energi adalah

Energi adalah kebutuhan yang harus dimiliki setiap benda untuk bergerak. Tak hanya benda hidup, energi juga dibutuhkan oleh benda mati seperti mobil, pesawat, ponsel, dan lainnya. Energi itu digunakan bisa untuk menggerakkan benda, memanaskan dan mendinginkan ruangan, menerangi ruangan, hingga membuat gawai hidup dan bisa digunakan.

Namun, tahukah Sedulur bahwa energi adalah salah satu hal yang penggunaannya harus sangat diperhatikan? Sebagai pengguna energi, yuk simak apa itu energi dan apa saja yang perlu Sedulur ketahui tentang energi!

BACA JUGA: Energi Alternatif, Pengertian,Contoh & Cara Cegah Pemborosan SDA

Pengertian energi

energi adalah
Microtex

Menurut ilmu sains, pengertian energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Adapun, usaha dihasilkan dari gaya dikali jarak perpindahan benda yang dikenai gaya. Misalnya, Sedulur berusaha untuk mengendarai sepeda, maka sepeda akan bergerak. 

-->

Pada kejadian ini, Sedulur mungkin lelah karena energi berpindah ke sepeda sehingga benda itu bisa melakukan usaha. Energi, dalam fisika, adalah satuan kapasitas untuk melakukan pekerjaan atau usaha. 

Ada beberapa macam bentuk energi, kinetik, termal, listrik, kimia, nuklir, dan berbagai bentuk energi lainnya. Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi dapat diubah bentuknya, tetapi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. 

Satuan pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional (SI) energi adalah joule, yaitu energi yang dipindahkan ke suatu benda dengan cara memindahkannya sejauh satu meter melawan gaya satu newton.

Fungsi energi

Pasang Panel Surya

Fungsi energi adalah untuk memudahkan aktivitas manusia serta makhluk lainnya. Dengan energi, benda menjadi lebih mudah bergerak dan difungsikan sebagaimana tujuannya dibuat. Misalnya, kini umat manusia bisa mengenal adanya lampu yang semakin canggih, adanya ponsel pintar, yang mana dulunya dibuat dari sumber energi seperti listrik.

Energi adalah kebutuhan utama untuk makhluk hidup dalam melakukan aktivitas. Alam menghasilkan banyak energi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, seperti matahari, laut dan lain-lain. Energi memiliki banyak sekali fungsi untuk berbagai bidang.

Mulai dari segi mekanika klasik, beberapa rumusan mekanik telah dikembangkan menggunakan energi. Konsep energi dalam mekanika klasik berguna secara umum untuk fisika modern.

BACA JUGA: Listrik Dinamis: Pengertian, Jenis & Contohnya dalam Kehidupan

Sifat energi

energi adalah
Kilau Surya

Energi sendiri memiliki sifat-sifat yang khusus, berikut ini adalah sifat-sifatnya, yaitu:

  • Transformasi energi adalah sebutan untuk energi yang bisa diubah menjadi bentuk lain. Contohnya, energi listrik bisa diubah menjadi energi gerak dalam bentuk mesin cuci.
  • Transfer energi adalah seperti panas yang bisa berpindah dan disalurkan dari satu benda ke benda lain. Contohnya api yang keluar dari kompor bisa membuat wajan penggorengan menjadi panas dan membantu proses memasak jadi cepat selesai.

Bentuk energi

energi adalah
Ada Beberapa

Energi memiliki bentuk yang bermacam-macam untuk memudahkan aktivitas manusia. Beberapa bentuk energi adalah sebagai berikut.

  1. Energi listrik adalah energi yang ditimbulkan oleh benda bermuatan listrik.
  2. Energi kinetik, yakni dimiliki oleh benda yang bergerak. Besar kecilnya energi yang dikeluarkan bergantung pada massa dan kecepatan benda tersebut bergerak.
  3. Energi potensial, yaitu dimiliki benda karena kedudukan atau kondisinya. Di dalamnya ada bentuk masing-masing, seperti energi potensial gravitasi dan energi potensial elastis.
  4. Energi mekanik, yaitu penjumlahan antara dua energi terdiri atas energi kinetik dan energi potensial gravitasi.
  5. Energi termal, merupakan energi yang dihasilkan dari energi potensial dan energi kinetik yang dijumlahkan.
  6. Energi kimia, adalah energi yang tersimpan secara kimiawi dan terkandung dalam bahan minyak bumi dan makanan.
  7. Energi nuklir, yaitu dihasilkan dari perubahan massa nuklir. Reaksi fisi dan reaksi fusi merupakan dua jenis reaksi nuklir yang bisa menghasilkan energi nuklir yang sangat besar.

Sumber energi

Deposit Photos

Energi selalu dibutuhkan untuk menggerakkan benda, termasuk manusia yang setiap harinya bergerak. Jika manusia membutuhkan makanan, maka benda-benda mati yang bergerak juga tidak boleh kehabisan energi jika ingin terus bisa digunakan. Sumber energi adalah salah satu yang harus diperhatikan agar jangan sampai kekurangan energi. Berikut adalah jenis-jenisnya.

1. Sumber energi tak terbaharui

Sumber energi yang satu ini dinamakan juga nonrenewable. Energi tidak bisa diisi atau diciptakan kembali oleh alam dalam waktu singkat. Artinya, sumber energi ini bukan bagian dari proses berkelanjutan. Contoh energi ini adalah yang dihasilkan dari perut bumi seperti minyak bumi, gas alam, propane, uranium, batubara, dan cairan, gas, serta energi padat lainnya.

2. Sumber energi terbaharui (energi alternatif)

Sebagai gantinya, yang mana kini orang lain sudah banyak yang sadar dengan kebutuhan ini, maka hadirlah energi alternatif atau yang bisa diperbaharui. Sumber energi yang renewable lebih memungkinkan untuk dibuat kembali dalam waktu relatif singkat dan merupakan bagian dari proses berkelanjutan. Contohnya adalah sumber dari matahari, angin, air, biomassa, dan panas bumi.

Satuan energi

energi adalah
Kafe Sentul

Untuk menyebutkan besaran energi, Sedulur bisa menggunakan joule sebagai satuannya. Satuan joule merupakan satuan yang diturunkan dari satuan gaya dan satuan jarak dalam sistem MKS, yaitu newton dan meter.

Namun, meski joule merupakan satuan internasional, nama satuan ini sendiri tidak familiar digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu dikarenakan ada satuan lainnya yang dikonversikan ke dalam satuan joule, antara lain erg, kalori, kilokalori, elektronvolt, MeV, dan kWh. Nah, sekarang sudah tahu ‘kan bahwa secara internasional satuan energi adalah joule.

Penggunaan energi dalam rumah tangga

Mempelajari

Contoh penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari bisa disimak dalam beberapa poin berikut. Ini menunjukkan bahwa dalam hidup, kita tidak akan bisa lepas dari peran energi.

  1. Energi listrik berubah menjadi energi panas untuk menyetrika dan merapikan pakaian.
  2. Energi kimia menjadi energi gerak atau mekanik yang terjadi pada proses saluran cerna manusia. Dengan demikian, manusia memiliki energi yang bersumber dari makanan.
  3. Energi listrik menjadi energi bunyi yang terjadi pada pemakaian bel rumah.
  4. Energi gerak atau mekanik berubah ke energi panas jika dua buah benda saling bergesekan karena gerak dan menghasilkan panas.
  5. Energi cahaya menjadi energi kimia yang menggunakan sumber matahari.

BACA JUGA: Energi Panas: Pengertian, Jenis, Sifat, Contoh & Manfaatnya

Cara menghemat energi

Prospeku

Cara menghemat energi adalah bukan dengan menjadi pelit dan menyusahkan diri sendiri. Sedulur bisa sekali mencoba untuk membuat keputusan lebih bijak dalam memanfaatkan energi. Cara-cara menghemat energi adalah bisa dilakukan dengan praktik berikut.

  1. Mematikan lampu saat sudah ada cahaya cukup masuk ke ruangan. Gunakan jendela dan buka agar cahaya bisa masuk ke dalam ruangan.
  2. Tidak membiarkan colokan atau kabel terpasang tanpa digunakan.
  3. Tidak mengeringkan pakaian dan rambut dengan alat elektronik. Cukup gunakan cahaya matahari atau angin.
  4. Menggunakan air sebijak mungkin. Tidak membiarkan air mengalir tanpa digunakan.
  5. Memilih alat elektronik dengan fitur hemat energi. Misalnya penggunaan lampu LED bisa menjadi satu langkah untuk mengurangi pemborosan energi listrik.
  6. Tidak menggunakan kipas angin dan AC secara terus menerus.
  7. Menggunakan kendaraan hanya bila diperlukan. Jika bisa ditempuh dengan berjalan kaki, sebaiknya pilih berjalan kaki saja.
  8. Menutup pintu kulkas dengan rapat dan tidak sering membuka tutup pintu kulkas. Ternyata, nyala lampu dan kondisi pintu kulkas yang terbuka memiliki efek terhadap pemakaian listrik loh.
  9. Jangan terlalu lama membuka kulkas dan oven: Usahakan selalu tutup oven jika sedang memasak. Jangan terlalu lama berdiri di depan kulkas, semakin lama kulkas terbuka maka semakin banyak energi yang dibutuhkan untuk tetap mendinginkan makanan.
  10. Buka tirai jendela: Membiarkan cahaya matahari masuk ke rumah akan membawa manfaat bagi ruangan. Ruangan jadi tidak lembab, tidak perlu menyalakan lampu, terlebih lagi cahaya matahari bisa menghangatkan ruangan yang dingin.
  11. Jangan mandi berlama-lama: Manusia memang membutuhkan mandi untuk membersihkan badannya, namun mandi berlama-lama terlebih lagi menggunakan shower bisa menghabiskan 2.5 galon per menit.
  12. Cabut colokan yang tidak terpakai: Mengisi baterai handphone atau laptop memang sudah jadi kebutuhan utama. Namun, jika tidak mencabut charger yang sedang tidak dipakai karena mereka akan menarik daya secara terus menerus.
  13. Gunakan mode sleep atau hibernate: Jika kamu menggunakan laptop, dan membiarkan dalam mode screen saver, sebaiknya ganti ke dalam mode sleep atau hibernate. Dengan begitu energi listrik yang dipakai jadi lebih hemat.  

Sedulur, itulah  penjelasan mengenai energi. Sekarang Sedulur tahu bahwa energi adalah salah satu kebutuhan yang mudah ditemukan, namun ternyata pemakaiannya harus sangat diperhatikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mempraktikkannya ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.