qobliyah subuh

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunah di samping menjalankan ibadah wajib. Salah satu amalan yang paling dianjurkan untuk dikerjakan adalah salat sunah qobliyah subuh. Ibadah salat sunah ini juga kerap disebut sebagai salat fajar karena dikerjakan di waktu fajar. Sama halnya dengan ibadah lainnya, pelaksanaan salat sunah qobliyah subuh juga diawali dengan membaca niat. Untuk itu, penting bagi Sedulur mengetahui bacaan niat qobliyah subuh.

Nah, berikut ini Super juga telah merangkum berbagai informasi terkait ibadah salat sunah qobliyah subuh, termasuk bacaan niat, tata cara, hingga keutamaannya. Yuk, langsung disimak informasi selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Bacaan Sujud Tilawah Beserta Rukun, Tata Cara & Hukumnya

Mengenal salat qobliyah subuh

qobliyah subuh
Bola.com

Sebelum menyimak tentang niat serta tata cara dan keutamaan salat qobliyah subuh, ada baiknya Sedulur memahami pengertiannya terlebih dahulu. Pertama-tama, Sedulur perlu mengetahui apa itu salat sunah qobliyah.

Dihimpun dari berbagai sumber, salat sunah qobliyah merupakan salat sunah rawatib yang dikerjakan sebelum salat fardu. Diketahui, salat sunah rawatib adalah salat sunah yang dilaksanakan setelah atau sebelum salat fardu. Salat yang dikerjakan sebelum salat fardu disebut sebagai salat qobliyah. Sementara, salat sunah rawatib yang dikerjakan setelah salat fardu disebut sebagai salat ba’diyah. Adapun artikel ini pembahasan akan dikerucutkan pada salat qobliyah subuh.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, salat qobliyah adalah salat sunah yang dikerjakan sebelum salat fardu. Maka dapat diketahui bahwa salat qobliyah subuh adalah salat sunah yang dikerjakan sebelum salat subuh. Ibadah sunah ini juga kerap disebut sebagai salat fajar.

Sekadar informasi, qobliyah subuh atau sholat fajar sebenarnya merujuk kepada waktu pelaksanaan sholat, yaitu dilakukan ketika waktu fajar telah tiba. Dalam ajaran Islam, hanya ada dua sholat yang khusus dilaksanakan pada waktu fajar, yaitu sholat subuh dan qobliyah subuh.

BACA JUGA: 15 Amalan Tahun Baru Islam Bulan Muharram yang Dianjurkan

Keutamaan mengerjakan salat qobliyah subuh

qobliyah subuh
Freepik

Telah diketahui bersama bahwa qobliyah subuh merupakan salah satu salat sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan. Berikut adalah beberapa keutamaan salat qobliyah subuh yang perlu Sedulur ketahui.

1. Lebih baik dari dunia seisinya

Keutamaan salat qobliyah subuh yang pertama yaitu ibadah sunah ini akan mendatangkan kebaikan yang lebih baik daripada dunia seisinya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw. sebagaimana tertuang dalam hadis riwayat Muslim sebagai berikut.

“Dua rakaat salat sunah fajar (qobliyyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

2. Dibangunkan rumah di surga

Rasulullah saw. bersabda dalam hadis riwayat At Tirmidzi,

“Aku telah mendengar Rasulullah saw. bersabda, ‘Barangsiapa sholat dalam sehari semalam dua belas rakaat akan dibangun untuknya rumah di surga, yaitu empat rakaat sebelum Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah Isya, dan dua rakaat sebelum sholat subuh.” (HR. At-Tirmidzi)

BACA JUGA: Mengenal Ayat Al Qur’an Tentang Maulid Nabi Serta Hikmahnya

Niat qobliyah subuh

qobliyah subuh
Muslim Pro

Seperti halnya saat melaksanakan ibadah lainnya, Sedulur dianjurkan membaca niat sebelum mengerjakan salat qobliyah subuh. Berikut adalah bacaan niat qobliyah subuh dalam bahasa Arab beserta tulisan latin dan terjemahannya.

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Latin:

Ushalli sunnatas shubhi rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya:

“Aku menyengaja sembahyang sunah Subuh dua rakaat karena Allah SWT.”

Surat yang dianjurkan untuk dibaca

Freepik

Terdapat beberapa surat dalam Al Quran yang dianjurkan untuk dibaca saat mengerjakan salat qobliyah subuh. Pada rakaat pertama setelah membaca surat Al Fatihah, dianjurkan untuk membaca surat Al Insyirah. Sedangkan pada rakaat kedua dianjurkan untuk membaca surat Al Fil. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Ghazali yang tertuang dalam Kitab I’aanah ath Tholibin karya Syekh Ali seperti berikut.

“Orang yang membaca surah Al Insyirah dalam Al Fil pada sholat sunnah qobliyah subuh, maka terjagalah ia dari kejahatan orang yang jahat. Allah SWT tidak memberi jalan kepada orang jahat untuk menyakiti seseorang tadi dan ini adalah benar lagi sudah teruji tanpa syarat keraguan.”

Selain kedua surat tersebut, terdapat surat-surat lain yang juga dianjurkan untuk dibaca saat mengerjakan salat sunah qobliyah subuh. Berikut uraian selengkapnya.

Rakaat pertama:

  • surat Al Baqarah ayat 136
  • surat Al Kafirun
  • surat Al Insyirah

Rakaat kedua.

  • surat Ali Imran ayat 64
  • surat Al Ikhlas
  • surat Al Fil

BACA JUGA: 12 Doa Maulid Nabi Muhammad SAW: Arab, Latin, & Artinya

Tata cara salat qobliyah subuh

CNN Indonesia

Setelah mengetahui bacaan niat dan surat yang dianjurkan dalam mengerjakan salat sunah qobliyah subuh, kini Sedulur dapat menyimak tata caranya sebagai berikut.

  • Pertama, membaca niat salat seperti yang sudah dipaparkan di atas.
  • Membaca takbiratul ihram
  • Membaca surat Al Fatihah yang dilanjurkan dengan membaca salah satu surat dalam Al Quran
  • Rukuk
  • I’tidal
  • Sujud pertama
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Berdiri dan mengulang urutan di atas (mulai dari membaca surat Al Fatihah atau langkah ketiga hingga sujud kedua)
  • Duduk tasyahud
  • Mengucapkan salam dengan menoleh ke kanan dan kiri

Doa dan zikir setelah salat qobliyah subuh

Detik

Setelah mengerjakan salat sunah qobliyah subuh, dianjurkan untuk membaca doa serta zikir untuk menyempurnakan ibadah. Berikut beberapa bacaan doa dan zikir yang bisa Sedulur amalkan.

1. Membaca istigfar

Seperti yang diketahui, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyakan zikir termasuk membaca istigfar. Berikut adalah bacaan istigfar yang bisa Sedulur lantunkan setelah salat.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ×٣

Latin: “Astagfirullah hal’adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa’atubuubuh ilahii”

atau bacaan berikut.

اَسْتَغْفِرُ اللهَ

Latin: “Astaghfirullah”

2. Membaca surat Al Fatihah dan ayat Kursi

Berikutnya Sedulur dapat membaca surat Al Fatihah. Kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat Kursi atau surat Al Baqarah ayat 255 

Ayat Kursi atau Al Baqarah ayat 255

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚ  لَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌ‌ؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖ‌ؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَا ‌ۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ

Latin:

Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta’khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illai bi idznih. Ya’lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min ‘ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal’aliyyul ‘adhiim. 

Artinya: 

Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

3. Membaca tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil

Selain membaca istigfar, kita juga dianjurkan membaca zikir berupa bacaan tasbih, tahmid, takbid, dan tahlil setelah mengerjakan salat termasuk salat qobliyah subuh. Berikut bacaam tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil lengkap beserta tulisan latin dan artinya.

Bacaan tasbih

سبحان الله

Latin: Subhanallah

Artinya: “Maha Suci Allah.”

Bacaan tahmid

الحمد لله

Latin: Alhamdulillah

Artinya: “Segala Puji Bagi Allah.”

Bacaan takbir

الله أكبر

Latin: Allahu Akbar

Artinya: “Allah Maha Besar.”

Bacaan tahlil

لا إله إلا الله

Latin: Laa ilaha illallah

Artinya: “Tiada tuhan selain Allah.”

4. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas

Bacaan doa selanjutnya yang dianjurkan untuk diamalkan setelah salat sunah qobliyah subuh adalah tiga surat terakhir dalam Al Quran, yaitu surat Al Ikhlas, surat Al Falaq, dan surat An Nas.

Demikian tadi pembahasan tentang ibadah salat sunah qobliyah subuh. Telah dipaparkan mengenai keutamaan, tata cara, serta bacaan niat hingga doa-doa yang dianjurkan untuk dilantunkan setelah selesai salat. Semoga informasi ini dapat membawa manfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.