bachelor degree

Sedulur pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah bachelor degree. Istilah tersebut beberapa kali kita temukan dalam diskusi-diskusi yang berkaitan dengan gelar pendidikan tinggi di universitas. Lantas, apa yang dimaksud dengan istilah gelar tersebut? Berikut ini merupakan ulasan singkat mengenai perbedaan bachelor degree di Indonesia dengan gelar sarjana.

BACA JUGA: Aksara Rekan: Pengertian, Fungsi, Pasangan dan Contohnya

Bachelor degree artinya

bachelor degree
Everypixel

Bachelor degree, atau bachelor’s degree, atau baccalaureate, merupakan sebuah gelar akademik diberikan kepada mereka yang berhasil menempuh pendidikan tinggi dalam kurun waktu tiga sampai enam tahun atau sekitar 120 kredit.

Mengutip dari situs kamus Merriam-Webster, bachelor’s degree merupakan sebuah gelar yang biasanya diberikan kepada mahasiswa oleh kampus atau universitas setelah beberapa waktu memenuhi kuliah.

Program studi yang menawarkan gelar ini sangat beragam. Misalnya, ilmu komputer, ilmu komunikasi, psikologi, manajemen, dan lain-lain. Di Indonesia, gelar bachelor degree adalah s1 atau setara dengan gelar sarjana.

BACA JUGA: Komprehensif adalah Pembahasan yang Bersifat Menyeluruh

Persyaratan bachelor degree

bachelor degree
Depositphotos

Untuk mendaftar program yang memberikan gelar bachelor degree adalah D4, biasanya universitas akan meminta ijazah SMA atau yang setara, mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru, dan sebagian juga meminta surat rekomendasi dari sekolah terdahulunya.

Beberapa program studi, seperti yang berkaitan dengan seni, akan meminta portofolio karya untuk diseleksi terlebih dahulu.

BACA JUGA: Rumus Cepat Rambat Gelombang dengan Soal & Pembahasan

Perbedaan bachelor degree, associate degree, master degree, dan doctoral degree

Depositphotos

Setelah mengetahui bachelor degree adalah gelar untuk jenjang strata 1, pada pembahasan ini Sedulur akan diajak untuk mengetahui perbedaan gelar tersebut dengan gelar-gelar lain. Gelar-gelar lain ini merupakan associate degree, master degree, dan juga doctoral degree.

Berikut adalah penjelasan dari perbedaan di antara gelar-gelar tersebut.

1. Associate degree

Associate degree merupakan salah satu gelar yang biasanya diberikan oleh kampus-kampus tertentu, biasanya yang berfokus pada bidang keilmuan teknik. Mahasiswa yang mengikuti pendidikan tinggi ini biasanya akan melakukan banyak praktik. Magang juga biasanya menjadi syarat kelulusan bagi mahasiswa jurusan kesehatan dan teknik.

Lama studi berkisar antara satu sampai dua tahun, dengan 60 kredit. Untuk mendaftar masuk, calon mahasiswa akan diminta menunjukkan ijazah SMA-nya. Beberapa kampus juga akan melakukan tes masuk terlebih dahulu. Kampus-kampus yang memberikan associate degree bagi mahasiswanya lazim mempersiapkan mereka untuk langsung terjun ke dunia kerja. Di Indonesia, associate degree setara dengan gelar diploma.

Associate degree dibagi menjadi tiga kategori:

  • Associate of Applied Science (AAS)
  • Associate of Arts (AA)
  • Associate of Science (AS)

2. Master degree

Program master degree menggabungkan antara kuliah, proyek, serta berbagai macam riset. Bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar tersebut, ia harus membuat tesis atau proyek lain sesuai dengan ketentuan universitas. Untuk mendaftar, biasanya calon mahasiswa master degree akan diminta ijazah kelulusan dari bachelor degree.

Lama studi biasanya berkisar pada satu sampai dua tahun, dengan 30 kredit. Program master degree biasanya dimanfaatkan beberapa studi sebagai program pendidikan lanjutan. Seperti dokter yang ingin fokus ke spesialis tertentu. Di Indonesia, master degree setara dengan gelar magister atau strata 2.

Master degree dibagi menjadi beberapa kategori:

  • Master of Business Administration (MBA)
  • Master of Education (M.Ed.)
  • Master of Fine Arts (MFA)
  • Master of Laws (LL.M.)
  • Master of Public Administration (MPA)
  • Master of Public Health (MPH)
  • Master of Publishing (M.Pub.)
  • Master of Science (MS)
  • Master of Social Work (MSW)

3. Doctoral degree

Doctoral degree adalah adalah gelar yang didapat oleh seseorang ketika ia berhasil menempuh level pendidikan tertinggi. Biasanya, program doctoral degree berupa kuliah, ujian, penelitian, dan diakhiri dengan disertasi.

Untuk mendaftar, biasanya calon mahasiswa akan diminta ijazah kelulusan dari program master degree. Hampir mirip dengan master degree, seseorang akan membutuhkan gelar ini untuk mendukung progres karirnya. Lama pendidikan berkisar antara dua sampai sepuluh tahun, dengan jumlah kredit yang bervariasi. Di Indonesia, doctoral degree setara dengan gelar doktor atau strata 3.

Doctoral degree dibagi menjadi beberapa kategori:

  • Doctor of Business Administration (DBA)
  • Doctor of Dental Surgery (DDS)
  • Doctor of Education (Ed.D.)
  • Doctor of Medicine (MD)
  • Doctor of Pharmacy (Pharm.D.)
  • Doctor of Philosophy (Ph.D.)
  • Doctor of Psychology (Psy.D.)
  • Juris Doctor (JD)

BACA JUGA: Cara Menulis Daftar Pustaka Jurnal yang Benar Secara Otomatis

Jenis-jenis bachelor degree yang paling umum

Depositphotos

Dalam pendidikan tinggi, biasanya gelar-gelar akan dibagi menjadi empat seperti yang telah disinggung sebelumnya di atas. Terdapat associate degree, bachelor degree, master degree, dan juga doctoral degree.

Dalam kasus bachelor degree adalah D3, terdapat tiga jenis gelar yang paling umum kita jumpai di luar sana. Jenis-jenis tersebut meliputi Bachelor of Arts, Bachelor of Science, Bachelor of Fine Arts.

BACA JUGA: Pengertian Self Efficacy Beserta Ciri dan Cara Membangunnya

1. Bachelor of Arts

Bachelor of Arts, atau yang biasa disingkat dengan BA degree, adalah salah satu gelar pendidikan tinggi sarjana yang paling umum dibandingkan beberapa gelar lainnya. Biasanya gelar ini didapatkan oleh mahasiswa yang program studinya juga termasuk ke dalam golongan umum. Gelar ini mayoritas akan diberikan kepada mereka yang telah selesai menempuh pendidikan dengan keilmuan dalam komunikasi, pendidikan, bahasa Inggris, bahasa asing, filosofi, psikologi, dan juga sosiologi.

2. Bachelor of Science

Bachelor of Science, atau yang biasa disingkat dengan BS degree, adalah salah satu gelar pendidikan tinggi sarjana yang juga umum diberikan kepada mahasiswa. Biasanya gelar ini didapatkan oleh mahasiswa yang program studinya juga termasuk ke dalam golongan khusus. Gelar ini mayoritas akan diberikan kepada mereka yang telah selesai menempuh pendidikan dengan keilmuan dalam biologi, bisnis, kimia, ilmu komputer, teknik, matematika, perawatan, dan juga fisika.

3. Bachelor of Fine Arts

Bachelor of Fine Arts, atau yang biasa disingkat dengan BFA degree, adalah salah satu gelar pendidikan tinggi sarjana yang diberikan kepada mahasiswa jurusan seni. Biasanya gelar ini didapatkan oleh mahasiswa yang program studinya juga termasuk ke dalam golongan khusus, terutama yang berkaitan dengan kesenian. Gelar ini mayoritas akan diberikan kepada mereka yang telah selesai menempuh pendidikan dengan keilmuan dalam penulisan kreatif, film dan fotografi, musik, teater dan dansa, serta seni visual.

Sedulur, di atas merupakan ulasan singkat mengenai bachelor degree serta perbedaannya dengan gelar yang biasa diperoleh mahasiswa Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan umum Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.