value proposition

Dalam dunia bisnis, value proposition  merupakan elemen penting yang perlu diperhatikan jika ingin produk atau layanannya dipilih oleh para konsumen. Melalui value proposition tentunya akan semakin mudah menunjukkan pada calon pelanggan mengenai kelebihan dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan. 

jadi, secara sederhana  value proposition adalah penjelasan tentang alasan mengapa pelanggan harus memilih menggunakan produk atau layanan yang Sedulur tawarkan. Bagi Sedulur yang ingin tahu lebih tentang apa itu value proposition dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA : Apa itu Hosting: Pengertian, Jenis, Manfaat & Cara Kerjanya

Pengertian

value proposition
Freepik

Mengutip dari laman Investopedia, value proposition adalah sebuah nilai yang sudah dijanjikan perusahaan untuk bisa diterima oleh pelanggan jika mereka ingin membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Hal tersebut dapat dinyatakan dengan kalimat mengajak calon pelanggan untuk ikut serta menggunakan produk ataupun layanannya. Jadi, dalam hal ini, Sedulur harus dapat meyakinkan setiap calon pelanggan agar yakin terhadap porduk yang Sedulur tawarkan.

Sementara itu, menurut CFI,  value proposition adalah salah satu cara yang ampuh untuk bisa meningkatkan penjualan dan juga meningkatkan customer loyalty. Akan tetapi,  pembuatan value proposition ini tidak bisa disamakan dengan ketika membuat tagline. Jika dilihat secara sekilas memang keduanya seakan mirip. Akan tetapi, value proposition dibuat dengan suatu pernyataan yang lebih singkat dan juga jelas terkait manfaat yang bisa diperoleh pelanggan ketika menggunakan produk Sedulur.

Sementara itu, tagline dibuat secara menarik mungkin agar produk Sedulur dapat lebih dikenal secara luas oleh pelanggan. Akan tetapi, biasanya tagline tidak menyampaikan manfaat atas suatu produk secara jelas. Tentunya hal ini berbeda dengan value proposition yang di dalamnya harus ditunjukkan manfaatnya agar pelanggan bisa mencoba produk Sedulur. Untuk itu, salah satu media yang paling tepat untuk menempatkan value proposition adalah halaman beranda website. Mengapa? karena ketika seseorang mengunjungi website, halaman yang pertama kali mereka lihat pasti adalah halaman beranda.

BACA JUGA : Marketing Plan: Pengertian, Unsur, Contoh & Cara Membuatnya

Cara membuat

value proposition
Freepik

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa value proposition adalah pesan singkat yang memiliki isi penjelasan mengapa pelanggan harus menggunakan produk ataupun layanan Sedulur. Jadi, proses pembuatannya juga harus bisa dipikirkan secara matang yang berkaitan dengan pesan apa yang ingin disampaikan agar pelanggan tertarik untuk membeli produk yang Sedulur tawarkan. 

Untuk itu, sebelum kita membahas lebih jauh tentang tahapan dalam pembuatan value proposition, maka harus kita ketahui terlebih dahulu bahwa setidaknya terdapat tiga elemen penting yang harus ada pada setiap value proposition, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Kelebihan produk yang ditawarkan kepada pelanggan.
  • Manfaat yang bisa didapatkan oleh pelanggan ketikan menggunakan produk yang ditawarkan.
  • Alasan kenapa pelanggan harus lebih memilih produk dan apa yang membedakan produk Sedulur beda dari pesaing lainnya.

Ketiga hal ini harus bisa diikutsertakan agar bisa menarik lebih banyak pelanggan. Berikut ini cara membuat value proposition yang perlu Sedulur ketahui.

1. Ketahui dengan jelas visi dan misi perusahaan

Jika Sedulur ingin membuat value proposition yang lebih efektif, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi visi dan misi perusahaan atau bisnis Sedulur.  Dalam hal ini, Sedulur harus lebih memahami dengan pasti apa sebenarnya alasan diberdirikannya perusahaan Sedulur. Setelah itu,  ketahui juga tujuan bisnis Sedulur pada saat ini dan juga di masa depan. Setelah Sedulur dapat menganalisa visi dan misi perusahaan, maka akan lebih mudah bagi Sedulur untuk membuat value proposition yang baik dan sesuai dengan perusahaan Sedulur. 

2. Lakukan riset pada calon pelanggan

Perlu Sedulur pahami bahwa value proposition  adalah salah strategi yang baik untuk menarik calon konsumen dan membuat mereka lebih percaya pada produk Sedulur. Untuk itu, produk yang sudah buat harus sesuai dan diperlukan oleh pelanggan Sedulur.

Agar lebih jelas lagi dalam memahami kemauan konsumen, maka Sedulur harus melakukan riset secara mendalam. Sedulurdapat  melakukan beberapa riset tertentu seperti dengan cara melakukan wawancara atau memberikan survei secara online dan membagikan link survei tersebut pada pelanggan Sedulur. 

3. Menganalisis kompetitor

Selain melakukan riset pada calon pelanggan, Sedulur juga harus melakukan analisa mendalam pada kompetitor untuk membuat value proposition. Setiap bisnis atau usaha pasti tentunya memiliki kompetitor atau pesaing. Tapi, kehadiran mereka tidak boleh membuat Sedulur menjadi takut dan merasa produk Sedulur kalah dalam persaingan di pasar.

Untuk itu, Sedulur harus melakukan riset yang mendalam atas suatu produk dan layanan yang sudah dulu disediakan oleh pihak kompetitor. Setiap bisnis memang pasti memiliki kompetitor. Akan tetapi, bukan berarti Sedulur harus takut dengan mereka dan merasa produk akan gagal dalam bersaing.

Jika sudah memahami apa saja kelebihan dan kekurangan produk kompetitor , maka sudah bisa melakukan strategi pemasaran dalam menentukan USP atau unique selling proposition. Ketika suatu brand mempunyai USP dan value proposition yang baik, maka pelanggan akan lebih tertarik dalam membeli dan mencoba produk dari brand tersebut daripada dari kompetitor.

4. Tunjukkan kemudahan yang akan didapatkan pelanggan

Value proposition yang menarik adalah value proposition yang dapat membuat setiap konsumen atau pelanggan untuk meningkatkan motivasinya dalam mencoba produk yang ditawarkan perusahaan. Oleh karena itu, Sedulur harus bisa mencantumkan apa saja manfaat dan juga kemudahan yang bisa diperoleh oleh pelanggan ketika mereka menggunakannya.

Sebagai contoh, ketika Sedulur memiliki suatu produk pakaian untuk orang dewasa di website, maka Sedulur harus bisa membuat suatu value proposition yang mampu memperlihatkan manfaat yang bisa dirasakan oleh pelanggan ketika menggunakan produk Sedulur. Tak hanya mencantumkan manfaat, Sedulur juga bisa menawarkan beberapa fitur tertentu yang mungkin memang tidak dimiliki oleh kompetitor, seperti misalnya kemudahan dalam penukaran barang jika tidak sesuai ukurannya.

BACA JUGA : Social Media Marketing: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Elemen Penting dari Value Proposition 

value proposition
Freepik

Adapun elemen penting dari value proposition yang perlu Sedulur pahami. 

1. Newness

Element yang satu ini berhubungan dengan pembaharuan yang ditawarkan oleh pihak perusahaan ke pihak pelanggan atau konsumen. Inovasi apa yang mampu membuat produk perusahaan bisa lebih unggul dibandingkan dengan produk lainnya. Biasanya elemen ini berhubungan dengan teknologi, seperti smartphone pertama yang mengusung fitur full touchscreen.

2. Performa

Elemen peforma adalah suatu elemen yang berhubungan dengan kinerja produk Sedulur. Umumnya, produk-produk tersebut adalah produk yang berhubungan dengan teknologi, seperti website, komputer, software ataupun komputer.

3. Customization

Elemen selanjutnya adalah customization. Pada elemen ini berhubungan dengan fleksibilitas. Fleksibilitas dalam hal ini adalah penawaran produk yang hanya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Perusahaan dapat melaksanakan customization dengan cara melakukan riset terhadap keinginan dan aspirasi user mereka.

4. Menyelesaikan masalah

Elemen ini diartikan sebagai suatu nilai pada produk yang benar-benar mampu memberikan ekspektasi yang sesuai dengan kebutuhann konsumen. Jadi, produk atau jasa yang Sedulur tawarkan mampu menyelesaikan masalah yang salam ini dialami oleh pelanggan. Jika produk yang ditawarkan tak bisa memberikan solusi bagi pelanggan, produk tersebut sejatinya bisa dianggap kurang fungsional.

5. Desain

Elemen desain adalah elemen yang sangat penting dan tidak sulit untuk diukur. Desain dalam hal ini berkaitan dengan visualisasi atau pandangan pelanggan pasca mereka melihat suatu bentuk produk. Meskipun sulit untuk diukur, perusahaan perlu merancang desain yang trendy, modern, dan juga fungsional agar pelanggan dapat menggunakannya dengan maksimal.

6. Brand atau status

Elemen value proposition yang selanjutnya adalah brand dan status. Pelanggan akan dapat memperoleh elemen ini saat mereka menggunakan suatu produk yang mampu meningkatkan status sosialnya. Contoh sederhananya adalah ketika menggunakan smartphone dari brand ternama seperti Apple, tas dari brand Gucci, atau mobil dari brand Lamborghini.

7. Harga

Elemen selanjutnya adalah berdasarkan dengan harga produk yang perusahaan tawarkan. Semakin murah suatu harga, maka biasanya akan semakin mampu menarik pasar dan calon pelanggan. Akan tetapi, tidak kemungkinan juga harga yang mahal mampu menarik banyak pelanggan, karena produk dengan harga mahal biasanya memiliki kualitas yang juga tinggi.

8. Aksesibilitas

Aksesibilitas adalah value proposition yang mampu menawarkan kemudahan akses untuk banyak orang. Secara sederhana, produk barang atau jasa yang mampu menjangkau banyak orang, dan tidak terbatas pada wilayah, jenis kelamin maupun umur.

9. Mengurangi risiko

Pelanggan menghargai pengurangan risiko yang ditimbulkan saat membeli produk atau layanan. Contohnya, seperti yang dilakukan Hyundai yang memberikan jaminan jika seorang pelanggan membeli produknya kemudian kehilangan pekerjaannya, maka Hyundai siap membeli kembali produk tersebut.

10. Kenyamanan

Kenyamanan adalah elemen yang berkaitan dengan rasa nyaman pelanggan saat menggunakan suatu produk dan layanan. Membuat suatu produk atau layanan menjadi lebih nyaman atau lebih mudah digunakan dapat menciptakan nilai substansial bagi pelangga. 

BACA JUGA :  Faktur adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Contoh Value Proposition canvas

Value proposition canvas adalah alat yang bisa menggambarkan value proposition sebuah bisnis pada perusahaan dengan lebih jelas. Secara umum, alat ini terdiri dari dua bagian besar.  Yang ertama, bagian customer profile yang bertujuan untuk mendeskripsikan keinginan pelanggan.

Kedua, value map atau value proposition yaitu bagian untuk mendeskripsikan produk atau jasa yang ditawarkan ke customer dan fasilitas yang dapat menguntungkan pelanggan.

Komponen dalam Value Proposition canvas

Sprinthink

Dapat dilihat bahwa value proposition canvas mempunyai komponen-komponen yang berbeda. Berikut adalah penjelasan untuk masing-masing komponen.

1. Customer jobs 

Customer jobs berisi tindakan-tindakan yang dilakukan pelanggan, masalah yang ingin diselesaikan pelanggan, dan kebutuhan yang ingin dipenuhi pelanggan. Secara umum, customer jobs ini terdiri dari keinginan sehari-hari pelanggan dalam aspek sosial, emosional, dan fungsional.

2. Pains

Pains merupakan pengalaman atau hal negatif yang dialami pelanggan ketika melakukan customer jobs.  Hal ini membuat emosi yang negatif dan situasi yang tidak diinginkan oleh pelanggan sehingga mereka ingin mencari solusi.

3. Gains

Gains dapat diartikan sebagai kebalikan dari pains. Oleh karena itu, gains dapat diartikan sebagai keuntungan dan manfaat yang diharapkan customer dalam berbagai aspek.  Kelebihan tersebut dapat pada berasal dari berbagai aspek seperti fungsional, emosional, serta biaya.

4. Products & services

Komponen product & services berisi produk atau jasa yang diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah pelanggan pada customer jobs.

5. Pain relievers

Produk atau jasa dari sebuah bisnis harus bisa menyelesaikan masalah yang sering dialami oleh pelanggan.  Karena itu, bagian pain relievers berisi bagaimana produk atau jasa dapat menyelesaikan atau mengurangi pengalaman negatif pelanggan pada pains.

6. Gain Creators

Sama seperti pain relieversgain creators merupakan jawaban dari hal-hal yang ditulis pada komponen gains sebelumnya. Maka, gain creators dapat diartikan sebagai cara bagaimana produk atau layanan bisa membuat pelanggan diuntungkan.

BACA JUGA : Mengenal Bisnis Ritel Serta Jenis, Karakteristik & Cara Kerjanya

Contoh hasil Value Proposition

Freepik

Sudah mantap untuk membuatnya tapi masih membutuhkan insight tambahan? Berikut ini adalah beberapa value proposition yang dapat Sedulur jadikan referensi. 

1. Harga Terbaik

Jika memang bisnis Sedulur berorientasi pada harga terjangkau karena berhasil menekan biaya produksi, harga terbaik atau terjangkau bisa menjadi proposisi nilai untuk bisnis Sedulur. Dengan nilai ini, target pasar menengah ke bawah yang lebih sensitif terhadap harga pasar dapat dirangkul dengan maksimal.

2. Garansi Asli

Keberanian mengklaim garansi keaslian menunjukkan bahwa bisnis Sedulur mementingkan kualitas produk untuk jaminan kepuasan pelanggan. Jika produk tersebuttermasuk dalam niche kecantikan dan kesehatan, bisa juga mencantumkan label BPOM.

3. Review terpercaya

Sama seperti garansi asli, review terpercaya menunjukkan kualitas brand yang sangat berkualitas. Pelanggan akan yakin untuk bertransaksi dengan brand Sedulur karena faktor social proof ini.

Demikianlah pengertian dari value proposition, cara membuat dan juga elemen yang ada di dalamnya. Semoga artike ini bermanfaat untuk Sedulur yang sedang belajar membuat value proposition ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.