Sujud tilawah adalah salah satu ibadah yang bisa dilakukan umat muslim, terutama ketika membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah, baik itu di dalam atau di luar sholat. Sujud ini adalah sujud yang disebabkan karena membaca suatu ayat Al-Quran. Sujud ini juga dikenal dengan istilah sujud bacaan.

Disebut sebagai sujud bacaan karena pada dasarnya dilakukan sebagai bentuk merendahkan diri di balik kebesaran Allah SWT Sang Pemilik Alam Semesta. Lantas bagaimana rukun, tata cara beserta dengan hukumnya? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini, kita mulai dengan mengenal sujud tilawah terlebih dahulu.

BACA JUGA: Bacaan Doa Ruku Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Apa itu sujud tilawah

sujud tilawah
Ngopi Bareng

Istilah sujud  ini berasal dari dua kata, yaitu sujud dan tilawah. Secara pengertian, artinya adalah sujur untuk tunduk dan merendahkan diri. Tilawah sendiri artinya membaca, dalam hal ini membaca Al-Quran. Dalam pengertian lain juga diartikan sebagai sujud bacaan, yaitu membaca Al-Quran.

Sedulur dapat mengartikan, bahwa sujud tilawah adalah sujud yang dilaksanakan saat seseorang membaca atau mendengar penggalan dari surah Alquran yang termasuk ayat sajdah, baik ketika sedang melaksanakan sholat maupun tidak. Syarat sujud tilawah sama seperti hendak melakukan ibadah sholat, yaitu harus berwudhu dan bersih dari najis.

Hukum sujud tilawah

Deposit Photos

Sujud tilawah hukumnya adalah sunnah. Dalam Islam, setiap jenis ibadah terdapat landasan hukumnya. Landasan hukum tersebut berasal dari Al-Quran dan As-Sunnah (sabda Nabi Muhammad SAW). Landasan hukum pertama berdasarkan hadist riwayat dari Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Jika anak Adam membaca ayat sajdah lantas sujud, maka menyingkirlah setan sambil menangis dan berkata, “Celakalah diriku, ia (Anak Adam) diperintahkan sujud dan ia patuh lalu sujud, maka baginyalah surga. Sedang aku sendiri diperintahkan untuk bersujud namun aku menolak, maka untukku neraka.” (HR. Muslim)

Selain hadist riwayat Muslim, Bukhari juga meriwayakan sebagai berikut:

Wahai sekalian manusia. Kita telah melewati ayat sajadah. Barangsiapa bersujud, maka dia mendapatkan pahala. Barangsiapa yang tidak bersujud, dia tidak berdosa.” Kemudian ‘Umar pun tidak bersujud.” (HR. Bukhari)

Imam Abu Dawud dari Ibnu Umar memberikan riwayat hadist, yaitu:

Adalah nabi membacakan Alquran kepada kita, maka ketika melewati ayat As-Sajdah beliau bertakbir dan bersujud, dan kami pun bersujud bersamanya.

Bacaan sujud

sujud tilawah
Deposit Photos

Lantas seperti apa bacaan dari sujud ini? Kita mulai dengan membahas niatnya. Adapun bacaan niatnya yaitu:

  • Nawaitu sujuuda taalaawati sunnattan lillaahi ta’aala.
  • Artinya: “Aku melakukan sujud tilawah sunah kerana Allah Ta’ala”

Bacaan sujud ini sama ketika bacaan sujud saat sholat. Adapun Nabi Muhammad SAW membaca bacaan di bawah ini ketika melakukan sujud bacaan ini, yaitu:

  • Subhaana robbiyal a’laa.
  • Artinya : “Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi” (HR. Muslim).

Adalah pun, bacaan sujud tilawah latin lain yang dibacakan oleh Rasulullah SAW, yaitu:

  • Subhaanakallahumma robbanaa wa bi hamdika, allahummagh firliy.
  • Artinya: “Maha Suci Engkau Ya Allah, Rabb kami, dengan segala pujian kepada-Mu, ampunilah dosa-dosaku.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bacaan terakhir, yaitu:

  • Allahumma laka sajadtu, wa bika aamantu wa laka aslamtu, sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam’ahu, wa bashorohu. Tabarakallahu ahsanul kholiqiin.
  • Artinya: “Ya Allah, kepada-Mu lah aku bersujud, karena-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah diri. Wajahku bersujud kepada Penciptanya, yang Membentuknya, yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta.” (HR. Muslim).

Ketika Rasulullah SAW melakukan sujud bacaan di malam hari, bacaan yang biasa dibaca adalah sebagai berikut:

  • Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam’ahu, wa bashorohu. Tabarakallahu ahsanul kholiqiin.
  • Artinya: “Wajahku bersujud kepada Penciptanya, yang Membentuknya, yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan An Nasa-i).

Rukun sujud tilawah

sujud tilawah
Head Topics

Sujud tilawah rumaysho merupakan salah satu ibadah yang ada di dalam Islam. Sebagaimana ibadah lainnya dalam Islam, terdapat beberapa rukun yang perlu ditaati. Rukun-rukun tersebut merupakan bagian penting dalam melaksanakan ibadah. Adapun rukun dari sujud ini adalah sebagai berikut:

  1. Takbiratul ihram
  2. Sujud, dan
  3. Salam setelah duduk

BACA JUGA: Bacaan Takbiratul Ihram Lengkap dengan Arab, Latin & Artinya  

Tata cara sujud 

Indowarta

Setelah mengetahui bacaan dan rukunnya, adapun terdapat dua cara sujud tilawah yang bisa Sedulur lakukan. Yaitu ketika sujud dilakukan di dalam sholat atau di luar sholat. Berikut pembahasan lengkapnya:

1. Sujud dalam sholat

Saat membaca ayat-ayat sajadah, Sedulur disunahkan untuk berniat melakukan sujud, kemudian mengucapkan takbir, lalu melakukan sujud sekali dan membaca doa. Sujud tilawah dilakukan sebanyak satu kali, setelah itu lalu berdiri kembali dan melanjutkan sholat hingga salam.

Lalu ketika dalam sholat berjamaah, sujud tilawah dilakukan secara berjamaah dengan mengikuti imamnya. Jika imam tidak melakukannya, maka makmumnya juga tidak perlu bersujud. Jika melakukan sujud tilawah sendiri, maka akan batal sholatnya, karena sholat berjamaah harus mengikuti imam.

2. Sujud di luar sholat

Sementara sujud yang dilakukan di luar sholat, dilakukan jika mendengar atau tengah membaca ayat sajadah. Jika ingin melakukan sujud tilawah, maka berniat sujud tilawah kemudian bertakbir seperti takbiratul ihram dalam sholat, setelah itu sujud satu kali dengan membaca doa sujud tilawah, dan salam setelah duduk.

Lalu Sedulur bisa membaca doa sujud tilawah dan artinya yang telah dibahas di atas. Adapun jika Sedulur melakukan sujud ini, terdapat beberapa keutamaan yang bisa Sedulur dapatkan. Berikut ini adalah beberapa keutamaan atau manfaat yang bisa Sedulur dapatkan, yaitu:

  • Dijauhkan dari gangguan setan
  • Akan senantiasa selalu didekatkan dengan pintu surga
  • Menjadi pribadi yang selalu bersyukur dan pribadi yang lebih giat melakukan ibadah
  • Akan dinaikan derajatnya dan diangkat serta dihapuskan dosa-dosanya oleh Allah SWT
  • Akan diberikan ketenangan hati saat bersujud.

Bagi Sedulur yang berniat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih taat beragama. Melakukan sujud ini merupakan suatu keharusan. Karena dengan melakukan sujud ini, dari keutamaan di atas dapat menuntun Sedulur untuk menjadi seorang muslim yang lebih baik dan lebih taat beribadah. Terlebih lagi dapat memberikan ketenangan hati dan gangguan dari godaan setan dan jin yang terkutuk, yang senantiasa mengganggu umat manusia.

Nah, itulah penjelasan lengkap terkait sujud tilawah. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur untuk dapat melakukan ibadah ini dan menjadi seorang pribadi muslim yang lebih taat dan menjalankan ibadah lebih baik lagi!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.