skincare yang mengandung AHA BHA

Skincare yang mengandung AHA BHA menjadi salah satu rangkaian skincare yang tidak boleh dilewatkan. Kedua jenis asam ini  sendiri paling banyak direkomendasikan untuk keperluan eksfoliasi kulit. Proses eksfoliasi kulit berfungsi untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit, sehingga permukaan kulit bisa lebih halus. Skincare yang mengandung kedua senyawa tersebut fokus untuk proses chemical exfoliator. Proses ini diklaim lebih minim risiko ketimbang physical exfoliator seperti scrub yang biasanya dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

AHA (Alpha Hydroxy Acids) berasal dari berbagai sumber seperti tebu dan laktosa. AHA memiliki beberapa kandungan senyawa, diantaranya asam glikolat, asam laktat, asam malat, dan asam sitrat. Sementara BHA (Beta Hydroxy Acids) berasal dari satu sumber utama, yaitu salicylic acid. Skincare yang mengandung kedua senyawa ini biasanya berbentuk toner, namun ada pula yang dikemas dalam bentuk serum.

Jenis skincare yang mengandung AHA BHA

Skincare yang memiliki kandungan dua senyawa ini dibagi menjadi dua macam, yakni peeling serum dan exfoliating toner. Lalu apa saja sih perbedaan di antara keduanya?

Sesuai namanya, peeling serum adalah skincare yang berbentuk serum tanpa menghilangkan fungsinya sebagai eksfoliasi kulit. Cara penggunaan peeling serum dioleskan pada wajah setelah tahapan double cleansing. Lalu Sedulur bisa langsung oleskan pada wajah dengan menggunakan telapak tangan. Karena mengandung sejumlah senyawa asam, biasanya peeling serum menghasilkan sensasi tingling atau menggelitik di kulit.

-->

Namun, Sedulur harus waspada jika sensasi tingling ini tidak hilang dalam waktu yang lama atau malah menimbulkan iritasi, tandanya pemakaian harus dihentikan sementara. Selain itu, penggunaan peeling serum ada dua macam, yakni yang perlu dilibas setelah pemakaian dan yang tak perlu dibilas. Sehingga Sedulur harus pastikan jenis peeling serum yang akan digunakan.

Kedua, ada exfoliating toner yang tugasnya sama untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Penggunaannya hampir sama dengan pembersih, yakni tuangkan pada kapas lalu oleskan secara perlahan pada kulit wajah. Teksturnya pun lebih cair dibandingkan peeling serum yang cenderung lebih kental.

BACA JUGA: 10 Hydrating Toner yang Bagus Untuk Melembabkan Kulit Wajah

Untuk tahu lebih lanjut, yuk simak jenis-jenis skincare apa saja yang memiliki kandungan AHA BHA.

1. Somethinc AHA BHA Peeling Solution

Review Female Daily

Merk skincare lokal, Somethinc tampaknya saat ini sedang naik daun. Semua produknya bisa dibilang memiliki kualitas yang baik namun bisa dibeli dengan harga terjangkau. Salah satunya produk lokal yang mengandung AHA BHA adalah Somethinc AHA BHA Peeling Solution.

Kekurangan peeling serum biasanya membuat kulit wajah cenderung kering, namun AHA BHA Peeling Solution dari Somethinc ini memiliki efek yang berbeda. Produk ini diklaim mampu membersihkan kotoran, minyak, hingga sumbatan pori-pori di wajah, namun tetap bisa menghidrasi kulit wajah.

Cara penggunaannya pun mudah, yakni oleskan 5-10 tetes ke wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas bersih dengan air. Gunakan AHA BHA Peeling Solution ini 2 hingga 3 kali selama satu minggu. Produk ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp120 ribu.

2. Avoskin Miraculous Refining Serum

Budiartiannisa

Buat Sedulur yang memiliki masalah kulit wajah berjerawat, maka bisa mencoba produk dari Avoskin Miraculous Refining Serum. Produk ini memiliki kandungan 10% AHA, 3% BHA, 2% Niacinamide, dan Ceramide. Kandungan ini diklaim mampu menyamarkan noda atau bekas jerawat.

Selain itu Avoskin Miraculous Refining Serum, juga disebut mampu mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus merangsang pertumbuhan sel baru. Sehingga bisa mencerahkan wajah, melembapkan tanpa membuat kulit wajah semakin berminyak, serta mampu mencegah jerawat dan komedo. Gunakan produk ini di malam hari sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Avoskin Miraculous Refining Serum merupakan produk AHA BHA yang bisa digunakan untuk remaja, mulai 16 tahun. Sedulur bisa mendapatkan produk ini seharga Rp189 ribu – Rp239 ribu.

BACA JUGA: 10 Manfaat Saffron Untuk Wajah Merona dan Bebas Jerawat

3. The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution

Klub Wanita

Skincare yang mengandung AHA BHA asal Amerika Serikat ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya. The Ordinary Salicylic Acis 2% Solution adalah skincare yang direkomendasikan untuk kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Produk ini selain bisa mengangkat sel-sel kulit mati di wajah, juga diklaim mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Dan bagi yang memiliki kulit rentang jerawat, penggunaan produk ini direkomendasikan karena mampu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Walaupun produk ini merupakan produk dari luar negeri, harganya bisa dibilang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp125 ribu hingga Rp 180 ribu.

4. Herbivore Prism AHA BHA Exfoliating Glow Serum

Shopee

Jika ingin menjajal skincare yang unik, bisa mencoba Herbivore Prism AHA BHA Exfoliating Glow Serum yang merupakan skincare vegan. Produk ini adalah exfoliating serum yang mengandung bahan-bahan alami. Produk satu ini mengandung AHA yang diperoleh dari buah-buahan, dan BHA yang diambil dari willow bark. Kandungan diantaranya yaitu kakadu plum extract, ekstrak lidah buaya, dan air mawar.

Keunikan produk satu ini tak sampai di situ. Botol kemasan serum satu ini mampu melindungi produk dari sinar ultraviolet. Sehingga isinya bisa bertahan dan digunakan dalam waktu yang cukup lama. Karena keunggulannya inilah, harganya terbilang cukup mahal yakni sekitar Rp320 ribu.

5. Whitelab Peeling Serum AHA BHA PHA

Carousell

Produk Whitelab Peeling Serum AHA BHA PHA ini memiliki kandungan utama antara lain adalah AHA Mandelic Acid Premium Grade yang bersifat less iritan. Sedulur tak perlu khawatir jika menggunakan skincare karen tidak mudah menimbulkan iritasi pada wajah.

Manfaat produk ini sama seperti kebanyakan peeling serum pada umumnya, yakni mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Tak hanya itu, produk ini juga membantu regenerasi kulit dengan cepat. Gunakan selama 2 hingga 3 kali selama seminggu dan aplikasikan pada malam hari. Dari segi harga, produk ini sangat terjangkau yakni di bawah Rp100 ribuan.

6. Trueve BHA & Cica Acne Serum

Beauty With Dummy

Satu lagi exfoliating skincare yang direkomendasikan bagi Sedulur yang memiliki masalah kulit wajah berjerawat. Produk ini diformulasikan antara BHA dan Cica yang memang fokus merawat kulit yang bermasalah dengan jerawat. Produk ini diklaim mampu menenangkan kulit iritasi, menyamarkan pori-pori, mencerahkan, serta melembabkan kulit.

Tak hanya itu, kandungan hexamidine & fomes officinalis di dalamnya mampu melawan bakteri yang menyebabkan jerawat pada wajah. Selain itu, Trueve BHA & Cica Acne Serum juga mampu mengecilkan pori-pori wajah. Produk ini dijual dengan harga Rp 150 ribuan.

BACA JUGA: 11 Sunscreen Terbaik yang Cocok Untuk Berbagai Jenis Kulit

7. Nacific AHA BHA Balancing Mask

Nacific

Tak hanya serum, skincare yang mengandung AHA BHA juga bisa berbentuk masker. Salah satunya adalah Nacific AHA BHA Balancing Mask. Sheet mask  yang disebut terbuat dari serat bambu ini memiliki kandungan AHA BHA yang mampu membersihkan kulit wajah dengan cara mengangkat sel-sel mati. Sehingga wajah menjadi lebih cerah dan bercahaya.

Keunggulan lain dari sheet mask ini adalah bahannya yang lembut sehingga nyaman saat ditempelkan pada wajah. Selain itu, jika dilakukan secara rutin, bisa membantu mencegah jerawat pada wajah dan mengurangi minyak pada wajah. Harga yang dibanderol pun sangat terjangkau, yakni Rp23 ribuan.

8. Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Review SOCO by Sociolla

Setelah banyak membahas skincare yang mengandung AHA BHA dalam bentuk serum, kini waktunya membahas skincare dengan kandungan tersebut dalam bentuk toner. Salah satu yang direkomendasikan adalah Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner. 

Buat Sedulur yang memiliki jenis kulit sensitif, gampang berjerawat, dan radang, maka produk ini bisa dicoba. Toner dari Some by Mi ini disebut mampu menenangkan kulit yang mengalami peradangan akibat jerawat serta menyeimbangkan minyak pada wajah.

Namun kabar baiknya, produk toner satu ini ternyata tak hanya bisa digunakan oleh Sedulur yang memiliki kulit berjerawat, namun juga bisa digunakan oleh jenis kulit lainnya. Produk ini mampu mengangkat sel kulit mati, melembapkan, dan mencerahkan kulit wajah. Harga yang dibanderol untuk produk ini adalah Rp 150 ribuan.

9. COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Review SOCO by Sociolla

Buat Sedulur yang merupakan penggemar skincare asal Korea Selatan, tentu brand satu ini tak boleh dilewatkan. Skincare yang mengandung AHA BHA dari COSRX adalah AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Buat Sedulur yang baru pertama kali ingin mencoba exfoliating toner, maka produk ini sangat direkomendasikan. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya cukup ringan dan teras lembut di kulit. Meski begitu, COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini tetap mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit.

Keunggulan lain dari toner ini adalah mampu meremajakan kulit. Tekstur kulit yang tampak tidak merata serta pori-pori besar pun dapat teratasi dengan penggunaan secara rutin. Tak hanya itu, botolnya yang berbentu spray akan membantu Sedulur lebih hemat dalam penggunaannya. Harga yang dibanderol untuk produk ini adalah Rp 200 ribu.

10. Glossier Solution Exfoliating Skin Perfector

The Klog

Selanjutnya ada Glossier Solution Exfoliating Skin Perfector. Produk ini memiliki kandungan asam sebanyak 10 persen dan diklaim mampu membersihkan kulit. Kabar baiknya lagi, produk ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit, yakni mampu membuat kulit terasa glowing  dan halus, bahkan untuk kulit sensitif dan berjerawat.

Namun, harga yang dibanderol untuk produk satu ini cukup mahal. Yakni berkisar Rp 500 ribuan per botolnya.

11. Nacific Pink AHA BHA Toner

Nacific

Bagi pemilik kulit kering, maka memilih Nacific Pink AHA BHA Toner adalah langkah terbaik. Toner ini bisa menyegarkan dan melembutkan kulit . Hal ini tak lain karena produk satu ini mengandung ekstrak semangka yang menyegarkan, dan pink calamine sebagai agen pencerah kulit.

Selain itu, teksturnya yang cair membuatnya gampang merasuk ke kulit. Cara pengaplikasikannya pun mudah, yakni cukup teteskan pada kapas lalu usapkan dengan lembut pada wajah tanpa perlu dibilas. Harga yang dibanderol untuk produk ini adalah sekitar Rp 125 ribuan.

Itu dia sejumlah rekomendasi skincare yang mengandung AHA BHA yang bisa Sedulur coba. Namun sebelum memilih skincare, pastikan dulu sudah benar-benar mengenali jenis kulit yang Sedulur miliki. Lalu pilih skincare yang mengandung AHA BHA yang cocok dengan jenis kulit Sedulur.

Tapi satu hal penting yang perlu diingat untuk menjaga agar kulit tetap sehat adalah menjaga asupan makanan yang bergizi dan cukup minum air putih. Dan untuk berbelanja kebutuhan sayur mayur dan buah-buahan segar, Sedulur bisa berbelanja lewat Aplikasi Super lho. Dijamin mudah dan murah!