pencak silat

Seperti yang telah kita tahu, ketenaran dari bela diri pencak silat kini sudah mendunia. Bahkan bela diri tersebut sudah banyak ditampilkan di film-film laga Hollywood. Ya, sebagai warga negara Indonesia, sudah sepantasnya kita bangga budaya yang kita miliki telah dikenal luas oleh masyarakat di dunia.

Apakah Sedulur penasaran dengan cara belajar pencak silat Indonesia agar menjadi orang yang mahir? Lalu bagaimana caranya? Apa saja materi yang perlu dipelajari? Tidak usah basa-basi lagi, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Jelaskan Perbedaan antara Jalan dan Lari dalam Olahraga

Pengertian pencak silat

pencak silat
Orami

Bisa dikatakan jika pencak silat adalah olahraga bela diri asli dari Indonesia. Walaupun begitu, sebenarnya pencak silat berasal dari daerah Kepulauan Nusantara. Pencak silat sendiri mempunyai arti yang berasa dari dua kata penyusunnya.

Pencak artinya gerak dasar bela diri yang mempunyai peraturan. Sedang silat berarti gerakan bela diri yang paripurna serta bersumber dari rohani.

Kemudian, menurut Thomas A. Green melalui bukunya yang berjudul “Martial Arts of the World: An Encyclopedia of History and Innovation Martial Arts of the World: An Encyclopedia of History and Innovation”, pencak lebih sering digunakan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sementara untuk kata silat, kebanyakan digunakan di kawasan Semenanjung Malaya, Sumatera, dan juga Kalimantan.

Seiring dengan perkembangannya, terbentuk lah definisi baru untuk olahraga yang satu ini. Masih menurut Green, pencak digunakan untuk menggambarkan unsur seni dan keindahan gerakan. Lalu silat adalah inti dari ajaran bela diri di dalam sebuah pertarungan.

Pencak silat yang merupakan hasil budaya manusia di Indonesia dalam membela dan juga mempertahankan eksistensi serta integritasnya.

Sejarah pencak silat di Indonesia

Halodoc

Dilihat dari sisi sejarah, olahraga pencak silat ini hampir mirip seperti olahraga renang. Gerakan-grakan tersebut, lebih dulu ada sebelum dikonsep menjadi sebuah olahraga. Ya, hal ini karena pencak silat dan renang merupakan aktivitas yang dibutuhkan untuk bertahan hidup dan menghadapi tantangan alami.

Keduanya ada karena mengikuti insting asli dari manusia itu sendiri. Adapun pencak silat yang saat ini kita kenal, adalah bentuk dari pengembangan bela diri alami yang berasal dari nenek moyang kita.

Begitupun juga dengan nenek moyang Indonesia. Untuk kebutuhannya dalam bertahan hidup dan menghadapi kondisi alam, mereka mengambil inspirasi bela diri dari gerakan para binatang, seperti kera, burung elang, harimau, dan juga ular.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga inspirasi ini didapatkan untuk keperluan berperang serta berburu.

Seorang ahli bela diri sekaligus ilmuwan asal Jepang, Donald Frederick “Donn” Draeger, menyebutkan jika bukti adanya seni bela diri sudah ada sejak jaman Hindu-Budha di Kepulauan Nusantara. Bukti tersebut bisa ditemukan pada artefak-artefak senjata yang ada.

Teknik dalam pencak silat

Pomtas

Bagi Sedulur yang ingin belajar bela diri asal Indonesia ini, maka berikut materi pencak silat berupa teknik-teknik gerakan yang bisa dipelajari.

1. Teknik kuda-kuda

Teknik kuda-kuda adalah teknik dasar yang pertama kali dipelajari dalam olahraga pencak silat. Teknik ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh pada saaat menyerang dan juga bertahan.

2. Teknik pasang

Teknik pasang adalah kombinasi antara teknik kuda-kuda, posisi kaki, serta posisi tangan. Teknik yang satu ini memungkinkan posisi tubuh agar lebih fleksibel saat menyerang maupun bertahan.

3. Teknik pola langkah

Teknik pola langkah berfungsi supaya pergerakan tidak bisa ditebak oleh lawan dengan mudah. Teknik ini membutuhkan koordinasi antara sikap tangan, sikap badan, pola lantai, dan juga pola kaki saat melangkah.

4. Teknik arah atau delapan penjuru mata angin

Seorang pesilat pastinya harus bisa menentukan arah agar dapat menyerang lawan dengan baik. Begitu pula untuk mempertahankan diri, teknik yang satu ini berfungsi agar Sedulur dapat menentukan arah dengan baik.

5. Teknik pukulan

Teknik pukulan adalah salah upaya untuk menyerang lawan dengan tangan. Nah, berikut ini beberapa teknik pukulan yang perlu diketahui.

  • Pukulan bandul
  • Pukulan melingkar
  • Pukulan samping
  • Pukulan tegak
  • Teknik pukulan depan

6. Teknik tendangan

Teknik tendangan digunakan untuk menyerang lawan dengan menggunakan kaki. Walaupun begitu, tidak jarang tendangan digunakan pula untuk bertahan dari serangan. Nah, contoh pencak silat berupa teknik tendangan, adalah sebagai berikut.

  • Tendangan belakang
  • Tendangan jejak
  • Tendangan lurus
  • Tendangan melingkar
  • Tendangan sabit
  • Tendangan T

7. Teknik tangkisan

Dalam bela diri pencak silat, sehebat apapun kemampuan menyerang yang dimiliki, percuma saja jika kita tidak mempunyai kemampuan bertahan yang baik. Salah satu bentuk pertahanan yang bisa dipelajari adalah teknik tangkisan.

8. Teknik kuncian

Selain bertahan dan juga menyerang, pesilat juga harus menguasai cara agar lawan mati kutu. Nah, teknik kuncian ini dapat digunakan untuk membuat lawan tidak berkutik karena tubuhnya seperti sedang dikunci. Untuk melumpuhkan pergerakan lawan, kuncian dilakukan pada bagian tubuh lawan yang vital.

9. Teknik guntingan

Gerakan ini diawali dengan menendang lalu disusul dengan jepitan. Ya, dapat dibilang jika teknik tersebut ibarat seperti menggunting tubuh lawan? Begitu tergunting, maka lawan bisa lebih mudah untuk dijatuhkan dan juga dilumpuhkan.

BACA JUGA: 18 Olahraga Kardio yang Banyak Manfaat dan Mudah Dilakukan

Jurus-jurus pencak silat

Nowjakarta

Dalam penerapannya, pencak silat mempunyai berbagai macam jurus. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Jurus brajamusti
  • Jurus kelima
  • Jurus kuntao
  • Jurus pulo kali
  • Jurus silat pamur

Manfaat pencak silat

pencak silat
Jabarprov

Menjaga tubuh tetap sehat

Ketika Sedulur melakukan gerakan silat, semua otot tubuh akan terasa seperti diregangkan. Dengan ini, maka peredaran darah pun menjadi lebih lancar dan kalori akan terbakar habis. Selain itu, silat juga terbukti mampu kesehatan rohani.

Melatih konsentrasi

Pada saat belajar pencak silat, seperti saat mempraktikkan gerakan, Sedulur harus betul-betul fokus. Ikuti semua hal yang diajarkan oleh guru agar bisa mengerti makna dari gerakan-gerakan tersebut. Nah, secara tidak langsung, hal ini juga akan melatih konsentrasi Sedulur.

Melatih kewaspadaan

Semakin sering berlatih, maka tingkat kewaspadaan juga akan meningkat. Dalam pencak silat, Sedulur akan belajar bagaimana sikap waspada dan juga melihat kondisi sekitar. Dengan begitu, maka setiap ancaman bisa segera diatasi.

Melatih mental

Salah satu tujuan dari berlatih silat, yakni meningkatkan keberanian. Namun berani karena benar, lho ya. Nah, Sedulur harus siap menyerang ataupun diserang oleh lawan. Hal ini adalah beberapa poin yang dijalani pada saat belajar pencak silat.

Perguruan Silat

pencak silat
Dokter Sehat

Ada banyak sekali perguruan silat yang berdiri di Indonesia. Di tahun 1993 saja, perguruan silat Indonesia yang tercatat sebagai anggota resmi IPSI (asosiasi pencak silat Indonesia) berjumlah 840, di antaranya adalah seperti di bawah ini.

  • Kera Sakti
  • Merpati Putih
  • Pagar Nusa
  • Perguruan Pencak Indonesia Harimurti
  • Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI)
  • Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)
  • Tapak Suci
  • Dan Lain-lain

BACA JUGA: Sedulur Super, Begini Tips Olahraga Saat Puasa + Contohnya

Ya, demikian sekilas info tentang olahraga pencak silat. Bisa dibilang jika belajar bela diri itu memang susah-susah gampang.

Namun jika sudah ada niat yang dalam dan tulus dari hati, bukan tidak mungkin kita bisa menguasainya dengan baik. Selain itu, Sedulur perlu ingat bahwa bela diri bukan tidak boleh digunakan untuk tindak kejahatan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!