skincare untuk laki laki

Skincare atau perawatan kulit kerap diidentikkan dengan perempuan. Padahal merawat kulit tidak hanya menjadi kebutuhan kaum hawa saja, melainkan juga perlu menjadi rutinitas sehari-hari kaum adam. Sebab laki-laki juga bisa mengalami masalah kulit apabila tidak melakukan perawatan secara tepat. Kabar baiknya, kini telah tersedia beragam merek skincare yang secara khusus ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kulit laki-laki.

Ingin tahu apa saja skincare terbaik untuk laki-laki? Berikut sudah dirangkum beberapa rekomendasi skincare beserta tips merawat kulit secara tepat untuk laki-laki. Yuk, langsung disimak informasinya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Skincare Remaja Paling Aman, Bikin Kulit Glow Up!

Mengenal perbedaan kulit laki-laki dan perempuan

skincare untuk laki laki
iStock

Pertama-tama, mari kita cari tahu terlebih dahulu perbedaan kulit laki-laki dan perempuan. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Sedulur untuk memahami perbedaan kebutuhan perawatan kulit di antara keduanya.

-->

Mengutip dari KlikDokter, terdapat beberapa perbedaan karakteristik antara kulit laki-laki dan perempuan. Hal ini salah satunya disebabkan oleh perbedaan siklus hormonal di mana kulit perempuan cenderung mudah menghitam atau mengalami hiperpigmentasi. Oleh karenanya, produk skincare untuk perempuan kebanyakan mengandung bahan untuk mencerahkan. Sementara kondisi seperti demikian tidak terjadi pada laki-laki. Adapun berikut perbedaan antara kulit laki-laki dan perempuan lainnya yang perlu Sedulur ketahui.

  • Pori-pori pada kulit laki-laki cenderung lebih besar dan memproduksi minyak lebih banyak. Oleh karenanya laki-laki lebih rentan mengalami jerawat maupun masalah kulit lain akibat masalah minyak dan kebersihan pori-pori.
  • Kulit laki-laki lebih mudah mengelupas sehingga tidak dianjurkan untuk terlalu sering menggunakan scrub. Hal ini juga menyebabkan produk pembersih wajah untuk laki-laki biasanya mengandung zat pembersih yang lebih tinggi.
  • Laki-laki memiliki kadar kolagen yang lebih tinggi sehingga tampak lebih awet muda. Hal ini sekaligus membuat kulit laki-laki cenderung lebih tebal dibandingkan perempuan.

BACA JUGA: Terbongkar! 10 Mitos Dunia Skincare yang Tak Perlu Dipecaya!

Kebutuhan skincare untuk laki-laki

skincare untuk laki laki
iStock

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terbebas dari masalah seperti jerawat dan komedo, Sedulur perlu melakukan perawatan secara tepat. Misalnya dengan mengikuti urutan skincare harian berikut ini.

  1. Pembersih wajah

Membersihkan wajah merupakan langkah pertama yang tidak boleh dilewatkan dalam rutinitas skincare sehari-hari. Sebab, penggunaan skincare pada kulit wajah yang kotor bisa membuat kerja kandungan di dalam skincare menjadi tidak maksimal.

Sedulur bisa menggunakan micellar water dan facial wash untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel setelah beraktivitas seharian. Penggunaan kedua produk tersebut juga dapat membersihkan pori-pori sekaligus mencegah timbulnya jerawat maupun komedo.

  1. Toner

Setelah membersihkan wajah dengan micellar water dan facial wash, langkah berikutnya adalah mengaplikasikan toner. Produk skincare yang memiliki tekstur encer seperti air ini berfungsi mengembalikan kelembapan sekaligus menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci wajah.

  1. Serum

Bagi sebagian orang, menggunakan serum dianggap sebagai tahapan skincare yang tidak penting. Padahal serum memiliki kandungan yang kaya akan manfaat termasuk untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Adapun biasanya produk serum dibuat dengan fungsi khusus sehingga Sedulur bisa memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

  1. Pelembap

Urutan berikutnya adalah menggunakan pelembap. Biasanya pelembap atau moisturizer hadir dalam bentuk krim sehingga teksturnya lebih kental daripada toner dan serum. Sesuai dengan namanya, pelembap berfungsi untuk melembapkan kulit sehingga terbebas dari masalah akibat kulit kering. Perlu diketahui bahwa kondisi kulit yang kering ataupun terlalu kering rentan mengalami masalah. Untuk itu jangan pernah lewatkan penggunaan pelembap dalam rutinitas skincare harian, ya!

  1. Tabir surya

Secara umum, urutan skincare terbagi atas tiga tahapan, yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi. Nah, untuk melindungi kulit wajah, Sedulur bisa menggunakan tabir surya alias sunscreen setiap beraktivitas pada pagi dan siang hari. Perlu diketahui bahwa sunscreen tidak hanya dibutuhkan saat Sedulur beraktivitas di luar ruangan, seperti pergi ke pantai. Melainkan juga dalam aktivitas sehari-hari terutama jika Sedulur terpapar cahaya matahari dalam jangka waktu lama.

BACA JUGA: 10 Parfum Cowok Enak di Indomaret, Dijamin Disukai Wanita!

Rekomendasi skincare untuk laki-laki

Sebagai bahan referensi, berikut akan diulas 10 rekomendasi skincare untuk laki-laki yang bisa Sedulur pilih untuk melengkapi kebutuhan perawatan kulit sehari-hari.

1. Kahf

Tribun Shopping

Kahf merupakan merek skincare lokal dari PT Paragon Technology. Sekadar diketahui, PT Paragon Technology adalah perusahaan kosmetik di Indonesia yang menaungi sejumlah merek kenamaan, seperti Wardah, Make Over, dan Emina.

Kahf sendiri termasuk merek baru yang secara khusus diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit para pria. Salah satu keunggulan Kahf adalah produk-produknya sudah terjamin halal dan dibuat dengan teknologi HydroBalance yang berguna menjaga keseimbangan air pada kulit sehingga terasa lebih lembap.

2. Pond’s Men

DA MAN Magazine

Pond’s merupakan merek skincare asal Amerika Serikat yang berada di bawah naungan Unilever. Merek satu ini identik dengan logo berbentuk bunga tulip. Selain menyediakan produk-produk untuk kebutuhan kulit wanita, Pond’s juga memiliki rangkaian skincare untuk laki-laki bernama Pond’s Men.

Terdapat beragam produk yang bisa Sedulur pilih untuk merawat sekaligus mengatasi masalah pada kulit. Misalnya Bright Boost Brightening + Anti Dark Spots Facial Scrub yang berfungsi untuk membersihkan, mencerahkan, dan menghilangkan noda hitam pada kulit wajah. Selain itu ada juga rangkaian produk untuk melembapkan wajah, seperti Bright Boost Face Moisturizer dan Spider-Man Limited Edition Bright Blast Face Sheet Mask. 

3. His ERHA

skincare untuk laki laki
ERHA Store

His ERHA adalah merek skincare yang dirilis sebagai sub brand dari ERHA Clinic. Sebelumnya, ERHA Clinic sudah lebih dulu mengeluarkan produk-produk perawatan kulit dan rambut yang terutama ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kaum hawa. Lantas apa perbedaannya?

Sesuai dengan namanya, produk-produk His ERHA diformulasikan secara khusus untuk menjawab kebutuhan perawatan kulit serta rambut laki-laki. Selain itu, His ERHA juga memiliki unsur dan taste yang lebih maskulin sehingga dapat memberikan rasa percaya diri saat menggunakannya.

4. MS GLOW For Men

Ms Glow For Men Official Store

MS GLOW For Men merupakan merek skincare lokal untuk laki-laki yang diluncurkan pada akhir 2019. Melihat dari namanya, bisa diketahui bahwa merek satu ini merupakan keluaran dari merek kecantikan MS Glow.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan perawatan kulit, MS GLOW For Men memiliki 4 produk skincare yaitu Energizer Facial Wash, Energy Bright Cream, Energy Serum, dan Sunscreen Spray. Menariknya lagi, MS GLOW For Men hadir dengan kemasan maskulin yang cocok dengan kepribadian para laki-laki. Selain itu, produk-produk dari brand satu ini juga telah teruji aman serta lulus uji BPOM.

5. Innisfree Forest for Men

iF Design Award

Merek kosmetik asal Korea Selatan, Innisfree juga memiliki rangkaian produk skincare untuk laki-laki. Adalah Innisfree Forest for Men, merek produk perawatan kulit yang dibuat secara khusus sesuai dengan kondisi kulit kaum adam.

Ada beragam produk yang bisa Sedulur temukan dari merek satu ini. Di antaranya adalah Anti-Aging All-In-One Essence, Pore Care All-In-One Essence, Fresh Lotion, Fresh Skin, serta Shaving & Cleansing Foam yang tak hanya dapat membersihkan kulit, namun juga bisa meminimalisasi risiko iritasi saat bercukur.

BACA JUGA: Ini Perbedaan Parfum vs Eau de Parfum, Jangan Sampai Salah!

6. Nivea Men

skincare untuk laki laki
Nivea

Merek perawatan kulit dan tubuh asal Jerman, yakni Nivea juga mengeluarkan rangkaian skincare untuk laki-laki yang diberi nama Nivea Men. Sedulur bisa mendapatkan rangkaian produk perawatan diri, mulai dari facial wash atau pembersih wajah, pelembap, hingga deodoran dari merek satu ini.

Beberapa produk Nivea Men yang bisa Sedulur pilih untuk melengkapi rangkaian skincare harian adalah sebagai berikut.

  • Nivea Men Extra Bright Dark Spot Minimizer Foam
  • Nivea Men Deep Bright Oil Mud Foam
  • Nivea Men Crème Moisturizer
  • Nivea Men Extra Bright Anti Dark Spot Serum SPF50

7. Kiehl’s Men

MenStuff

Kiehl’s merupakan merek kosmetik asal Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak lebih dari satu abad silam. Perjalanan brand kecantikan satu ini dimulai dari sebuah apotek yang pertama kali dibuka pada 1851 di New York City. Selanjutnya seorang apoteker bernama John Kiehl membeli apotek tersebut dan mendirikan Kiehl Pharmacy.

Produk pertama dari Kiehl’s kemudian diproduksi pada 1921 oleh Irving Morse, murid dari John Kiehl yang kemudian mengambil alih bisnis dan memperluas layanan apotek tersebut. Selanjutnya produk Kiehl’s terus bertambah hingga kini, termasuk dengan mengeluarkan rangkaian Kiehl’s Men.

Mengutip dari laman resminya, ada beragam jenis produk skincare untuk laki-laki yang bisa Sedulur temukan dari merek ini. Mulai dari sabun wajah Oil Eliminator Deep Cleansing Exfoliating Face Wash, toner wajah dalam bentuk spray Oil Eliminator Refreshing Shine Control Toner for Men, pelembap Facial Fuel Energizing Moisture Treatment for Men, hingga krim cukur Ultimate Brushless Shave Cream White Eagle. Selain itu ada pula Facial Fuel No-Shine Moisturizing Lip Balm, pelembap bibir yang tidak meninggalkan kesan mengkilap sehingga cocok untuk laki-laki.

8. Garnier Men

Garnier

Garnier adalah merek kosmetik asal Prancis yang juga merupakan anak perusahaan dari L’Oreal. Meski berasal dari luar negeri, Garnier sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak lama sebagai merek perawatan kulit dan rambut. Salah satunya lewat rangkaian skincare untuk laki-laki dengan brand Garnier Men.

Sesuai dengan namanya, Garnier Men merupakan rangkaian produk perawatan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah laki-laki. Berbagai produk skincare tersebut dibuat dengan bahan natural serta menggunakan teknologi memadai. Selain itu juga memiliki kandungan formula yang ringan dan segar untuk kulit laki-laki.

Secara umum, Garnier Men membagi produk skincarenya menjadi tiga kategori, yaitu untuk kulit berjerawat, wajah berminyak, dan wajah kusam. Sehingga Sedulur memilih banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kondisi maupun masalah kulit yang dialami.

9. Men’s Biore

skincare untuk laki laki
KAO

Biore juga masuk jajaran merek skincare khususnya sabun mandi dan sabun wajah asal luar negeri yang cukup terkenal di Indonesia. Biore sendiri merupakan anak dari perusahaan Kao yang berasal dari Jepang. Oleh karenanya tak heran jika Sedulur bisa dengan mudah menemukan produk-produk Biore di pasaran.

Biore juga memiliki produk perawatan kulit untuk laki-laki, yaitu Men’s Biore. Merek satu ini memiliki keunggulan karena dibuat dengan formulasi yang sesuai dengan kebutuhan kulit kaum adam. Sehingga Sedulur akan mendapatkan kondisi kulit yang terbaik setelah menggunakan rangkaian produk dari merek skincare satu ini.

10. The Body Shop for Men

Pinterest

Rekomendasi yang terakhir ada The Body Shop for Men. Sekadar diketahui, The Body Shop adalah merek skincare dan body care asal Inggris.

Selain dikenal dengan beragam produk yang berfungsi menjaga dan merawat kesehatan kulit, The Body Shop juga terkenal akan kampanye melawan pengujian terhadap binatang. Selain itu juga kampanye untuk mengurangi limbah plastik dengan menyediakan stasiun isi ulang alias refill station di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Sementara itu The Body Shop for Men adalah rangkaian produk perawatan kulit wajah dan tubuh yang diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan laki-laki. Produk-produk The Body Shop for Men diformulasikan secara khusus sesuai dengan kondisi kulit laki-laki dan memiliki aroma maskulin yang cocok dengan selera para kaum adam.

Itu dia 10 rekomendasi merek skincare untuk laki-laki yang bisa menjadi referensi Sedulur. Selain itu juga sudah dipaparkan mengenai kebutuhan perawatan kulit sebagai bahan pertimbangan dalam memilih produk skincare.

Nah, agar belanja skincare semakin mudah dan hemat, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super. Sebab, selain menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, Aplikasi Super juga punya beragam produk skincare dari berbagai merek.

Tertarik untuk belanja skincare dengan Aplikasi Super? Yuk, langsung unduh di Google Play Store sekarang!