skincare untuk menghilangkan milia

Milia merupakan salah satu masalah kulit yang banyak dialami orang. Tak heran jika skincare untuk menghilangkan milia menjadi produk yang banyak dicari. Masalah kulit ini berupa benjolan kecil mirip jerawat yang berada di bawah permukaan kulit. Berbeda dengan jerawat yang akan mengering setelah beberapa hari, milia bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

Milia pada wajah umumnya disebabkan karena terjebaknya sel kulit mati di bawah permukaan kulit. Sel-sel tersebut lalu menggumpal dan berkumpul hingga menyebabkan benjolan. Biasanya milia akan muncul di area hidung, pipi, bawah mata, dan dahi. Adapun cara yang dinilai cukup efektif untuk mengatasi milia adalah dengan melakukan prosedur medis seperti laser dan chemical peels dengan bantuan dokter spesialis kulit.

Namun Sedulur juga bisa menggunakan produk perawatan kulit seperti skincare yang mengandung retinoid, AHA, dan BHA untuk menghilangkan milia. Jika kamu sedang mencari produk skincare untuk mengatasi milia coba simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

BACA JUGA: Penting! Ini Manfaat Centella Asiatica yang ada Pada Skincare!

-->

Apa itu milia?

Pexels

Tentu sebelum masuk ke daftar rekomendasi skincare untuk menghilangkan milia, Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu apa itu milia. Milia adalah sejenis kista berupa benjolan berwarna putih yang biasanya ditemukan berkelompok pada pipi dan hidung.

Milia terjadi ketika keratin terperangkap di bawah permukaan kulit. Keratin adalah protein kuat yang biasanya ditemukan di jaringan kulit, rambut, dan sel kuku. Dengan kondisi tersebut, siapa saja dapat mengalami milia. Tetapi paling sering milia ditemukan pada bayi baru lahir. Maka dari itu, milia sendiri merupakan gejala atau gangguan umum pada wajahnya yang bisa terjadi pada siapapun dan bisa hilang jika dilakukan perawatan yang tepat.

Gejala dan penyebab milia

The Asian Parent

Jika milia bisa terjadi pada wajah siapapun sebagaimana yang dijelasnkan di atas, lantas apa saja gejala yang bisa dialami sebagai tanda-tandanya? Milia adalah benjolan kecil yang berwarna putih atau kuning. Benjolan ini tidak terasa gatal atau pun nyeri.

Meskipun begitu, milia dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi sebagian orang karena jika terkena gesekan dapat menyebabkan milia teriritasi dan berwarna kemerahan. Pada bayi yang baru lahir, milia seringkali dianggap sama dengan mutiara Epstein, padahal keduanya berbeda. Mutiara Epstein ditandai dengan munculnya kista berwarna putih-kuning yang muncul pada gusi dan bayi baru lahir.

Sementara itu, penyebab milia berbeda-beda, bagi bagi bayi, anak-anak atau orang dewasa. Pada bayi baru lahir, penyebab milia masih belum dapat dipastikan. Namun dipercaya milia pada bayi baru lahir dipengaruhi oleh hormon sang Ibu. Pada anak-anak dan orang dewasa, milia biasanya terjadi karena kerusakan pada kulit, misalnya:

  • Luka melepuh
  • Luka bakar
  • Kerusakan akibat paparan sinar matahari jangka panjang
  • Penggunaan produk seperti krim steroid dalam jangka panjang
  • Prosedur pelapisan ulang kulit, seperti dermabrasi

Milia juga bisa berkembang apabila kulit kehilangan kemampuan alaminya untuk terkelupas. Hal ini biasanya terjadi akibat penuaan.

Rekomendasi skincare untuk menghilangkan milia

skincare untuk menghilangkan milia
Freepik

Terdapat beragam jenis produk skincare atau perawatan kulit di pasaran. Mulai dari produk pembersih, pelembap, hingga pelindung berupa tabir surya. Khusus untuk mengatasi milia, terdapat sejumlah produk yang disarankan untuk digunakan, yakni:

  • Pembersih wajah non-komedogenik yang bisa membersihkan pori dan menyeimbangkan produksi sebum atau minyak wajah. Upayakan yang water based dibanding oil based. Namun, jika ingin double cleansing silakan lakukan. Dahulukan oil based cleanser dan akhiri dengan pembersih wajah water based. 
  • Toner untuk gentle exfoliation secara rutin. Biasanya cukup dipakai beberapa kali dalam seminggu, tetapi bisa juga dipakai 1-2 kali dalam sehari tergantung petunjuk penggunaan tiap produk. Pilih yang mengandung AHA dan BHA, terutama lactic acid bila memungkinkan.  Eksfoliasi berfungsi mempercepat proses pembuangan sel kulit mati sehingga tidak tersumbat atau tertutup dan menimbulkan milia. 
  • Eye cream yang komposisinya ringan. Ini ditujukan untuk milia yang letaknya di dekat mata. Silakan cari krim mata yang bahannnya alami dan teksturnya tidak terlalu pekat. 
  • Retinol untuk ritual perawatan kulit di malam hari. Retinol adalah turunan vitamin A yang banyak dipakai untuk melembutkan kulit dan menyamarkan tekstur serta kerutan. Meski ada risiko iritasi, Sedulur bisa memilih serum retinol yang bahan dan konsentrasinya ringan. 
  • Tabir surya atau sunscreen untuk melindungi kulit dari kerusakan. Saat Sedulur menggunakan toner yang mengandung asam, kulit akan lebih sensitif pada matahari. Untuk itu, memasukkan tabir surya dalam rezim perawatan kulit adalah hal wajib. Silakan pilih yang water-based untuk mencegah masalah lain timbul. 

Sementara itu, berikut ini rekomendasi 10 skincare untuk menghilangkan milia dengan harga mulai Rp 20 ribu yang bisa Sedulur coba, lengkap dengan ulasan singkat dan harganya.

1. CeraVe Cleanser Bar

skincare untuk menghilangkan milia
CeraVe

Rekomendasi produk yang pertama adalah CeraVe Cleanser Bar. Sesuai dengan namanya, produk ini hadir dalam bentuk sabun batang yang diformulasikan untuk membersihkan kulit sampai ke lapisan pori terdalam.

Terdapat dua varian Cerave Cleanser Bar, yaitu SA Cleanser Bar for Rough & Bumpy Skin yang mengandung asam salisilat dan physical exfoliation yang dapat mengangkat kulit mati. Varian yang kedua adalah Hydrating Cleanser Bar yang cocok untuk pemilik kulit normal dan kering karena memiliki kandungan 5% pelembab.

Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp 150.000.

2. Cetaphil Daily Facial Cleanser

skincare untuk menghilangkan milia
Cetaphil

Cetaphil telah lama dikenal sebagai merek skincare dengan beragam produk pembersih yang ramah untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Sebab, produk pembersih dari Cetaphil memiliki formula yang gentle dan tidak mengandung sulfate. Hal ini pun membuat produk-produk pembersihnya cenderung tidak berbusa dan tidak menyumbat pori.

Salah satu produk Cetaphil yang cukup populer adalah Cetaphil Daily Facial Cleanser. Produk satu ini cocok digunakan semua jenis kulit dan dipercaya mampu mengatasi tekstur pada kulit wajah yang mengganggu seperti komedo, jerawat, hingga milia.

Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga mulai dari Rp 120 ribu tergantung dengan volume produk yang dipilih.

BACA JUGA: Demi Hasil Maksimal, Urutan Skincare Ini Harus Diikuti dengan Benar

3. Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution

skincare untuk menghilangkan milia
Somethinc

Produk berikutnya yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah kulit berupa milia adalah Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution. Kandungan HA (alpha hydroxy acid), BHA (beta hydroxy acid), dan PHA (polyhydroxy acid) pada peeling serum satu ini berfungsi membantu menghilangkan bekas jerawat, mengangkat sel kulit mati, dan sekaligus mengecilkan pori-pori kulit. Dengan demikian, penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan terjadinya milia dapat teratasi.

Perlu Sedulur perhatikan bahwa Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution hanya digunakan sebanyak dua kali seminggu pada malam hari. Selain itu, Sedulur juga perlu membilasnya setelah diaplikasikan ke wajah selama 10 menit. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari terjadinya over-exfoliate yang dapat membawa dampak buruk pada kulit Sedulur.

Adapun produk ini dibanderol dengan harga Rp 115.500.

4. Somethinc Game Changer Eye Gel

skincare untuk menghilangkan milia
Somethinc

Produk berikutnya juga datang dari brand skincare Somethinc, yaitu Somethinc Game Changer Eye Gel atau bernama lengkap Game Changer Tripeptide Eye Concentrate Gel. Produk ini mengandung tiga jenis Peptide yang memiliki manfaat untuk merawat kontur kulit di sekitar mata. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga dapat membantu mengatasi masalah lingkaran hitam, kantung mata, keriput, dan tanda-tanda penuaan pada area sekitar mata akibat kelelahan maupun paparan sinar UV.

Somethinc Game Changer Eye Gel juga hadir dengan desain unik di mana terdapat keramik tip yang dapat memberikan sensasi dingin ketika diaplikasikan ke kulit di sekitar mata. Adapun produk ini dibanderol harga Rp 145.000.

5. Avoskin Your Skin Bae Series Toner Salicylic Acid 

Avoskin

Avoskin Your Skin Bae Series Toner Salicylic Acid merupakan exfoliating toner yang diformulasikan dengan kandungan utama berupa  1% asam salisilat (Salicylic Acid). Kandungan ini memiliki fungsi untuk eksfoliasi hingga ke dalam pori sehingga tumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih yang menjadi penyebab milia dapat terangkat.

Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp 127.000.

6. Himalaya Herbals Purifying Neem Scrub

Cewekbanget.id

Selain menggunakan exfoliating toner ataupun peeling serum, Sedulur juga bisa mempertimbangkan produk scrub untuk mengatasi milia. Misalnya adalah Himalaya Herbals Purifying Neem Scrub. Selain dapat membantu membersihkan kulit dari tumpukan sel kulit mati, scrub ini juga memiliki anti bakteri yang diperoleh dari kandungan daun neem atau juga dikenal sebagai daun mimba.

Produk ini tersedia dalam beragam ukuran, yakni 50 ml, 100 ml, 150 ml, dan kemasan travel 2×7,5 ml yang mudah untuk dibawa bepergian. Adapun Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga mulai dari Rp 17.000, sesuai ukuran yang dipilih.

BACA JUGA: Penyebab Breakout Pada Wajah dan Cara Mengatasi

7. St. Ives Blemish Control Apricot Scrub

stives.com

St. Ives Blemish Control Apricot Scrub merupakan produk scrub wajah dari St. Ives yang memiliki kandungan utama berupa 2% asam salisilat. Produk ini diklaim dapat membersihkan wajah hingga ke pori-pori sehingga wajah menjadi lebih bersih di samping tumpukan sel kulit mati terangkat.

Menurut informasi pada situs resminya, produk St. Ives Blemish Control Apricot Scrub dapat digunakan sebanyak 3 hingga 4 kali seminggu. Namun hal ini juga dapat disesuaikan dengan kondisi kulit Sedulur mengingat produk ini termasuk scrub dengan tingkatan deep, sehingga butiran scrub di dalamnya cenderung lebih kasar.

Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp 60.000.

8. DHC Deep Cleansing Oil

Insider

Daigaku Honyaku Center atau DHC merupakan perusahaan skincare asal Jepang. Salah satu produk unggulan mereka adalah DHC Deep Cleansing Oil yang disebut dapat membersihkan kulit secara mendalam tanpa meninggalkan kesan lengket pada wajah. Produk ini sendiri dibuat dari bahan utama minyak zaitun organik yang kaya akan antioksidan.

Adapun Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga mulai dari Rp 80 ribu.

9. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

COSRX

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser merupakan sabun pembersih wajah yang cocok untuk pemilik kulit kering, sensitif, kusam, dan tekstur tidak rata. Produk dari brand kosmetik asal Korea Selatan ini diformulasikan untuk membersihkan wajah sekaligus melindungi skin barrier dan menyeimbangkan pH pada kulit. Adapun produk ini dibanderol pada harga mulai dari Rp 50.000.

10. COSRX AHA BHA Clarifying Treatment Toner

the happy sloths

Rekomendasi skincare untuk menghilangkan milia yang terakhir adalah COSRX AHA BHA Clarifying Treatment Toner. Sesuai dengan namanya, produk ini mengandun AHA dan BHA yang dikenal ampuh mengatasi milia. Tak sekadar klaim belaka, produk ini juga telah mendapat ulasan baik dari konsumen terkait manfaatnya untuk menghilangkan komedo dan bruntusan.

Produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp 150.000 untuk ukuran yang cukup besar, yakni 150 ml. Sedulur bisa memilih ukuran yang lebih besar untuk penggunaan yang lebih lama. Terutama jika skincare ini cocok dengan Sedulur. Hal tersebut bisa lebih hemat lagi hitungannya.

BACA JUGA: 3 Basic Skincare Routine Buat Pria, Makin Ganteng & Glow Up!

Kandungan skincare untuk hilangkan milia

Daftar skincare menghilangkan milia di atas terbukti ampuh untuk menghilangkan milia pada wajah. Namun tentu harus juga dipilih skincare yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur. Jangan lupa juga pertimbangkan kandungan skincare di dalamnya.

Karena dalam skincare menghilangkan milia, terdapat kandungan khusus yang diperuntukan untuk menghilangkan milia. Ada beberapa kandungan yang perlu Sedulur perhatikan di dala skincare untuk menghilangkan milia. Kandungan tersebut yaitu:

  1. AHA/BHA
  2. Retinoid
  3. Produk non-comedogenic (bebas komedo)
  4. Produk oil-free

Pada dasarnya, hal yang terpenting untuk membantu menghilangkan milia adalah dengan rutin eksfoliasi sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Sedulur bisa mengompres milia dengan AHA/BHA menggunakan cotton bud sekitar 20-30 detik jika Sedulur punya jenis kulit yang tidak terlalu sensitif.

Selain rutin menggunakan skincare di atas untuk dapat menghilangkan milia, ada beberapa rekomendasi tindakan mendis yang dapat membantu mengatasi milia. Berikut ini adalah daftar tidakan medis yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Cyrotherapy, yaitu metode membekukan milia menggunakan nitrogen cair. Metode ini cukup populer dilakukan.
  • Deroofing, yaitu cara mengambil isi milia menggunakan jarum steril oleh dokter.
  • Ablasi laser, yaitu cara menghilangkan milia menggunakan laser kecil yang berfokus pada area yang terkena milia.
  • Chemical peeling, yaitu pengelupasan kulit menggunakan bahan kimia untuk mengelupas lapisan kulit pertama agar lapisan kulit baru muncul.
  • Kuretase destruksi, yaitu proses pengerokan milia dengan pembedahan dan pembakaran.

Namun tentu jika perawatan skincare untuk menghilangkan milia cukup ampuh, Sedulur tentu tidak perlu melakukan tindakan medis di atas.

Itu beberapa rekomendasi skincare yang bisa dijadikan cara menghilangkan milia yang sudah bertahun tahun bertahan di wajahmu. Tetap lakukan riset dan cari tahu tipe kulitmu sebelum membeli, ya Sedulur.

Bagaimanapun kecocokan dan efektivitas suatu produk bisa berbeda pada tiap individu. Jadi, jangan hanya termakan unggahan orang di media sosial. Pastikan memilih skincare yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur dan cocok digunakan.