doa naik kendaraan

Dalam Islam, segala hal diatur dengan detail. Termasuk tata cara dan doa naik kendaraan. Islam merupakan agama akhir zaman yang hadir sebagai pedoman umat manusia menjalani hidup. Oleh karena itu, ada banyak hal yang sangat detai yang diatur oleh Islam dan hal ini bisa tercermin dengan banyaknya doa dalam Islam.

Ketika hendak berpergian dan menggunakan kendaraan, terdapat doa naik kendaraan yang bisa dipanjatkan agar kita mendapatkan keselamatan dan setiap langkah yang kita tempuh dalam perjalanan bisa mendapat keberkahan. Berikut ini adalah bacaan doa saat berkendara yang bisa Sedulur baca. Yuk, kita cek!

BACA JUGA: Doa Mau Tidur dan Sebelum Tidur Lengkap Beserta Artinya

1. Naik kendaraan darat

1. Doa naik kendaraan darat
freepik

Pertama adalah doa naik kendaraan darat. Kendaraan seperti mobil, bus, kereta, dan motor yang berbasis darat. Sedulur bisa membaca doanya sebagai berikut:

بِاسْمِ اللَّهِ, الْحَمْدُ لِلَّهِ, سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ, الْحَمْدُ لِلَّهِ, اللَّهُ أَكْبَرُ

سُبْحَانَكَ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ, وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ

Alhamdulillah, Subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun, Alhamdulillah, Allaahu akbar, Subhanaka inni zhalamtu nafsi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudz-dzunuba illaa anta.

Artinya: Artinya: “Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Robb kami (di hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Bagi Sedulur yang sering berkendara menggunakan kendaraan darat, bacaan doa naik kendaraan yang pendek di atas bisa Sedulur panjatkan saat hendak berpergian.

2. Naik kendaraan laut

2. Naik kendaraan laut
pexels

Selanjutnya adalah doa naik kendaraan laut. Kendaraan seperti kapal laut, perahu boat dan lain sebagainya. Bagi Sedulur yang berkesempatan menggunakan kendaraan laut, bisa membaca doa di bawah ini:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (HR Imam Nawawi).

Membaca doa naik kendaraan yang singkat di atas sangat penting meskipun basis kendaraan laut tidak seramai kendaraan darat. Namun membaca doa di atas tetap diwajibkan dan dianjurkan untuk dibaca. Karena hal kita senantiasa memohon keselamatan saat menggunakan kendaraan dan agar sampai tujuan dengan selamat.

BACA JUGA: Bacaan Doa Khatam Quran, Makna dan Keutamaannya!

3. Naik kendaraan udara

3. Doa naik kendaraan udara
pexels

Terakhir adalah doa saat hendak naik kendaraan udara. Kendaraan udara yang dimaksud adalah pesawat. Mode kendaraan ini yang paling cepat sampai dalam tujuan. Namun juga paling membuat tegang. Agar mendapatkan keselamatan, Sedulur bisa membaca doa naik kendaraan dan artinya di bawah ini:

للهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli.

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridloi. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga,”

Ketika di awal berangkat, membaca doa naik kendaraan dan saat tiba di tujuan dengan selamat baik menggunakan mode kendaraan apapun. Sedulur bisa membaca doa berikut sebagai bukti syukur. Doa yang dimaksud adalah:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ سَلَّمَنِىْ وَالَّذِىْ آوَانِى وَالَّذِىْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِىْ

Alhamdulillahil-ladzii salamanii wal-ladzii aawanii wal-ladzii jama’as-syamlabii

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dan telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku,”

BACA JUGA: Doa Memakai Pakaian dan Melepas, Ajarkan Pada Anak Sejak Dini

Adab membaca doa naik kendaraan

Adab Membaca Doa saat Naik Kendaraan
islamidia

Setelah mengetahui doanya, Sedulur mungkin bertanya kenapa harus membaca doa naik kendaraan yang lengkap saat hendak berpergian? Hal tersebut berkaitan dengan adab. Sebagaimana yang telah disinggung di awal tadi, bahwa Islam adalah agama yang hadir untuk mengatur tingkah laku manusia dan sebagai pedoman hidup manusia.

Salah satu hal yang diatur adalah perihal adab dan tingkah laku. Dalam membaca doa untuk naik kendaraan terdapat beberapa adab yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Disarankan dan dianjurkan telah dalam keadaan suci (berwudhu) dan menghadap kiblat saat membaca doa
  • Berdoa dengan khusyuk, penuh harapan, dan rasa takut kepada Allah SWT
  • Merendahkan diri dan tunduk dihadapan Allah SWT
  • Memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT
  • Ditutup dengan memohon ampun atas segala dosa dan perbuatan buruk yang telah diperbuat

BACA JUGA: Bacaan Doa Untuk Orang Tua Beserta Artinya, Harus Diamalkan

Keutamaan membaca doa naik kendaraan

Keutamaan Membaca Doa  Naik Kendaraan
muslimah

Terdapat beberapa keutamaan bagi Sedulur yang membaca doa bepergian naik kendaraan setiap hendak beraktivitas. Beberapa keutaman tersebut akan menjadi indikator bagi Sedulur sebagai umat muslim yang taat dan baik. Berikut beberapa keutamaan membaca doa:

  • Mendapatkan pahala: Setiap umat muslim yang taat dan selalu berdoa kepada Allah SWT adalah umat muslim yang akan mendapatkan pahala. Karena senantiasa mengamalkan kebaikan dan mengingat Allah SWT.
  • Menciptakan rasa aman: Bagi Sedulur yang mengamalkan doa ini dan doa-doa lainnya, akan dapat menciptakan rasa aman dan nyaman. Dengan mengawali membaca doa sebelum berangkat berkegiatan, setiap umat muslim akan mendapatkan penjagaan dari Allah SWT.
  • Terhindar dari gangguan dan masalah: Tujuan membaca doa yaitu agar dapat terhindar dari masalah, dan gangguan yang kemungkinan akan dihadapi. Oleh karena itu kita senantiasa membaca doa kepada Allah SWT.

Sekian penjelasan terkait doa naik kendaraan yang telah dijelaskan, semoga artikel ini membantu Sedulur yang belum mengetahui doa saat hendak berpergian menggunakan kendaraan. Dengan mengetahui adab dan keutamaan membaca doa juga akan menumbuhkan kesadaran dalam diri Sedulur bahwa membaca doa merupakan hal penting yang perlu dilakukan.