tujuan pkl

Bagi Sedulur yang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tentu tidak asing dengan istilah PKL. Sederhananya, PKL merupakan program di mana para siswa mengikuti praktik kerja di sebuah perusahaan atau instansi. Adapun tujuan PKL secara umum adalah memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengenal dunia kerja dengan menerapkan ilmu yang sudah diperoleh di sekolah.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai PKL beserta tujuan dan manfaat PKL. Berikut informasi selengkapnya yang bisa Sedulur simak.

BACA JUGA: Apa itu Magang: Pengertian, Jangka Waktu & Manfaatnya

Pengertian PKL

tujuan pkl
Freepik

PKL adalah singkatan dari praktik kerja lapangan. Istilah ini juga kerap disandingkan dengan Prakerin atau praktik kerja industri dan juga magang. 

Dihimpun dari berbagai sumber, PKL merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri. Program tersebut dimaksudkan untuk menjembatani keilmuan teoritis dan terapan. Dengan kata lain, melalui program PKL, siswa mendapat kesempatan untuk menerapkan teori yang telah dipelajari di sekolah dalam pekerjaan secara riil.

Selain diikuti oleh siswa sekolah menengah kejuruan (SMK), PKL juga merupakan program yang wajib diikuti oleh para mahasiswa. Umumnya, program PKL dilaksanakan oleh siswa atau mahasiswa pada semester atau tingkat akhir sebagai bekal sebelum terjun ke dunia kerja setelah menyelesaikan masa studi.

Dasar pelaksanaan PKL

tujuan pkl
Freepik

Sebagai salah satu program akademis yang wajib diikuti oleh setiap siswa SMK maupun mahasiswa, penyelenggaraan PKL diatur dalam Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, dan juga Keputusan Menteri sebagai berikut.

  • Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  • Undang- undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  • Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1999 tentang Sistem Pendidikan Tinggi
  • Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 2341U12001 tentang Kurikulum Nasional
  • Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.323/U/1997 tentang  Penyelenggaraan Prakerin SMK

BACA JUGA: Bachelor Degree & Perbedaannya dengan Sarjana di Indonesia

Tujuan PKL

tujuan pkl
Freepik

Sebelumnya telah disinggung bahwa tujuan PKL yang utama adalah menjembatani keilmuan teoritis dan terapan. Oleh karenanya, PKL dianggap memiliki peran penting dalam pengenalan dunia kerja kepada siswa dan mahasiswa terutama terkait penerapan teori yang telah mereka peroleh di kelas. Sementara itu, dapat diuraikan tujuan umum dan tujuan khusus PKL sebagaimana telah dirangkum dari berbagai sumber.

Tujuan umum

  • Tujuan PKL yang pertama adalah menjadi jembatan antara keilmuan teoritis dan terapan.
  • Menghasilkan insan akademis yang dapat menerapkan teori yang telah dipelajari di kelas dalam kepentingan pekerjaan yang sebenarnya.
  • Menghasilkan tenaga kerja dengan keahlian profesional dan memiliki etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan.
  • Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.

Tujuan khusus

  • Tujuan kegiatan PKL adalah untuk melatih siswa berkomunikasi dan berinteraksi secara profesional. Hal ini dimaksudkan agar siswa memiliki kepercayaan diri untuk berkomunikasi secara profesional dalam dunia kerja yang sebenarnya.
  • Tujuan kegiatan PKL berikutnya adalah untuk membentuk etos kerja yang baik bagi siswa dengan mengikuti praktik kerja industri (prakerin).
  • Membina mentalitas dan profesionalitas siswa yang sejalan dengan disiplin keilmuan dari bidang studi atau jurusan yang diambilnya.
  • Selain melatih kemampuan berkomunikasi, tujuan PKL mahasiswa maupun siswa SMK adalah melatih kemampuan manajerial yang penting dikuasai dalam dunia profesional.
  • Membentuk pola pikir yang konstruktif bagi para siswa sebagai bekal untuk menghadapi dunia kerja di masa mendatang.
  • Terakhir, tujuan PKL bagi sekolah yaitu menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dengan dunia usaha atau industri.

BACA JUGA: 15 Pertanyaan Interview Kerja Beserta Cara Menjawabnya

Manfaat PKL

Freepik

Setelah menyimak tujuan PKL, berikut adalah beberapa manfaat dari program PKL yang juga perlu untuk Sedulur ketahui. Manfaat PKL di sini meliputi manfaat untuk siswa maupun mahasiswa, manfaat untuk pihak sekolah atau perguruan tinggi, dan manfaat PKL bagi industri.

1. Memperkenalkan dunia kerja kepada siswa

Manfaat PKL yang pertama yaitu memperkenalkan dunia kerja yang sebenarnya kepada siswa. Meski telah dibekali oleh berbagai teori, pada umumnya siswa tidak memiliki pengalaman secara profesional di dunia kerja. Oleh karenanya, PKL dapat menjadi wadah bagi siswa untuk memperoleh pengalaman terjun langsung ke dunia kerja yang sebenarnya.

2. Mengasah keterampilan

Selain memberikan pengalaman untuk terjun ke dunia kerja secara riil, PKL juga bermanfaat untuk mengasah keterampilan siswa. Terutama keterampilan yang sebelumnya sudah diajarkan di sekolah. 

3. Membentuk pola pikir

Pembentukan pola pikir yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan di lapangan merupakan hal yang penting, terutama bagi mereka yang belum memiliki pengalaman secara profesional, seperti halnya para siswa. Dalam proses kegiatan PKL, siswa akan dihadapkan secara langsung dengan kasus atau masalah yang nyata. Hal ini secara tidak langsung akan membentuk pola pikirnya menjadi terkonstruktif secara baik.

4. Menjalin kerja sama

Berikutnya adalah manfaat PKL untuk siswa maupun sekolah, yaitu menjalin kerja sama dengan perusahaan ataupun instansi yang menjalankan usaha dan industri. Selain dapat menciptakan hubungan baik dalam penyelenggaraan pelatihan kerja, PKL juga dapat membuka peluang tersaringnya tenaga kerja hingga bentuk kerja sama lainnya.

5. Mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam industri

Sementara itu, manfaat PKL bagi industri adalah terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Seperti yang sudah disampaikan, PKL membuka pintu bagi siswa yang selama duduk di bangku sekolah lebih mendapat bekal ilmu teori untuk merasakan langsung dunia kerja yang nyata di samping menerapkan teori-teori yang sudah dipelajarinya.

6. Efisiensi waktu dan tenaga

Terakhir, PKL memiliki manfaat berupa meningkatnya efisiensi waktu dan tenaga dalam kepentingan untuk pendidikan dan pelatihan tenaga kerja. Sehingga, selepas lulus dari bangku sekolah, para siswa telah memiliki pengalaman secara profesional untuk bersaing di dunia kerja yang sebenarnya.

BACA JUGA: Kontraktor: Pengertian, Jenis, Tugas & Tanggung Jawab

Mengenal laporan PKL

Freepik

Setelah menyelesaikan kegiatan PKL, umumnya siswa akan diminta untuk menyusun laporan. Dikutip dari Kata Data, laporan PKL adalah laporan yang disusun sebagai syarat untuk dapat dinyatakan lulus dalam program PKL. Laporan PKL sendiri umumnya berisi laporan yang dilengkapi dengan dokumentasi seperti foto yang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan selama mengikuti program PKL.

Struktur laporan PKL

Struktur atau format laporan PKL di setiap instansi dapat berbeda antara satu dengan lainnya. Namun, secara umum dapat diuraikan struktur laporan PKL adalah sebagai berikut.

  1. Halaman sampul: memuat judul laporan, nama penyusun, serta identitas instansi pendidikan.
  2. Halaman pengesahan: merupakan bagian yang berisi dokumen pengesahan termasuk bukti pengesahan dari pembimbing dan perwakilan perusahaan yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan PKL.
  3. Daftar isi: bagian yang menguraikan daftar bab yang termuat dalam laporan.
  4. Pendahuluan: halaman yang memuat latar belakang pelaksanaan PKL.
  5. Pembahasan atau hasil PKL: berisi laporan mengenai kegiatan yang dilakukan selama PKL.
  6. Penutup: berisi kesimpulan dari kegiatan PKL yang sudah diselesaikan.
  7. Lampiran: memuat data, dokumen, dan foto kegiatan yang mendukung laporan PKL.

Demikian tadi pembahasan mengenai PKL, termasuk pengertian, tujuan, manfaat, hingga apa itu laporan PKL beserta strukturnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.