kalimat iklan

Kalimat iklan merupakan bagian penting dalam membuat sesuatu jadi lebih persuasif. Iklan sendiri merupakan cara yang wajib ditempuh setiap pebisnis dan pengusaha untuk dapat memasarkan produknya. Ini merupakan bagian penting dalam sistem pemasaran dan salah satu media promosi yang efektif.

Kamu tidak bisa membuat kalimat iklan sembarangan karena ada beberapa perbedaan yang mendasar dengan dan kalimat biasa. Agar lebih memahaminya dan menguasai cara membuatnya, berikut ini akan dijelaskan dengan lengkap segala hal tentang kalimat itu sendiri.

BACA JUGA: Notulen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Susunan & Contohnya

Pengertian

Pengertian
Media Move

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, iklan berarti pesan yang mendorong dan membujuk banyak orang agar tertark pada barang dan produk yang ditawarkan. Maka dari itu, kalimat iklan adalah pesan yang terdapat dalam iklan yang berfungsi membujuk dan mendorong banyak orang untuk membeli produk yang ditawarkan.

-->

Selain mendorong dan membujuk, iklan juga bertujua sebagai edukasi produk. Maka dari itu, kalimat iklan bisa berfungsi sebagai sebagai media pembelajaran untuk setiap masyarakat agar mengenal produk yang dimiliki dan yang akan ditawarkan. Di sisi lain, kalimat ini bisa diartikan sebagai kalimat yang berisi pesan singkat dan padat dalam rangka menawarkan produk.

Maka dari itu, kalimat dalam iklan sangat jauh berbeda dengan kalimat pada umumnya. Mayoritas kalimat yang digunakan untuk sebuah iklan adalah kalimat persuasif (bersifat mengajak) dan imperatif (perintah) yang bertujuan untuk memberikan kesan, membujuk, mendorong, atau  berisi larangan kepada khalayak seperti dalam iklan layanan masyarakat.

Ciri-ciri kalimat iklan

kalimat iklan yang menarik
Aplikasi Super

Sebagai mana yang telah disinggung sebelumnya, bahwa terdapat ciri-ciri kalimat iklan yang membedakannya dengan kalimat-kalimat pada umumnya. Secara umum, berikut ini ciri-ciri kalimat dalam iklan:

  • Mempunyai sasaran yang jelas dengan menentukan target konsumen
  • Fokus pada hal yang ingin dikomunikasikan dari produk dan jasa yang diiklankan
  • Mempunyai daya tarik tertentu selain kata-kata menarik dan desainnya sehingga konsumen yang disasar dapat memerhatikan isi iklan
  • Penyajiannya menarik
  • Headline iklan sebaiknya berupa kalimat singkat tidak lebih dari 10 kata, tetapi tetap informatif supaya konsumen langsung mendapatkan banyak informasi mengenai barang atau jasa yang ditawarkan
  • Mengandung slogan dengan kata-kata yang padat dan berisi

Dari penjelasan di atas, kita bisa memahami bahwa tujuan iklan sangat jelas untuk satu hal yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan, yaitu mengajak khalayak untuk membeli produk yang ditawarkan. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari fungsi iklan itu sendiri. Beberapa fungsi dari iklan yaitu sebagai berikut:

  • Informasi, yaitu menyampaikan info produk baru dengan lengkap. Hal ini dapat mempermudah masyarakat memilih barang atau jasa yang lebih baik atau yang lebih sesuai dengan keperluannya
  • Persuasi, yaitu mengarahkan konsumen untuk membeli. Oleh sebab itu, sebuah iklan yang baik harus disampaikan dengan kalimat yang singkat, padat, dan bisa menarik perhatian
  • Pengingat, yaitu mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu menggunakan produk tersebut

Lantas bagaimana agar kita bisa membuat kalimat iklan dengan baik dan benar. Tentu kemampuan membuat kalimat sebagai iklan harus dimiliki oleh setiap orang, bukan hanya para pengusaha saja. Karena pada dasarnya mahluk sosial menawarkan apapun merupakan bagian dari interaksi sosial.

Dalam hal ini, itu juga merupakan bagian penting dalam iklan. Langsung saja mari simak tips dan langkah membuat kalimat sebagai iklan di bawah ini:

1. Mengandung kalimat deskriptif

deskriptif
Geeni

Dalam setiap contoh kalimat iklan produk, ada kalimat yang mendeskripsikan produk tersebut. Tujuannya adalah untuk mengedukasi setiap masyarakat terkait produk yang diberikan. Sedulur harus menyusun kalimat secara efisien, agar tidak menimbulkan kesan bertele-tele tanpa mengabaikan bagian pentingnya, yaitu deskripsi produk.

2. Mengandung kalimat persuasif

Imaji

Iklan harus bersifat persuasif, atau mengajak masyarakat untuk menggunakan atau mengkonsumsi produk yang diberikan. Dalam setiap contoh kalimat iklan persuasif, pasti selalu ada ajakan untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Kalimat ini berfungsi untuk membujuk orang untuk menggunakan suatu produk atau layanan yang sedang diiklankan.

3. Menarik perhatian (attention)

contoh kalimat iklan produk
Dari Design Studio

Ini adalah alasan kenapa kalimat ikan harus menarik, karena kalimat iklan yang menarik dapat mencuri perhatian masyarakat. Setelah berhasil mencuri perhatian setiap yang melihat iklan, secara tidak langsung fungsi dari iklan telah berjalan dengan baik. Oleh karena itu sangat diperlukan ide yang kreatif dan inovatif untuk membuat kalimat agar dapat menarik perhatian. Iklan yang efektif memang diukur dari terjualnya produk, namun iklan yang baik adalah dapat menarik perhatian.

4. Memunculkan minat (interest)

contoh kalimat iklan makanan
Satu Radar

Setelah berhasil mencuri perhatian, iklan juga harus berhasil memunculkan minat masyarakat. Dengan munculnya minat masyarakat, hal tersebut dapat membuat mereka mencari tahu produk yang ditawarkan. Sebagaimana yang dapat kita lihat dari contoh iklan produk, pasti berhasil menarik minat masyarakat, dan membuat masyarakat mencari tahu segala hal tentang produk itu sendiri. Jika berhasil mencapai titik ini, maka iklan yang dibuat dapat dikatakan berhasil.

BACA JUGA: Contoh Request dalam Bahasa Inggris Beserta Penjelasannya

5. Merangsang keinginan (desire)

ciri-ciri kalimat iklan
Lentera Mata

Kita lihat dalam contoh kalimat iklan makanan, setiap masyarakat yang melihat iklan pasti tergerak untuk membelinya. Hal tersebut pertanda bahwa keinginan (desire) dari masyarakat telah dirangsang dengan baik. Perihal ini juga berkaitan erat dengan segmen dan preferensi dari masyarakat yang menjadi sasaran iklan.

6. Menimbulkan rasa percaya pada konsumen (conviction)

99.co

Untuk mendapatkan rasa percaya konsumen, maka iklan harus dibuat dengan tujuan mengedukasi dan bukan menipu. Itulah sebabnya, pemasar tidak boleh mengiklankan sebuah kenyataan yang dibuat-buat atau harus sesuai dengan realita. Rasa percaya ini penting dan berkaitan erat dengan kepuasan masyarakat terhadap produk yang kita jual.

Contoh kalimat iklan

kalimat iklan adalah
Aplikasi Super

Setelah memahami setiap penjelasan di atas terkait kalimat yang lebih persuasif, agar lebih menguasai Sedulur bisa menyimak beberapa contoh kalimat iklan populer di bawah ini:

  • “Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botoh Sosro” (Teh Sosro)
  • Healthy Inside Fresh Outside” (You C1000)
  • “Kembalikan Ionmu” (Pocari Sweat)
  • “Gunakan sabun Dettol agar selalu fit dan aktif” (Dettol)
  • “Terbukti bahwa 1 tutup botol Rinso cair bisa membersihkan semua pakaian kamu yang kotor” (Rinso)

Selain berbagai contoh di atas, terdapat juga beberapa contoh kalimat iklan layanan masyarakat yang mungkin tanpa disadari sering Sedulur lihat, contohnya adalah sebagai berikut:

  • “Dua anak cukup” (Layanan Keluarga Berencana)
  • “Merokok dapat membunuhmu” (Layanan bahaya rokok)
  • “Jangan lupa 5M, agar terhindar dari penularan Covid-19” (Layanan Satgas Covid-19)
  • “Ayo Vaksinasi!” (Layanan Satgas Covid-19)
  • “Jangan lupa pakai masker!” (Layanan Satgas Covid-19)

Sekian penjelasan terkait contoh kalimat iklan beserta dengan pengertian, ciri-cirinya dan bagaimana cara menulisnya. Iklan sendiri memegang peran penting dalam sistem pemasaran. Bagi Sedulur yang menjalankan bisnis, menguasai kalimat ini akan sangat penting, terutama dalam hal meningkatkan penjualan produk dari bisnis yang Sedulur jalankan. Semoga penjelasan di atas bisa memudahkan Sedulur untuk melancarkan bisnis yang tengah diperjuangkan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.