Meski termasuk baju tradisional, terdapat beberapa model batik modern yang bisa digunakan oleh pria atau wanita. Hal ini tentu saja merupakan inovasi. Menggunakan kain batik yang merupakan warisan budaya dunia dari Indonesia, dengan perpaduan model yang modern, membuat kita semakin nyaman dan percaya diri.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi model batik modern yang bisa Sedulur pilih, baik untuk menghadari acara formal, semi-formal, dan non-formal. Seperti apa saja rekomendasinya? Yuk, mari simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 8 Cara Memakai Dasi Berbagai Simpul yang Benar dan Mudah

1. Model batik kerja

batik modern
naishahijrah

Model baju batik atasan wanita lengan panjang modern ini menggunakan gaya pakaian yang tengah populer, lengkap dengan paduan kain batik tradisional. Menggunakan kemeja batik saat bekerja akan memberikan kesan yang elegan dan kasual. Biasanya, di beberapa kantor menerapkan peraturan menggunakan batik setiap minggunya.

-->

Sedulur bisa menggunakan model batik ini saat bekerja. Dibanding kemeja polos pada umumnya, kemeja batik akan memberikan kesan yang tidak kaku dan lebih berwarna, terutama jika motif yang digunakan menarik secara visual.

2. Tunik batik sogan

tokopedia

Model batik modern kombinasi selanjutnya adalah tunik batik sogan. Rekomendasi batik ini bisa Sedulur gunakan sebagai alternatif pengganti gamis batik. Baju batik ini sangat cocok digunakan oleh wanita, terutama yang memiliki gaya muslimah. Baju ini pun sesuai untuk berbagai kegiatan seperti kondangan, pengajian, atau acara keagamaan lainnya.

3. Batik dress kasual

batik modern
shopee

Rekomendasi batik modern selanjutnya adalah batik dress kasual. Model ini sangat simpel, namun memiliki kesan dan nuansa yang kekinian. Jadi, tetap bisa digunakan untuk acara formal maupun non-formal sekalipun. Dengan model yang digunakan, Sedulur yang memiliki tubuh kurus atau gemuk tetap cocok memakai baju batik modern wanita ini.

4. Gaun gamis batik

harapanrakyat

Kali ini adalah gamis batik modern, yang menggunakan kombinasi batik dengan kain biasa. Ukurannya yang sangat lebar membuat Sedulur tidak perlu khawatir soal berat badan saat menggunakan gamis ini. Adanya perpaduan model baju dengan motif batik membuat gamis satu ini bisa digunakan dalam berbagai acara.

Motif batik yang digunakan bisa memberikan kesan unik dan berwarna. Hal tersebut bisa menambah kepercayaan diri ketika menggunakan gaun ini. Ditambah lagi, kesan nasionalisme akan muncul dengan menggunakan batik yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia.

BACA JUGA: 15 Jenis Kain Katun Best Seller, Keunggulan & Karakteristiknya

5. Atasan batik bell-sleeves

batik modern
shopee

Bagi Sedulur yang tidak ingin memakai dress batik modern atau gamis batik, bisa menggunakan model batik ini. Atasan batik bell-sleeves memberikan aksen pada bagian tangan yang mengembang. Cocok bagi Sedulur yang memiliki lengan besar namun tidak ingin terlihat besar.

Sedulur bisa menggunakan batik model ini saat bekerja. Tidak perlu khawatir, baju atasan ini cocok digunakan untuk acara formal, semi-formal, dan non-formal. Terutama bagi Sedulur perempuan, bisa memadukan atasan batik ini dengan pita untuk lebih mempercantik tampilan. Selain itu, cocok juga dipadukan dengan rok sepan berwarna hitam dan sepatu hak tinggi berwarna senada.

6. Mini dress dan kemeja batik pria

idntimes

Model batik ini sangat cocok untuk berbagai acara. Mulai dari acara formal, semi-formal, hingga acara kasual. Selain itu, Sedulur bisa menjadikannya model batik modern couple dipadukan dengan kemeja batik pria. Seperti gambar di atas, pasangan selebritas Ryan Delon dengan Sherena, menggunakan model baju batik couple keluarga modern. Baju tersebut tampak memberikan kesan positif pada kain batik, yang memang merupakan warisan budaya Indonesia.

7. Batik vest

batik modern
berrybenka

Ada juga model baju batik modern wanita yaitu model batik vest. Model ini sangat populer akhir-akhir ini. Jika Sedulur bosan dengan model outer batik yang itu-itu saja, maka gaya pakaian ini patut dicoba. Sedulur bisa memadukan model batik modern ini dengan berbagai macam style, misalnya dress, kaus polos tanpa lengan sebagai inner top, atau kemeja dengan warna yang sesuai. Ada berbagai macam jenis batik vest mulai dari yang panjang hingga pendek. Tinggal pilih sesuai selera.

BACA JUGA: Mengenal Tie Dye, Tren Fashion Populer & Cara Membuatnya

8. Batik modern pria kombinasi

qibulfashion

Berikut ini adalah model batik modern pria yang sangat cocok Sedulur gunakan, baik untuk menghadiri acara formal atau kasual. Batik ini cocok digunakan saat beribadah maupun menghadiri kondangan. Seperti yang bisa Sedulur lihat dalam gambar di atas, model batik ini hanya menggunakan sedikit motif batik.

Dikombinasikan dengan kain biasa, baju ini tetap memberikan nuansa yang elegan. Kesan fashionable pun bisa terlihat saat menggunakannya. Melalui model ini, Sedulur bisa makin tahu bahwa meski batik termasuk kain tradisional, jika dipadukan dengan tepat ternyata mampu menghasilkan pakaian yang ciamik.

9. Kebaya batik klasik

batik modern
orami

Bernuansa klasik, model baju kebaya terbaru ini cocok digunakan oleh para wanita, baik yang bertubuh kurus maupun gemuk sekalipun. Aksen klasik muncul dari penggunaan payet yang dapat memberikan kesan mewah dan mempesona. Sementara itu, paduan rok batik akan memberikan kesan modern tradisional.

Cocok untuk digunakan menghadiri acara resmi seperti wisuda dan pernikahan. Sentuhan model batik klasik dan kain kebaya dengan potongan umum dapat memberikan kesan elegan dan membuat makin percaya diri saat menggunakannya. Namun ingat, model ini biasanya sangat pas dengan ukuran tubuh. Bagi Sedulur yang memiliki kekhawatiran tentang bentuk tubuh, terutama saat memilih pakaian, maka bisa menggunakan rekomendasi model batik yang terakhir.

10. Kebaya batik asimetris

thegorbalsla

Model terakhir adalah batik modern hijab, perpaduan antara kebaya yang berpola asimetris dengan bawahan kain batik berpola unik. Kelebihan dari menggunakan pola asimetris adalah dapat menyamarkan ukuran tubuh Sedulur yang terlihat gemuk. Pola asimetris mampu membuat kesan ukuran tubuh yang proporsional.

Jadi, Sedulur tidak perlu khawatir terlihat gemuk saat menggunakannya. Kebaya batik asimetris cocok digunakan untuk menghadiri kondangan atau acara formal lainnya. Sebaiknya gunakan hijab berwarna senada agar tampilannya makin indah.

Sekian rekomendasi model batik modern yang bisa jadi pilihan Sedulur untuk digunakan saat bekerja atau menghadiri acara formal dan kasual. Jangan lupa untuk memilih kain dan warna batik yang sesuai dengan selera visual Sedulur. Karena percuma jika model baju bagus tetapi motif batik secara visualnya tidak Sedulur sukai.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.