pertanyaan interview kerja

Umumnya pertanyaan interview kerja yang diajukan oleh HRD dalam dunia kerja tidak jauh dari pengetahuan bidang pekerjaan, keinginan calon pegawai, dan bagaimana kultur kerja yang biasa dilakukan. Meski sangat ‘biasa’, Sedulur tetap harus tahu apa saja tujuan dari setiap pertanyaan yang ditanyakan tersebut.

Hal ini tidak lepas dari mengetahui tujuan dari pertanyaan HRD, Sedulur bisa mengetahui jawaban sebenarnya yang membantu ketika dalam lingkungan kerja di perusahaan. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa pertanyaan saat interview kerja yang sering muncul. Namun sebelum itu, Sedulur harus mengetahui tujuan dari interview kerja untuk apa.

BACA JUGA: 12 Cara Perkenalan Diri Saat Interview Beserta Contohnya

Tujuan interview kerja

pertanyaan interview kerja
Pexels

Interview kerja adalah metede penting dalam proses rekrutmen dan seleksi calon karyawan. Bagi perusahaan atau startup, interview kerja bertujuan untuk menemukan karyawan yang cocok dengan pekerjaan. Serta menemukan kecocokan antara karakter pelamar serta karakter perusahaan itu sendiri.

Sederhananya, interview kerja bertujuan untuk mengenal calon karyawan agar tidak salah mengambil karyawan dan tidak menyebabkan hal-hal yang membahayakan perusahaan itu sendiri. Karena tujuan perusahaan mencari karyawan adalah untuk meningkatkan perkembangan perusahaan itu sendiri.

Lantas apa saja pertanyaan yang sering muncul saat Sedulur melakukan interview kerja? Yuk, mari langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Pertanyaan yang sering muncul

Super telah melansir beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan atau sering ditanyakan oleh HRD kepada setiap pelamar atau calon karyawan. Sedulur wajib mengetahui beberapa bocoran pertanyaan di bawah ini. Tujuannya agar Sedulur bisa lebih siap saat ditanya dan menjawab dengan tepat.

Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak daftar pertanyaannya di bawah ini:

1. Ceritakan tentang dirimu

pertanyaan interview kerja
Pexels

Seringkali dilontarkan sebagai pertanyaan pembuka oleh HRD kepada calon karyawannya. Jika melihat pertanyaannya, tentu Sedulur merasa mudah dan bisa menjawabnya. Namun hati-hati, pertanyaan ini merupakan pertanyaan menjebak. Tujuan dari bertanya adalah untuk mengetahui sejauh mana kita mengenal diri kita sendiri.

Dari setiap pertanyaan yang kita jawab, HRD akan menilai kepribadian, karakter, dan pola pikir kita sebagai calon karyawan. Tips untuk menjawab pertanyaan ini bisa dimulai dengan mengucapkan salam, mengenalkan diri kemudian memberikan jawaban singkat, lengkap dan tegas. Ceritakan juga pengalaman dan capaian yang berhasil didapatkan.

2. Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan?

pertanyaan interview kerja
Pexels

Ketika Sedulur memasukkan lamaran ke perusahaan tersebut, tentu salah satu motivasinya yaitu Sedulur menginginkan kerja di tempat tersebut. Selain juga Sedulur membutuhkan pekerjaan, dan tempat bekerja dan posisi pekerjaan juga turut mempengaruhi keputusan Sedulur.

Sedulur pasti telah melakukan riset terlebih dahulu terkait perusahaan yang Sedulur lamar. Ceritakan segala hal yang Sedulur ketahui tentang perusahaan, sampaikan juga kelebihan dari perusahaan yang membuat Sedulur merasa ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Beberapa poin penting yang harus disampaikan saat menjawab pertanyaan ini adalah capaian perusahaan, prestasi perusahaan, budaya kerja dan potensi perusahaan di masa depan berdasarkan pengetahuan Sedulur.

3. Apa kelebihan kamu?

pertanyaan interview kerja
Pexels

Menjawab pertanyaan ini sama dengan menjawab pertanyaan pertama. Sedulur harus mengetahui apa yang menjadi kelebihan Sedulur dan pastikan kelebihan tersebut merupakan kekuatan yang Sedulur miliki. Jangan berbohong atau mengada-ada. Jelaskan kelebihan yang Sedulur miliki yang berkaitan dan relevan dengan posisi yang Sedulur lamar.

Salah satu kelebihan yang bisa kamu sebutkan atau harus kalian miliki adalah sifat leadership. Leadership mengartikan bahwa kalian mengantongi kemampuan seseorang untuk mempengaruhi,  memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu.

4. Apa kekurangan kamu?

pertanyaan interview kerja
Pexels

Pertanyaan terkait apa kekurangan merupakan pertanyaan interview kerja fresh graduate yang membingungkan untuk dijawab.  Melalui jawaban ini, HRD akan mengetahui sejauh apa kemampuan kita. Jawaban ini tentu harus Sedulur jawab dengan jujur, karena setiap kekurangan bisa diperbaikan.

Jawaban interview kerja untuk pertanyaan ini yaitu dengan memberi tahu kekurangan seperti pelupa, ceroboh dan lain sebagainya. Jika Sedulur menjawab pertanyaan ini dengan jujur dan tegas, serta berkomitmen untuk memperbaiki setiap kekurangannya, hal ini bisa jadi pertimbangan penting untuk kamu diterima kerja.

5. Mengapa tertarik ke perusahaan ini?

pertanyaan interview kerja
Pexels

Pertanyaan interview kerja dan jawabannya ini sangat umum ditanyakan. Karena, HRD sangat tertarik motivasi setiap pekerja memilih perusahaannya. Selain itu, HRD juga ingin mengetahui dan mengukur sejauh mana motivasi pelamar kerja. Tips untuk menjawab ini, jangan sekalipun membahas terkait besaran gaji dan jangan menjadikan gaji sebagai pertimbangan.

Karena dengan menjadikan gaji sebagai pertimbangan merupakan penilaian buruk. Sedulur akan dianggap sebagai orang yang tidak loyal terhadap perusahaan. Baiknya Sedulur menjawab yang berkaitan dengan bisnis perusahaan yang Sedulur anggap potensial. Serta kertakaitan dengan kemampuan Sedulur itu sendiri.

6. Mengapa tertarik dengan posisi ini?

pertanyaan interview kerja
Pexels

Pertanyaan interview kerja fresh graduate dan jawabannya ini sangat berkaitan dengan personal diri dan kemampuan yang Sedulur miliki. Jika pengalaman Sedulur ada di posisi yang sama dengan yang Sedulur lamar, tentu hal tersebut merupakan kelebihan dan bisa menunjukan keseriusan Sedulur.

Namun, jika posisi yang dilamar merupakan posisi baru, Sedulur harus menjelaskan dan meyakinkan bagaimana posisi baru tersebut cocok dengan Sedulur dan Sedulur sangat mampu untuk mengerjakannya dengan baik.

7. Kontribusi apa yang bisa dierikan untuk perusahaan?

pertanyaan interview kerja
Pexels

Pertanyaan interview kerja ini wajib Sedulur jawab dengan kemampuan yang Sedulur miliki. Sedulur bisa menceritakan pengalaman di tempat lama bekerja dan ceritakan pencapaian serta prestasi-prestasi yang telah diraih sebelumnya untuk meyakinkan HRD.

Jika Sedulur belum memiliki pengalaman kerja, baru lulus sekolah atau kuliah, maka Sedulur bisa menceritakan pengalaman kamu di organisasi dan ceritakan kesanggupan bahwa kamu siap bersedia belajar dari awal apabila diterima di perusahaan tersebut.

8. Apa yang membuat kamu berhenti di perusahaan sebelumnya?

pertanyaan interview kerja
Pexels

Jika Sedulur sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, hindari kalimat-kalimat yang membicarakan keburukan perusahaan sebelumnya. Jika Sedulur memiliki masalah pribadi dengan perusahaan sebelumnya, sebaiknya tidak perlu diceritakan kepada HRD.

Sampaikan alasan-alasan yang logis, seperti ingin meningkatkan kemampuan di perusahaan baru, lalu sekarang serta ceritakan ketertarikan Sedulur mengenai hal-hal yang tidak bisa dipenuhi di perusahaan sebelumnya, namun dimiliki oleh perusahaan yang saat ini kamu lamar.

Biasanya pertanyaan interview kerja bahasa Inggris ini seperti why you quit in work before? Karena pertanyaan interview user selalu beragam dan berbeda-beda.

9. Apa rencana dalam lima tahun ke depan?

pertanyaan interview kerja
Pexels

Biasanya perusahaan juga ingin mengetahui rencana Sedulur ke depannya. Biasnya dalam itungan lima tahun ke depan. Untuk menjawab pertanyaan ini, Sedulur bisa mengaitkan dengan pengalaman, kemampuan, motivasi dan hal-hal yang Sedulur ingin dapatkan di perusahaan.

Sedulur juga wajib mengaitkan pertimbangan kebijakan perusahaan dan menyampaikan achievment yang ingin Sedulur berikan bagi perusahaan dalam lima tahun ke depan.

10. Berapa gaji yang kamu inginkan?

pertanyaan interview kerja
Pexels

Pertanyaan interview kerja ini terkadang akan membingungkan bagi lulusan baru (fresh graduate). Sebelum Sedulur hadir untuk interview dengan HRD, sebaiknya Sedulur riset terlebih dahulu mengenai rentang gaji dengan posisi yang dilamar. Sedulur bisa membaca di website-website mengenai kisaran gaji maupun bertanya dengan rekan kerja yang lain.

Apabila Sedulur memiliki beberapa keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan, maka jangan ragu untuk menceritakannya kepada HRD supaya HRD tertarik untuk menerima lamaran pekerjaanmu dan memungkinkan gaji yang akan kamu dapatkan semakin besar. Pastikan bahwa kamu orang yang terbuka, mau diajak diskusi termasuk diskusi negosiasi mengenai gaji.

11. Apa kontribusi yang bisa diberikan untuk perusahaan?

pertanyaan interview kerja
Pexels

Pertanyaan interview kerja ini juga umum ditanyakan, Sedulur bisa menjawab dengan pengalaman dan kemampuan yang Sedulur miliki. Ceritakan berbagai pengalaman di pekerjaan yang lama dan ceritakan pula apa saja prestasi dan pencapaian yang berhasil diraih sebelumnya agar HRD atau user bisa yakin dengan kemampuan Sedulur.

Jika belum pernah bekerja sebelumnya atau baru lulus kuliah, Sedulur bisa menceritakan pengalaman yang dimiliki ketika sedang berada di sebuah organisasi. Ceritakan pula kesanggupan bahwa siap bersedia untuk belajar dari awal jika diterima di perusahaan yang bersangkutan.

Setelah menceritakan pengalaman dalam sebuah organisasi, sebutkan juga bahwa Sedulur memiliki pengalaman untuk memanajemen sesuatu dengan baik. Sehingga, pewawancara bisa yakin atas kinerja yang akan diberikan jika diterima di perusahaan tersebut.

12. Kenapa perusahaan harus menerima Sedulur?

pertanyaan interview kerja
Pexels

Ini juga pertanyaan interview kerja yang sering ditanya dan seringkali membuat kita bingung menjawabnya. Sedulur bisa menjawab pertanyaan ini dengan setiap pengalaman dan kemampuan yang Sedulur miliki. Lantas apa indikatornya? Indikatornya adalah portofolio dan CV yang Sedulur miliki.

Jangan pernah memberikan jawaban yang bersifat pribadi seperti karena saya membutuhkan uang atau karena saya telah melamar ke banyak perusahaan namun belum ada yang mau menerima dan contoh yang lainnya. Karena jawaban-jawaban di atas tidak memiliki ukuran yang sangat jelas.

13. Darimana mendapatkan info lowongan kerja ini?

pertanyaan interview kerja
Pexels

Pertanyaan wawancara yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan bahwa Sedulur merupakan seseorang yang memiliki motivasi tinggi dan punya koneksi dengan perusahaan. Jika mendapatkan informasi ini dari rekan, maka sebut saja nama rekan Sedulur. Hal yang penting adalah bisa menjawabnya dengan jujur dan tegas.

14. Apakah melamar posisi ini di perusahaan lainnya?

Pexels

Pertanyaan interview kerja ini bisa dijawab dengan jujur dan tidak terlalu detail. Contohnya adalah dengan tidak menyebutkan nama perusahaan lain. Sebutkan jika perusahaan yang Sedulur lamar saat ini merupakan tujuan dan pilihan utama dari pencarian karir.

Sedulur bisa menjawab pertanyaan di atas dengan menjawab seperti ini: “Benar, Pak/Bu, saya juga melamar ke perusahaan lain di bidang yang sama, yaitu otomotif. Namun, lamaran saya ke perusahaan lain itu hanya sebagai pilihan. Jadi, besar harapan saya untuk bisa diterima di perusahaan ini.”

15. Lingkungan kerja apa yang disukai?

Pexels

Pertanyaan interview kerja selanjutnya yang tak kalah penting adalah perihal lingkungan kerja yang disukai. Sedulur bisa menjawabnya dengan mempelajari budaya kerja perusahaan yang dilamar. Kemudian, sesuaikan budaya dengan lingkungan pekerjaan yang Sedulur inginkan. Biasanya, budaya dari suatu perusahaan ada di situs resminya.

Contohnya adalah budaya perusahaan yang fun dan collaborative. Jadi, Sedulur bisa menjawabnya dengan: “Saya senang bekerja di lingkungan di mana saya bisa bekerja sama dan bertemu banyak orang. Lalu, saya juga senang bekerja di lingkungan yang menyenangkan dan produktif.”

BACA JUGA: Contoh Penulisan Body Email Lamaran Kerja Benar & Menarik

Tips interview kerja agar lolos

Cah Unnes

Wawancara atau interview ini adalah tahapan yang sangat vital dalam proses melamar pekerjaan. Ini adalah tahapan dimana proses dimana para calon karyawan benar-benar diseleksi, dan hanya yang terbaik yang bisa lolos.

Jadi jika Sedulur ingin wawancara berjalan lancar, tidak boleh hanya masuk, menjawab pertanyaan, dan langsung keluar begitu saja. Ada beberapa tips yang bisa membantu Sedulur agar bisa menjalani wawancara dengan lancar dan pastinya lolos tahapan seleksi.

1. Lakukan riset tentang kerjaan yang dilamar

Fimela

Tips yang pertama adalah melakukan riset, supaya Sedulur bisa benar-benar mengerti dan paham akan posisi yang sedang dilamar. Mulai dari latar belakang maupun sejarah dari perusahaan tersebut. Pengetahuan dasar semacam ini, biasanya akan berguna apabila Sedulur bertemu langsung dengan pihak manajemen.

Umunya, HRD akan menanyakan tentang posisi yang berkaitan. Tentu saja jawaban yang diberikan sangat berpengaruh untuk meyakinkan mereka agar Sedulur bisa diterima, dan memang cocok untuk posisi yang sedang dilamar.

Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, riset perusahaan ini bisa Sedulur lakukan dengan cara mencari informasi melalui situs resmi perusahaan. Atau untuk informasi tambahan, Sedulur juga bisa bertanya kepada karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

2. Berpakaian resmi dan menaati protokol kesehatan

Parboaboa

Apakah Sedulur sadar, jika pakaian atau outfit itu juga sangat berpengaruh dalam wawancara kerja. Dikarenakan sesi wawancara ini termasuk dalam sesi formal, maka outfit interview kerja yang disarankan adalah pakaian resmi layaknya pekerja kantoran pada umumnya.

Banyak orang yang berkata jika gaya outfit atau pakaian itu merupakan salah satu aspek yang menunjukkan kepribadian seseorang. Jadi jika Sedulur ingin menunjukkan diri sebagai orang yang rapi dan profesional, maka gunakan pakaian yang telah disarankan sebelumnya, yakni pakaian resmi.

Kemudian untuk sesi wawancara yang dilakukan secara langsung atau tatap muka, jangan lupa untuk menaati protokol kesehatan. Misalnya saja seperti membawa masker dan hand sanitizer. Hal ini akan menunjukkan jika Sedulur adalah orang yang patuh peraturan dan peduli dengan lingkungan sekitar.

3. Menjawab pertanyaan secara runtut

Head Topics

Jawablah semua pertanyaan yang diberikan secara runtut. Sedulur tidak perlu menjawab pertanyaan dengan cepat atau terlalu singkat. Menjawab pertanyaan dengan cepat, terkadang membuat HRD berpikir jika Sedulur merasa tidak nyaman dan ingin sesi wawancara segera berakhir.

Untuk itu, jawab pertanyaan yang diberikan oleh HRD secara pelan, runtut, dan jelas. Lalu di sela-sela pertanyaan, jangan lupa untuk memberi poin tambahan yang Sedulur punya. Poin tambahan yang dimaksud, adalah poin yang dapat memberikan keuntungan pada perusahaan.

Misalnya saja seperti pengalaman kerja atau skill khusus. Tunjukkan jika Sedulur memiliki kemampuan tanpa menyombongkan diri. Jangan pula menyatakan hal-hal yang sebenarnya tidak ditanyakan oleh pihak HRD perusahaan.

4. Mengajukan pertanyaan tertentu saja

Mokapog

Pada umumnya, pelamar kerja akan diberikan kesempatan untuk bertanya di akhir sesi wawancara. Kebanyakan calon karyawan akan mengabaikan kesempatan ini, dan memilih untuk mengakhiri sesi wawancara lebih cepat.

Padahal, mengajukan pertanyaan kepada perusahaan itu adalah hal yang sangat penting dan sifatnya juga wajib. Jika tidak mengajukan pertanyaan sama sekali, itu justru mengindikasikan jika Sedulur pasif dan juga kurang antusias untuk memperoleh pekerjaan tersebut.

Mungkin Sedulur bisa menanyakan soal gaji, tunjangan, dan juga hak-hak yang akan didapatkan selama bekerja di perusahaan. Selain itu, Sedulur juga bisa menanyakan hal-hal yang terkesan unik dan menampilkan kecerdasan, seperti apa saja keuntungan bekerja di perusahaan tersebut.

5. Membangun kesan positif di awal

Populix

Sebuah studi telah berhasil membuktikan jika pihak perusahaan biasanya sudah menentukan keputusan pada lima menit awal dalam sesi wawancara. Untuk menit-menit yang berikutnya, mereka hanya akan mencari poin-poin yang bisa mendukung keputusan yang akan nantinya akan diambil.

Oleh sebab itu, pastikan Sedulur mampu memberikan kesan positif di awal-awal sesi wawancara. Masuklah ke dalam ruang interview dengan energi yang positif, antuas, dan ramah. Namun, jangan terlalu percaya diri karena nantinya akan terkesan sombong dan angkuh.

Jangan lupa untuk mengucapkan salam pada saat memasuki ruang wawancara pertama kalinya. Mengucapkan salam saat masuk ke dalam ruangan ini, menandakan jika Sedulur memiliki kepribadian yang sopan yang menghargai orang lain.

6. Menghindari energi negatif

Kumparan

Salah satu hal yang perlu Sedulur ingat saat mengikuti sesi wawancara kerja, adalah menghindari negatif seperti keluhan atau masalah pribadi. Pada saat pihak HRD menanyakan tentang alasan keluar dari perusahaan yang lama, jangan pernah mengatakan sisi negatif dari perusahaan tersebut.

Dengan terus membangun energi-energi positif, maka perusahaan akan menganggap jika Sedulur ini  adalah orang yang positif dan berkeinginan untuk maju. Tentu saja orang-orang seperti ini yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

7. Jangan gunakan parfum yang terlalu menyengat

Fimela

Penggunaan parfum memang cukup penting, karena mampu mengurangi bau badan yang biasanya mengganggu. Akan tetapi, selera orang itu tidak sama. Bisa saja aroma yang Sedulur sukai justru tidak disukai oleh pihak yang mewawancarai.

Oleh karena itu, jangan gunakan parfum yang baunya terlalu menyengat. Atau justru lebih baik jika Sedulur tidak menggunakan pengharum tubuh sama sekali. Akan tetapi untuk beberapa orang, memiliki masalah bau badan yang hanya bisa dihilangkan dengan bantuan parfum.

Jika Sedulur mengalami masalah yang serupa, maka bisa menyemprotkan parfum tipis saja. Jangan sampai baunya parfumnya terasa benar-benar menyengant. Apabila HRD sudah tidak suka dengan bau parfum Sedulur, bisa saja mood mereka akan rusak dan ini akan berpengaruh pada hasil wawancara.

8. Akhiri interview kerja dengan positif

GenPI

Ketika sudah berada di akhir sesi wawancara, sebaiknya Sedulur mengakhirinya dengan kesan yang positif juga. Sampaikan rasa terimakasih kepada HRD karena telah diberi kesempatan. Sampaikan juga jika Sedulur benar-benar bersemangat untuk bisa bergabung dengan perusahaan tersebut.

Walaupun kedua hal tersebut terdengar simpel, namun ternyata banyak HRD yang sangat teliti dalam menyeleksi karyawan. Mereka benar-benar menilai para calon karyawannya secara detail, agar bisa menemukan yang terbaik.

9. Mempersiapkan diri sebelumnya

LinovHR

Kegugupan pada saat sesi wawancara kerja itu adalah hal yang biasa, terlebih lagi Sedulur adalah seorang fresh graduate yang baru pertama kali mengikuti interview kerja. Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri agar tidak gugup saat ikuti wawancara kerja.

Salah satunya adalah dengan melakukan praktik wawancara sendiri atau dengan bantuan teman beberapa hari sebelumnya. Cobalah menyusun kalimat bagaimana Sedulur menceritakan diri sendiri, pengalaman yang dimiliki, dan juga berbagai poin yang biasanya ditanyakan pada saat wawancara kerja.

Mungkin hanya itu beberapa poin penting yang perlu untuk Sedulur ketahui pada saat hendak mengikuti tes wawancara kerja. Sedulur hanya perlu memahami dan melaksanakan setiap poin yang sudah dijelaskan tadi di atas.

Nah itulah beberapa pertanyaan interview kerja yang perlu Sedulur ketahui dan pelajari tujuan serta maksud dari setiap pertanyaannya yang diberikan. Semoga penjelasan di atas dapat sangat membantu Sedulur, terutama yang tengah menunggu masa interview kerja.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.