Berbagai macam istilah baru bisa muncul seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu istilah yang sedang populer dan banyak muncul adalah istilah open BO. Tak sedikit orang yang bertanya-tanya, sebenarnya apa maksud dari singkatan tersebut. 

Baik dalam bentuk kata, tulisan, maupun kalimat, pasti kita semua pernah menjumpainya. Apalagi di sosial media, dimana masyarakat bisa dengan bebas mengetik sesuatu. Penting bagi kita semua untuk mengetahui berbagai istilah populer yang ada seiring dengan berkembangnya zaman. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam berucap. Lantas, apa artinya open BO itu? Berikut adalah penjelasannya.

BACA JUGA: 8 Fakta & Arti Sugar Daddy dan Sugar Baby, yang Sempat Viral

1. Apa itu open BO?

open bo
pexels

Ada makna dan arti tersendiri bagi setiap istilah gaul dan kekinian yang terus berkembang. Bahkan, beberapa istilah memiliki makna yang berbanding terbalik dengan kata sebenarnya. Salah satunya adalah istilah yang satu ini. Sebenarnya, open BO artinya adalah Open Booking Out. Sebuah akronim dari Bahasa Inggris ini bila diterjemahkan secara harfiah dalam Bahasa Indonesia adalah Bukti Pemesanan Keluar atau Buka Pemesanan Online.

Memiliki konotasi yang negatif

Namun, ternyata arti sebenarnya dari istilah tersebut mempunyai makna yang negatif. Hal ini dikarenakan istilah tersebut adalah singkatan yang digunakan dalam dunia prostitusi online. Karena berkaitan dengan dunia maya, maka transaksi yang dilakukan pun juga biasanya melalui media sosial. Tak hanya transaksi saja, seseorang yang menjual dirinya tersebut juga akan menawarkan diri secara online melalui internet. Maka, tidak heran apabila banyak orang yang menjumpai istilah tersebut dalam suatu postingan di sosial media. Harga open BO yang ditawarkan pun cukup variatif, mulai dari yang paling murah sampai mahal pun ada.

Pertemuan akan dilakukan setelah transaksi

Setelah berhasil melakukan transaksi sesuai dengan kesepakatan, kedua pihak bisa berkomunikasi lebih lanjut dan bisa melakukan pertemuan secara langsung. Biasanya, pihak yang melakukan prostitusi online ini akan diajak keluar oleh pelanggannya. Tempat yang akan dituju pun sangat bervariasi, bisa jadi ke sebuah hotel ataupun kamar kos. Namun, semua itu tergantung dengan kesepakatan yang dilakukan. Biasanya, profil dalam media sosial seseorang yang menawarkan dirinya adalah “bo 350k open bo murah”. Jika ada tulisan seperti itu, maka bisa ditebak berapa harga yang mereka tawarkan. 

2. Istilah dalam open BO

pexels

Setelah mengetahui artinya, ada pula beberapa singkatan open BO lucu dalam dunia prostitusi. Istilah tersebut digunakan agar kita selalu berhati-hati dalam segala tutur kata dan pengucapan. Jika tidak berhati-hati, bisa saja kita terkena pasal yang melanggar hukum seperti UUD ITE. Berikut adalah beberapa singkatan populernya:

  • Open booking online atau booking out (BO): Istilah yang digunakan ketika akan membawa seorang pekerja seks untuk keluar dari tempat prostitusi. Biasanya, mereka akan melakukan hubungan di kos, hotel, dan berbagai tempat lainnya.
  • Video call sex (VCS): Wanita atau pria akan melakukan video call dengan pemesan atau pelanggannya sambil menunjukkan aurat atau bagian tubuh vital lainnya. Biasanya, tarif untuk melakukan VCS selama satu jam adalah 100 ribu. Namun, hal tersebut tidak menjadi patokan harga. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa ada sesama pria atau wanita yang melakukan VCS.
  • Avail: Wanita atau pria yang menawarkan diri menunjukkan bahwa dirinya kosong atau tersedia alias belum di-booking oleh pelanggan lain. 
  • Short time (ST): Durasi dalam melakukan hubungan seks yang ditawarkan adalah 1 sampai 2 jam. Sekali kencan, biasanya tarifnya adalah 300-500 ribuan.
  • Long time (LT): Durasi berhubungan intim yang ditawarkan adalah sekitar 6 sampai 8 jam. Dalam sekali kencan, harganya adalah diatas 1 jutaan.
  • No CIF (Cum In Face): Istilah ini merupakan sebuah aturan dari si wanita atau pria penyedia jasa bahwa tidak boleh mengeluarkan sperma pada area wajah. 
  • No CIM (Cum In Mouth): Aturan ini menjelaskan bahwa tidak boleh mengeluarkan sperma di luar atau dalam mulut. 
  • Expo: Menunjukkan bahwa wanita/pria penyedia jasa akan membuka slot saat sedang berada di sebuah lokasi/kota. Misalnya Expo Jakarta, Expo Jogja, dan Expo Malang.
  • No BDSM (Bondage Discipline Sadism and Masochism): BDSM merupakan perilaku seks yang menyimpang. Contohnya adalah perilaku sadis, brutal, serta penuh adegan kekerasan. Dalam media sosial seorang pria/wanita tersebut, biasanya akan dipasang keterangan jika mereka tidak mau melakukan perilaku tersebut.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Kondom yang Paling Bagus & Bikin Lebih Intim

3. Sanksi hukum terlibat prostitusi online

pexels

Daripada mengetahui bagaimana cara open bo untuk pemula, sebaiknya memahami berbagai sanksi hukum yang bisa menjerat apabila terbukti terlibat dalam prostitusi online. Adapun pasal yang bisa dijerat dilansir dari kemenkumham.go.id sebagai sanksi hukum seseorang yang terlibat didalamnya adalah:

  • Seseorang akan terjerat Pasal 296 Kitab UU Hukum Pidana kepada pelaku dengan pidana penjara selama-lamanya 1 (satu) tahun 4 (empat) bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp 15.000 (lima belas ribu rupiah) dikonversi menjadi Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) jika terbukti mengadakan, memudahkan perbuatan cabul dengan orang lain, menyewakan rumah, hotel atau tempat untuk prostitusi 
  • Seseorang akan terjerat Pasal 284 Kitab UU Hukum Pidana tentang perzinahan mendapatkan sanksi hukum penjara selama-lamanya 9 (Sembilan) bulan jika terbukti menjadi pelanggan prostitusi online jika sudah memiliki istri/suami yang berzinah dengan perempuan/laki-laki lain.
  • Mucikari akan dikenai Pasal 506 Kitab UU Hukum Pidana yakni kurungan selama-lamanya 1 (satu) tahun.
  • Pasal 30 Junto Pasal 4 ayat (2) huruf d Undang-Undang Nomor 44 tahun 2008 tentang pornografi bisa dikenakan sanksi kepada mucikari dan pelaku yang terlibat dalam prostitusi online. Sanksi hukum pidana tersebut yakni pidana penjara paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling sedikit Rp 250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp 3.000.000.000,- (tiga miliar rupiah).
  • Pasal 45 ayat (1) junto Pasal 27 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik bisa mendapatkan sanksi hukum pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (satu miliar rupiah).

Itu dia 9 istilah dan contoh open bo sebagai istilah populer dalam dunia prostitusi online. Apabila sudah mengetahui arti dari masing-masing istilahnya, maka jangan sembarangan untuk mengucapkannya. Hal ini dimaksudkan agar mencegah kemungkinan buruk yang akan didapatkan karena mengandung konotasi yang negatif. Semoga bermanfaat.