poster adalah

Saat berada di tempat umum seperti halte, stasiun, dan pusat perbelanjaan, Sedulur pasti sering menjumpai sebuah poster, baik berisi tentang produk maupun event. Poster adalah suatu media publikasi yang biasanya dipasang di tempat umum, ramai, dan strategis. Hal ini karena sifatnya mengajak sehingga sangat wajar menempatkan poster di tempat yang mudah terlihat.

Sifat tersebutlah yang menjadikan poster sebagai salah satu media promosi. Selain itu, tujuan poster lainnya juga untuk informasi publik, tujuan kemanusiaan, campaign, dan lainnya. Seiring berkembangnya zaman, poster bukan hanya tersedia dalam bentuk cetak saja, namun juga secara online. Supaya memahami lebih jauh tentang pengertian poster, ciri-ciri, tujuan, dan jenisnya, mari simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Pengertian Seni Grafis Beserta Jenis, Fungsi & Contohnya

Pengertian poster

poster adalah
Fiverr

Poster adalah salah satu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya untuk tujuan memberikan informasi kepada publik. Secara umum, contoh poster berisi gambar, pesan, atau informasi tentang suatu topik yang dikemas seperti pengumuman atau iklan. Poster bermanfaat untuk menarik perhatian publik, sebagai petunjuk informasi, peringatan, media berkreasi, serta sebagai media kampanye.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum, bisa berupa pengumuman atau iklan. Sementara itu, terdapat pula pengertian poster menurut para ahli. Berikut penjelasannya.

  • Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, mengartikan poster adalah kombinasi visual dari desain yang kuat dilengkapi warna-warna dan pesan, bertujuan untuk menangkap perhatian khalayak yang melihatnya serta menanamkan ide penting dalam ingatan.
  • Azhar Arsyad, mendefinisikan poster sebagai sebuah media dua dimensi visual yang berisi gambar serta pesan singkat tertulis, bertujuan untuk menyampaikan hal-hal khusus dan mampu memengaruhi khalayak yang melihatnya.
  • Sri Anitah, mengartikan poster adalah gambar yang menggabungkan unsur-unsur visual seperti garis, kata-kata, dan gambar, bertujuan untuk menarik perhatian serta menyampaikan pesan secara singkat.

Ciri-ciri poster

Brandpack

Sama halnya media publikasi lainnya, poster juga memiliki ciri-ciri khusus. Adapun ciri-ciri poster adalah sebagai berikut.

  • Dapat menarik perhatian orang yang melihatnya.
  • Menggunakan bahasa yang padat, singkat, jelas, dan mudah dipahami.
  • Mengandung kalimat-kalimat persuasif atau bersifat ajakan.
  • Menggunakan gambar, sketsa, atau lukisan dan perpaduan warna.
  • Mampu meninggalkan kesan, meski dilihat sekilas.
  • Isi poster tidak bertele-tele.
  • Dipasang pada lokasi yang strategis atau di tempat umum. Poster secara online biasanya dipasang di laman situs yang mudah dilihat orang.
  • Syarat poster terdiri dari huruf, angka, simbol, gambar, atau perkombinasiannya.
  • Dapat didesain secara digital dan dicetak di atas kertas atau sebuah kain.

BACA JUGA: Contoh Kalimat Iklan Beserta Pengertian, Ciri & Cara Menulisnya

Fungsi dan tujuan poster

poster adalah
Freepik

Pembuatan poster tentunya memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Fungsi poster di antaranya untuk menyampaikan informasi, sebagai media promosi barang atau jasa, serta sarana para desainer grafis berkreativitas. Sementara itu, tujuan poster adalah sebagai berikut.

  • Khalayak menjadi tahu tentang kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan.
  • Menjadikan produk atau jasa lebih dikenal dan digunakan oleh banyak orang.
  • Mengingatkan masyarakat tentang sebuah kampanye seperti hal-hal yang harus dilakukan maupun hal yang perlu dihindari karena merugikan diri sendiri maupun orang lain. Contohnya, poster anti-narkoba.

Jenis-jenis poster

poster adalah
Designshacks

Poster dikelompokkan menjadi dua jenis, antara lain jenis berdasarkan isi dan tujuannya. Berdasarkan isi, poster terdiri atas poster niaga, layanan masyarakat, kegiatan, dan poster pendidikan. Di sisi lain, poster berdasarkan tujuannya terbagi menjadi poster kampanye, poster “cheesecake”, poster film, buku, propaganda, komersial, dan masih banyak lagi. Penjelasan tiap jenisnya adalah sebagai berikut.

1. Jenis poster berdasarkan isi

Dribble

Dengan melihat isi pesan di dalamnya, poster digolongkan menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

  • Poster niaga yaitu poster yang berisi penawaran barang atau jasa.
  • Poster layanan masyarakat yaitu poster yang memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum tentang suatu hal.
  • Poster kegiatan yaitu poster yang isinya memberitahukan tentang suatu kegiatan yang akan diselenggarakan.
  • Poster pendidikan yaitu poster yang berisi informasi mendidik. Biasanya berhubungan dengan dunia pendidikan dan dipasang di sekolah atau kampus.

BACA JUGA: Pengertian Kemasan Primer, Sekunder, Tersier dan Contohnya

2. Jenis poster berdasarkan tujuan

poster adalah
Freepik

Terdapat banyak jenis poster yang kerap kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Di mana setiap poster memiliki tujuan masing-masing sesuai kebutuhannya. Berikut jenis-jenis poster berdasarkan tujuannya.

  • Poster kampanye, tujuannya menarik simpati masyarakat terhadap partai politik serta calon yang akan maju dalam pemilihan umum.
  • Poster “cheesecake, bertujuan menarik perhatian dan minat publik terhadap suatu hal.
  • Poster film, memiliki tujuan khusus mempromosikan suatu film yang akan atau sedang tayang di bioskop.
  • Poster buku, memiliki tujuan yang sama dengan poster film. Dalam hal ini, poster buku bertujuan mempopulerkan suatu buku atau komik yang dijual di toko buku.
  • Poster propaganda berisikan kalimat yang bertentangan dengan pemerintahan berwenang. Biasanya tujuannya untuk mengkritik suatu kebijakan.
  • Poster ”dicari” merupakan jenis poster yang memuat informasi pencarian orang, bisa tentang informasi penjahat, buronan, orang hilang, atau bahkan mengenai lapangan pekerjaan.
  • Poster riset, bertujuan menginformasikan mengenai sebuah kegiatan riset.
  • Poster afirmasi, bertujuan memberikan motivasi kepada pembaca.
  • Poster komersial, bertujuan mempromosikan suatu produk agar makin dikenal masyarakat dan meningkatkan angka penjualan.

Itulah pembahasan singkat mengenai poster, mulai dari pengertian, ciri-ciri, tujuan, hingga jenisnya. Seperti yang sudah diketahui, melalui poster kita dapat memberikan suatu informasi penting kepada khalayak. Bahkan, cukup dengan satu poster, Sedulur dapat memengaruhi persepsi khalayak.

Untuk membuat poster, langkah pertama yang bisa Sedulur lakukan yaitu menentukan tujuan dan tema poster, kemudian menentukan pesan yang ingin disampaikan, merangkai kata, mengatur ilustrasi dan tata letak, serta melakukan publikasi baik secara offline maupun online. Poster online dapat dipasang di web, media sosial, atau aplikasi, sementara poster offline dapat dipajang di ruang publik yang ramai dan strategis. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.