skincare untuk ibu hamil

Kebingungan mencari skincare untuk ibu hamil? Ya, di masa mengandung, biasanya seorang ibu akan menjadi lebih rentan dan sensitif, termasuk pada kulitnya. Perubahan hormon secara terus-menerus dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Tak jarang, seorang ibu hamil juga harus berurusan dengan jerawat yang membandel atau kulit kering yang tidak kunjung sembuh.

Kalau sudah begitu, salah satu solusinya tepatnya adalah dengan menggunakan produk skincare. Tetapi jangan sembarangan skincare dipakai, ya! Pastikan apakan skincare tersebut aman atau tidak untuk ibu hamil. Cari tahu apa saja rekomendasi skincare untuk ibu hamil di ulasan berikut ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi BB Cream Terbaik Untuk Kulit Berminyak di 2023

Perhatikan kandungan skincare terlebih dahulu

 

-->
Depositphotos

Banyak yang menyebut bahwa pada masa kehamilan, seorang ibu sebaiknya menghindari penggunaan makeup atau skincare. Padahal, sah-sah saja jika Sedulur ingin tetap merawat diri dan terlihat cantik pada saat mengandung. Namun, Sedulur tetap harus berhati-hati terhadap kandungan yang ada di dalam produk skincare untuk ibu hamil tersebut.

Yuk, coba cari tahu kandungan atau zat apa yang boleh dan tidak boleh dipakai oleh ibu hamil!

BACA JUGA: 12 OOTD Hijab Kombinasi Kaos Oversize, Simple Tapi Keren!

1. Kandungan skincare untuk ibu hamil yang dibolehkan

Berikut adalah beberapa kandungan skincare yang aman dan telah direkomendasikan American College of Obstetrician and Gynecologist.

  • Azelaic acid
  • Glycolic acid (AHA)
  • Salicylic acid (BHA)
  • Hyaluronic acid
  • Gliserin
  • Allantoin
  • Ceramide
  • Benzoyl peroxide
  • Titanium dioxide dan zinc oxide pada sunscreen
  • Vitamin C

BACA JUGA: 11 Model Baju Brokat Untuk Orang Gemuk agar Terlihat Ramping!

2. Jangan memilih skincare dengan kandungan berikut

Ada beberapa kandungan bahan kimia pada skincare yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Tentu saja alasan utamanya adalah karena berisiko untuk janin. Berikut merupakan beberapa kandungan skincare yang sebaiknya Sedulur hindari pada saat masa kehamilan.

  • Retinoid, tretinoin, isotretinoin, atau turunan vitamin A lainnya – Meningkatkan risiko bayi lahir cacat.
  • Hydroquinone – Karena lebih banyak terserap oleh tubuh dibanding zat lainnya.
  • Phthalates – Dapat mengganggu sistem endokrin tubuh.
  • Oxybenzone – Dapat mengganggu sistem hormon dan berpotensi menimbulkan masalah permanen.
  • Salicylic acid dosis tinggi – Penggunaan yang dianjurkan hanya salicylic acid 2% atau lebih rendah.
  • Alpha-arbutin – Kandungan ini akan berubah menjadi hydroquinone dalam kulit.
  • Formaldehyde – Meningkatkan risiko keguguran.

BACA JUGA: 10 Jenis Eyelash Extension Terbaik Agar Bentuk Mata Makin Elegan!

Daftar merk skincare untuk ibu hamil, apa aja ya?

Berikut merupakan daftar merk skincare yang sudah terbukti aman untuk digunakan para ibu hamil.

BACA JUGA: 10 Parfum Pria Terbaik di 2023, Wanginya Enak dan Tahan Lama!

1. Wardah

skincare untuk ibu hamil
Wardah

Skincare untuk ibu hamil yang pertama berasal dari merk Wardah. Siapa sih yang nggak tahu merk ini? Jika berbicara tentang produk skincare dan makeup lokal, pasti nama Wardah langsung terbesit di benak kita.

Bagaimana tidak? Wardah merupakan salah satu produk kosmetika dan kecantikan lokal yang mengusung konsep halal serta kualitas tinggi. Setiap produk dari Wardah tentunya sudah lolos uji ketat dan uji klinis, terbukti tidak mengandung zat kimia yang berbahaya. Lebih daripada itu, Wardah sudah sering mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya dari Wardah mendapatkan penghargaan dari International Award World Halal Council atas prestasinya sebagai pelopor makeup halal di dunia.

Bagi ibu hamil, Wardah termasuk salah satu produk yang aman untuk digunakan dan tidak mengandung zat kimia berbahaya. Klaim tersebut sudah diakui oleh BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Jadi, Sedulur tidak perlu khawatir lagi ketika menggunakan skincare Wardah di masa kehamilan atau masa menyusui.

2. The Body Shop

skincare untuk ibu hamil
The Body Shop

Ingin mencari skincare untuk ibu hamil dari merk internasional? Ya, The Body Shop dong! The Body Shop merupakan salah satu merk kecantikan dan perawatan diri yang selalu mengusung kandungan bahan-bahan alami di setiap produknya. Sedulur tidak perlu lagi khawatir berlebihan ketika ingin menggunakan The Body Shop pada saat sedang hamil atau menyusui.

Salah satu produk kenamaan dari merk ini adalah rangkaian krim pelembab kulitnya. Ada pelembab khusus wajah, ada juga pelembab tubuh (body lotion). Selain variasinya yang beragam, formula dari produk pelembab buatan The Body Shop benar-benar jitu. Say goodbye to kulit kering dan gatal akibat perubahan hormon, deh!

3. Mineral Botanica

skincare untuk ibu hamil
Hai Gadis

Selain The Body Shop, Mineral Botanica juga menawarkan rangkaian produk perawatan tubuh dan kecantikan yang berasal dari bahan-bahan alami. Setiap produknya dijamin bebas dari paraben serta zat kimia berbahaya, bahkan bagi ibu hamil dan menyusui. 

Jadi, wajar apabila Mineral Botanica menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang ingin back to nature ketika merawat dirinya. Beberapa produk yang dirilis oleh Mineral Botanica adalah lipstik, body lotion, facial wash, bahkan hingga eyeliner.

4. Cetaphil

skincare untuk ibu hamil
Beauty Journal Sociolla

Siapa nih di antara Sedulur yang ingin menggunakan skincare berkandungan mild dan cocok untuk ibu hamil? Kalau Sedulur adalah salah satunya, pastikan untuk mempertimbangkan membeli produk-produk dari Cetaphil, ya!

Cetaphil dikenal mampu melawan dan merawat kulit dari jerawat serta kulit kering. Kedua permasalahan kulit tersebut memang biasa diidap oleh kaum ibu hamil, terutama karena perubahan hormon yang terjadi. Walaupun kebanyakan produk anti acne sering diklaim tidak aman untuk ibu hamil dan janin, tetapi beda cerita nih kalau Cetaphil yang memproduksi.

Krim anti acne dari Cetaphil telah terbukti aman untuk dipakai jangka panjang oleh ibu hamil. Pastinya, tidak akan memberikan efek negatif kepada si ibu dan juga sang janin yang dikandungnya.

5. Sebamed

skincare untuk ibu hamil
iPrice

Sedulur ibu hamil kesulitan mengatasi kulit kering, sensitif, dan pecah-pecah pada masa mengandung? Langsung cobain produk skincare dari Sebamed, deh! Sebamed adalah satu dari sekian merk skincare yang sangat aman untuk digunakan ibu hamil. Sebamed lebih berfokus kepada mengembangkan produk body care dari bahan-bahan alami, tanpa menggunakan zat kimia yang berbahaya.

Walaupun berfokus pada rangkaian perawatan tubuh, tetapi Sebamed juga tidak ingin ketinggalan untuk mengeluarkan line up perawatan kulit wajahnya, nih! Seperti produk pelembab wajahnya yang dipercaya mampu menghidrasi kulit wajah sekaligus mencegah jerawat timbul. Dengan menggunakan krim pelembab tersebut, kulit Sedulur dijamin akan lebih lembab, kenyal, dan sehat. 

6. Mama’s Choice

skincare untuk ibu hamil
Tetty Tanoyo

Sesuai dengan namanya, Mama’s Choice menghadirkan rangkaian produk kecantikan pilihan para ibu. Mama’s Choice telah terbukti aman untuk digunakan ibu hamil, tidak memberikan efek negatif pada sang janin. Produk-produk Mama’s Choice sendiri memang diformulasikan agar bisa digunakan oleh ibu hamil yang cenderung mempunyai kulit sensitif dan kering.

Hebatnya lagi, Mama’s Choice mampu memberikan efek hidrasi secara maksimal yang bisa membuat kulit tampak lebih segar, kenyal, dan lembut. Kandungan SPF 24 PA++ juga ada di dalam produk sunscreen buatannya. Jadi Sedulur tidak perlu lagi khawatir terkena sinar UV A dan UV B dari matahari pada saat berada di luar ruangan.

7. Emina

Pinterest

Selain Wardah, pada artikel skincare untuk ibu hamil kali ini kita juga akan membahas produk-produk dari Emina. Memang, Emina membuat rangkaian produk kecantikan dan perawatan tubuhnya untuk segmentasi remaja yang pertama kali menjajal produk tersebut. Akan tetapi, kulit remaja dan kulit ibu hamil kurang lebih sama sensitifnya. Jadi, produk-produk besutan Emina juga bisa dipakai oleh para ibu hamil.

Sedulur juga bisa dengan mudah mendapati produk Emina di berbagai toko, minimarket, atau supermarket. Jadi, nggak perlu deh pusing-pusing mencari produk skincare untuk ibu hamil kesana kemari! 

8. Sensatia Botanicals

Beauty Journal Sociolla

Terakhir, ada Sensatia Botanicals yang termasuk ke dalam produk lokal asal Pulau Dewata Bali. Sesuai dengan namanya, ia mengusung produk-produk kecantikan dan perawatan diri yang diformulasikan menggunakan bahan-bahan alami. Dari kandungan tersebutlah kenapa Sensatia Botanicals sangat aman untuk digunakan para ibu hamil.

Sensatia Botanicals menawarkan berbagai rangkaian produk yang sesuai dengan bermacam jenis kulit. Kulit Sedulur yang berminyak, normal, atau bahkan kering pasti ada produk perawatannya di merk ini. Dengan memanfaatkan ekstrak bahan-bahan alami, Sedulur bisa merasakan lembut dan ringannya tekstur produk Sensatia Botanicals. Jadi, nggak ada alasan lagi deh untuk lalai merawat diri pada saat masa kehamilan!

Nah Sedulur, itu dia ulasan singkat mengenai rekomendasi skincare untuk ibu hamil yang aman. Beberapa merk tersebut adalah Wardah, The Body Shop, Mama’s Choice, sampai Emina. Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur, ya!

Oh iya, Sedulur juga bisa membeli beberapa merk skincare untuk ibu hamil di atas melalui Aplikasi Super, lho! Selain memenuhi kebutuhan sembako sehari-hari, Sedulur juga bisa belanja berbagai keperluan produk kecantikan dan perawatan diri. Pastinya harganya tetap murah dan selalu gratis ongkir!

Nggak percaya, ya? Langsung aja deh coba unduh Aplikasi Super melalui Google Play Store sekarang juga! Aplikasi Super, bikin belanja makin murah, bikin belanja makin mudah!