warna rambut ombre

Tahun baru, penampilan baru. Mungkin itu prinsip dan resolusi sebagian dari Sedulur di tahun ini. Tak ada yang salah dengan mengubah penampilan, asalkan memang kamu lakukan untuk diri sendiri. Selain memangkasnya dengan model tertentu, Sedulur bisa mencoba menambahkan warna yang unik untuk rambut. Salah satunya adalah warna rambut ombre.

Model ombre atau sembur menyatukan dua warna menjadi gradasi yang indah di rambut. Teknik pewarnaan ini dianggap lebih tahan lama dibanding mewarnainya sekaligus jadi satu warna tertentu. Ingat kalau rambut aslimu bakal tumbuh dari akar. Jadi seiring berjalannya waktu, warna rambut aslimu akan tampak.

Dengan konsep ombre kamu tak perlu buru-buru mewarnainya kembali. Berikut beberapa inspirasi warna rambut ombre yang sedang tren di 2022 sekaligus yang timeless alias tak mudah tergerus waktu. 

BACA JUGA: 12 Vitamin Rambut Rontok yang Bagus & Terbukti Ampuh

-->

1. Rich chocolate brown ombre 

warna rambut ombre pendek
Instagram @shaymitchell

Warna rambut coklat ombre adalah salah satu yang paling sering dipilih. Shade ini mudah diaplikasikan pada pemilik rambut gelap sekalipun. Gradasi warnanya juga mild. Tidak begitu mencolok, tetapi bisa memberikan sentuhan dimensional yang menawan.

Warna ini bisa dipakai pada model rambut apa saja. Lurus, keriting, ikal, bob, pixie, atau panjang pun bisa mengadopsinya dengan mudah. Saat akar rambut mulai tumbuh, warna ini masih nyambung dengan warna asli rambut khas Indonesia yang hitam. 

2. Golden brown ombre 

ombre rambut pendek sebahu warna biru
Instagram @eccentric_beautysalon

Warna rambut ombre golden brown juga salah satu yang favorit dan paling banyak dipakai. Sedulur bisa memadukan warna coklat yang hangat dengan sentuhan warna coklat keemasan yang menawan saat berada di bawah cahaya. Modis, tetapi lembut dan berikan tampilan lebih natural di rambutmu. 

3. Ash blonde highlighted curls 

warna rambut coklat ombre
Instagram @georgepapanikolas

Ash blonde adalah warna pirang yang mendekati abu-abu. Menariknya ia apik saat dikombinasikan dengan rambut gelap, baik coklat tua atau hitam. Agar tampilannya tidak terlalu kusam, Sedulur bisa mencampurkan sedikit warna pirang keemasan sehingga tetap memberikan kesan sehat dan hangat pada rambut. Warna ini rawan menciptakan kesan pucat pada wajah, jadi silakan diimbangi dengan riasan wajah yang dewy dan pakai palet warna warm. 

BACA JUGA: 12 Merek Cat Rambut Terbaik, Aman, Berkualitas & Tahan Lama

4. Blonde ombre 

ombre tren warna rambut
Instagram @beyonce

Banyak yang bilang warna pirang kurang cocok dengan pemilik kulit gelap. Nyatanya gaya rambut ombre ala Beyonce ini mematahkan pandangan tersebut. Ia memadukan warna pirang dengan warna asli rambutnya yang cokelat tua. Langsung jadikan referensi warna rambut untuk kulit sawo matang. Coba deh Sedulur, katanya tahun ini mau ganti penampilan? 

5. Cashmere blonde dengan exposed roots 

warna rambut ombre pendek kulit sawo matang
Instagram @dualipa

Kamu juga bisa mencoba warna rambut ombre pendek ala Dua Lipa ini. Seperti kita tahu Dua Lipa punya warna rambut asli berwarna hitam legam. Namun, beberapa waktu belakangan ia mengecat sebagian rambutnya jadi warna cashmere blonde yang sangat kontras dengan warna hitam. Ia bahkan mempertahankan warna asli rambutnya itu di bagian pangkal atau akar, serta rambut bagian dalam. Seakan menciptakan tren baru. 

6. Soft golden pops 

warna rambut ombre golden brown
Instagram @stephengarrison

Soft golden pops adalah teknik pewarnaan rambut gelap yang dipadukan dengan sedikit sentuhan warna emas di sana-sini. Namun, warnanya dibuat selembut mungkin dengan komposisi yang tidak terlalu banyak. Helai-helai emasnya bakal terlihat dan memberikan dimensi yang artsy, tetapi tidak mencolok. Ia bisa jadi pilihan warna rambut ombre pendek kulit sawo matang. 

BACA JUGA: 12 Model Rambut Sebahu Kekinian yang Hits di Tahun 2022

7. Soft mocha balayage 

warna rambut ombre pendek sebahu
Instagram @meredithsmithhair

Walau ada yang percaya balayage bakal mulai ditinggalkan, nyatanya teknik pewarnaan rambut yang satu ini pernah jadi favorit. Ia juga menciptakan kesan sembur, tetapi lebih alami dengan strands yang menawan. Cocok untuk memberikan tekstur pada rambut yang tipis. Bila ingin menciptakan gaya baru dengan teknik balayage, Sedulur bisa coba warna soft mocha yang akan tampak luwes saat dipadu dengan rambut berwarna gelap. 

8. Blue ombre

warna rambut untuk kulit sawo matang
Instagram @bombshellsbyjackie

Ombre rambut pendek sebahu warna biru juga dipercaya akan bersinar sepanjang 2022. Rambut bob lurus dengan warna biru pastel  bisa disembur dengan warna tosca yang menawan. Atau mau kamu bikin lebih sederhana saja dengan mengkombinasikannya bersama rambut hitam alami? Boleh,kok. Ada beragam kemungkinan yang bisa dijajal dengan warna ini. 

9. Pastel pink 

Pastel pink
Instagram @melbournehairhunters

Ingin coba warna yang jauh dari warna alami rambut? Coba pastel pink dan pirang. Sedulur bisa mencoba efek tricolor dengan memilih tiga shade pink yang disuka atau memadukannya langsung dengan rambut hitam. Coba konsultasi ke penata rambut profesional untuk melihat berbagai kemungkinan lainnya. 

BACA JUGA: 12 Gaya Rambut Curtain Hair, Haircut ala Cowok Korea

10. Coral 

Coral
Instagram @sweetsandhearts

Coral cocok untuk warna rambut ombre pendek sebahu. Warna ini termasuk peach dan beberapa keluarga warna jingga serta merah yang lebih soft. Pas untuk Sedulur yang ingin warna yang cheerful, tetapi tetap mempertahankan kesan elegan.

11. Auburn ombre

Auburn ombre
Instagram @zoeydeutch

Warna ini diprediksi banyak hairdresser sebagai salah satu tone yang bakal bertebaran sepanjang 2022. Ia bisa dibilang mirip dengan warna merah marun. Warna merah biasanya dihindari orang karena bisa menciptakan kesan pucat untuk pemilik kulit terang. Sedulur bisa mencoba dark auburn atau copper yang agak terang. Keduanya bisa dipadu dengan warna rambut hitam alamimu. 

12. Black and burgundy ombre 

Black and burgundy ombre
Instagram @jourdandunn

Ombre tren warna rambut hitam lainnya adalah burgundy. Warna ini dekat dengan ungu, tetapi lebih hangat sehingga cocok dengan pemilik kulit dengan warm tone. Cocok untuk Sedulur yang bosan dengan warna-warna coklat biasa, tetapi kurang suka dengan nuansa yang terlalu dingin seperti biru dan ungu. Silakan dipertimbangkan, Sedulur. 

BACA JUGA: 14 Model Rambut Buzz Cut yang Cocok Untuk Pria Maskulin

Cara merawat rambut yang diwarnai 

Sebelum memutuskan mewarnai rambut dengan inspirasi cat ombre di atas, ada baiknya pertimbangkan beberapa perawatan khusus rambut yang diwarnai berikut. Masalahnya rambut yang diwarna butuh komitmen khusus, nih, antara lain. 

1. Pakai shampo khusus. Sedulur wajib menggunakan shampo khusus rambut diwarnai. Ini karena shampo biasa bisa saja merusak warna rambut yang sudah Sedulur bikin berjam-jam lamanya. Pilih pula shampo yang bebas kandungan sulfate karena bahan ini bisa memudarkan warna cat. 

2. Jangan keramas terlalu sering. Salah satu ritual yang wajib dilakukan pemilik rambut diwarnai adalah mengurangi frekuensi keramas. Sebagai gantinya, biasanya penata rambut akan menyarankanmu untuk langsung menggunakan conditioner. Jangan khawatir, sebab sebenarnya rambut kita akan baik-baik saja meski tidak dicuci terlalu sering.

Untuk pemilik rambut diwarnai, keramas bisa dilakukan maksimal 2 kali saja dalam seminggu. Sama dengan shampo, gunakan conditioner yang juga bebas sulfate dan disarankan yang tipenya leave-in alias tidak perlu dibilas. Silakan coba juga dry shampoo sesekali. 

3. Jangan keramas dengan air hangat. Untuk mencuci rambut diwarnai, ada baiknya Sedulur menggunakan air dingin saja. Energi panas berisiko membuat cat luntur. Tak mau ‘kan perjuanganmu selama berjam-jam hilang begitu saja tersapu air?

4. Pakai heat protection. Rambut diwarnai biasanya lebih rentan rusak karena melalui proses bleaching dan lain sebagainya. Untuk itu, lebih baik gunakan heat protection seperti UV filter spray sebelum keluar rumah. Kamu juga dianjurkan untuk tidak menggunakan hair dryer dan coba keringkan rambut secara alami saja. 

5. Hati-hati jika akan berenang. Air di kolam renang umum mengandung kadar klorin yang tinggi sehingga berisiko bereaksi dengan cat rambutmu. Bila akan berenang pastikan kamu mengoleskan conditioner dan menggunakan penutup kepala untuk mengurangi kemungkinan perubahan warna. Hal yang sama juga perlu dilakukan jika Sedulur akan berenang di pantai yang kadar garamnya tinggi. 

6. Tetap potong rambut secara rutin. Memotong rambut secara rutin bisa membuat rambut lebih kuat dan sehat. Bahkan mampu mempercepat pertumbuhannya. Paling tidak 2-3 bulan sekali, kamu bisa memotong rambutmu untuk merapikan dan mereset gaya rambut. Apalagi jika kamu menemukan masalah seperti kerontokan dan rambut bercabang, potong rambut bisa jadi salah satu solusi jitu yang mudah dilakukan. 

Kalau semua syarat perawatan di atas bisa kamu penuhi, silakan Sedulur pertimbangkan rambut warna ombre mana yang kiranya cocok untuk mengubah penampilan. Mau diwarna atau tidak, tetap rawat rambut baik-baik, ya Sedulur. Beragam produk perawatan rambut dan kulit bisa kamu temukan di Aplikasi Super. Langsung cek sekarang dan temukan banyak promo menarik yang menantimu.