Urutan skincare malam tidak hanya menggunakan facial wash saja. Ada pula berbagai rangkaian perawatan yang penting untuk kesehatan wajah kita. Dengan adanya beberapa rangkaian tersebut, tentunya tidak boleh sembarangan untuk memakainya. Terdapat beberapa urutan yang harus diketahui oleh setiap orang, agar pemakaian produk tidak sia-sia dan tentunya bisa menyerap dengan sempurna di kulit wajah.

Rutinitas ini tidak boleh terlewat satu malam pun agar hasil yang diberikan bisa maksimal. Berikut adalah urutan skincare malam yang benar agar wajah menjadi sehat dan glowing. Simak, ya!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak Terbaik 2022

1. Eksfoliasi

urutan skincare malam
soco

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mencuci wajah dengan sabun dan air adalah eksfoliasi. Eksfoliasi bisa dilakukan untuk membersihkan sisa makeup dan kotoran yang menempel pada wajah ketika sudah seharian beraktivitas. Adapun beberapa eksfoliator yang bisa dipilih dalam skincare adalah yang mengandung AHA, BHA, serta PHA.

-->

Eksfoliasi atau scrub bertujuan untuk mengangkat semua sel kulit mati dan sisa kotoran pada permukaan wajah. Dengan melakukan eksfoliasi terlebih dahulu, maka sabun pembersih muka akan mudah menempel pada lapisan kulit. Sehingga, mencuci muka bisa menjadi lebih efisien dan bersih. 

Namun, untuk Sedulur yang memiliki tipe kulit berminyak, sebaiknya menggunakan eksfoliator berbahan dasar air. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah wajah agar tidak semakin berminyak. Perlu diketahui terlebih dahulu apabila melakukan eksfoliasi wajah sebagai salah satu urutan pemakaian skincare malam tidak boleh dilakukan setiap hari. Gunakan produk eksfoliator sebanyak dua kali seminggu saja. Apabila digunakan terlalu sering, maka akan menyebabkan breakout pada wajah.

2. Pembersih wajah

urutan skincare malam
klikdokter

Membersihkan wajah dengan cara mencuci wajah merupakan salah satu urutan skincare pagi dan malam untuk remaja yang umum dilakukan. Mencuci wajah memiliki tujuan untuk menjaga wajah bebas dari berbagai masalah kulit. Gunakan sabun pencuci muka sebelum menggunakan produk perawatan wajah selanjutnya. 

Dengan mencuci wajah secara rutin, maka manfaat yang akan dirasakan beragam. Di antaranya adalah mencegah jerawat pada kulit timbul serta menghilangkan penumpukan kotoran pada wajah. Apabila tidak mencuci wajah secara rutin pada malam hari setelah beraktivitas, maka kerugian akan didapatkan. Salah satunya adalah kuman akan lebih mudah masuk ke dalam pori-pori wajah. Maka dari itu, usahakan untuk rutin mencuci wajah agar kotoran tidak berkembang dengan mudah di wajah.

BACA JUGA: 10 Skincare Untuk Menghilangkan Milia Pada Area Mata & Wajah

3. Toner

urutan skincare malam
wollipop

Toner bisa menjadi rangkaian perawatan wajah pada pagi hari maupun saat akan beristirahat. Toner digunakan untuk menjaga kulit akan tetap terhidrasi. Selain itu, toner juga bisa digunakan untuk mengangkat sisa kotoran yang biasanya masih menempel walaupun sudah mencuci muka. Beberapa produk toner juga bisa digunakan untuk mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat, contoh produknya adalah emina. Urutan skincare emina pagi dan malam bisa dilakukan dengan membeli rangkaian produknya yang disesuaikan dengan tipe kulit.

Produk perawatan kulit ini bisa digunakan di permukaan wajah dengan menggunakan kapas. Cukup teteskan toner secukupnya dan usap di wajah dengan lembut. Biasanya, tekstur yang dimiliki oleh toner itu encer, tidak iritatif, serta berbahan lembut. Sehingga, aman untuk digunakan sebagai pembersih wajah. 

4. Masker wajah

urutan skincare malam
farmaku

Untuk melengkapi perawatan wajah yang dilakukan sebelum tidur, gunakan masker wajah selama tiga kali dalam satu minggu. Masker memiliki kegunaan yang bermacam-macam, mulai dari membersihkan jerawat, mencerahkan wajah, sampai meremajakan kulit. Pilih dan gunakan masker wajah sesuai dengan kebutuhan Sedulur. 

Urutan skincare malam yang benar dengan masker bisa dengan mengoleskannya langsung di permukaan wajah secara merata dan tunggu sampai mengering. Biasanya, durasi yang dibutuhkan masker untuk bisa kering adalah sekitar 15 hingga 20 menit. Menunggu masker sampai kering adalah untuk memastikan masker agar lebih cepat meresap ke dalam kulit wajah. Selain mengatasi berbagai permasalahan wajah, masker juga bisa membuat Sedulur menjadi lebih rileks. 

BACA JUGA: 12 Urutan Skincare Harian yang Benar, Jangan Asal Pakai!

5. Serum wajah atau essence

urutan skincare malam
jatimtimes

Serum wajah atau essence merupakan urutan pemakaian skincare malam sesudah masker wajah atau toner. Pada dasarnya, serum merupakan sebuah suntikan hydrator, antioksidan, dan nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan kulit. Dengan memakai serum wajah secara teratur, maka kondisi wajah akan sesuai dengan yang diharapkan. Walaupun memiliki sifat opsional, produk perawatan wajah yang satu ini bisa meningkatkan rutinitas dalam merawat kulit dengan baik dan benar.

Cara memilih serum yang benar adalah dengan mengetahui kandungan apa saja yang dimilikinya. Untuk membuat Sedulur tetap terhidrasi bahkan saat sedang tidur, maka pilihan serum yang cocok adalah yang mengandung asam hialuronat. Kandungan tersebut bisa menarik air dari udara ke dalam kulit untuk mengisinya kembali. Selain itu, serum wajah juga berguna untuk menghaluskan dan meratakan rona kulit pada wajah. 

6. Krim mata atau eye cream

tribunnews

Apabila Sedulur ingin menjaga agar daerah di sekitar mata tetap segar, sehat, serta terhindar dari mata panda, maka urutan memakai skincare malam yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan krim mata atau eye cream. Tekstur yang dimiliki oleh krim mata lebih ringan dan tipis jika dibandingkan dengan pelembab wajah. Pastikan untuk mengoleskan krim mata atau eye cream sebelum mengoleskan krim malam, agar hasilnya lebih maksimal. 

Adapun aturan untuk mengaplikasikan krim mata adalah dengan mengoleskan ke bagian yang paling ringan dulu dan lanjut ke bagian terberat. Produk yang lebih tipis akan susah untuk menembus produk perawatan yang lebih tebal. Pemakaian krim mata sebagai rangkaian perawatan wajah bersifat opsional. Banyak orang yang berpikir bahwa krim mata harus mengandung bahan aktif seperti retinol agar garis halus bisa teratasi.

Namun, hal itu salah untuk dilakukan. Justru, mata akan menjadi mudah mengalami ruam dan iritasi karena mata merupakan bagian yang sensitif. Maka dari itu, pilih krim mata yang ringan dan memiliki kegunaan untuk menghidrasi sekitar mata yang sensitif. 

BACA JUGA: Urutan Skincare Pagi & Malam Hari yang Benar, Agar Wajah Glowing

7. Perawatan pada spot tertentu

sehatq

Apabila Sedulur sedang memiliki jerawat, luka, ataupun bintik hitam yang mengganggu penampilan, maka harus melakukan perawatan agar masalah tersebut hilang. Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut karena kulit akan bekerja lebih keras dalam memperbaiki dirinya. Salah satu urutan skincare malam untuk remaja ini bersifat opsional untuk digunakan.

8. Pelembab atau moisturizer

grid

Menggunakan pelembab atau moisturizer merupakan salah satu urutan skincare pagi dan malam untuk remaja yang umum digunakan. Sesuai dengan namanya, kegunaan pelembab adalah untuk melembabkan serta menghidrasi wajah. Tak hanya itu saja, pelembab juga berguna untuk mengunci produk perawatan wajah sebelumnya agar bisa terserap lebih maksimal.

BACA JUGA: 11 Skincare yang Mengandung AHA BHA Bikin Kulit Mulus

9. Face oil

glitzmedia

Urutan pemakaian skincare malam hari selanjutnya adalah menggunakan face oil. Face oil berfungsi untuk menyegel semua produk perawatan yang sudah dipakai agar tidak mudah menguap. Selain itu, face oil juga bisa digunakan untuk membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Beberapa face oil seperti jojoba dan rosehip bisa mengurangi minyak yang berlebihan pada kulit. Selain itu, face oil juga bisa menjaga kulit agar terhindar dari jerawat.

10. Krim malam

idntimes

Krim malam merupakan urutan skincare malam Korea yang berguna untuk melembabkan wajah. Cara untuk mengaplikasikannya cukup dengan mengoleskan secara merata di seluruh permukaan wajah sampai leher. Agar lebih maksimal, pijat secara perlahan saat menggunakannya. Untuk memperbaiki kerusakan akibat penggunaan riasan wajah, carilah produk krim malam yang mempunyai kandungan vitamin A dan C. Oleskan ke seluruh permukaan wajah sampai tidak ada lagi sisa krim malam yang terlihat.

Nah, itu dia urutan pemakaian skincare malam hari yang bisa dilakukan oleh Sedulur. Setelah menjalaninya, jangan lupa untuk beristirahat dengan nyenyak agar produk perawatan bisa terserap secara optimal. Lakukan juga rutinitas penggunaan perawatan wajah di pagi hari agar bisa lebih optimal.