OOTD Celana Kulot

Tak bosan-bosannya, kulot masih jadi salah satu item fesyen yang jadi favorit sejak beberapa tahun ke belakang. Ia menggeser skinny jeans yang pernah jadi primadona di awal 2010-an. Sampai sekarang, kulot dan celana komprang pun jadi sobat banyak perempuan. Selain nyaman dipakai karena loose, OOTD celana kulot juga mudah dikombinasikan dengan berbagai atasan.

Penggunaannya pun tidak terbatas untuk acara non formal seperti skinny jeans, justru ia bisa dipakai sebagai formal attire yang luwes dan sopan sekaligus. Mau tahu bagaimana cara memadupadankan celana model ini? Berikut puluhan OOTD celana kulot yang bisa diteladani.  

BACA JUGA: 15 Style OOTD Hijab Simple Untuk Hangout yang Elegan

Asal usul kulot 

Kulot sendiri berasal dari bahasa Perancis, yaitu culot yang digunakan untuk menjuluki sebuah celana yang tingginya seputar lutut dengan model komprang hingga seakan menyerupai rok. Seiring berkembangnya waktu, kulot hadir dalam berbagai varian. Termasuk yang sepanjang mata kaki hingga model high waist yang kekinian. 

-->

Mengutip dari Vogue, kulot pertama kali dipakai oleh para aristokrat dan personel militer laki-laki. Mengingat di 1800-an, perempuan normalnya  memakai rok atau gaun dan mengenakan celana masih dianggap tabu. Barulah di 1910-an, kulot mulai dipakai perempuan. Dimulai oleh atlet perempuan kemudian merambah ke beberapa desainer papan atas, salah satunya Elsa Schiaparelli. Namun, keputusannya bukan tanpa tantangan. Kulot masih dianggap terlalu maskulin.

Titik terang mulai terlihat di 1960-an saat beberapa rumah mode memilih memproduksi kulot dan mempromosikannya. Bahkan beberapa menembus pagelaran fesyen berkelas tinggi. Puncaknya, Putri Diana ikut mempopulerkannya di 1970-1980-an. Sempat ditinggalkan, mode yang sifatnya siklus pun kembali terangkat di akhir 2010-an, menggantikan demam skinny pants.

Tren kulot tercatat kembali di akhir 2014 tepatnya di London Fashion Week seperti yang diliput The Telegraph. Saat itu, celana kulot seperti bangkit dari kubur dan menarik perhatian jutaan pasang mata. Bila sudah tahu sejarahnya, sekarang langsung ke ide mix and match kulotnya, yuk!

1. Ideal buat acara santai di luar ruangan 

ootd celana kulot non hijab
Instagram @closh.store

Dengan potongannya yang longgar, Sedulur pun akan merasakan kenyamanan ekstra saat mengenakannya untuk acara di luar ruangan. Biasanya orang ke pantai dengan gaun longgar selutut, tetapi tentu kurang praktis jika ingin lebih bebas bergerak. Kulot pun siap jadi solusinya. Silakan padukan dengan cropped tee atau sleeveless top macam ini. Untuk alas kakinya, bisa pakai sneakers atau sesederhana sandal jepit. 

2. Sikat saja buat acara semi formal

ootd celana kulot jeans hijab
Instagram @olivemartinidesigns

Acara semi formal yang dimaksud bisa saja ngampus atau ngantor kalau memang kantormu lumayan santai dan tidak menganjurkan kostum formal. Silakan padu kulot kesayanganmu dengan sweatshirt atau kaus lengan panjang oversized macam ini. Pilih celana yang panjang bila kamu ingin menjadikannya OOTD celana kulot hijab remaja yang elegan dan manis dalam satu waktu. 

BACA JUGA: 10 Inspirasi OOTD Kondangan yang Simple dan Elegan!

3. Bahan linen yang enteng 

ootd celana kulot hijab remaja
Christy Dawn

Selain OOTD celana kulot dan sweater seperti poin sebelumnya, Sedulur bisa juga mencoba bahan linen yang super ringan ini. Baik untuk atasan dan bawahan, linen benar-benar ideal untuk pakaian yang potongannya longgar. Serasa mengenakan piyama, tetapi nggak kelewat santai juga. Masih pantas dipakai untuk pergi keluar rumah, bahkan datang ke acara pernikahan juga tak masalah. Tinggal padukan dengan sepatu yang kesannya lebih resmi serta aksesoris pendukungnya. 

4. Kulot manis untuk segala usia 

ootd celana kulot high waist
Instagram @wildseedspatterns

Tidak hanya gaya maskulin, kulot juga bisa dibikin manis seperti ini. Dengan detail pita yang diikat dan atasan lengan serut, Sedulur bisa tampil manis dengan modal kulot. Bisa dipakai segala usia, mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa. Detailnya bikin celana kulot tampak seperti rok biasa, bukan? Padahal bergerak dan duduk jauh lebih nyaman. 

5. Kostum androgini yang kece

ootd celana kulot dan sweater
Instagram @grlondonparis

 Lebih suka gaya maskulin? Coba OOTD celana kulot non hijab yang satu ini. Kulot semata kaki tinggal dipadukan dengan kaos oblong yang kedodoran. Padu dengan sandal atau sepatu kets dan kamu siap pergi ke manapun kaki melangkah. Tentunya, ini lebih cocok untuk acara santai alias nongkrong imut bareng teman. Untuk kondangan dan kostum ke kantor, skip dulu, deh.

6. Kulot semi gaun 

ootd celana kulot plisket
Instagram @oldgemvintage

Untuk acara spesial seperti pesta atau kondangan, Sedulur bisa coba OOTD celana kulot dengan detail macam ini. Kain eksesnya bisa menyamarkan bawahanmu yang sebenarnya berupa celana komprang sehingga tampak seakan sedang mengenakan gaun atau rok. Atasannya bisa apa saja, mau blouse tanpa lengan atau lainnya bebas tergantung kreasimu.

BACA JUGA: 20 Inspirasi Model Kebaya Wisuda Modern Terbaru 2022

7. Kulot untuk formal attire

ootd celana kulot putih hijab
Instagram @susilawati_shop

 Untuk acara formal misal outfit ke kantor atau bertemu dengan klien, Sedulur bisa contoh OOTD kulot hijab berikut ini. Celana kulot panjangnya dipadu dengan kemeja loose yang dirangkap dengan kaus di bagian dalamnya. Sepatunya boleh diganti yang lebih formal ketimbang pakai chunky shoes. 

8. Padu dengan blazer 

ootd celana kulot plisket hitam
Glamour

Untuk OOTD celana kulot high waist, Sedulur bisa memadukannya dengan cropped blazer macam ini. Atasannya bisa dilipat ke dalam celana agar rapi, kemudian beri outer yang serasi. Ini juga bisa dipakai untuk momen yang menuntutmu tampil profesional seperti acara resmi tertentu. Sepatu dan aksesoris tinggal menyesuaikan. 

9. Kenakan bareng ankle boots 

ankle boots
Glamour

Referensi berikutnya adalah mengenakan celana kulot bebarengan dengan ankle boots alias boots setinggi mata kaki. Tentunya kulot yang dipilih haruslah yang setinggi betis sehingga ankle boots-nya tampak jelas. Lihat referensi di atas biar makin jelas, Sedulur. Atasannya juga seru, jaket denim yang dipakai sebagai pelapis untuk kaus turtleneck hitam. Perpaduan formal dan casual yang seimbang.

10. Hitam putih yang basic 

Hitam putih
Miss Louie

OOTD celana kulot putih hijab bisa kamu wujudkan dengan mengekor referensi di atas. Celana kulot semata kaki dipadu saja dengan kemeja putih longgar. Kemudian, sepatunya mengikuti warna atasan. Bisa pakai yang sporty atau lebih feminin seperti flat shoes atau high heels. Gampang banget. Buat yang berhijab, silakan tambahkan kerudung dan tambahan dalaman sebagai pelapis. Mudah, bukan?

BACA JUGA: 18 Inspirasi Model Rambut Pendek Pria Terbaik & Terpopuler

11. OOTD celana kulot plisket

plisket
Fashion One Rogue

Celana kulot plisket juga sedang disukai, nih. Ia bisa memberikan kesan seseorang sedang mengenakan rok plisket biasa, padahal gerakan dan langkahnya bisa sebebas mungkin. Sontek referensi di atas bila ingin mengenakannya untuk pesta atau acara outdoor semi formal. Dipakai nongkrong juga boleh, lho. 

12. Ke kantor ganti gaya

kantor
Zara

Bosan ke kantor dengan gaya yang itu-itu saja? Coba OOTD celana kulot plisket hitam yang satu ini. Modelnya unik banget, satu sisi berbentuk celana dan satu sisi lain menyerupai rok dengan plisket atau lipatan simetris. Tentu saja atasannya bisa kamu ganti dengan kemeja atau blouse yang lebih sopan dan profesional kesannya. Outer seperti long coat atau blazer juga bisa ditambahkan bila ingin lebih preppy. Pikirkan hairdo-nya kemudian.

13. Celana kulot dengan bahan chiffon yang flowy 

bahan chiffon
Marid Fashion

Sedulur bisa mempertimbangkan celana kulot berbahan flowy macam ini untuk liburan. Terbayang nyamannya dia saat dipakai seharian untuk road trip dan jalan-jalan di rest area. Meski panas terik menerjang aspal, Sedulur bakal tetap merasa adem. Silakan padu dengan cropped top favoritmu, tapi jangan lupa pakai tabir surya juga, ya.

14. Kulot denim yang versatile

denim
Instagram @lafredtouch

OOTD celana kulot jeans hijab bisa kamu wujudkan dengan cara memadukannya dengan kemeja longgar dan hijab yang serasi. Untuk menambah estetika, silakan tambahkan sabuk di celana kulot denim milikmu. Sepatunya boots, jadi makin modis dan stylish ala cewek-cewek Paris yang berjalan di trotoar sambil makan baguette atau crepes.

BACA JUGA: Cara Memilih & Merawat Baju Rajut supaya Tetap Cantik

15. Kulot dengan split side 

split side
Asos

Tak hanya sebagai hiasan, split side adalah belah samping di kulot ini juga akan memudahkanmu bergerak seharian. Serasi dipadu dengan cropped top yang warnanya kontras. Atau buat yang berhijab, boleh dikombinasi dengan atasan turtleneck dan outer berupa jaket, cardigan, coat, atau blazer. Buat momen santai, selop atau sandal macam ini seru juga. Boleh juga pakai fisherman sandals biar makin terasa kesan liburannya. 

16. Wide-legged culottes 

Wide-legged culottes
Instagram @yeppu.outfit

Untuk kamu yang suka dengan gaya yang agak maskulin, silakan lirik kulot dengan potongan wide legged macam contoh di atas. Buat yang tidak berhijab, celana setinggi betis bisa jadi solusi agar pergerakanmu lebih leluasa sekaligus estetikanya dapat. Atasannya bisa pakai kaus slim fit macam ini atau kaus oblong biasa yang dilipat ke dalam celana sehingga rapi dan kekinian banget. Padu dengan sling bag dan sporty shoes, santai banget. 

17. Kulot plisket ala anak sekolahan 

anak sekolah
Glamour

Sebagian dari Sedulur pasti pernah nih pakai kulot macam ini untuk sekolah, terutama seragam pramuka. Sudah terbukti kenyamanannya dan saat dipakai ia tampak seperti rok biasa. Bisa dipakai untuk momen santai dan resmi sekaligus sesuai kebutuhan. Untuk memainkannya, silakan sesuaikan saja atasan dan sepatunya. Kalau mau datang ke momen resmi kenakan kemeja, di momen santai ganti dengan kaus. Semudah itu. 

BACA JUGA: 10 Model Batik Modern Terbaru untuk Pria dan Wanita

18. Kulot motif plaid ala Jepang

plaid
Pinterest

OOTD kulot dan sweater ala Jepang ini juga lucu. Dengan corak plaid alias kotak-kotaknya, ia ideal dikombinasikan dengan sweater atau atasan polos yang senada. Warna mute-nya khas kesederhanan Jepang, bersahaja dan tak mencolok, tetapi tetap modis. Sedulur harus coba gaya ini, nih. Sayang kalau diabaikan. 

19. Maternity culottes 

Maternity culottes
Wobbly Walk

Kulot juga ideal untuk maternity outfit alias pakaian untuk ibu hamil. Tentunya pilih yang pinggangnya berkaret sehingga bisa melar sesuai ukuran baby bump. Pilih juga yang bahannya ringan dan adem supaya bumil yang aktif di luar rumah bisa bebas bergerak. Mengingat bumil biasanya gampang gerah dan tak nyaman, kulot adalah solusi menarik. Buat ke kantor atau belanja di supermarket terdekat boleh juga nih gayanya. 

20. Kulot pendek yang longgar buat jalan-jalan 

ootd celana kulot pendek
Devlyn Van Loon

Sedulur bisa juga pilih celana kulot pendek seperti ini. Longgarnya bikin naksir, ditambah warnanya yang seru. Bisa dipadu dengan blouse polos putihmu di lemari. Ideal untuk jalan-jalan di tengah udara yang panas dan matahari terik. Bebas gerah pokoknya, Sedulur. Sayang kalau nggak punya. 

21. Kulot untuk olahraga 

olahraga
Shein

Meski tampak seperti rok biasa, ternyata item ini adalah sebuah kulot pendek yang aman buat dipakai olahraga sekalipun. Cocok buat Sedulur yang ingin pakai rok, tetapi malas buat mengenakan rangkap. Aman saat terkena angin dan tentunya nyaman seharian dipakai untuk bergerak aktif. Pertimbangkan, deh. Buat yang berhijab juga bisa, kok. Silakan dipadu dengan leggings panjang, kaus lengan panjang dan sport hijab

BACA JUGA: 15 Jenis Kain Katun Best Seller, Keunggulan & Karakteristiknya

22. Pinafore culottes 

Pinafore culottes 
Shein

Jenis kulot lain yang tak kalah menarik adalah kulot pinafore macam ini. Ia berbentuk terusan tanpa lengan yang bisa dipakai untuk melapisi kaus atau kemeja lengan pendek maupun lengan panjang. Outfit ini bisa dipakai Sedulur yang berhijab maupun tidak. Enak dipakai dan modisnya tidak perlu ditanya lagi. Bisa dipakai segala usia, anak-anak pun akan cantik mengenakan pinafore culottes untuk berbagai keperluan. Saat perjalanan jauh, ke pesta ulang tahun, atau lebaran sekalipun juga oke. 

Kelebihan kulot

Sebagai fashion item yang sedang hits, kulot memang punya banyak kelebihan sebagai berikut. 

  • Perpaduan antara rok dan celana yang aman dan nyaman dipakai perempuan. Tak ada lagi kekhawatiran susah naik ojek atau rok tertiup angin.
  • Longgar sehingga memudahkan pergerakan, cocok buat yang aktif di luar ruangan
  • Tampilannya modis dan hampir timeless, sudah ada dan bertahan selama beberapa dekade dan masih relevan dipakai sampai sekarang
  • Versatile, bisa dikenakan untuk berbagai momen yang diinginkan. Tinggal sesuaikan atasan dan footwear-nya saja
  • Tampilannya netral, tak terlalu feminin pun tak kelewat maskulin. Pas di tengah 
  • Bisa menyamarkan lekuk tubuhyang mungkin bikin Sedulur insecure, sehingga cocok buat Sedulur yang ingin tampilan sleek dan slim. Misalnya Sedulur kurang pede dengan pinggang yang terlalu lebar atau terlalu lurus, kulot bisa menyamarkan semuanya sehingga tampak netral. 

BACA JUGA: 10 Warna Rambut Ombre untuk Kulit Sawo Matang, Terfavorit!

Kekurangan 

Namun, tak bisa dipungkiri ada beberapa kekurangan dari kulot. Sebagai bahan pertimbangan, boleh deh ditengok dulu sebelum memborong kulot. 

  • Bulky dan mungkin makan banyak tempat di koper atau tas saat dibawa bepergian
  • Dari samping, tampilannya kurang oke dibanding model celana lainnya
  • Lebih cocok dipadu dengan atasan cropped atau berukuran pendek dibanding yang sama-sama longgar. Solusi jika ingin mengenakannya dengan atasan longgar, atasan dilipat ke dalam celana

Tips memilih kulot yang ideal buatmu 

Sebelum membeli kulot, ada baiknya simak tips belanja berikut ini. Agar tak menyesal tentunya. 

  • Pilih kulot dengan warna gelap jika ingin dapat efek melangsingkan. Warna gelap yang dimaksud bisa hitam dan sekeluarganya, misal biru navy, hijau army, abu-abu gelap, cokelat solid, dan lainnya. Pilih juga yang potongannya lurus dan tampak oversized di kakimu. Ini akan memberikan kesan paha dan kaki yang lebih ramping dari sebenarnya. 
  • Lipat atasan ke dalam celana kulot untuk menghasilkan tampilan yang optimal. Kulot memiliki kemiripan dengan celana high raised dan akan lebih baik bila terlihat dari pinggang ke bawah. Untuk itu, atasan yang ideal adalah cropped top atau yang bisa dimasukkan ke dalam celana. Jika tidak outfit-mu bakal tampak kurang enak dipandang. Jadi, sebelum beli kulot pastikan Sedulur memiliki atasan yang kiranya memfasilitasi fungsi tersebut. 
  • Sesuaikan juga dengan footwear-nya yang akan dikenakan. Tergantung pada tema dan ketinggian kulot, sih sebenarnya. Jika kamu akan mengenakannya bersama ankle boots, pilih celana kulot yang panjangnya tidak melebihi mata kaki. Namun, Sedulur sebenarnya tetap bisa pilih celana kulot panjang untuk dipakai dengan flat shoes atau high heels.
  • Bahan atau material tak boleh asal pilih. Mengingat kulot longgar dan besar potongannya, ada baiknya Sedulur memilih material yang ringan sehingga mudah dalam perawatan dan penyimpanannya. Bukan berarti bahan denim tidak disarankan, tetapi konsekuensinya ia akan lebih bulky saat dibawa bepergian. Sedulur bisa coba bahan corduroy sebagai alternatif denim. 
  • Warna adalah pertimbangan penting. Buat Sedulur yang gemar berhemat, memilih celana kulot yang warnanya netral atau earthy sungguh disarankan. Ini karena Sedulur bisa mengenakannya kapan saja di berbagai momen tanpa takut ia tampak terlalu mencolok. Warna netral yang dimaksud adalah abu-abu, hitam, navy, atau biru denim. Boleh kok pilih satu kulot dengan warna mencolok sebagai statement color, tetapi risikonya mungkin bakal susah mencari atasan yang cocok. 
  • Silakan beli dengan atasan yang warnanya sama buat bikin gaya monokromatik. Ini hanya saran tambahan saja. Sedulur mungkin ingin tampil ala pakai terusan, jadi atasan yang warnanya mirip atau sama dengan kulot akan membantumu kelak.
  • Kulot bercorak memang seru, tapi hati-hati jangan sampai terlihat seperti mengenakan celana piyama. Agar tak terjebak, silakan pilih kulot yang coraknya minimalis dan mudah dipadu dengan atasan lain dengan warna polos. Hindari memilih corak yang terlalu ramai apalagi bergambar tokoh kartun, Sedulur.

Kulot memang seru dan menarik, ia menawarkan berbagai kemudahan untuk kaum hawa yang ingin tampil modis dan nyaman dalam satu waktu. Bagaimana menurutmu apakah kulot adalah inovasi yang genius? Kalau iya, puluhan referensi di atas bisa jadi inspirasimu dalam bergaya mulai sekarang. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.