manfaat serat alam

Pengertian dari serat alam adalah salah satu jenis bahan baku yang berasal dari tumbuhan atau hewan untuk membuat benang dan kain. Selain dikenal dengan istilah serat alam, juga dikenal dengan istilah serat tekstil.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas tentang serat alam mulai dari pengertian, jenis hingga karakteristiknya. Penasaran seperti apa? Mari simak pembahasan lengkapnya berikut!

BACA JUGA: Cara Alami Menghilangkan Bau Amis Saat Memasak Daging

Pengertian serat alam

pengertian dari serat alam adalah
iStock

Serat alami adalah serat yang langsung diperoleh dari alam. Berdasarkan asal usulnya, serat alam dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok, yaitu serat yang berasal dari tumbuhan, hewan, dan bahan tambang. Dimana serat yang berasal dari tumbuhan mengandung unsur utama berupa selulosa.

Pengertian dari serat alam terpenting adalah dari bahan yang terbentuk dari tumbuhan, hewan, atau proses geologis yang terjadi. Hal ini membuat serat alam menjadi lebih mudah lapuk dan menjadi ramah lingkungan. Berbeda dengan serat buatan atau sintetis yang memiliki unsur plastik di dalamnya sehingga sulit untuk terurai.

Serat alam juga lebih baik dalam memberikan kenyaman bagi penggunanya karena terbuat dari bahan tumbuhan dan hewan yang terkenal lebih lembut dan halus.

Karakteristik serat alam

iStock

Dari penjelasan di atas, pengertian dari serat alam adalah bahan yang terbuat dari tumbuhan atau hewan. Maka dari itu, serat alam juga memiliki karakteristik khusus. Berikut ini adalah karakteristik dari serat alam itu sendiri, yaitu:

1. Serat dari tumbuhan

pengertian dari serat alam adalah
iStock

Karena pengertian dari serat alam adalah terbuat dari bahan alami, maka serat ini terbuat dari tumbuhan. Unsur utama dari serat ini yaitu selulosa, komponen struktural utama pada dinding sel pelindung tumbuhan.

Serat dari tumbuhan dipilih dengan persyaratan: kuat, tahan lama, bentuknya tetap, permukaan halus atau bertekstur sesuai dengan syarat suatu produk. Serat dari tumbuhan diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu:

  • Serat dari biji.
  • Serat dari batang.
  • Serat dari daun.
  • Serat dari buah.

2. Serat dari hewan

iStock

Kembali lagi pada penjelasan awal, karena pengertian dari serat alam adalah bahan yang terbuat dari bahan alami. Maka serat ini terbuat dari hewan. Bagian hewan yang sering kali digunakan sebagai serat yaitu bulu.

Bulu tersebut kemudian diolah menjadi produk tekstil seperti serat stapel dan filamen. Serat stapel ialah serat yang berbentuk rambut hewan (wol). Domba menjadi hewan yang banyak dimanfaatkan rambutnya untuk diolah menjadi wol.

Serat wol biasanya berkarakteristik agak kuat, tidak berkilau, keriting, elastisitas tinggi, mampu menahan panas dengan baik, dan tahan terhadap jamur serta bakteri. Adapun serat filamen ialah serat yang berbentuk jaringan.

Contoh serat filamen adalah serat sutra yang didapat dari ulat sutra. Serat sutra punya karakteristik berkilau, sangat halus, lembut, tidak mudah kusut, sangat kuat, tahan terhadap sinar matahari dan daya serap cukup tinggi serta tidak mudah berjamur.

Hal utama yang perlu diperhatikan dari karakteristik bahan serat alam adalah pada permukaan seratnya, seperti kehalusan, kekuatan, daya serap, dan elastisitas. Perawatan terhadap produk berbahan serat alam sangat diperlukan guna menjaga kualitas, serta agar produk-produk tersebut dapat bertahan lama.

BACA JUGA: 12 Makanan Awetan Hewani atau Nabati yang Paling Dicari

Jenis-jenis serat

pengertian dari serat alam adalah
iStock

Pengertian dari serat alam adalah serat yang terbuat dari bahan alami yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. Dari penjelasan terkait pengertian dari serat alam adalah, sudah dijelaskan beberapa jenis serat.

Untuk lebih jelas dan lebih lengkap lagi, berikut ini terdapat beberapa jenis serat alam yang saat ini tersedia dan umum digunakan, yaitu:

  1. Serat sutera yang berasal dari kepompong ulat. Serat ini memiliki ciri halus, berkilau, dan nyaman dipakai.
  2. Serat kapas yang berasal dari tanaman kapas. Serat ini memiliki ciri khas kuat, tapi cepat kusut.
  3. Serat jute yang berasal dari kulit batang pohon. Serat ini biasanya digunakan untuk membuat karpet, tali tambang, kertas, pelapis kursi mabel, dan gorden.
  4. Serat wol yang berasal dari domba. Serat ini memiliki tingkat kehangatan tinggi, sehingga cocok dijadikan jaket.
  5. Serat flax yang berasal dari batang tanaman Linum Usitatissimun. Serat ini biasa diolah menjadi industri linen.
  6. Serat rami yang berasal dari tanaman rami. Serat ini dapat diolah menjadi benang atau kain untuk kemudian jadi pakaian. Ciri dari serat rami kuat, berkilap, dan mampu menyerap air dengan baik.

Nah, itulah tadi pengertian dari serat alam adalah bahan yang terbuat dari bahan alami seperti hewan dan tumbuhan. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur untuk lebih memahami bahan-bahan yang seringkali digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.