manfaat kerjasama

Dalam kehidupan sehari-hari, Sedulur tentu sudah tidak asing dengan istilah kerja sama. Kerja sama memiliki pengertian usaha atau kegiatan sekelompok orang yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan atau kepertingan bersama. Manfaat kerjasama dalam kehidupan sehari-hari diantaranya yaitu dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan menumbuhkan jiwa sosial. 

Adanya kerja sama tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti adanya kepentingan bersama hingga adanya sikap toleransi antar individu. Berikut penjelasan mengenai manfaat kerjasama untuk sebuah tim yang perlu Sedulur ketahui. 

BACA JUGA : Pengertian Informasi Beserta Ciri-Ciri, Jenis dan Fungsinya

Pengertian kerja sama

manfaat kerjasama
Freepik

Menurut pendapat Charles H. Cooley yang merupakan seorang sosiolog dari Amerika, kerja sama akan dapat timbul jika individu menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingan yang sama dan juga mempunyai pengetahuan yang cukup serta kesadaran atas diri sendiri untuk memenuhi kepentingan tersebut.

Sedangkan menurut KBBI, kerja sama sebagai kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (Lembaga, pemerintahan dan yang lainnya) untuk bisa mencapai tujuan bersama. Jadi dapat disimpulkan bahwa kerja sama adalah sebuah keinginan untuk bekerja secara bersama-sama dengan individu lain secara keseluruhan dan menjadi bagian dari kelompok dalam mencapai tujuan dan kepentingan bersama.

Pengertian kerja sama menurut para ahli

manfaat kerjasama
Freepik

 1. Lewis Thomas

Menurut pendapat dari Lweis Thomas, kerjasama adalah pengelompokan yang terjadi di antara makhluk makhluk hidup yang kita kenal. Kerja sama atau belajar bersama adalah proses beregu (berkelompok) di mana anggota-anggotanya mendukung dan saling mengandalkan untuk mencapai suatu hasil mufakat.

2. Robert L

Robert L mendefinisikan kerja sama adalah suatu kegiatan dalam berkelompok untuk mengerjakan atau menyelesaikan sebuah tugas secara bersama-sama.

BACA JUGA : Mengenal De Facto dan De Jure Beserta Perbedaannya

Bentuk kerja sama

Freepik

Menurut Heri Puji Warsono, dalam bukunya yang berjudul Sosiologi Komunikasi Massa secara umum terdapat lima jenis kerja sama, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kerukunan

Bentuk yang pertama dari kerja sama adalah kerukunan. Kerukunan dapat berupaya untuk saling bergotong royong dan saling menolong antar individu. Dengan adanya kerukunan ini maka sangat bermanfaat untuk lingkungan masyarakat maupun perusahaan menjadi lebih menyenangkan.

2. Bargaining

Bargaining adalah bentuk kerja sama yang berupa penawaran. Yang mana penawaran ini nantinya akan menghasilkan perjanjian, dapat berupa pertukaran barang maupun jasa.

3. Kooptasi

Bentuk kerja sama yang selanjtunya adalah kooptasi. Kooptasi artinya proses musyawarah dari anggota. Dalam kooptasi, terjadi proses penerimaan hal baru dalam kepemimpinan dan strategi politik dari sebuah organisasi. Tujuan kooptasi yaitu untuk mewujudkan keseimbangan.

5. Koalisi

Secara Bahasa, koalisi artinya kerja sama antara beberapa partai untuk mendapatkan suara yang berlebih dalam parlemen. Bentuk kerja sama koalisi ini mengkolaborasikan dua bahkan lebih organisasi yang mempunyai tujuan dan kepentingan yang sama.

5. Joint venture

Bentuk kerja sama yang terakhir adalah joint venture. Umumnya bentuk kerja sama ini terdapat dalam sebuah proyek yang besar dan membutuhkan kerja sama dari banyak pihak dengan beragam latar belakang. Tujuan dari kerja sama joint venture adalah untuk bisa menyukseskan proyek yang sedang dikerjakan tersebut.

Tujuan kerja sama

manfaat kerjasama
Freepik

Berikut tujuan kerja sama yang perlu Sedulur ketahui.

  •  Melatih berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah
  •  Mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi
  •  Menumbuhkan rasa percaya diri
  •  Saling memahami individu dalam kelompok

BACA JUGA : Apa itu Hosting: Pengertian, Jenis, Manfaat & Cara Kerjanya

10 manfaat kerjasama

iStock

Berikut beberapa manfaat kerja sama jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas:

  1. Pekerjaan lebih cepat selesai.
  2. Pekerjaan yang diselesaikan bisa memberikan hasil lebih baik.
  3. Meningkatkan kekompakan dalam tim.
  4. Memupuk sense of belonging.
  5. Meningkatkan kualitas komunikasi antar anggota tim.
  6. Meningkatkan rasa toleransi.
  7. Pekerjaan menjadi lebih ringan.
  8. Saling menghormati.
  9. Menghargai kemampuan setiap orang.
  10. Kemampuan untuk memecahkan masalah dapat terasah secara kolektif.

5 manfaat kerjasama dalam organisasi dan perusahaan

manfaat kerjasama
iStock

Berikut manfaat kerjasama dalam organisasi maupun perusahaan yang perlu Sedulur ketahui.

1. Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai

Manfaat pertama kerja sama dalam organisasi adalah pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Terkadang deadline yang diberikan oleh organisasi atau perusahaan untuk dapat menyelesaikan sebuah projek terbilang cukup sempit. Untuk itu diperlukan kerja sama dalam tim untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

2. Mendorong produktivitas

Manfaat yang selanjutnya adalah dapat mendorong produktivitas. Terdapat beberapa jenis karyawan yang harus dipancing terlebih dahulu untuk bisa menaikkan produktivitasnya. Salah satu caranya adalah dengan meminta karyawan tersebut untuk bekerja sama dengan karyawan yang lainnya.

3. Lebih mudah mencari solusi

Bekerja sama ternyata juga bermanfaat untuk karyawan lebih mudah mencari solusi dari setiap masalah pekerjaan yang dihadapi. Dengan bekerja sama, maka aka nada bantuan dan juga perspektif lain dalam pemecahan masalah. Kerja sama ini digunakan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

4. Mengasah kemampuan berkomunikasi

Dengan bekerja sama bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi karyawan. Hal ini karena karyawan pastinya akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk melancarkan projek yang sedang dibuat. Tak hanya bermanfaat untuk kemampuan berkomunikasi, kerja sama juga meningkatkan hubungan personal antar karyawan.

5. Terciptanya suasana positif

Ketika hubungan karyawan itu baik dan dapat pula bekerja sama dengan baik, maka suasana kerja juga akan semakin positif dan juga santai. Hal ini dapat tercipta karena sesama karyawan merasa dihargai atas kemampuan kerjanya.

BACA JUGA : Perubahan Sosial: Pengertian, Faktor, Proses & Contohnya

Manfaat kerjasama dalam keberagaman

iStock

Berikut 3 manfaat kerjasama dalam keberagaman yang perlu Sedulur ketahui.

  1.     Dapat menjalin sebuah kebersamaan
  2.     Menjalin kerukunan antar umat beragama
  3.     Saling menghormati

Manfaat kerjasama di rumah

Freepik

Kerjasama juga sangat bermanfaat bagi lingkungan rumah. Berikut manfaat Kerjasama di rumah yang perlu Sedulur ketahui.

  1. Menjalin kebersamaan sesama anggota keluarga
  2. Menjalin kerukunan dalam keluarga
  3. Saling menghormati sesama anggota keluarga

Contoh kerja sama dalam rumah

manfaat kerjasama
Freepik

1. Mencuci baju

Mencuci baju merupakan salah satu contoh kerja sama di lingkungan paling kecil yaitu rumah. Pekerjaan mencuci baju biasanya dilakukan oleh ibu atau bahkan asisten rumah tangga.  Akan tetapi, pada beberapa kesempatan, bisa saja ibu sedang sibuk di dapur atau sedang mengurusi adik yang sedang belajar dari rumah. . Untuk itu peran kakak atau ayah yang saling bekerja sama untuk mencuci baju merupakan contoh kerja sama di rumah yang mana kerja sama ini tentu sangat bermanfaat untuk bisa meringankan pekerjaan sang ibu. 

2. Memasak

Contoh kerja sama di rumah yang selanjutnya adalah memasak bersama anggota keluarga. Kegiatan ini bisa menjadi sarana kerja sama di rumah yang cukup mengasyikkan. Ibu bisa melakukan pendekatan kepada anak dan juga ayah, untuk dapat saling bekerja sama saat memasak. Contoh kerja sama di rumah ini, manfaat kerja sama ini juga dapat melatih emosional, karena masing-masing individu dalam rumah, biasanya punya selera makanan yang berbeda.

BACA JUGA : Jumlah Pemain Sepak Bola Beserta Tugasnya di Lapangan

Contoh kerja sama di lingkungan sekolah

Pixabay
  1. Membersihkan ruang kelas
  2. Kerja sama untuk mengerjakan tugas kelompok
  3. Gotong royong dalam membersihkan lingkungan sekolah
  4. Mematuhi peraturan yang ada di sekolah
  5. Membantu jika ada teman yang mengalami kesulitan saat mengerjakan soal

Contoh kerja sama Indonesia dengan negara lain

Freepik
  1. Kerja sama Indonesia-Amerika Serikat dalam penanggulangan Covid-19 dan Peningkatan Neraca Perdagangan
  2. Kerja sama Indonesia-Brazil dalam peningkatan mutu genetik protein hewani dan pengembangan peternakan nasional.
  3. Ekspor kopi, teh, tembakau, dan minyak sawit Indonesia ke Jerman. Jerman mengekspor barang elektronik yang tidak bisa dibuat di Indonesia.
  4. Kerja sama dengan Arab Saudi dalam penanganan masalah haji
  5. Kerja sama Indonesia dengan jepang untuk melakukan pertukaran pelajar dan mahasiswa dalam bidang teknologi.

Demikianlah rangkuman informasi mengenai manfaat kerja sama dari lingkungan yang paling sederhana hingga skala internasional. Banyak sekai manfaat kerjasama yang akan Sedulur dapatkan, seperti pekerjaan menjadi cepat selesai hingga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.