Menghilangkan bau amis

Ada cukup banyak bahan makanan hewani yang memiliki aroma amis yang menyengat. Hal ini biasanya menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi para ibu. Namun, ada lho cara menghilangkan bau amis bahan makanan secara alami.

Sedulur pun tidak perlu repot karena bahan yang digunakan bisa ditemukan di dapur. Penasaran seperti apa tips menghilangkan bau amis daging secara alami? Simak ulasannya berikut.

BACA JUGA: 20 Resep Bumbu Marinasi Ayam yang Enak Beserta Tipsnya

Jahe

menghilangkan bau amis daging
Unsplash

Cara alami menghilangkan bau amis pada daging yang pertama adalah dengan jahe. Bahan dapur satu ini memiliki kandungan minyak atsiri yang bisa menghilangkan aroma tidak sedap pada daging.

Tak hanya itu, kandungan mineral lain dari jahe juga mampu membuat daging menjadi lebih empuk dan gurih. Sedulur cukup menumbuh jahe sampai halus, lalu balurkan ke seluruh permukaan daging. Tunggu sampai 30 menit dan daging sudah tidak beraroma amis.

Penggunaan jahe sendiri bisa diterapkan pada berbagai macam daging, seperti daging sapi, kambing, ikan berbau tanah, sampai cumi-cumi.

Air cuka

menghilangkan bau amis daging
Kitchn

Cuka atau yang dikenal sebagai asam asetat juga merupakan bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada daging. Dilansir dari Healthline, cuka tak hanya bisa membuat daging menjadi bebas bau amis,tapi juga bisa meningkatkan rasa makanan sebelum dimasak.

Air cuka juga biasa digunakan dalam proses marinasi daging, khususnya pada daging yang memiliki karakter alot dan keras. Hal ini lantaran asam asetat memiliki kemampuan untuk memecah serat daging.

Perasan jeruk nipis

menghilangkan bau amis daging
The Spruce Eats

Cara menghilangkan bau amis pada daging selanjutnya adalah menggunakan perasan jeruk nipis. Jika Sedulur tidak memiliki cuka, maka bisa mencoba cara satu ini.

Kandungan air jeruk yang bersifat asam memiliki kemiripan dengan karakter asam asetat. Sehingga bisa membuang bau amis yang menempel pada daging. Perasan jeruk nipis juga memberikan aroma yang segar pada daging saat dimasak.

Menggunakan perasan jeruk nipis sangat cocok untuk menghilangkan bau amis pada daging merah, ayam, sampai daging ikan laut. Khusus untuk daging merah yang memiliki banyak lemak seperti daging sapi dan kambing, perasan air jeruk juga bisa menurunkan kadar lemak jahat dan kolesterol dari daging tersebut.

BACA JUGA: Tips Menata Dapur Agar Terlihat Rapi, Bersih dan Lebih Luas

Garam dapur

garam dapur
GQ India

Biasanya garam digunakan untuk meningkatkan rasa gurih pada makanan. Namun, bagi para koki, garam bisa dijadikan alat untuk membuat menghilangkan bau amis ikan dan daging.

Sedulur cukup membersihkan daging terlebih dahulu, lantas menaburinya dengan garam. Tunggu sekitar 15 menit dan biarkan mineral dari garam bereaksi dengan senyawa yang ada di dalam daging.

Bawang putih

Bawang putih
Unsplash

Cara menghilangkan bau amis selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Bumbu dapur satu ini memang memiliki banyak manfaat, khususnya dalam dunia memasak.

Sedulur cukup menghaluskan bawang putih lalu lumuri seluruh bagian daging. Enzim-enzim yang terkandung dari bawang putih akan menghilangkan bau amis sekaligus membuat rasa daging semakin lezat.

Penggunaan bawang putih sendiri cukup cocok diterapkan pada daging ikan, sapi, kambing, maupun seafood.

Daun dan kulit jeruk

Jeruk Nipis
Fimela

Tak hanya perasan buah jeruk saja yang bisa menghilangkan bau tidak sedap, bagian lain dari pohon jeruk seperti daun dan kulitnya ternyata juga ampuh untuk menghilangkan bau amis.

Dilansir dari Taste of Hom, daun jeruk memiliki kandungan minyak atsiri berjenis Citrus hystrix DC. Senyawa ini yang menurut penelitian mampu menghilangkan amis pada ikan dan daging lainnya.

Untuk menggunakannya, biasanya daun dan kulit jeruk diremas-remas terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam masakan.

BACA JUGA: Ampuh, 6 Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama!

Susu

menghilangkan bau amis daging
The Spruce Eats

Salah satu barang yang cukup mudah ditemukan di dapur dan bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada daging adalah susu. Tak hanya untuk daging sapi dan kambing, susu juga bisa menghilangkan bau amis ikan yang terkenal menyengat.

Sedulur cukup merendam bahan masakan dengan susu selama 30 menit. Setelah itu, tinggal cuci dan bilas daging menggunakan air bersih. Jika sudah, maka daging sudah siap untuk dimasak dengan aroma yang sudah tidak amis lagi.

Timun

Cara menghilangkan bau amis
BMT Foods

Cara menghilangkan bau amis terakhir adalah dengan timun. Namun, buah satu ini paling maksimal ketika digunakan untuk mengurangi bau amis pada cumi dan ikan laut.

Langkah yang perlu Sedulur lakukan yaitu menghaluskan timun. Pada tahap ini, Sedulur tidak perlu membersihkan kulitnya karena kandungan kulit timun ini yang menjadi ‘obat’ penghilang bau amis.

Selanjutnya tinggal peras dan rendam daging ikan atau seafood dalam wadah. Biarkan selama 10 menit, maka aroma amis dari ikan akan mulai menghilang.

Demikian tadi cara menghilangkan bau amis daging secara alami. Semoga informasi dan tips memasak di atas bisa membantu Sedulur mengatasi bau kurang sedap dari daging sapi, kambing, maupun ikan yang akan dimasak.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. 
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.