rambut pendek pria

Belakangan ini, model rambut pendek pria lebih diminati dan mempunyai lebih banyak variasi. Tampaknya, era potongan rambut pendek dan agak berantakan baru saja dimulai. Meskipun begitu, model cepak dan rapi juga tidak kalah menarik untuk dicoba, lho.

Jadi bagi Sedulur yang ingin tetap mengikuti perkembangan atau trend, segera pangkas rambut ketika sudah agak panjang. Cobalah untuk memilih sesuatu yang baru dan belum pernah dicoba sebelumnya. Buatlah setiap orang yang menatap Sedulur terpukau dengan model rambut yang baru.

Terlebih lagi, potongan rambut pria itu umumnya tidak memerlukan perawatan yang merepotkan. Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari referensi terkait rambut pendek pria, maka simak beberapa model rambut yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 13 Model Rambut Undercut Pria Terbaru 2022, Kekinian & Stylish

1. French crop

rambut pendek pria
Hairmanz

Bagi Sedulur yang mempunyai rambut dengan tekstur halus, model rambut yang satu ini terasa sangat ideal. Berbeda dengan pria dengan rambut kasar, french crop jika diterapkan pada rambut halus akan mendapatkan bagian atas yang terlihat sempurna.

Model rambut yang satu ini, dibuat dengan menjaga agar ujung-ujungnya lebih kencang dan rapat. Sehingga memberikan penampilan rambut yang dipotong lurus, namun dengan sedikit volume pada bagian atas.

Model rambut french crop ini memang telah menjadi trend beberapa tahun belakangan, dan tetap cocok bagi Sedulur yang baru ingin mencobanya sekarang. Kesannya yang fresh dan bersih, membuat banyak pria menyukainya.

2. Undercut

rambut pendek pria
Hairmanz

Walaupun belakangan ini banyak bermunculan model-model rambut pria yang bervariasi, namun gaya rambut undercut masih menjadi andalan bagi banyak pria, lho. Sebenarnya, undercut sendiri merupakan teknik pemotongan rambut untuk memberikan dimensi tipis di bagian samping.

Kemudian bagian bawahnya dicukur pendek, dan bagian atas yang dibiarkan tebal. Maka dari itu, model rambut yang satu ini dapat diaplikasikan di berbagai model rambut, termasuk pada pria yang ingin gaya rambut cepak alias pendek.

Salah satu variasi undercut yang cocok untuk rambut pendek adalah fade bald. Fade bald ini termasuk gaya rambut pendek pria sesuai bentuk wajah bulat, karena mampu memberi dimensi panjang pada proporsi wajah.

3. Pompadour

rambut pendek pria
Men’s Hairstyle Today

Sedulur ingin rambut pendek pria rapi dan maskulin? Coba saja gaya rambut pompadour. Untuk gaya rambut yang satu ini, cenderung cocok bagi Sedulur yang mempunyai bentuk wajah oval. Seperti yang diketahui, gaya rambut ini memang sudah tidak banyak digunakan.

Meskipun begitu, beberapa pria yang biasa menggunakan pomade masih tetap terlihat kekinian dengan gaya rambut pompoadour. Sedulur hanya perlu mengaplikasikan pomade lalu menyisir rambut ke arah belakang, maka tampilan maskulin sudah bisa diperlihatkan.

Terlebih lagi jika Sedulur memiliki jenggot, dijamin mode rambut ini akan terlihat sangat cocok dan kesan “macho” akan semakin terlihat. Namun jangan lupa untuk terus merapikan rambut secara rutin, agar model rambut tidak terlihat rusak.

4. Buzz cut

rambut pendek pria
Hairmanz

Hingga saat ini, gaya rambut pria pendek rapi seperti buzz cut masih menjadi favorit oleh banyak pria. Model ini mempunyai ciri khas rambut yang terbilang tipis, dan cenderung menunjukkan sisi rapi dan bersih dari seorang pria.

Nama dari buzz cut sendiri diambil dari tekniknya, yang menghabiskan seluruh bagian rambut dan hanya menyisakan satu atau dua sentimeter saja. Bahkan, umumnya barber tidak menggunakan attachment pada clipper ketika mencukur rambut, sehingga hasilnya rambut benar-benar pendek.

Untuk perawatannya juga sangat mudah dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama, karena Sedulur juga tidak perlu menyisir rambut. Jadi Sedulur bisa lebih fokus pada perawatan kulit kepala saja untuk memastikannya agar tetap sehat.

5. Crop cut

rambut pendek pria
Minimalis

Beberapa eksperimen rambut belakangan ini nampaknya cukup berhasil, Jika Sedulur gemar bereksperimen pada rambut pula, cobalah model rambut yang satu ini. Model crop cut sebenarnya adalah perpaduan antara potongan undercut dengan model rambut bowl cut.

Potongan poni dibuat seperti mangkuk, dan sisi bagian samping ke bawah benar-benar akan dipangkas. Jadi rambut yang tersisa hanya pada bagian atasnya saja. Nah, bagian atas tersebut dibuat sedikit lebih panjang, sehingga terlihat cukup unik.

Nantinya, Sedulur dapat menata rambut bagian atas dengan menyisirnya ke arah depan. Untuk menjaga bentuknya tetap sempurna sepanjang hari, Sedulur juga bisa menggunakan bantuan wax atau gel rambut yang sifatnya soft.

6. High and tight cut

rambut pendek pria
Hairmanz

Dapat dikatakan jika high and tight cut merupakan gaya rambut ala-ala militer yang belakangan banyak digemari. Ya, model rambut ini memang populer di kalangan Angkatan Laut Amerika, dan terkadang mereka menyebutnya dengan potongan high regulation.

Untuk potongan yang satu ini, Sedulur bisa memangkas bagian belakang serta samping dengan sangat rapi bahkan hampir habis. High and tight cut juga menjadi rekomendasi rambut pendek pria ikal terbaik, karena akan menimbulkan kesan yang rapi.

Bagi Sedulur yang mempunyai rambut ikal, kering, dan susah diatur, model rambut ini juga bisa menjadi jalan keluar untuk menyiasatinya. Sedulur juga tidak perlu repot menggunakan bantuan gel atau wax, karena model ini lebih mengutamakan sisi natural.

7. Korean low fade

rambut pendek pria
Fason Kaynak

Model rambut pendek pria korean low fade mulai populer sejak awal kemunculannya di K-Pop dan K-Drama. Korean low fade bisa menjadi opsi terbaik bagi Sedulur yang mengininkan potong rambut pendek yang terkesan muda dan segar.

Bagi Sedulur yang mempunyai wajah oval, juga tak perlu ragu untuk mencoba model rambut yang satu ini. Bahkan, model rambut ini sangat baik bagi pria dengan dahi lebar, karena ada poni yang akan menutupinya.

Selain itu, Sedulur juga bisa mengaplikasikan beberapa warna rambut yang soft seperti blonde, cokelat, atau abu-abu. Pada intinya, jika Sedulur menginginkan kesan awet muda dan terlihat lebih manis, jangan ragu untuk mencoba gaya rambut ala Korea ini, ya.

8. Short and spiky

rambut pendek pria
Hairmanz

Short and spiky menjadi model rambut pria yang sangat populer dan tak pernah lekang oleh waktu. Walaupun sudah dikenal lama, tapi potongan rambut ini juga tetap dianggap trendy dan sampai saat ini peminatnya pun masih banyak.

Gaya rambut pria ini mempunyai ciri khas dengan potongan rambut bagian atas yang terlihat berdiri meruncing, namun rambut bagian samping dibuat tipis. Sehingga Sedulur akan mendapatkan kesan jenjang di wajah.

Walaupun tampilan rambut jadi terkesan berantakan, namun Sedulur dapat menatanya dengan bantuan pomade, hair spray, atau gel.

9. Layered undercut

rambut pendek pria
Hairmanz

Sadar atau tidak, layered undercut menjadi salah satu model rambut pendek pria Indonesia yang sampai saat ini banyak dimintai. Model rambut yang satu ini, akan memberikan potongan berlapis yang terkesan keren dan juga trendy.

Alhasil, Sedulur akan mendapatkan sentuhan akhir yang terasa lebih bervolume. Akan tetapi, Model rambut ini membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Karena rambut pria mudah panjang, maka harus rutin dirapikan paling tidak dalam kurun waktu empat minggu sekali.

Hal ini dilakukan agar rambut tetap rapi dan tidak terlihat rusak. Jadi pastikan jangan lupa untuk selalu merapikannya agar tidak mengganggu penampilan.

BACA JUGA: 13 Model Rambut Buzz Cut, Tampil Simple dan Maskulin

10. Crew cut

Hairmanz

Jika Sedulur termasuk orang yang tidak suka ribet menata rambut namun ingin gaya rambut yang kekinian, maka bisa mencoba model rambut crew cut. Model rambut ini, tidak membutuhkan waktu lama untuk menatanya.

Nah, sejauh ini dikenal ada dua jenis crew cut, yaitu versi Eropa dan versi Amerika. Untuk versi Eropa, terkenal dengan keseragaman panjang rambut di seluruh bagian, dan panjang rambut tidak akan lebih dari 1,5 sentimeter.

Kemudian untuk crew cut ala Amerika, umumnya hanya rambut bagian samping dan belakang saja yang lebih tipis. Sementara bagian atasnya dibiarkan memanjang sampai kurang lebih 2 sentimeter. Jadi bagi Sedulur yang ingin sedikit volume di kepala, dapat memilih gaya crew cut ala Amerika.

11. Short comb hair cut

Hairmanz

Ya, bisa dibilang jika short comb hair cut menjadi salah satu model rambut pria yang terasa sangat klasik. Bagaimana tidak, gaya rambut ini sudah menjadi trend sejak awal tahun 2000-an, dan hingga saat ini masih banyak pria yang menyukainya.

Tidak heran, kepopuleran dari short comb hair cut ini dikarenakan potongan rambut tersebut cocok untuk semua bentuk wajah. Selain itu, gaya rambut pria yang satu ini juga tidak sulit untuk ditata, kok. Jadi tampilan pria akan tetap terlihat rapi dalam waktu lama, tanpa perlu seringkali menata rambut.

Gaya rambut ini akan membuat rambut di sisi kiri dan kanan sedikit lebih pendek. Kemudian Sedulur hanya perlu menyisir bagian yang paling panjang ke arah yang diinginkan tanpa menggunakan bantuan gel atau wax apapun.

12. Curtain cut

Saintif

Bagi Sedulur yang besar di tahun 90an, tentunya sudah tidak asing lagi dengan model rambut yang satu ini kan? Ya, ada banyak pesohor pada masa itu yang kerap kali tampil dengan gaya rambut belah tengah alias curtain cut.

Akan tetapi, Sedulur perlu memanjangkan rambut dulu agar mendapatkan poni yang terkesan seperti tirai. Untuk panjangnya rambut sendiri, sebenarnya bisa disesuaikan dengan keinginan dan juga kenyamanan Sedulur sendiri.

Nah, setelah itu rambut baru bisa dibentuk dengan merapikan sisi samping rambut. Untuk bagian jambang juga perlu dicukur agar terlihat tetap rapi dan stylish.

13. Bald fade

Minimalis

Apa Sedulur merasa bingung karena ada bagian di samping kepala yang mulai botak? Tidak perlu bersedih, karena gaya rambut bald fade ini dapat membantu Sedulur untuk menjadi solusi dalam menangani hal tersebut.

Bald fade sendiri dibuat dengan salah satu sisi kepala memiliki jumlah rambut lebih sedikit, karena akan dipotong sangat pendek. Nah, untuk bagian atas dan sisi yang satunya, akan dibuat lebih panjang untuk menampilkan kesan yang lebih stylish.

Dengan ini, maka Sedulur bisa melihat kontras yang terasa sangat dramatis dari sisi tengah menuju bagian samping kepala. Meski cukup jarang pria yang menggunakan gaya ini, namun bald fade masih sering digunakan oleh beberapa kalangan.

14. Hard part hair cut

Minimalis

Bagi Sedulur yang tidak suka dengan model rambut terlalu panjang karena mudah merasa gerah, maka hard part hair cut dapat menjadi solusi yang paling tepat, lho. Ini adalah gaya rambut pria rapi yang sedang menjadi trend, terutama bagi orang-orang barat.

Bahkan jika Sedulur sudah mempunyai bagian kepala yang agak botak, gaya rambut yang satu ini sangat cocok digunakan untuk menyamarkan bagian yang telah tidak ditumbuhi rambut tersebut.

Ya, gaya rambut ini memang bisa saja terlihat terlalu pendek karena memotong habis rambut di bagian samping dan belakang kepala. Akan tetapi, bagian tengah atau atas yang dibiarkan panjang, akan membuat penampilan tetap keren.

15. Asian man bun

Style Easily

Sedulur memiliki rambut yang sedikit panjang dan membuatnya terlihat stylish? Mungkin gaya Asian man bun dapat menjadi jawaban yang tepat. Seperti yang telah diketahui, jika orang Asia kebanyakan mempunyai rambut hitam yang lurus.

Nah, karena itulah, terkadang banyak laki-laki Asia yang bingung untuk menentukan gaya rambut yang paling tepat. Jika Sedulur merupakan salah satunya, tidak usah bersedih. Langsung saja coba model rambut pria yang satu ini.

Selain dapat membuat tampilan Sedulur tampak keren dan stylish, gaya rambut ini juga bisa membuat Sedulur tetap mempertahankan panjang rambut yang diinginkan. Jadi potongan ini sangat cocok bagi Sedulur tidak suka dengan rambut yang terlalu pendek.

16. Shadow Perm

Gatsby

Kembali lagi ke model rambut ala Korea, kali ini ada shadow perm. Model rambut ini mulai populer sejak kemunculan di K-drama Goblin. Dalam drama tersebut, pemeran Lee Dong Wook menggunakan mode rambut shadow perm.

Shadow perm ini sangat cocok untuk rambut ikal yang membuatnya tampak halus, bervolume, dan juga mendukung penampilan yang rapi.

Gaya rambut ini lebih menekankan pada volume alami dari ikal-ikal rambut, kemudian rambut bagian samping dan belakang dipangkas pendek sampai telinga tidak tertutupi. Umumnya, model rambut ini juga menyisakan rambut agak panjang di bagian depan sebagai poni.

17. Preppy hairstyle

Hairfinder

Bagi Sedulur yang mempunyai rambut tipis dan lurus, maka preppy hairstyle bisa menjadi model rambut yang sangat cocok. Sesuai dengan namanya, gaya rambut ini memang khusus dibuat bagi yang suka tampil profesional.

Jadi jika Sedulur sering mengikuti kegiatan seperti meeting dengan klien ataupun pergi ke kantor, bisa mencoba preppy hairstyle. Ya, potongan rambut dibuat sedikit lebih panjang pada bagian atas dan depan agar membentuk poni.

Akan tetapi, poninya pun juga tidak harus Sedulur buat hingga menutup dahi sepenuhnya, kok. Sedulur bisa mengatur panjang poni sesuai keinginan.

18. Disheveled quiff

Men Hairstyles World

Rekomendasi yang terakhir ada disheveled quaff. Berbeda dari model rambut quiff pada umumnya, gaya rambut yang satu ini terkesan lebih santai dan low maintenance. Oleh sebab itu, disheveled quiff juga sering disebut sebagai model rambut untuk pria sporty yang sibuk beraktivitas sehari-hari.

Jadi, Sedulur tidak perlu khawatir jika poni rambut akan menutup dahi dan menghalangi jarak pandang ketika beraktivitas. Buat bagian samping rambut dengan pomade agar lebih rapi. Kemudian , acak sedikit bagian depan dan tata sampai membentuk quiff yang diinginkan.

BACA JUGA: 20 Model Rambut Pompadour Pria Retro Klasik yang Keren

Ya, mungkin hanya itu beberapa model rambut pendek pria keren yang direkomendasikan kali ini. Silahkan pilih mode rambut sesuai dengan keinginan, tekstur rambut, dan juga bentuk wajah, ya.

Jangan lupa untuk selalu merawat rambut dan menjaganya agar tetap dalam model rambut yang sama. Mau tidak mau, setiap pria harus rutin memotong rambut, karena rambut pria memang dikenal cepat panjang.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.