telinga kanan berdenging

Telinga berdenging sebelah kanan sering kali dikaitkan dengan pertanda buruk dan juga sial. Akan tetapi, sebenarnya kondisi ini bisa dijelaskan secara medis yang disebut dengan tinnitus. Melansir dari Mayo Clinic, tinnitus merupakan sebuah kondisi dering atau suara lain yang terjadi di salah satu telinga atau kedua telinga dan kondisi ini sangat umum.

Sementara itu, menurut Islam, telinga kanan berdenging diartikan sebagai sebuah peringatan dari Rasulullah saw untuk selalu bersholawat kepadanya. Lantas apa sebenarnya penyebab telinga kanan berdenging? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA : 12 Arti Mimpi Banjir, Pertanda Baik atau Buruk?

Penyebab telinga kanan berdenging

telinga kanan berdenging
Freepik

Telinga yang sering berdenging baik yang kiri maupun kanan hingga saat ini belum memiliki penyebab yang pasti. Akan tetapi, keadaan ini umumnya terjadi karena adanya masalah kesehatan tertentu.  Adapun beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan teli berdenging di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Gangguan saraf pendengaran

Bertambahnya usia atau terlalu sering terpapar suara keras dapat menyebabkan telinga berdenging. Hal ini dikarenakan sel rambut yang ada pada telinga bagian dalam dan berfungsi sebagai penerima suara mengalami kerusakan.

2. Penyumbatan saluran telinga

Penyebab telinga berdenging yang selanjutnya adalah karena adanya penyumbatan saluran telinga. Penyumbatan telinga ini akan mempengaruhi tekanan telinga yang membuat telinga menjadi sering berdenging. Hal ini dapat terjadi karena adanya infeksi telinga atau juga adanya penumpukan kotoran telinga.

3. Gangguan sendi temporomandibular  (TMJ)

Sendi temporomandibular merupakan sendi yang menghubungkan tulang rahang dengan tengkorak. Ketika terjadi kerusakan pada otot, ligament maupun tulang rawan pada sendi ini, maka akan berisiko mengalami tinnitus.

4. Perubahan tulang telinga

Pertumbuhan atau pengerasan tulang telinga yang tidak normal di tengah telinga atau juga dikenal dengan otosklerosis juga menjadi salah satu faktor penyebab telinga kanan sering berdenging. Kondisi ini rentan dialami oleh seseorang yang mempunyai kelainan pertumbuhan tulang yang tidak normal di keluarga.

5. Cedera kepala atau leher

Cedera kepala atau leher dapat memengaruhi bagian dalam telinga, saraf pendengaran, atau fungsi otak yang berhubungan langsung dengan kemampuan pendengaran. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya denging di salah satu telinga atau bahkan keduanya.

BACA JUGA : 10 Arti Mimpi Digigit Anjing Menurut Letaknya yang Bikin Trauma

6. Masalah pada pembuluh darah

Penyakit atau kondisi medis yang memengaruhi pembuluh darah, seperti aterosklerosis dan hipertensi, dapat mengganggu aliran darah dan fungsi organ, termasuk pada area telinga. Hal ini pun mungkin saja menyebabkan telinga berdenging.

7. Penyakit Meneire

Penyakit Meniere adalah salah satu penyakit yang timbul karena adanya gangguan yang terjadi pada telinga bagian dalam. Selain telinga berdenging, penyakit ini juga dapat menimbulkan pusing berputar atau vertigo, dan juga penurunan pada kualitas pendengaran. Pada kasus yang ringan, tinnitus dapat menghilang dengan sendirinya. Akan tetapi, bila telinga berdenging sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, hal tersebut tentu perlu ditangani dengan mengobati masalah kesehatan yang mendasarinya.

8. Stress

Stress dan juga depresi ternyata menjadi salah satu faktor telinga kanan berdenging.  Ketika seseorang melakukan tes pendengaran dan hasilnya menunjukkan normal atau penyebab dari tinnitus tidak teridentifikasi, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena orang tersebut sedang mengalami stres atau depresi.

9. Pengaruh obat tertentu

Penyebab telinga berdenging bisa jadi dipengaruhi oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya overdosis aspirin, antibiotik dosis tinggi, dan lain-lain.

BACA JUGA : Hasad adalah: Pengertian, Jenis, Akibat, dan Cara Mencegahnya

Cara mengatasi telinga berdenging

telinga kanan berdenging
Freepik

Penyembuhan tinnitus tentunya tergantung pada faktor penyebabnya. Terkadang, telinga berdenging sebelah kanan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus menjalani pengobatan.

Akan tetapi dalam kebanyakan kasus, tinnitus justru tidak bisa disembuhkan atau dikurangi gejalanya apa pun penyebabnya. Ketika dokter memvonis memiliki tinnitus, langkah yang bisa dilakukan hanya mengurangi efek negatifnya, misalnya insomnia, kecemasan, kesulitan mendengar, dan depresi.

Berikut beberapa pengobatan untuk menyembuhkan telinga berdenging sebelah kanan, kiri, maupun keduanya:

1. Terapi suara

Salah satu cara yang dapat Sedulur lakukan untuk mengatasi telinga kanan berdenging adalah dengan menggunakan alat bantu dengar yang berfungsi untuk memperbesar suara yang datang dari luar telinga. Sehingga, suara berdenging dari dalam telinga tidak akan terlalu mengganggu.

2. Tinnitus Retaining Therapy (TRT)

Terapi jenis ini bertujuan mengubah pola pikir dengan melatih penderita tinnitus untuk menerima kondisi telinga berdenging sebelah kanan yang dideritanya. Terapi ini diyakini dapat meningkatkan kualitas hidup 80% penderita tinnitus.

3. Terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif ini bertujuan untuk menghindarkan penderita tinnitus dari depresi atau mengatasi depresi jika sudah terjadi. Terapi ini sama sekali tidak mengurangi denging yang didengar oleh penderita tinnitus.

Selain terapi-terapi di atas, penderita telinga berdenging sebelah kanan juga disarankan untuk menjalani pola hidup lebih sehat. Beberapa kebiasaan yang harus dijalani, di antaranya seperti tidak mendengar musik dengan volume terlalu keras, menggunakan pelindung telinga di lingkungan yang bising, serta rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

BACA JUGA : 6 Tahap Yaumul Akhir, Salah Satunya Yaumul Mahsyar

Telinga berdenging menurut Islam

Freepik

Meski kerap dianggap sebagai pertanda buruk, dalam Islam telinga kanan yang berdenging justru tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. Sebaliknya, telinga kanan yang berdenging merupakan peringatan bagi orang yang mengalaminya untuk ingat kepada Rasulullah SAW dan kemudian membaca sholawat kepadanya. Adapun arti dari telinga kanan yang berdenging menurut Islam di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Bacaan sholawat

Seperti yang sudah disinggung di atas, telinga yang berdenging merupakan peringatan dari Rasulullah agar yang mengalaminya membaca sholawat kepada Rasulullah saw. Sebagaimana sabda Rasulullah beriku ini.

إِذَا طَنَّتْ أُذُنُ أَحَدِكُمْ فَلْيَذْكُرْنِي وَلْيُصَلِّي عَلَيَّ وَلْيَقُلْ ذَكَرَ اللَّهُ مَنْ ذَكَرَنِي بِخَيْرٍ – رواه الحكيم وابن السني، الطبراني وابن عدي وابن عساكر

 Artinya : “Jika telinga salah seorang di antara kalian berdengung, maka hendaknya ia mengingatku (Rasulullah saw), membaca shalawat kepadaku, dan mengucapakan: dzakarallahu man dzakarani bi khairin (Semoga Allah swt mengingat orang yang mengingatku dengan kebaikan)”. (H.R. al-Hakim, Ibn as-Sinni, at-Thabarani)

Dalam mengomentari sabda tersebut, az-Zaila’i menyatakan bahwa dalam hadits tersebut mengandung bahwa tidak hanya sekedar mengingat Rasulullah saw tetapi juga bershalawat kepadanya dan mengucapkan: dzakarallahu man dzakarani bi khairin. 

  قَالَ الزَّيْلَعِيُّ فِيهِ عَدَمُ الْاِكْتِفَاءِ بِالذِّكْرِ حَتَّى يُصَلِّيَ عَلَيْهِ (وَلْيَقُلْ ذَكَرَ اللهُ مَنْ ذَكَرَنِي بِخَيْرٍ

Artinya : “Az-Zaila’i berkata, dalam hadits ini tidak cukup (bagi orang yang telinganya berdengung, pent)  hanya dengan mengingat Rasulullah saw saja sehingga ia bershalawat kepadanya (dan hendaknya membaca: dzakarallahu man dzakarani bi khairin)”. (Abdurrauf al-Munawi, Faidlul-Qadir, Bairut-Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, cet ke-1, 1415 H/1994 M, juz, 1, h. 511)

2. Menjadi umat yang terpilih

Arti telinga berdenging sebelah kanan menurut Islam yang selanjutnya adalah sebagai pertanda bahwa yang mengalami telinga berdenging merupakan umat yang terpilih.nDijelaskan dalam hadist bahwa Imam al-Munawi berkata;

Sesungguhnya telinga itu berdengung hanya ketika datang berita baik ke ruh, bahwa Rasulullah SAW telah menyebutkan orang (pemilik telinga yang berdengung) tersebut dengan kebaikan di al-Mala’ al-A’la (majlis tertinggi) di alam ruh.” (‘Ali al-‘Azizi dalam kitab as-Siraj al-Munir).

Doa kuping kanan berdenging

hasbunallah wanikmal wakil
Freepik

Konon suara berdenging merupakan tanda orang lain memperbincangkan si empunya telinga. Allahu a’lam. Tetapi kita tidak boleh berburuk sangka kepada orang lain. Doa ini baiknya dibaca saat telinga berdenging.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ذَكَرَهُ اللهُ مَنْ ذَكَرَنِيْ بِخَيْرٍ

Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin, dzakarahullâhu man dzakaranî bikhairin.

Artinya, “Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas sayyidina Muhammad dan atas keluarga sayyidina muhammad. Semoga Allah menyebut dengan rahmat orang yang menyebutku dengan kebaikan,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta)

Demikianlah penjelasan penyebab dan dara mengatasi telinga kanan berdenging. Telinga kanan yang berdenging ini dalam Islam berarti sebuah peringatan dari Rasulullah saw untuk mengingatnya dengan memperbanyak bacaan sholawat.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.