sumber energi alternatif

Sumber energi alternatif dibutuhkan, terutama energi yang bersumber dari alam yang dapat diperbaharui. Sumber energi sendiri terdiri dari dua jenis, pertama energi terbarukan dan energi tidak terbarukan. Energi terbarukan di sini adalah sumber energi alternatif itu sendiri.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan pelajari bersama apa saja jenis sumber energi alternatif yang saat ini tersedia dan mengapa kita penting untuk mulai menggunakan energi alternatif. Namun sebelum membahas macam-macam jenis sumber energi alternatif, kita simak terlebih dahulu pengertian dari sumber energi alternatif itu sendiri.

BACA JUGA: Energi Panas: Pengertian, Jenis, Sifat, Contoh & Manfaatnya

Pengertian energi alternatif

sumber energi alternatif
Sampoerna Academy

Sumber energi alternatif adalah istilah yang merujuk pada energi-energi yang dapat menggantikan bahan bakar konvensional. Bahan bakar konvensional yang berbasis minyak bumi merupakan energi tidak terbarukan yang ketersediaannya mulai menipis. Akibat itu, kesadaran menggunakan energi terbarukan mulai muncul dalam benak masyarakat dunia.

Selain agar mengurangi dampak pemanasan global karena penggunaan bahan bakar konvensional, juga karena kesadaran akan kelestarian lingkungan itu sendiri. Terdapat banyak macam-macam energi alternatif yang harus Sedulur tahu. Selain dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan energi konvensional, energi alternatif juga dapat mengurangi kerusakan lingkungan.

Nyatanya, energi bersih memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Salah satunya adalah listrik yang merupakan energi terbarukan. Bukan hanya listrik, terdapat beberapa sumber energi alternatif lainnya. Apa saja contoh sumber energi alternatif yang menghasilkan energi panas? Yuk, kita simak sama-sama penjelasannya di bawah ini:

1. Energi biomassa

Warta Ekonomi

Sumber energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari yang pertama adalah energi biomassa. Biomassa merupakan bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintetik. Contoh biomassa di antaranya adalah tanaman, pepohonan, rumput, limbah pertanian, limbah hutan, tinja dan kotoran ternak.

Biomassa juga dapat digunakan sebagai sumber energi (bahan bakar) yang dapat diperbarui dan berkelanjutan. Sumber energi ini mulai banyak digunakan dan tengah mengalami pengembangan oleh para pakar dunia.

Kesadaran memanfaatkan setiap bahan organik untuk menjadikannya sebagai energi memang penting untuk dilakukan. Hal ini tentu saja demi keberlangsungan hidup setiap umat manusia yang ada di muka bumi ini. Karena, saat ini sudah mulai dirasakan dampak buruk dari penggunaan bahan bakar konvensional.

Salah satu contohnya adalah pemanasan global. Karena akibat dari penggunaan bahan bakar konvensional, menghasilkan hidrokarbon yang telah terbukti berdampak buruk pada lingkungan. Oleh karena itu, kesadaran ini harus terus dipupuk akan energi alternatif bisa terus dikembangkan.

2. Energi air

Sumber energi alternatif
Head Topics

Air merupakan sumber energi alternatif ramah lingkungan, energi yang dihasilkan oleh air berasal dari kekuatan dan tekanannya. Untuk menghasilkan energi air, bendungan dibuat untuk menampung air dan akan dihubungkan dengan pipa yang diarahkan ke turbin. Semakin banyak air mengalir, semakin besar energi yang dapat dihasilkan.

Energi ini sangat bergantung terhadap pasokan air, sehingga saat musim kemarau kinerja ya menjadi kurang maksimal. Salah satu contoh penggunaan energi air, bisa Sedulur lihat pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Listrik-listrik yang dihasilkan diakibatkan dari tekanan air yang menggerakkan turbin untuk menghasilkan listrik.

3. Energi matahari

sumber energi alternatif
Pasang Panel Surya

Selanjutnya adalah energi alternatif matahari. Matahari merupakan inti tata surya kita, memberikan panas yang alami dan merupakan energi terbarukan. Banyak masyarakat yang mulai menggunakan panas matahari sebagai energi. Terutama untuk energi listrik alternatif.

Indonesia memiliki iklim tropis dan berada di jalur khatulistiwa, sehingga energi matahari menjadi banyak pilihan masyarakat sebagai sumber energi alternatif. Penggunaan energi matahari dapat didukung dengan panel surya. Panel surya dapat menyerap panas, menyimpannya dan mengkonversinya menjadi sumber listrik.

Untuk penyerapan sinar matahari yang maksimal, PLTS disarankan dapat dipasang di atas atap. Energi dari panas dan cahaya matahari yang telah diubah menjadi energi listrik, dapat langsung digunakan atau disimpan ke dalam baterai. Sumber listrik ini dapat langsung digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti penerangan dan mengoperasikan alat-alat elektronik.

Sinar matahari sendiri merupakan sumber energi tidak terbatas. Energi yang dihasilkan juga begitu besar sehingga energi listrik yang dihasilkan juga maksimal.

4. Energi angin

sumber energi alternatif
Aplikasi Super

Salah satu dari 3 contoh energi alternatif yang sangat alami adalah angin. Energi ini berasal dari kekuatan yang dihasilkan oleh hembusan angin. Sumber energi dihasilkan dari hembusan angin yang diolah kemudian dikumpulkan dalam satu energi yang besar.

Energi angin dihasilkan dengan kincir angin. Jika dilihat, kincir angin tersebut bergerak lambat, namun energi yang dihasilkan begitu besar. Energi angin juga dapat dijadikan sebagai sumber listrik jika disambungkan dengan generator. Di beberapa negara yang memiliki angin kecang, energi angin sudah lumrah digunakan.

5. Energi etanol

Otoloka

Etanol merupakan energi yang dihasilkan dari proses fermentasi tanaman, seperti jagung atau gandum. Energi yang dihasilkan merupakan bahan bakar dengan kandungan alkohol. Produksi energi etanol dalam jumlah banyak dapat ditemukan di Brazil dan telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan.

Indonesia juga sudah memiliki produksi etanol, yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Energi etanol memiliki kemiripan dari energi biomassa, yang mengolah bahan-bahan organik yang dapat menghasilkan energi alternatif. Energi ini juga merupakan energi yang baru yang mulai dilirik banyak orang untuk digunakan.

6. Energi gelombang

sumber energi alternatif
Renovables Verdes

Gelombang menjadi salah satu energi alternatif terbarukan. Energi ini dihasilkan dari gelombang laut pasang. Karena Indonesia memiliki banyak kepulauan yang dikelilingi lautan, Indonesia memiliki potensi sempurna untuk bisa mengembangkan energi dari gelombang.

Meski potensi tinggi, namun energi jenis ini memiliki kendala tersendiri, yaitu kecepatan ombak yang tidak stabil sehingga akan mempengaruhi proses energi yang dibutuhkan. Bahkan, biaya yang harus dikeluarkan untuk energi ini cukup besar terutama dalam membangun reaktornya.

BACA JUGA: Energi: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Menghematnya

7. Energi panas bumi

sumber energi alternatif
Nusakini

Terakhir adalah energi yang berasal dari panas bumi. Energi yang satu ini memanfaatkan daya panas namun dari dalam bumi. Letak geografis Indonesia dengan memiliki banyak pegunungan menjadi keuntungan karena aktivitas vulkanik bisa dimanfaatkan untuk mengolah energi panas bumi.

Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan wilayah yang memiliki potensi tinggi dalam pengembangan sumber daya energi panas bumi. Pulau ini memiliki 16 titik panas bumi. Energi panas bumi di pulau ini dapat dikembangkan menjadi energi listrik maupun non listrik.

 

Itulah penjelasan terkait sumber energi alternatif dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari dan lingkungan kita. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan pemahaman terhadap Sedulur terkait pentingnya menggunakan energi terbarukan agar dapat memperbaiki lingkungan kita yang mulai terasa dampak buruknya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.