Musim adalah

Musim adalah sebuah fenomena atau peristiwa dan terjadi setiap tahunnya. Umumnya musim dipengaruhi kondisi cuaca dalam jarak dan waktu tertentu. Dalam 1 tahun terbagi menjadi empat musim pertama musim semi, musim panas, musing gugur dan musim dingii. Akan tetapi Indonesia hanya punya dua musim pertama musim hujan dan musim kemarau.

Indonesia termasuk dalam negara tropis sehingga musim di Indonesia yang ada hanya dua saja. Berbeda halnya dengan negara-negara asia lain seperti Korea, China ataupun Jepang yang mana mereka punya lebih dari dua musim.

Agar semakin memahami musim-musim di dunia beserta bulannya dan apa saja 4 musim di dunia, berikut artikel selengkapnya.

BACA JUGA: 8 Cat Tembok Anti Air Tahan Musim Hujan & Bebas Jamur

Pengertian musim

musim adalah
Ilmu Geografi

Fenomen hujan, kemarau dan hujan salju merupakan bagian dari musim. Lantas apa itu musim, musim adalah sebuah peristiwa dan terjadi di bumi serta berkaitan dengan kondisi iklim. Di banyak negara Eropa dan sebagain di Asia, mereka punya iklim masing-masing. Bagi negara dengan iklim subtropis maka akan mengalami peristiwa pergantian musim sebanyak empat kali.

Empat musim tersebut antara lain, musim dingin, musim panas, musim gugur dan musim semi. Sementara itu, bagi negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, Malaysia dan Singapura hanya mengalami pergantian musim sebanyak dua kali. Pertama musim kemarau dan musim hujan.

Mengenal Iklim subtropis

musim adalah
Solopos

Dikatakan bahwa setiap negara punya kondisi iklim berbeda-beda dan tentunya punya macam-macam musim juga. Di benua Eropa dan beberapa negara di benua Asia dan Afrika, bahkan mempunyai setidaknya empat musim. Pertama musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Kemudian 4 musim di dunia tersebut punya karakteristik berbeda-beda.

Iklim subtropis adaah sebuah iklim dan terjadi pada wilayah bumi secara astronomis berada di bagian utara dan selatan. Setelah wilayah tropis kemudian dibatasi dengan garis balik utara dan garis balik selatan. Guna mengetahui penjelasan dari 4 musim di dunia tersebut, di bawah ini adalah penjelasan selengkapnya.

Musim dingin

musim adalah
Detik

Musim-musim di dunia beserta bulannya yang pertama adalah musim dingin. Jangan heran jika dibeberapa negara di Asia dan Afrika serta Eropa akan turun salju. Fenomena ini dinamakan dengan musim dingin. Musim dingin tersebut terjadi di area belahan bumi bagian utara yang terjadi antara bulan November sampai dengan Januari.

Kemudian pada area belahan bumi bagian selatan mulai terjadi musim  dingin antara bulan Mei sampai dengan Juli. Ciri khas dari musim dingin adalah banyak hewan memilih melakukan hibernasi atau tidur di dalam sarangnya berbulan-bulan.

Musim semi

musim adalah
Ilmu Geografi

Macam-macam musim di negara beriklim subtropis berikutnya adalah musim semi. Musim semi adalah peristiwa pada daerah tertentu kemudian mengalami proses tumbuhnya tumbuhan dan pohon secara lebat. Proses terjadinya musim semi di negara beriklim subtropis dibagi menjadi dua, pertama bagian belahan bumi utara musim semi akan terjadi pada buan Februari sampai April.

Baru kemudian pada bagian belahan bumi selatan musim semi baru bisa terjadi pada rentang bulan Agustus sampai dengan Oktober. Di waktu musim semi, maka tumbuhan dan daun akan rontok sendirinya kemudian disusul dengan hewan ternak kelar dari sarangnya dan mulai melakukan aktivitas seperti biasa Sedulur.

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis di Musim Hujan yang Menjanjikan, Cek Disini!

Musim panas

musim adalah
Istimewa

Negara beriklim subtropis seperti Jepang, Korea dan China juga akan mengalami fenomena musim panas. Kondisi tersebut terjadi karena sebuah tempat hawannya mulai meningkat sangat panas dan berbeda dari pada umumnya. Sama halnya dengan musim-musim lain, terjadinya proses musim panas terbagi menjadi dua bagian.

Bagian utara bumi musim panas akan terjadi pada bulan Mei sampai dengan Juli. Kemudian pada area bagian selatan bumi baru bisa mengalami masa musim panas pada bulan November sampai dengan Januari. Umumnya musim panas ditandai dengan banyak tumbuhan menjadi kering sampai layu. Hawa pada saat musim panas bisa mencapai 80% dan 20% untuk dingin.

Musim gugur

musim adalah
Istimewa

Macam-macam musim di negara beriklim subtropis adalah musim gugur. Musim gugur adalah sebuah fenomena yang mana gugurnya tumbuhan dan dedaunan mulai jatuh ke permukaan tanah. Sedulur bisa menikmati musim gugur jika berkunjung ke negara beriklim subtropis. Proses terjadinya musim ini berlangsung dua kali.

Pada area bumi bagian utara baru bisa terjadi musim gugur pada bulan Agustus sampai dengan Oktober. Kemudian pada area bumi bagian selatan baru bisa terjadi musim gugur antara bulan Februari sampai dengan April. Adapun ciri sebuah negara atau daerah akan mengalami musim gugur pertama tumbuhan akan menjadi layu dan rontok, hewan-hewan kembali ke sarangnya dan langit menjadi gelap dan berwarna orange.

Mengenal iklim tropis

musim adalah
Istimewa

Setelah membahas mengenai iklim subtropis, maka berlanjut ke iklim tropis. Iklim tropis berbeda halnya dengan subtropis, yang mana tropis hanya punya dua musim saja. Musim tersebut adalah musim kemarau dan musim hujan. Umumnya iklim tropis hanya terjadi dibeberapa negara di Asia Tenggara. Misalnya Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand hingga Brunei.

Baru kemudian beberapa negara di Amerika Selatan, Asia Timur bahkan sebagian negara Afrika. Guna membahas kedua musim yaitu kemarau dan musim hujan, di bawah ini adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Musim kemarau

Republika

Musim kemarau adalah periode tahunan denga curah rendah khususnya pada area tropis. Cuaca pada area tropis umumnya akan didominasi oleh sabuk hujan tropis. Mereka akan bergerak dari willayah utara sampai dengan ke selatan. Fenomena ini terjadi karena adanya angin muson dan ciri khasnya  adalah tumbuhan mulai mengering akibat kurangnya air.

Umumnya musim kemarau akan terjadi pada bulan April sampai dengan bulan September. Kemudian pada bulan tersebut umumnya tumbuhan-tumbuhan akan mulai mengering secara berrtahap. Musim kemarau bisa terjadi pada waktu panjang hingga singkat.

BACA JUGA: Perbedaan Cuaca dan Iklim, Kenali Jenis & Penjelasan Lengkap

Musim hujan

Ruparupa

Kemudian ada lagi musim hujan adalah peristiwa meningkatnya curah hujan dan terjadi pada suatu wilayah. Biasanya musim ini baru akan berlangsung setelah mengalami musim kemarau. Hujan bisa memberikan dua dampak berbeda untuk manusia. Pertama dapat mengairi ladang atau sawah baru kemudian bisa menciptakan banjir besar.

Pada negara beriklim tropis musim hujan terjadi di bulan Oktober sampai bulan Maret. Meski begitu, adanya musim pancaroba, maka terkadang musim hujan akan mengalami peralihan. Jadi Sedulur jangan kaget saat bulan Januari mungkin masih merasakan musim kemarau.

Ciri-ciri musim pada iklim subtropis

Wikipedia

Setelah tadi membahas tentang macam-macam musim di dunia sampai dengan musim-musim di dunia beserta bulannya, maka selanjutnya mengetahui ciri khas dari ikllim sub tropis. Negara beriklim sub tropis mempunyai 4 musim di dunia dan tersebar di pelosok Eropa, sebagian Asia, Amerika, Afrika bahkan Australia.

Berikut ini ciri khas dari masing-masing musim pada negara beriklim subtropis dan perlu Sedulur ketahui pada ulasan selengkapnya di bawah.

Musim dingin

Ciri khas macam-macam musim di dunia khususnya dingin adalah adanya salju turun dengan lebatnya. Kemudian banyak tanaman rontok akibat terkena beban salju berat dan ciri khas terakhir adalah banyak hean berlindung di sarangnya.

Musim semi

Kemudian ketika memasuki musim  semi, maka suhu akan berubah berkisar 40% dingin dan 60% panas. Berlanjut pada fenomena munculnya tunas-tunas baru pada tumbuh-tumbuhan dan pada saat seperti ini, hewan-hean mulai keluar karena sudah usai dalam menjalankan proses hibernasi.

Musim panas

Musim berikutnya adalah musim panas, di mana pada saat itu banyak daun-daun pada tumbuhan mulai layu dan kering. Suhu pada musim panas tersusun atas 80% suhu panas dan 20%  suhu dingin. Musim seperti ini pula sangat cocok untuk kegiatan berjemur bahkan hewan-hewan mulai aktif mencari makan atau berburu.

Musim gugur

Berikutnya ada musim gugur pada negara beriklim subtropis dimana ada beberapa ciri utama menandakan sebuah negara atau daerah mengalami kondisi seperti ini. Masih selayaknya dengan musim gugur, daun-daun banyak yang rontok. Kemudian banyak hewan menyimpan cadangan makanan untuk menghadapi musim dingin.

Ciri khas lainnya adalah burung-burung akan mulai melakukan migrasi ke daerah dengan kondisi lebih hangat. Bahkan banyak daun-daun mulai gugur dan berubah warnanya menjadi lebih kuning.

Ciri-ciri musim pada iklim tropis

Tribun

Negara dengan iklim tropis umumnya hanya mempunyai dua musim saja. Pertama adalah musim kemarau dan musim hujan. Kedua musim tersebut punya ciri dan karakternya masing-masing, nah berikut ini adalah ciri khas dari dua iklim tersebut.

Musim kemarau

Musim kemarau adalah sebuah fenomena di mana kondisi atau sebuah daerah mengalami keadaan kering kerontang. Ciri-ciri yang bisa dikenali dari keadaan kemarau adalag sinar matahari saat siang hari mulai terik dan panas. Sebab tidak adanya awan yang menutupi. Kemudian sulit menemukan tumbuhan hidup subur karena sangat minim akan air.

Musim hujan

Terakhir adalah musim hujan yang mana ciri khas utama adalah adanya intensitas hujan yang turun menjadi lebih sering. Kemudian disusul dengan lebih seringnya matahari bersembunyi tepat di balik awan.

Faktor yang mempengaruhi musim di bumi

Solopos

Hadirnya beberapa musim dan terbaginya iklim menjadi dua bagian, memang tidak lepas dari beberapa faktor. Maka dari itu di bawah ini adalah faktor mengapa bisa terjadi perbedaan musim dan juga iklim serta wajib Sedulur tahu.

Poros bumi

Hadirnya macam-macam musim di dunia ternyata tidak lepas dari keberadaan poros bumi. Musim dapat berganti secara beriringan karena bumi berputar pada porosnya serta  mengitari orbitnya mengelilingi matahari. Bumi punya kemiringan mencapai 23,5 derajat. Maka dengan demikian kemiringan bumi ini bisa mempengaruhi musim saat bumi mengitari matahari.

Cahaya matahari

Berikutnya adalah karena adanya cahaya matahari, posisi matahari dan permukaan bumi kemudian memantulkan cahaya sehingga dapat mempengaruhi musim. Saat musim panas melanda bisa diartikan bahwa matahari tepat berada pada posisi tertinggi di atas kepala.

Wilayah di bumi

Berikutny hal yang tidak kalah penting munculnya perbedaan musim dan iklim karena bergantung pada lokasi kita di bumi. Misalnya yang tinggal di ekuator akan mengalami suhu hampir sama sepanjang tahun

Penyebab perubahan musim di Indonesia

Kompas

Musim di Indonesia hanya ada dua saja, pertama adalah musim kemarau dan musim hujan. Namun ada beberapa sebab mengapa bisa terjadi semacam itu. Di antaranya adalah sebagai berikut Sedulur:

  • Adanya pergeseran semu matahari tahunan
  • Letak lintang Indonesia di mana berada pada garis lintang 6’ LU – 11 LS.
  • Adanya rotasi bumi
  • Indonesia terletak pada daerah bertekanan rendah dan tinggi.

Negara dengan 4 musim di dunia

Kontan

Negara empat musim sering dinamakan dengan negara subtropis. Di mana dengan ciri khas subtropis mempunyai empat musim yaitu musim dingin, musim gugur, musim panas dan musim semi. Di bawah ini adalah negara dengan empat musim.

  • Jepang
  • Amerika Serikat
  • Korea
  • Eropa
  • Tiongkok

Negara dengan ciri khas 2 musim

Ruparupa

Umumnya negara dengan ciri khas dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan adalah negara tropis. Musim di Indonesia termasuk tropis dan mempunyai ciri khas dua musim di atas. Namun selain di Indonesia ada lagi negara dengan iklim tropis di antaranya adalah sebagai berikut Sedulur:

  • Kawasan Asia Tenggara ada Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura sampai dengan Brunei Darussalam.
  • Kawasan Asia Selatan ada negara India dengan iklim tropis cukup panas.
  • Kawasan Amerika Selatan ada Brazil

Demikian ulasan tentang pengertian musim dan musim adalah suatu peristiwa yang terjadi di bumi dan masih berkaitan dengan iklim. Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang macam-macam musim di dunia.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!