Mimpi terkadang tak hanya sekadar menjadi bunga tidur. Bagi beberapa orang, mimpi bisa menjadi pertanda suatu hal. Begitu juga ketika mengalami mimpi yang berhubungan dengan banjir. Beberapa orang menghubungkan arti mimpi banjir ini sebagai sebuah pertanda buruk.

Namun, apa benar arti mimpi banjir hanya merujuk pada pertanda buruk? Ternyata jika dilihat dari pandangan primbon, arti mimpi ini malah bisa menjadi pertanda baik lho. Hal ini juga didukung dengan penelitian dari psikologi yang menemukan bahwa mimpi banjir bisa menjadi pertanda seseorang akan menjadi semangat dalam melaksanakan semua kegiatan, seperti derasnya banjir.

Jika Sedulur pernah bermimpi tentang banjir dan penasaran dengan apa arti mimpi tersebut, yuk simak rangkuman informasinya di bawah ini!

BACA JUGA : 8 Arti Mimpi Gunung Meletus, Pertanda Baik atau Buruk?

1. Mimpi tentang banjir

arti mimpi banjir
Freepik

Dilansir dari laman seorang ahli tarot dari Amerika, Auntyflo, air digambarkan sebagai sebuah entitas yang memiliki hubungan dengan sisi emosional seseorang dalam kehidupan dunia mereka.

Sehingga peristiwa seperti banjir memiliki hubungan dengan cara “menghanyutkan” kenangan masa lalu. Apabila ada semburan air banjir, hal ini dapat dilambangkan dengan sesuatu yang tidak dapat dikendalikan. Sedangkan, arti mimpi banjir yang memiliki ketinggian air begitu tinggi dapat diartikan juga dengan adanya emosi yang terlalu fokus pada satu hubungan.

2. Mimpi tentang kota yang banjir

Banjir di kota
Texas A&M University

Sementara itu, ada juga mimpi tentang wilayah kota yang diterpa banjir. Bermimpi kota atau tanah yang terendam banjir dapat menjadi pertanda akan adanya kesulitan besar yang berhubungan dengan emosi diri sendiri. Seseorang yang bermimpi kota yang banjir mungkin saja karena telah melihat atau menonton tayangan yang menampakkan banjir. Di sisi lain, arti mimpi dari kota yang terendam banjir berkaitan dengan emosi diri sendiri.

3. Mimpi jalanan banjir

Freepik

Mimpi jalanan banjir sering dihubungkan dengan masa depan yang lebih cerah. Hal ini juga sering dikaitkan dengan pertumbuhan dalam kehidupan yang artinya seseorang tersebut sedang menuju ke arah yang benar. Mimpi ini juga diartikan jika seseorang sedang mengalami banyak kondisi yang emosiobal dan jika banjir tersebut menutupi pemandangan jalan, artinya seseorang sedang kehilangan arah.

4. Mimpi mobil banjir

Mobil kebanjiran
USA Today

Banjir biasanya juga menenggelamkan kendaraan dan tak jarang juga menghanyutkannya. Hal ini juga kerap terjadi dalam mimpi. Jika Sedulur pernah mimpi tentang banjir banjir tentang mobil, ini merupakan pertanda dari proses bergerak dari satu fase ke fase lain dalam kehidupan yang berhubungan dengan ikatan emosional. Kendaran yang terendam banjir baik itu mobil, motor bahkan pesawat terbang dapat mengidentifikasikan hilangnya kontrol dalam kehidupan dan diri sendiri.

5. Mimpi rumah banjir

arti mimpi banjir
antaranews

Bermimpi rumah banjir bisa jadi berkaitan dengan perasaan yang berada di luar kendali. Mimpi ini juga perlu Sedulur waspadai. Hal tersebut karena mimpi rumah banjir dapat menunjukkan bahwa Sedulur sedang merasa kacau dan kewalahan dalam menghadapi hidup.

Jika bermimpi mengalami banjir di rumah, lalu berjalan dan disambut dengan genangan air, mimpi tersebut dapat berarti bahwa Sedulur sedang tidak merasa fokus dalam hidup. Maka dari itu, jika Sedulur mengalami mimpi tersebut, bisa jadi pertanda bahwa Sedulur harus fokus dalam menjalani hidup.

BACA JUGA : 10 Arti Mimpi Digigit Anjing Menurut Letaknya yang Bikin Trauma

6. Mimpi menjadi korban banjir

Korban banjir
Business Insider

Jika Sedulur pernah bermimpi menjadi korban banjir, maka Sedulur harus waspada. Hal ini karena mimpi tersebut bukan merupakan pertanda baik. Mimpi menjadi korban banjir diartikan bahwa perilaku orang yang bermimpi banyak menyebabkan penderitaan bagi orang-orang di sekitarnya.

Tak hanya itu, mimpi menjadi korban banjir juga merupakan pertanda adanya kerugian, penderitaan dan perubahan negatif dalam hidup dalam waktu dekat. Oleh sebab itu, Sedulur harus selalu berhati-hati dalam bertindak agar kejadian buruk tidak terjadi. Jika masih terjadi, semoga Sedulur mampu melewatinya dengan baik.

7. Mimpi banjir air jernih

Mothership SG

Biasanya air banjir berwarna coklat karena bercampur dengan lumpur. Akan tetapi jika Sedulur pernah bermimpi banjir dengan air yang jernih, maka mimpi tersebut diartikan sebagai pemahaman emosional dengan kejelasan dan kesadaran.

Jadi, dapat diakatakan bahwa mimpi banjir yang airnya jernih merupakan pertanda baik. Mimpi ini juga dilambangkan sebagai kekuatan batin untuk berhenti merasa tidak berdaya. Dengan begitu, seseorang yang mengalami mimpi ini akan dapat menyelesaikan semua masalah yang sedang dihadapi.

8. Mimpi banjir air kotor

Halodoc

Selain mimpi banjir dengan air yang jernih, terdapat juga mimpi banjir dengan air yang kotor dan bercampur lumpur. Tidak jauh berbeda dengan mimpi banjir dengan air yang jernih, arti mimpi banjir dengan air yang kotor juga menandakan akan adanya hal yang buruk. Mimpi ini menandakan seseorang akan mengalami pengalaman yang buruk dalam hidup, yaitu sebuah peristiwa yang bisa membuat tidak nyaman ketika menjalaninya.

9. Mimpi banjir hujan deras

Hujan deras
Business Today

Jika Sedulur pernah bermimpi banjir dan dibarengi dengan hujan deras, Sedulur tidak perlu khawatir. Meski dapat dibilang merupakan mimpi yang menakutkan, mimpi banjir dengan hujan deras justru menjadi pertanda positif. Mimpi ini berarti seseorang sedang berusaha untuk bertahan hidup di masa-masa sulit. Curah hujan menandakan usaha seseorang untuk melawan kesusahan dan keluar darinya.

Mimpi banjir yang bersamaan dengan turun hujan juga menjadi pertanda bahwa air hujan akan membasuh semua masalah dan menghapusnya dari hidup seseorang untuk selamanya. Mimpi banjir juga diartikan sebagai pengingat agar seseorang lebih memperhatikan intuisi dan berharap untuk perubahan yang lebih baik di masa yang akan datang.

BACA JUGA : Mengetahui 17 Arti Mimpi Harimau, Pertanda Baik atau Buruk?

10. Mimpi banjir dengan puing-puing terapung

Orami

Banjir biasanya juga disertai dengan puing-puing yang turut hanyut. Seseorang yang mengalami mimpi banjir dengan puing-puing diartikan sebagai pertanda buruk. Puing yang berserakan dan mengambang diartikan sebagai rumor tentang pemimpi yang telah menyebar seperti api yang tida dapat terkendali. Jika orang lain berbicara tentang keburukan pemimpi dalam kehidupan nyata, maka arti mimpi banjir dengan puing–puing terapung menunjukkan rasa frustasi dan tegang tentang situasi tersebut.

Sejumlah puing besar menandakan bahwa rumor tidak benar tersebut telah menyebar pada banyak orang. Mimpi ini berarti kamu harus mengubah cara berpikir dan merasa tentang situasi dalam kehidupan nyata. Jadi, jika rumor tersebut tidak benar adanya, cobalah untuk tetap bersikap tenang dan jangan gegabah dalam bertindak.

11. Mimpi banjir bandang

Banjir bandang
The Indian Express

Bermimpi tentang banjir bandang merupakan hal yang cukup menakutkan. Namun, Sedulur tidak perlu khawatir. Mimpi ini justru merupakan pertanda baik. Mimpi banjir bandang menandakan bahwa akan ada kabar baik, yaitu seseorang akan mendapatkan rezeki yang dapat membahagiakan dalam hidup. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Allah SWT.

12. Arti mimpi banjir dalam Islam

Freepik

Mimpi terkena banjir adalah adanya serangan dari musuh atau orang yang tidak menyukai kita. Sebaliknya, arti mimpi diserang musuh adalah akan terjadi suatu musibah banjir. Jika tampak dalam mimpinya kalau banjir bermula dari hujan, maka ia akan merasakan kesusahan atau sakit. Penafsiran ini berdasarkan keterkaitan antara hujan dengan rasa susah dan sakit yang terdapat dalam ayat berikut ini. 

وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِن كَانَ بِكُمْ أَذًى مِّن مَّطَرٍ أَوْ كُنتُم مَّرْضَىٰٓ

Artinya: “Dan tidak ada dosa atas kalian, jika kalian mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kalian memang sakit.” (QS an-Nisa: 102)

Demikianlah penjelasan tentang arti mimpi banjir. Perlu Sedulur pahami bahwa mimpi hanyalah bunga tidur. Meski begitu Sedulur tetap harus bijak dalam menggapi setiap mimpi yang dialami. Bisa jadi, mimpi tersebut merupakan sebuah pertanda akan terjadinya sesuatu. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.