Monitor adalah salah satu perangkat yang melengkapi operasional sebuah komputer (PC). Monitor berfungsi untuk menampilkan informasi dalam bentuk teks atau gambar kepada pengguna komputer. Dalam sebuah monitor, biasanya akan terdapat layar, part-part elektronik, kabel power, penyangga layar, dan juga beberapa port untuk menyambungkan layar ke komputer.

Pada artikel ini, Sedulur akan diajak untuk menyelami seluk beluk dari pengertian monitor adalah, jenis-jenis monitor, dan juga beberapa fungsinya. Langsung simak poin-poin ulasan di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: Pengertian IP Address Beserta Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian monitor adalah

monitor adalah
Depositphotos

Jika berbicara tentang monitor, tentunya kita tidak bisa melepaskan fakta bahwa ia termasuk bagian dari komputer (PC). Ya, monitor adalah salah satu perangkat keras (hardware) yang dapat menampilkan informasi berupa teks atau gambar. Hasil keluaran tersebut ternyata telah melalui proses panjang pengolahan data oleh VGA Card (Video Graphics Array).

Monitor diproduksi dengan bermacam-macam resolusi untuk memberikan tampilan sempurna kepada para penggunanya. Biasanya, monitor yang dapat Sedulur jumpai memiliki resolusi mulai dari 1280×800, 1366×768, hingga 1920×1080 atau bahkan lebih. Yang dimaksud dengan resolusi di sini adalah jumlah satuan piksel dalam dimensi lebar dikali tinggi layar monitor.

BACA JUGA: Kumpulan Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat dan Strukturnya

Fungsi monitor adalah

monitor adalah
Depositphotos

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf-paragraf sebelumnya, monitor adalah sebuah perangkat yang memegang peranan signifikan terhadap operasional komputer secara keseluruhan. 

Kenapa demikian? Monitor menjadi perangkat keras (hardware) yang menghasilkan tampilan teks atau gambar untuk pengguna komputer. Dari situlah muncul peran penting monitor sebagai perantara interaksi antara manusia dan komputer.

Dari fungsi utama tersebut, Sedulur dapat menarik benang lebih jauh lagi untuk mencari tahu kegunaan lain monitor di dalam kehidupan manusia. Seorang investor tidak akan bisa memantau sahamnya apabila tidak ada monitor yang tersambung ke komputer. Anak-anak sekolah tidak dapat mempelajari betapa luasnya pengetahuan mengenai informasi dan teknologi ketika monitor di laboratorium komputer mereka rusak. Para kasir minimarket tidak dapat melakukan transaksi penjualan kepada para pelanggan jika monitor miliknya tidak berfungsi. Serta masih banyak lagi beberapa contoh kegunaan monitor bagi kehidupan manusia.

BACA JUGA: 14 Cerita Pendek Lucu yang Dijamin Bikin Ngakak!

Jenis-jenis monitor adalah

Nah, setelah Sedulur mendapatkan informasi mengenai pengertian monitor adalah beserta fungsi-fungsinya, pada poin ini Sedulur akan mendalami tentang berbagai jenis monitor untuk komputer (PC). Beberapa jenis monitor di bawah kemungkinan besar sudah tidak diproduksi lagi karena ketinggalan zaman dan bukan menjadi pilihan rata-rata konsumen.

Jenis-jenis monitor adalah monitor CRT, monitor LCD, monitor LED, monitor Plasma, dan monitor OLED. Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

BACA JUGA: Doa Naik Kendaraan Lengkap: Darat, Laut dan Udara

1. Monitor CRT

monitor adalah
Depositphotos

Jenis monitor yang pertama adalah CRT atau Cathode-Ray Tube. Monitor tersebut berjenis analog display yang dapat menghasilkan gambar di layar melalui tiga bohlam yang memicu jutaan titik fosfor pada layar untuk menyala.

Monitor CRT ini biasanya memiliki bentuk yang besar dan berbobot lumayan berat. Hal tersebut dikarenakan bagian belakang layar monitor harus bisa menampung tabung-tabung vakum CRT.

2. Monitor LCD

monitor adalah
Depositphotos

Jenis monitor yang kedua adalah LCD atau Liquid Crystal Display. Penggunaan monitor ini sangat populer melebihi monitor CRT. Monitor LCD menggunakan sejenis kristal cair sebagai bahan utama untuk menampilkan grafis pada layar, dan lampu-lampu berukuran kecil sebagai sumber cahayanya.

Cahaya dari lampu super kecil tersebut akan menampilkan piksel dalam jumlah besar ketika bertemu dengan kristal cair. Kemudian dari situ ia akan menampilkan gambar yang lebih jelas ketimbang monitor CRT.

Monitor LCD dengan panel IPS

Teknologi panel terbaik dari monitor LCD terbaik adalah panel IPS (In Plane Switching). Panel jenis ini memiliki konsumsi daya yang lebih sedikit, namun tetap menghasilkan grafis yang mumpuni.

Monitor LCD dengan panel VA

Panel monitor LCD berjenis VA (Vertical Alignment) memberikan reproduksi warna dan sudut pandang yang baik, namun response time yang dihasilkan cukup lambat.

Monitor LCD dengan panel TN

Panel LCD yang ketiga adalah TN (Twisted Nematic). Keunggulan utama panel ini adalah response time-nya yang cepat dan baik. Panel TN biasa digunakan untuk bermain permainan di komputer.

3. Monitor LED

Depositphotos

Jenis monitor yang ketiga adalah LED atau Light-Emitting Diode. Kualitas warna yang dihasilkan cukup baik dengan jumlah piksel yang banyak. Grafis yang keluar dari monitor LED pun dapat lebih nyata dan tajam.

4. Monitor Plasma

Depositphotos

Jenis monitor yang keempat adalah Plasma atau Plasma Display Panel. Monitor Plasma biasanya memiliki sudut pandang yang luas dengan produksi warna yang sangat mendetail.

5. Monitor OLED

Depositphotos

Jenis monitor yang kelima adalah OLED atau Organic Light-Emitting Diode. Monitor OLED adalah generasi selanjutnya dari monitor LED. Ukuran panel monitor sangat tipis bahkan sampai mencapai kurang dari 1 mm.

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat dari monitor adalah. Seperti yang telah dijelaskan, monitor merupakan salah satu perangkat yang melengkapi operasional sebuah komputer (PC). Fungsi utamanya adalah untuk menampilkan informasi dalam bentuk teks atau gambar kepada pengguna komputer.

Terdapat beberapa jenis monitor yang ada di pasaran sana, seperti monitor CRT, monitor LCD, monitor LED, monitor Plasma, dan juga monitor OLED. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan mengenai perangkat komputer, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.