Milia dikenal pula sebagai bruntusan, yaitu benjolan-benjolan kecil mirip jerawat yang berada di bawah permukaan kulit. Beda dengan jerawat yang akan mengering setelah beberapa hari, milia bisa tahan berbulan-bulan. Mila pada wajah disebabkan oleh terjebaknya sel kulit mati di bawah permukaan kulit yang akhirnya membentuk gumpalan-gumpalan kecil di area hidung, pipi, bawah mata, dahi. 

Untuk menghilangkan milia, Sedulur bisa melakukan prosedur medis di klinik dokter spesialis kulit seperti laser dan chemical peels. Namun, bisa pula menggunakan bantuan skincare yang mengandung retinoid, AHA dan BHA. Untuk kamu yang sedang gencar melakukan pembasmian bruntusan yang mengganggu penampilan dan bikin makeup jadi tak optimal, berikut rekomendasi skincare untuk menghilangkan milia. 

BACA JUGA: 20+ Merk Serum Wajah Paling Ampuh Bikin Kulit Putih Berkilau!

Skincare yang dibutuhkan untuk mengatasi milia 

Sebenarnya ada lima komponen yang wajib Sedulur sediakan untuk menghilangkan milia, yakni: 

  • Pembersih wajah non-komedogenik yang bisa membersihkan pori dan menyeimbangkan produksi sebum atau minyak wajah. Upayakan yang water based dibanding oil based. Namun, jika ingin double cleansing silakan lakukan. Dahulukan oil based cleanser dan akhiri dengan pembersih wajah water based. 
  • Toner untuk gentle exfoliation secara rutin. Biasanya cukup dipakai beberapa kali dalam seminggu, tetapi bisa juga dipakai 1-2 kali dalam sehari tergantung petunjuk penggunaan tiap produk. Pilih yang mengandung AHA dan BHA, terutama lactic acid bila memungkinkan.  Eksfoliasi berfungsi mempercepat proses pembuangan sel kulit mati sehingga tidak tersumbat atau tertutup dan menimbulkan milia. 
  • Eye cream yang komposisinya ringan. Ini ditujukan untuk milia yang letaknya di dekat mata. Silakan cari krim mata yang bahannnya alami dan teksturnya tidak terlalu pekat. 
  • Retinol untuk ritual perawatan kulit di malam hari. Retinol adalah turunan vitamin A yang banyak dipakai untuk melembutkan kulit dan menyamarkan tekstur serta kerutan. Meski ada risiko iritasi, Sedulur bisa memilih serum retinol yang bahan dan konsentrasinya ringan. 
  • Tabir surya untuk melindungi kulit dari kerusakan. Saat Sedulur menggunakan toner yang mengandung asam, kulit akan lebih sensitif pada matahari. Untuk itu, memasukkan tabir surya dalam rezim perawatan kulit adalah hal wajib. Silakan pilih yang water-based untuk mencegah masalah lain timbul. 

BACA JUGA: 10 Sabun Cuci Muka Untuk Kulit Berjerawat Terbaik yang Ampuh

Berikut beberapa produk skincare untuk menghilangkan milia yang bisa Sedulur lirik khasiatnya. 

1. CeraVe SA Cleanser Bar

skincare untuk menghilangkan milia
Instagram @cerave

Produk ini cocok untuk Sedulur yang belum pernah menggunakan asam untuk perawatan kulit. Ia dikemas dalam bentuk pembersih wajah dengan konsentrasi yang rendah, jadi bisa dipakai setiap hari dengan efek membersihkan sampai ke lapisan pori terdalam, tetapi tidak mengiritasi atau menimbulkan efek tingling setelah pemakaian. Siapkan dana sebesar Rp 190 ribuan untuk mendapatkannya. 

2. Cetaphil Daily Facial Cleanser 

Instagram @cetaphilus

Skincare untuk menghilangkan milia dan bruntusan lainnya adalah pembersih wajah dari Cetaphil. Ia dikenal karena formulanya yang gentle karena tidak mengandung sulfate. Ini yang membuatnya tidak berbusa melimpah dan tidak menyumbat pori. Walau begitu kemampuannya membersihkan muka sudah terbukti ampuh. Cocok untuk semua jenis kulit dan dipercaya mampu mengatasi tekstur pada kulit wajah yang mengganggu seperti komedo, jerawat, hingga milia. Harga pembersih wajah ini ada di angka Rp 120-150 ribuan tergantung volume. 

3. Sukin Oil Balancing Purifying Gel Cleanser 

skincare untuk menghilangkan milia
Instagram @sukinskincare

Milia juga banyak disebabkan oleh produksi minyak yang tidak terkontrol. Untuk itu, Sedulur bisa mencoba pembersih wajah dari Sukin yang fungsinya turut mengurangi minyak di wajah tanpa membuatnya terasa kering dan kesat. Ia bertekstur gel yang bening dan licin, jadi tidak berbusa dengan aroma rempah yang menenangkan. Untuk mendapatkannya di genggaman, sediakan dana sebesar Rp 175 ribu. 

4. COSRX AHA BHA Clarifying Treatment Toner 

Instagram @cosrx

AHA dan BHA adalah kandungan skincare untuk menghilangkan milia yang ampuh. Ini dimiliki oleh produkdari COSRX. Sejauh ini pengguna puas dengan kemampuannya menghilangkan komedo dan bruntusan yang membandel serta mengganggu penampilan. Dengan budget Rp 130 ribu, Sedulur bisa mendapatkan botol 150 ml yang awet dan bisa dipakai berbulan-bulan kemudian.  

BACA JUGA: 18 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat & Wajah yang Benar

5. Avoskin Your Skin Bae Series Toner Salicylic Acid 

skincare untuk menghilangkan milia
Instagram @shbeautyshop

Milia di wajah banyak disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati. Untuk itu, toner bisa membantu karena mengandung asam yang bisa mempercepat proses eksfoliasi alami kulit. Penggunaan rutin bisa mengurangi dan menyamarkan tekstur pada wajah sehingga membuatnya tampak lebih mulus.  Harga produk ini sekitar Rp 160 ribuan per 100 ml, Sedulur. 

6. Neutrogena Rapid Wrinkle Repair Eye Cream

Instagram @neutrogena

Krim mata yang mengandung retinol adalah skincare yang disarankan untuk menghilangkan milia di bawah mata. Produk dari Neutrogena bisa jadi pilihan yang tepat karena kandungan retinolnya mampu menyamarkan tekstur dan bruntusan di wajah. Selain retinol, ia mengandung hyaluronic acid yang mampu mengembalikan warna kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Jadi, selain mengatasi milia, ia bisa dipakai sebagai solusi mata panda. 

7. Dear Me Beauty Single Activator Face Serum Retinol + Blueberry Extract 

skincare untuk menghilangkan milia
Instagram @dearmebeauty

Produk mungil ini juga dipercaya mampu mengatasi milia di wajah dan sekitar mata. Formulanya ringan dan khasiatnya langsung terasa. Kandungannya cukup lengkap, selain retinol sebagai bahan aktif, ia dilengkapi dengan lidah buaya dan blueberi yang bisa memberikan kelembaban dan mengurangi risiko iritasi. Cukup dipakai di malam hari saja setelah cleanser dan toner, serta sebelum pelembab.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Toner Untuk Wajah Bruntusan yang Ampuh

8. For Skin’s Sake Retinol Serum

Instagram @forskinssake

Kandungan retinolnya sekitar 0,1% saja, jadi cukup ringan dan aman dipakai sebagai bagian dari perawatan wajah rutin. Ia diklaim rendah risiko iritasi dan tidak menyebabkan kulit terasa kering. Namun, tetap Sedulur disarankan menggunakan pelembab usai mengaplikasikan produk tersebut. 

9. The Ordinary AHA+BHA Peeling Solution 

Instagram @deciem

Produk ini sempat viral di media sosial karena mampu mengatasi bruntusan dan komedo yang membandel dengan cukup cepat serta ampuh. Ia bisa jadi pengganti toner yang tak mempan di wajahmu. Cukup pakai seminggu sekali atau saat dibutuhkan saja misal sebulan sekali. Untuk mengaplikasikannya, ia cukup dioles di wajah dan dibiarkan selama beberapa menit. Konsentrasinya cukup tinggi, jadi silakan dicoba di bagian tertentu dulu sebelum ke seluruh wajah. Beberapa orang mungkin bisa mengalami iritasi, jadi tetap hati-hati. 

10. Neutrogena Ultra Sheer Face Mist SPF 55

skincare untuk menghilangkan milia
Instagram @neutrogena

Setelah pembersih wajah, krim mata, dan toner, tentunya Sedulur wajib mengaplikasikan tabir surya. Apalagi jika Sedulur sering menggunakan skincare yang mengandung asam, tabir surya sangat penting dan tak bisa terlewat. Silakan pilih yang kandungannya bebas paraben dan bila perlu water-based sehingga tidak membuat kulit terasa greasy. Skincare penghilang milia ini tersedia di apotek atau drugstore, kok. 

Itu beberapa rekomendasi skincare yang bisa dijadikan cara menghilangkan milia yang sudah bertahun tahun bertahan di wajahmu. Tetap lakukan riset dan cari tahu tipe kulitmu sebelum membeli, ya Sedulur. Bagaimanapun kecocokan dan efektivitas suatu produk bisa berbeda pada tiap individu. Jadi, jangan hanya termakan unggahan orang di media sosial.