model kebaya wisuda

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa dan mahasiswi adalah wisuda. Pakaian mahasiswi yang cocok untuk dikenakan saat acara berlangsung adalah pakaian yang formal, salah satunya kebaya. Ada beragam model kebaya wisuda yang bisa digunakan agar penampilan semakin menarik dan mempesona.

Tak hanya memesona, busana formal ini juga akan menjadikan wanita tampil anggun serta percaya diri. Jika Sedulur masih bingung dan sedang mencari referensi model kebaya wisuda yang cocok sesuai karakter, berikut ulasannya. 

BACA JUGA: 16 Model Kebaya Modern Hijab Untuk Tampil Stylish & Trendy

1. Kebaya pendek dengan kain songket

model kebaya wisuda berhijab
lazada

Model kebaya wisuda yang modern tidak harus ribet ketika memakainya. Sedulur bisa memilih model baju ini yang dipadukan dengan kain songket. Salah satu bentuknya adalah kutubaru lengan pendek dengan warna broken white yang akan membuat penampilan semakin anggun dan mempesona. Sematkan juga sebuah bros susun pada bagian tengah pakaian agar penampilan semakin modis dan cantik.

Jangan lupa untuk memadukan tampilan dengan kain songket panjang yang mempunyai belahan samping hingga atas lutut. Sehingga penampilan akan terlihat makin hits namun tetap simpel. 

Terdapat pula alternatif lain yaitu membuat atasan dengan model baby doll dengan bentuk lengan seperti lonceng. Meskipun terlihat sederhana, namun penampilan akan semakin anggun dan memiliki kesan rapi. Padukan pula dengan kain songket pendek yang berwarna muda. Untuk menambah kesan anggun, akhiri dengan memakai high heels yang memiliki warna senada dengan pakaian. 

2. Model kebaya brokat modern

kebaya wisuda simpel dan elegan
bukareview

Brokat modern adalah salah satu pilihan yang pas untuk digunakan di berbagai acara formal. Jenis brokat pun bisa dengan mudah dikombinasikan dengan berbagai variasi sehingga semakin membuat penampilan menjadi manis. Bahan brokat cocok untuk dijadikan model kebaya baru baik berkerudung maupun tidak berkerudung.

Bagi wanita berkerudung, tambahkan furing pada brokat serta pilih bentuk lengan yang panjang. Bahan ini memang cantik ketika dijadikan model pakaian, namun kainnya transparan sehingga harus dipadukan dengan beberapa furing untuk menutupi bagian tertentu. Jika memiliki kain yang cukup panjang, bisa juga memilih dress dengan memadukan brokat dan satin atau jaguar. 

Selain itu, bahan brokat juga bisa digunakan sebagai blazer yang tertutup dan berlengan panjang. Tinggal ditambahkan dengan bros atau aksesoris lainnya dan kerudung, maka sudah pas untuk digunakan di acara penting dan formal seperti wisuda. Gaya yang satu ini juga cocok untuk wanita yang ingin tampil tertutup dan anggun.

3. Kebaya warna soft

model kebaya wisuda non hijab
beautynesia

Warna soft cocok dipadukan dengan bawahan dengan warna apapun, karena bersifat netral. Padukan rok berbahan songket agar kesan yang ditampilkan semakin menawan. Selain menjadi rekomendasi model kebaya wisuda, bisa juga dijadikan sebagai pakaian yang cocok untuk lamaran. 

Warna soft dan pastel yang cantik dan lembut akan memberikan kesan tampilan yang feminim. Selain feminim, tampilan akan menjadi lebih elegan dan cantik. Pilih rok berbahan songket yang memiliki detail belahan yang ada di bagian depan dan dibuat panjang hingga lutut sehingga tetap memberikan kesan formal.

4. Kebaya payet permata

model kebaya wisuda kristen
tokopedia

Kebaya yang memiliki motif tumbuhan dan terbuat dari bahan yang 3D akan membuat penampilan semakin manis dan indah. Penampilan akan semakin cantik dengan menambahkan payet bermotif batu permata yang terletak di bagian leher serta ujung tangan kanan dan kiri.

Supaya semakin menawan, model kebaya wisuda yang satu ini bisa ditambahkan dengan aksesoris dan riasan yang minimalis. Tak hanya menawan, penampilan akan menjadi semakin anggun dan tetap formal.

BACA JUGA: 35 Inspirasi Model Kebaya Untuk Orang Gemuk Terlihat Kurus

5. Model kebaya bali modern

kebaya bali
pinterest

Model kebaya bali modern tidak hanya ditemui di daerah Bali. Jenis ini biasa digunakan para wanita bali di berbagai acara tertentu, seperti keagamaan. Seiring berkembangnya waktu, jenis pakaian ini juga bisa ditemui di berbagai acara formal di Indonesia seperti wisuda dan lamaran. 

Ciri khas dari jenis ini adalah adanya ikat pinggang berupa kain polos yang ditaruh di bagian perut. Kain panjang yang diikat tersebut memiliki warna yang kontras dengan pakaian yang dikenakan. Kemudian, kain panjang tersebut akan diikat dan dililit seperti sebuah pita. 

Selain ikat pinggang, jenis pakaian tradisional ini juga memiliki ciri khas bagian leher dan sedikit bagian dada atas yang didesain agak rendah. Aksen ini akan meninggalkan kesan menarik dan cantik kepada pemakainya.

Pilih bawahan yang senada dengan atasan atau bisa juga dengan memilih bawahan berwarna coklat tua. Warna coklat tua akan memberikan kesan netral pada atasan berwarna apapun.

6. Model kebaya kutubaru modern

kutubaru
hipwee

Kutubaru adalah model kebaya wisuda yang sempat populer beberapa tahun belakangan. Sejatinya, kutubaru merupakan jenis pakaian tradisional yang lama dan kembali muncul ke permukaan. Namun, bentuk yang digunakan kutubaru disesuaikan dengan perkembangan zaman sehingga kesannya akan menjadi modern. 

Pemilihan warna serta motif dari jenis pakaian formal ini memang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Namun, kutubaru harus tetap mempertahankan ciri khas klasik yang melekat. Padukan kutubaru modern dengan bawahan batik yang berwarna gelap seperti coklat dan hitam. Tambahkan dengan berbagai aksesoris pada bagian dada seperti bros agar penampilan semakin cantik. 

7. Model bunga tile 3D

model baju kebaya
hipwee

Bahan tile 3D bisa memberikan efek motif yang lebih timbul dan hidup. Motif yang biasa digunakan biasanya adalah bunga-bunga. Selain membuat penampilan semakin cantik, model kebaya wisuda ini juga akan membuat tubuh menjadi langsing. Model bunga tile 3D biasanya memiliki warna yang soft atau pastel sehingga penampilan akan tampak anggun dan berseri. Gunakan kain batik dengan warna yang sama sebagai bawahan agar matching dengan atasan.

8. Kebaya bordir

model kebaya terbaru
liputan6

Bahan bordir merupakan salah satu model kebaya wisuda berhijab yang terinspirasi dari gaya klasik. Kesan yang akan ditimbulkan dari penggunaan jenis pakaian ini akan memunculkan kesan anggun, klasik, serta menarik pada penggunaannya. Tema yang cocok diusung dari bahan bordir ini adalah berlengan panjang dan tertutup.

Aksen bordir yang menghiasi bagian lengan dan sepanjang tubuh bagian depan ini membuatnya cocok digunakan untuk berbagai acara formal, seperti wisuda dan lamaran. Selain memiliki bordir di bagian depan, jenis ini biasanya juga memiliki bordir pula pada bagian belakang. Selain cocok digunakan untuk wanita berhijab, jenis ini juga cantik digunakan untuk wanita non hijab. 

BACA JUGA: 15 Inspirasi Model Kebaya Brokat Modern Trend Tahun 2021

9. Kebaya transparan

transparan
hipwee

Berikutnya adalah model kebaya wisuda yang transparan. Kain yang biasa digunakan oleh jenis pakaian ini adalah tile dan yang lainnya yang transparan. Bahan yang transparan tersebut kemudian akan ditambahkan beberapa payet serta pernak-pernik lain hingga timbul menjadi suatu motif baru yang cantik serta menarik. Motif dari jenis transparan ini biasanya ada di bagian tertentu seperti sepanjang garis bagian bawah atau garis tangan.

Perlu diingat bahwa bahan yang transparan harus dipadukan dengan dalaman agar tetap tertutup. Ada dua pilihan yang cocok digunakan sebagai penutup bahan yang transparan, yaitu model kemben yang akan menjadikan tubuh bagian atas semakin ramping, dan dalaman manset yang akan memberikan kesan formal tanpa adanya bentuk lekukan tubuh tertentu. Akan tetapi, pemilihan dalaman untuk model transparan ini jangan sampai tabrak warna. Pilih dalaman yang sesuai dengan warna pakaian agar senada dan tidak terlihat aneh ketika dikenakan. 

10. Kebaya dengan aksen ruffle asimetris

ruffle asimetris
naishahijrah

Model baju kebaya dengan aksen ruffle asimetris bisa memberikan tampilan menjadi lebih modern. Selain itu, kenakan jenis ini dengan model peplum asimetris agar semakin modis. Aksen ruffle asimetris ini memiliki garis diagonal pada bagian depan pakaian. Sehingga, cocok untuk dikenakan wanita yang tidak percaya diri dengan perut yang berlemak. Jenis ini bisa menutupi bagian perut yang besar dengan mudah, sehingga tampilan akan tampak lebih langsing. 

Supaya semakin elegan, Sedulur bisa menambahkan aksen payet pada beberapa bagiannya. Tambahkan pula kain ikat batik yang memiliki warna senada agar penampilan menjadi tambah memukau di hari bahagia. 

11. Kebaya beludru panjang minimalis

kebaya modern hijab
bukareview

Jika Sedulur suka penampilan yang minimalis namun tetap ingin terlihat elegan, maka beludru panjang adalah pilihan yang tepat. Kebaya wisuda simpel dan elegan ini terlihat sederhana dan berkelas sekaligus karena bahannya beludru. Untuk menyempurnakan penampilan, sematkan kebaya kartini ini dengan bros favorit agar semakin mewah. Warna yang ditawarkan dari kain bahan beludru ini juga beragam, sehingga Sedulur tidak akan mati gaya ketika menghadiri momen berharga.

12. Kebaya V-Line

V-Line
linetoday

Aksen V-Line merupakan model kebaya wisuda non hijab yang akan memberikan kesan tubuh yang langsing dan cantik. Penampilan akan menjadi semakin menawan jika Sedulur bisa menambahkan aksesoris kalung yang berwarna polos seperti silver dan berbentuk kecil. Gunakan riasan yang sederhana dan tidak bold agar semakin cantik. Tak cuma itu, tambahkan pula hiasan bunga berwarna cerah pada tatanan rambut.

BACA JUGA: 15 Style OOTD Hijab Simple Untuk Hangout yang Elegan

13. Kebaya dress 3D monokrom

3D monokrom
bergaya

Dress 3D monokrom cocok untuk dijadikan model kebaya wisuda yang akan mengubah penampilan menjadi lebih anggun dan soft. Pilih warna-warna pastel agar semakin anggun. Jenis ini cocok digunakan untuk wanita yang kurang suka menggunakan kain lilit atau rok yang membutuhkan waktu lebih. Dengan memadukan warna yang pastel, maka tampilan akan makin cantik.

14. Kebaya srikandi rok duyung

srikandi rok duyung
pinterest

Selanjutnya adalah kebaya modern hijab dengan model srikandi dan rok duyung. Jenis ini cocok untuk dipakai pada hari bahagia jika ingin terlihat lebih singset dan langsing. Srikandi rok duyung akan menampilkan siluet tubuh yang terlihat lebih langsing karena adanya detail yang terletak pada area pinggang serta bagian belakang yang bentuknya memanjang. Tampilan akan menjadi lebih mempesona dengan ini. 

Untuk bawahannya, Sedulur bisa memilih rok bermotif batik yang bahannya semi sutra. Rok tersebut akan membuat tampilan bak putri duyung yang cantik dan anggun, namun tetap nyaman untuk bergerak dan digunakan. Bagian pinggang roknya bisa dipilih yang berbahan karet sehingga tidak terasa sesak. 

15. Kebaya lengan mekar

lengan mekar
wikipie

Lengan yang berbentuk mekar akan membuat penampilan berbeda dengan lainnya. Model kebaya wisuda yang satu ini akan semakin cocok digunakan jika dipadukan dengan rok belahan tinggi sampai ke paha. Kesan yang akan diberikan adalah cantik sekaligus modern. Agar lebih maksimal, gunakan aksesoris kalung yang kecil supaya semakin cantik. 

16. Kebaya bordir jom-jom

bordir jom-jom
pinterest

Bahan berbordir jom-jom akan membuat penampilan semakin modis dan tetap elegan ketika dikenakan di acara-acara penting. Pilihan model kebaya wisuda yang satu ini menggunakan modifikasi model encim yang membuatnya menjadi panjang, sehingga, lekuk tubuh akan tersamarkan dengan bagus. Gunakan bordir kecil yang terletak pada lengan atau tangan agar tampilan semakin elegan. Penampilan juga akan semakin maksimal dengan adanya rok bordir dengan warna yang senada. 

BACA JUGA: Kenali 5 Macam Pakaian Adat Bali, Ciri, dan Filosofinya

17. Brokat berkerah tinggi

kerah tinggi
shopee

Apabila ingin tampilan yang menawan sekaligus light, kenakan model kebaya wisuda dengan brokat berkerah tinggi yang didesain unik. Sekilas, jenis ini tampak memiliki model yang sabrina. Padahal, sebenarnya jenis ini memiliki kerah yang tinggi atau turtleneck. Kerah itulah yang membuat penampilan semakin unik dan tidak monoton.

Bahan tulle polos digunakan untuk menutupi bagian dada dan akan menyambung kembali dengan aksen brokat yang digunakan untuk menutupi leher. Lekuk tubuh akan semakin terlihat langsing dan cantik. Brokat kerah tinggi cocok untuk digunakan Sedulur yang memiliki pinggul besar karena hal tersebut akan tertutup dengan panjang kebaya.  Untuk bawahannya, inovasikan dengan kain yang motifnya bernuansa cerah seperti bunga atau daun. 

18. Kebaya bordir

bordir
pinterest

Inspirasi model kebaya wisuda ini adalah dari gaya klasik. Sehingga, pemakainya akan terlihat menarik serta anggun. Selain itu, pemilihan lengan yang panjang akan membuat penampilan semakin anggun sekaligus sopan. Tambahkan dengan beberapa aksesoris agar semakin menarik.

19. Kebaya off-shoulder

off-shoulder
hipwee

Jenis off-shoulder merupakan salah satu rekomendasi model kebaya wisuda kristen yang memiliki kesan glamor sekaligus anggun. Jenis ini cocok digunakan untuk perempuan bertubuh mungil dan bahunya tidak terlalu besar. Padukan dengan bawahan kain batik dengan model mermaid agar lebih serasi dan cantik. 

BACA JUGA: Nama Pakaian Adat Jawa Timur dan Keunikannya, Sudah Tahu?

20. Kebaya bahan organza

organza
idntimes

Rekomendasi model kebaya untuk wisuda yang terakhir adalah berbahan organza dan ditambahkan oleh ornamen payet. Pilih warna yang pastel agar semakin anggun dan mewah. Jangan lupa untuk memakai aksesoris seperti kalung yang senada agar semakin menawan.

Itu dia inspirasi model kebaya terbaru yang akan menunjang penampilan menjadi menarik dan sempurna. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan bentuk tubuh agar cocok untuk dikenakan. Semoga bermanfaat!