Seni grafis kini semakin banyak dikenal masyarakat seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Pengertian seni grafis sendiri adalah  karya seni rupa dua dimensi atau disebut dengan ‘dwimatra’, yang menghasilkan produk-produk modern dalam berbagai media menggunakan teknik cetak maupun printing.

Nah, agar lebih memahami tentang pengertian seni grafis, dan apa saja jenis-jenisnya. Simak penjelasan berikut ini. 

BACA JUGA : Pengertian Crazy Rich Beserta Asal Usul Penyebutannya

Sejarah Seni Grafis

pengertian seni grafis
pixabay

Mulanya seni grafis berkembang di China. Di negara tirai bambu tersebut, seni grafis dipakai untuk menggandakan tulisan-tulisan keagamaan. Naskah-naskah keagamaan tersebut ditatah atau diukir di atas bidang kayu, kemudian dicetak di atas kertas.

-->

Karya-karya seni grafis dengan media cukilan kayu juga banyak ditemukan di negara-negara timur lain, seperti Jepang dan Korea. Adanya penemuan kertas menjadi kunci dari pesatnya perkembangan seni ini. China telah menemukan kertas dan memproduksinya secara massal sejak tahun 105 di bawah kekuasaan Dinasti Yi.

Bangsa Romawi juga sudah mengenal teknik cetak, yang dipakai untuk menghias jubah dengan cetak stempel. Tetapi, teknik cetak ini kurang berkembang karena bangsa Eropa belum mengenal kertas.

Teknik grafis mulai berkembang di Eropa pada abad ke-13, dengan ditemukannya mesin cetak oleh Gutterberg, yang juga mendirikan pabrik kertas pertama di Italia. Sejak saat itulah, beragam teknik seni grafis berkembang di Eropa.

Sedangkan di Indonesia, seni grafis baru muncul pada 1950-an. Teknik cetak grafis juga mulai banyak digunakan dalam seni terapan untuk membuat poster-poster perjuangan.

Tokoh penting seni grafis dari Indonesia antara lain adalah Suromo dan Abdul Salam dari Yogyakarta. Ada juga Baharudin Marasutan dari Jakarta dan Mochtar Apin dari Bandung.

Pengertian seni grafis

pengertian seni grafis
senirupa.id

Desain grafis adalah karya seni estetaika yang diolah dari proses komunikasi menggunakan elemen visual (tipografi, ilustrasi dan fotografi) untuk menyampaikan informasi atau pesan secara efektif. Para desainer bekerja mengombinasikan simbol teks dan juga gambar berdasarkan kreativitas desain hingga perancangan seni grafis. Teknik yang digunakan dalam desain grafis yaitu teknik tipografi, seni rupa dan juga tata letaj (layout).

Awalnya desain grafis sering digunakan secara umum untuk keperluan perusahaan sperti membuat, merek, logo, sedain editorial (buku, surat kabar, majalah), periklanan, desain web, desain lingkungan, desain komunikasi, bahkan desain kemasan produk (packging).

Seiring bekembangnya teknologi yang semakin canggih yang mmebawa arus desain grafis menjadi populer di segala bidang.Misalnya sosial media yang kini semakin populer dengan sentuhan warna dan juga konsep yang populer.

Desain grafis menjadi sangat penting sebagi penunjang kebutuhan tren di dunia digital yang terus berkembang maju. Kunci utama yang menjadi dukungan pada desain grafis adalah semakin banyaknya ide serta mengikuti tren teknologi editing yang terus berkembang. Desain grafis kini telah menjadi penyambung pesan secara visual bagi para audiens. Bahkan akhir-akhir ini desain grafis menjadi commercial art karena visualisasinya membantu para pebisnis dalam meningkatkan nilai jual.

BACA JUGA : Pengertian Frasa Beserta Jenis-Jenisnya & Contohnya

Pengertian seni grafis menurut para ahli

pengertian seni grafis
Pixabay

Michael Kroeger

Definisi desain grafis dari Michael Kroeger, yaitu Visual Communications (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui tema-tema visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).

Suryanto

Menurut pendapat Suryanto,desain grafis yaitu Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi sebagai kebutuhan bisnis dan industri. Aplikasi-aplikasi tersebut meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis; desain informasi; dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.

Jessica Helfand

Jessica Helfan mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

Waren

Warren mengemukakan bahwa desain grafis adalah suatu terjemahan dari ide dan tempat dalam beberapa jenis urutan struktural dan visual.

Danton Sihombing

Menuru pendapat dari Danton Sihombing, desain grafis berarti mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.

Henricus Kusbiantoro

Mendefinisikan desain grafis dengan makna kompromi antara seni dan bisnis. Yaitu melayani kebutuhan orang banyak pada pemecahan problem visual, namun sekaligus tidak kehilangan karakter dan keunikan dari segi eksekusi visual baik konsep maupun visual teknis.

BACA JUGA : Konduksi: Pengertian, Ciri-Ciri, Perbedaan dan Contohnya

Fungsi seni grafis

pengertian seni grafis
pixabay

Berikut fungsi dari seni grafis

  • Sebagai media promosi
  • Sebagai media ekspresi diri
  • Media apresiasi seni
  • Menyalurkan hobi
  • Pelengkap keindahan karya seni
  • Tambahan penghasilan

Contoh seni grafis

pengertian seni grafis
pixabay
  • Poster
  • Stempel
  • Sablon
  • Banner

BACA JUGA : Kata Sapaan: Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Jenis seni grafis dan contohnya

pengertian seni grafis
pixabay

Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis seni grafis dan juga contohnya. 

1. Teknik cetak saring (Screen)

Teknik cetak saring kini semakin banyak digunakan dan juga mudah ditemui. Teknik ini lebih dikenal dengan nama teknik cetak sablon. Pada teknik cetak sablon ini, umumnya mmebutuhkan ocetajab yang terbuat dari kasa (screen) yang mempunyai sifat elastis, lentur dan juga halus. Teknik seni grafis ini mempunyai banyak peminat karena tergolong cukup mudah.

2. Teknik cetak datar (Lithogarphy)

Litografi merupakan teknik yang digunakan untuk melakukan teknik cetak datar. Litografi adalah teknik yang ditemukan oleh Alois Senefelder pada tahun 1978. Teknik ini didasarkan pada tolakan kimia minyak terhadap air. Selain itu, teknik ini juga menggunakan media batu dengan jenis khusus yaitu batu kapur (limestone) sebagai media gambar. Alasan mengapa batu kapur dipilih ialah karena jenis batu kapur dapat menghisap tinta.

Batu kapur yang dapat digunakan untuk teknik ini merupakan batu kapur yang berbentuk lempengan. Batu terseebut akan dilapisi oleh beberapa cairan kimia yaitu Asam nitrat, Gum Arabic, dan juga Asam fosfat.Vahan campuran tersebut akan menumbulkan reaksi kimia yang akan membuat arean yang telah digambar menerima tinta litografi.

Nah, setelah proses kimia terjadi, tinta litografi tersebut dapat disapukan pada permukaan batu. Tinta hanya akan melekat pada partikel tinta berminyak yang telah digambar dan juga akan ditolak oleh bagian lain. Lalu, kertas ditekan oleh alat pres pada batu kapur dan akan mentransfer gambar ke kertas.

3. Teknik cetak tinggi (Woodcut)

Johanes Gutenberg merupakan tokoh yang menemukan teknik cetak ini. Cetak tinggi merupakan kegiatan perbanyakan gambar melalui alat cetak yang terdiri dari dua bagian yaitu bagian yang menonjol (seperti relief), area yang akan mencetak gambar dan juga disebut bagian acuan atau plat dan bagian non-image yaitu bagian yang lebih rendah sudah didesain agar tidak menerima rinta atau cat. Dulunya bahan yang sering digunakan adalah kayu, akan tetapi terkadang teknik ini juga disebut dengan cetal woodcut.  Kini bahan karet (lino) menjadi alternatifyang populer karena memiliki tekstur yang lunak sehingga mudah untuk dicukil.

4. Teknik cetak dalam (Intaglio)

Teknik cetak dalam, adalah teknik dengan menggores media dengan memakai benda tumpul, biasanya media yang dipakai pada teknik cetak dalam adalah logam.

Tinta akan dibalurkan pada seluruh permukaan cetakan yang telah ditoreh dalam, kemudian biasanya permukaan akan dibersihkan dan hanya menyisakan tinta yang berada di bagian dalam permukaan.

Kemudian kertas itu, kertas yang sedikit dibasahi akan di-press atau ditempelkan ke permukaan cetakan, kemudian tinta akan berpindah pada kertas. Seni grafis cetak dalam dibagi dalam beberapa bagian antara lain engraving, etsa, mezzotint, dan drypoint.

5. Teknik cetak foto

Teknik cetak foto pada seni grafis merupakan teknik cetak yang paling sering kamu temui. Dalam teknik cetak foto, kamu bisa memakai kamera. Kemudian, gambar pada kamera bisa dicetak memakai alat print. Teknik cetak foto juga sering disebut dengan teknik fotografi.

6. Teknik Cetak Kolagrafi

Cara kerja teknik ini adalah dengan meletakkan motif cetakan di bawah kertas, lalu kertas dicat atau diarsir dengan memakai pensil. Kemudian, kertas dilepas dari cetakan dan akan menghasilkan objek gambar yang timbul serta bagian yang tak tergambar akan cekung.

7. Teknik Cetak Stensil

Cara kerja teknik stensil adalah dengan memotong kertas sesuai motif yang diinginkan, lalu ditempel ke media cetak. Lalu selesai ditempel, media cetak akan dicat atau disemprot dengan cat semprot. Setelah cat kering, kertas tersebut akan dilepas sehingga meninggalkan motif di media cetakan.

Itulah penjelasan mengenai seni grafis, mulai dari sejarah, pengertian hingga jenis-jenisnya. Kini semakin banyak orang yang mulai mengenal seni grafis karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Apakah Sedulur tertarik untuk mempelajarinya?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.