebaliknya.

Tidak harus membeli produk pabrikan, kamu bisa membuat sendiri masker wajah dari bahan-bahan dapur seperti putih telur, buah-buahan, kopi, oatmeal dan lain sebagainya. Tapi, pemakaian masker organik dan alami ini juga tidak boleh sembarangan. Kamu perlu melakukan riset lebih dalam supaya trik ini tidak menambah masalah di kulit wajahmu, ya. Bila mau yang lebih aman, kamu bisa memakai produk yang sudah mendapat izin edar dari BPOM dan bahannya sudah teruji secara klinis.

Urutan memakai skincare yang benar sudah dijelaskan lengkap dari A sampai Z. Lumayan melelahkan dan butuh waktu serta komitmen, tetapi anggap saja sebagai investasi jangka panjang buat Sedulur yang ingin mendapatkan wajah sehat dan bersinar. Tidak semua harus kamu ikuti dan pakai, silakan pilih mana produk dan tahap yang kiranya bisa kamu skip. Apalagi tak semua produk pasti cocok dengan kulitmu. Jadi, tetap hati-hati dalam memilih. 

Memilih skincare memang bukan hal mudah, tetapi memilih sembako yang berkualitas bisa kamu lakukan dengan belanja di Aplikasi Super. Kualitas terjamin, harga bersaing. Kamu bisa mendapatkan banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga harianmu. Berbagai merek dan ukuran hadir untuk Sedulur.

Selain pilihan produk yang lengkap, kamu juga bisa mendapatkan banyak diskin dan promo. Harga semakin terjangkau dan kamu tinggal duduk manis di rumah menunggu pesananmu diantar sampai ke rumah.