Indonesia beruntung mempunyai segudang energi dan sumber daya alam yang berguna untuk manusia. Di mana energi dan sumber daya alam ini tersebar dari Sabang hingga Merauke. Salah satu energi yang banyak dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari adalah energi panas. Energi panas adalah bentuk energi yang terbentuk dari dalam kerak bumi namun sebenarnya energi ini bisa kita dapatkan dari berbagai hal.

Bisa dari sumber panas matahari, panas bumi sehingga dinamakan energi panas bumi, api, istrik atau gesekan dari dua benda. Biasanya energi ini mampu berpindah-pindah sehingga akhirnya disebut dengan energi kalor. Energi panas ini bisa berpindah dari tempat yang mempunyai suhu tinggi ke tempat suhu lebih rendah.

Guna membahas lebih jauh tentang energi panas bumi, manfaat sumber energi panas bumi dan contoh sumber energi panas dalam kehidupan sehari. Yuk, simak ulasan artikel di bawah ini hingga selesai Sedulur.

BACA JUGA: Apa itu Erupsi: Pengertian, Jenis & Dampaknya

-->

Pengertian energi panas

energi panas adalah
Kompas

Hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia mempunyai energi dan sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan sehari-hari oleh manusia. Salah satu energi paling banyak dimanfaatkan adalah energi panas. Energi panas adalah bentuk energi terbentuk di dalam kerak bumi sehingga kerap dinamakan dengan energi panas bumi. Namun sebenarnya energi panas tak selalu berasal dari dalam perut bumi, sebab energi panas ternyata bisa didapatkan dari sinar matahari, api, listrik, dan gesekan.

Bisa dikatakan bahwa energi panas sangat dibutuhkan oleh manusia, hewan dan tumbuhan. Untuk tumbuhan manfaat energi panas dari matahari berguna untuk proses fotosintensis. Sedangkan untuk manusia, bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan diri dan digunakan untuk keperluan memasak. Sehingga energi ini sangat punya peran besar dalam kehidupan manusia.

Jenis-jenis sumber energi panas

energi panas adalah
Belajar Mandiri Yuk

Selama ini kita mengenal bahwa energi panas selalu berasal dari dalam perut bumi. Namun sebenarnya, ada banyak sekali jenis-jenis sumber energi panas. Tercatat ada 5 sumber energi panas dan masih digunakan untuk kebutuhan manusia sehari-hari. Mulai dari energi panas dari sinar matahari, energi panas dari listrik, gesekan, panas bumi hingga panas api. Guna membahas masing-masing energi tersebut, yuk simak ulasan di bawah ini.

Energi panas matahari

energi panas adalah
Grid

Sumber energi panas terbesar di bumi adalah sinar matahari. Keberadaan matahari sangat penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di muka bumi. Mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan sama-sama membutuhkan energi panas dari matahari. Bagi manusia panas matahari sangat berguna untuk kesehatan kulit tubuh. Sebab, panas matahari mengandung vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan.

Tak hanya untuk manusia, energi panas matahari sangat berguna sekali untuk tumbuhan. Sebab, bagi tumbuhan panas matahari mampu membantu proses fotosintesis atau membuat makanan. Sementara untuk hewan keberadaan sinar matahari secara tidak langsung memberikan manfaat melalui tumbuhan yaitu berupa makanan dan oksigen.

Selanjutnya energi matahari mampu memberikan asupan vitamin D pada tubuh hewan secara langsung. Sekarang ini, energi panas dari matahari sudah banyak dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Salah satunya yaitu sebagai pembangkit listrik dan penghangat air.

Sumber energi panas bumi

energi panas adalah
Geolive

Selain matahari bentuk energi panas selanjutya adalah berasal dari panas bumi. Sesuai dengan namanya, energi panas ini berasal dari dalam perut bumi. Energi panas ini sebenarnya berasal dari batuan-batuan yang ada di dalam bumi sehingga banyak orang menganggap energi ini bernama geothermal. Umumnya energi yang berasal dari perut bumi ini banyak dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

Namun untuk mereka yang tinggal di kota-kota besar penggunaan energi panas bumi kerap dipakai untuk dijadikan sebagai pemanas di gedung-gedung. Sehingga kegunaannya hampir sama dengan energi dari sinar matahari.  

BACA JUGA: Energi Alternatif, Pengertian,Contoh & Cara Cegah Pemborosan SDA

Sumber energi panas dari api

energi panas adalah
Media Ilmu

Selain berasal dari matahari dan panas bumi, sumber energi panas bisa diambil dari panas api. Api merupakan sumber energi panas dan bisa dihasilkan dari aneka hal. Mulai dari batu bara, minyak, gas, dan kayu yang dibakar. Energi panas dari api banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari memasak, merebus air dan menghangatkan badan.

Tak hanya untuk memasak, energi panas dari api ternyata berguna untuk menyalakan lilin saat mati lampu. Selain itu api berguna sebagai obor saat berada dalam kegelapan malam. Biasanya kegunaan api untuk obor masih kerap digunakan oleh masyarakat pedesaan. Meski bermanfaat untuk kehidupan, ternyata penggunaan api secara berlebihan bisa menciptakan kebarakan. Sebab, api sangat mudah membakar apa saja yang mereka sentuh.

Sumber energi panas listrik

energi panas adalah
Pikiran Rakyat

Selanjutnya ada pula sumber energi yang berasal dari listrik. Energi dari listrik ini bisa diubah menjadi energi panas. Banyak contoh sumber energi panas dalam kehidupan sehari-hari salah satunya listrik ini. Beberapa peralatan yang menggunakan energi listrik ini adalah oven, rice cooker, kompor listrik, setrika dan lainnya.

Selain menghidupkan peralatan di atas, fungsi utama listrik adalah untuk menghidupkan lampu supaya menerangi area rumah dan ruangan-ruangan tertentu. Sehingga jika tidak ada listrik di area rumah, maka ruangan menjadi gelap gulita dan aktivitas kita terganggu. Tidak hanya untuk menghidupkan lampu, listrik juga berperan dalam mengisi batrei Hp hingga peralatan elektronik seperti televisi, radio hingga perangkat elektronik lain.

Sumber energi panas dari gesekan

energi panas adalah
Imron

Terakhir ada sumber energi panas yang berasal dari gesekan. Kedua benda yang saling digesekan ternyata bisa menghasilkan panas. Hal ini sudah dibuktikan di mana pada zaman dahulu manusia purba membuat energi panas dengan cara menggosokan dua batang kayu ataupun batu. Kemudian dari gesekan tersebut mengeluarkan percikan api. Selanjutnya percikan api ini bisa membuat api unggun atau api besar. Fungsinya tak lain untuk menghangatkan badan dan memasak kebutuhan sehari-hari.

Sifat energi panas

Detik

Memahami energi panas tak hanya dilihat dari jenis dan pengertiannya saja. Namun membahas energi ini bisa dilihat dari sifatnya. Lantas apa saja sifat dari energi panas itu sendiri, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Sifatnya bisa berpindah

Sifat energi panas yang pertama adalah dapat berpindah dan perpindahan panas ini bisa diistilahkan dengan nama konveksi, konduksi, dan radiasi. Konveksi adalah perpindahan panas dan terjadi melalui aliran. Kemudian ada pula konduksi yaitu sebuah perpindahan panas yang terjadi melalui hantaran benda berat.

Terakhir ada radiasi sebuah perpindahan panas melalui pancaran misalnya Sedulur akan merasa hangat ketika berada di dekat api unggun. Selain pancaran di dekat api unggun, Sedulur juga bisa merasakan hangat ketika berjemur di bawah sinar matahari. Pancaran dari sinar matahari ini merupakan sifat radiasi.

Bisa mengubah suhu

Sifat lain dari energi panas adalah dapat mengubah suhu misalnya air yang dimasak menggunakan kompor. Pastinya air tersebut nantinya akan mendidih dan berarti bahwa air yang dipanaskan sudah mengalami perubahan suhu.

Bisa mengubah bentuk dan volume

Selain bisa mengubah suhu, ternyata sifat panas adalah bisa mengubah bentuk dan volume. Sebagai contoh bahwa sifat panas bisa mengubah bentuk dan volume adalah dengan memanaskan cokelat di atas api. Pastinya cokelat tersebut akan berubah bentuk dari yang sebelumnya padat akhirnya mencair.

Manfaat energi panas bumi

Energi baik

Banyak sekali manfaat dari energi panas namun sebenarnya energi ini erat kaitannya dengan kelangsungan makhluk hidup di bumi. Energi bisa diperoleh dari berbagai macam sumber dan pastinya masing-masing energi memiliki kelebihan dan manfaatnya masing-masing. Salah satu sumber yang banyak digunakan untuk kehidupan sehari-hari adalah sumber energi panas bumi.

Mengeringkan benda

Manfaat dari sumber energi panas pertama adalah mengeringkan benda. Misalnya mengeringkan pakaian basah, mengeringkan bahan makanan sampai membuat air laut menguap dan kemudian menghasilkan garam.

Pembangkit listrik

Selanjutnya manfaat keberadaan sumber energi panas adalah untuk pembangkit listrik. Energi dari matahari ini termasuk dalam energi terbarukan dan bisa dimanfaatkan untu beragam keperluan seperti kepentingan pasokan listrik.  

Manfaat energi panas matahari

Pinhome

Ada setidaknya 3 contoh manfaat energi panas matahari. Semuanya sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Sebab, matahari termasuk sumber energi panas terbesar di bumi dan paling banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Di antaranya untuk menjemur pakaian, menghangatkan ruangan dan nutrisi vitamin  D untuk manusia. Meski demikian, masih ada lagi manfaat dari sinar matahari ini.

Fotosintesis

Detik

Tak hanya untuk manusia, keberadaan energi panas matahari ternyata dapat membantu proses pembuatan makanan atau fotosintesis tumbuhan. Tidak hanya itu, matahari juga dapat membantu tumbuhan dalam memproduksi oksigen. Tumbuhan mengubah energi matahari menjadi glukosa dan kemudian menyimpannya untuk dipakai dalam pada proses fotosintesis.

Menghangatkan tubuh

99co

Terakhir manfaat adanya sinar matahari adalah untuk menghangatkan tubuh. Tubuh sangat membutuhkan adanya asupan vitamin D untuk mencerahkan kulit dan menghindarkan tubuh dari beragam penyakit.

Demikian ulasan tentang energi panas mulai dari pengertian, manfaat, ciri-ciri hingga contohnya. Semoga penjelaan di atas menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang manfaat energi panas untuk kehidupan sehari-hari.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.