Beberapa tahun ini, istilah sugar daddy beserta dengan sugar baby sempat viral dan ramai diperbincangkan. Namun, apakah Sedulur mengetahui fakta terkait istilah tersebut? Jangan sampai Sedulur mengetahui viralnya sebuah istilah tanpa mengetahui pengartian dan fakta seputarnya.

Berikut  ini adalah pengertian sugar daddy dan sugar baby beserta dengan sederet fakta yang harus Sedulur ketahui terkait dua istilah yang viral tersebut. Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Pedagogik adalah: Pengertian, Manfaat & Fungsinya, Lengkap!

1. Pengertian sugar daddy

1. pengertian sugar daddy
okezone

Jika diterjemahkan, sugar daddy adalah ayah gula. Tentu pengertian pengertian tersebut tidak tepat. Dalam kamus Merris-Webster, arti sugar daddy yaitu sebutan bagi pria dewasa yang memiliki kekayaan dan menghabiskan kekayaannya untuk membelikan barang terhadap kekasihnya atau simpanannya.

Biasanya kekasih atau simpanannya tersebut memiliki usia jauh lebih muda dari dirinya. Secara sederhana, apa itu sugar daddy dapat diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu bahasa slang dari om-om kaya. Kemudian mengapa istilah ini begitu terkenal di Indonesia? Karena faktanya, memang banyak om-om tajir yang memiliki kekasih atau simpanan di Indonesia ini.

Sementara itu sugar baby adalah istilah kepada kekasih atau simpanan yang menerima limpahan kasih sayang dan kekayaan dari om-om tajir. Dua istilah ini ternyata saling berkaitan.

2. Tujuannya

2. tujuannya
theasiaparent

Terkait tujuan yang dilakukan oleh sugar daddy dan sugar baby hal ini sangat personal. Dari sisi sugar baby, mereka melakukan hal ini untuk tujuan bertahan hidup. Memenuhi kebutuhan finansial, seperti membeli barang dan lain sebagainya. Terutama mereka yang berkuliah, melakukan hal ini untuk dapat membiayai perkuliahannya.

Sementara itu, disisi lain, sugar daddy tidak keberatan untuk membiayai kebutuhan sugan baby, karena pada dasarnya yang dibutuhkan om-om tajir adalah pendamping hidup. Meski secara hukum mereka telah memiliki pendamping, namun ada bagian yang tidak terpenuhi. Hal ini tentu sangat kompleks, namun secara sederhana tujuan mereka melakukan hal ini semata untuk memenuhi kebutuhan dan berasaskan simbiosis mutualisme.

BACA JUGA: Apa Itu Toxic, Kenali Pengertian & Ciri Orang yang Harus Dijauhi

3. Bukan sebuah profesi atau pekerjaan

3. sugar daddy
kompas

Perlu ditegaskan sekali lagi, meskipun dorongan untuk melakukannya atas dasar kebutuhan. Namun hal tersebut tidak menjadikan sugar baby dibayar oleh om-om tajir. Istilah tersebut kurang tepat dan sangat memojokan. Istilah yang digunakan adalah memberi hadiah kepada sugar baby sebagai bagian dari kegiatan sugar daddy lirik.

Hal ini menjadi jelas terkait apa itu sugar daddy, bahwa mereka hanya memberikan perhatian melalui hadiah yang kebetulan diminta dan dibutuhkan oleh sugar baby. Hal ini juga sekaligus menegaskan bahwa sugar baby serta daddy bukan sebuah pekerjaan atau profesi.

4. Terdapat perjanjian terlebih dahulu

4. terdapat pejanjian terlebih dahulu
nypost

Dalam bahasa sehari-hari, apa itu sugar daddy dalam bahasa gaul yaitu om-om tajir atau om-om kaya. Untuk memperjelas bahwa ini bukan sebuah pekerjaan. Sebagaimana dalam hubungan romantis, antara sugar baby dan daddy, terdapat perjanjian terlebih dahulu. Biasanya mereka berdua hanya menjalin hubungan asmara, tidak berencana untuk ke hubungan asmara.

Perjanjian disesuaikan dengan kondisi masing-masing, entah kondisi om-om tajir yang sudah memiliki istri dan ingin mencari pendamping. Atau sugar baby yang membutuhkan perhatian, kasih sayang dan membutuhkan finansial untuk menunjang kehidupannya.

BACA JUGA: Arti Kata Ilfeel: Pengertian, Contoh Sikap dan Cara Mengatasinya

5. Tidak melulu tentang seks

5. sugar daddy
grid.id

Perlu diketahui juga bahwa pasangan ini tidak melulu bertujuan untuk seks. Bahkan ada yang berpendapat bahwa sugar baby memberikan pelayanan seksual lalu mendapatkan uang. Hal ini salah besar, sugar baby benar-benar memanfaatkan om-om tajir untuk mendapatkan uang demi keberlangsungan hidup. Biasanya untuk perkuliahannya.

Karena hal itu merupakan maksud dari apa arti sugar daddy. Yang memberikan perhatian dalam sebentuk barang dan uang kepada sugar baby karena telah memberikan pendampingan dan kasih sayangnya. Hal ini tentu saja berbeda dengan stigma sebagian masyarakat yang mengatakan bahwa sugar baby sama dengan pelaku seksual yang memberikan pelayanan seks untuk mendapatkan uang.

Dikutip dari laman Business Insider, berikut ini merupakan pengakuan seorang om-om tajir yang telah berpengalaman selama 10 tahun lebih:

  • “Prostitusi menawarkan seks demi uang dan bertemu beberapa laki-laki dalam sehari, namun itulah caranya menyambung hidup. Seorang sugar baby menginginkan hubungan yang berkelanjutan. Dia menginginkan laki-laki untuk diajak pergi, ingin diperlakukan seperti pacar atau istri. Mereka punya pekerjaan dan bisa membayarkan hampir seluruh kebutuhannya. Namun dia mencari seseorang untuk meningkatkan gaya hidupnya dan dia nggak berbicara seks demi uang,”

6. Sudah ada sejak dari dulu

6. sudah ada sejak dulu
dzargon

Dengan apa maksud sugar daddy, ternyata sudah ada sejak lama. Merujuk pada laporan yang disampaikan oleh laman Reporter Herald istilah ini telah ada sejah tahun 1920-an. Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, bahwa istilah ini merupakan bahasa slang untuk seorang pria dewasa yang banyak harta dan memberikan hadiah kepada perempuan sebagai pendampingnya. Namun, terkait asal-usulnya perlu dilakukan penelitian yang lebih dalam lagi.

BACA JUGA: Pengertian dan Manfaat Gotong Royong dalam Kehidupan Sosial

7. Menyembunyikan identitas

7. sugar daddy
gq-magazine

Patut disadari, apa yang dilakukan oleh sugar daddy dan sugar baby adalah hal yang tidak lumrah. Terutama di Indonesia yang kental akan adat istiadat dan norma ketimuran. Maka tidak heran mereka berdua selalu bersembunyi dan bahkan menyembunyikan identitasnya. Karena hal tersebut merupakan hal yang dapat menimbulkan rasa malu, atau aib.

8. Mereka nyata dan ada di sekitar kita

8. Mereka nyata dan ada di sekitar kita
yukepo

Fakta terakhir terkait sugar daddy dan sugar baby adalah bahwa mereka nyata dan ada di sekitar kita. Sedulur perlu mengakui fakta ini dan tidak bisa mengelak dari fakta ini. Namun karena kondisi yang ada di Indonesia, membuat beberapa pelaku menyembunyikan identitasnya dan aktivitas sebagai sugar daddy dan juga sugar baby.

Hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya, orang orang tersebut akan mereka yang berada di lingkaran terdekat dari sugar baby atau daddy. Namun hal ini merupakan rahasia yang tidak bisa disebarkan.

Sekian penjelasan dan fakta sugar daddy serta sugar baby. Semoga dengan penjelasan fakta di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan Sedulur terkait segala hal yang sedang viral. Agar Sedulur senantiasa mengikuti perkembangan informasi yang terjadi di dunia saat ini dan tentu saja memahaminya.